Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yunita
Abstrak :
Indonesia memiliki peluang besar dalam pengembangan wisata halal karena jumlah penduduk mayoritas memeluk agama Islam dan daya tarik wisata yang sangat beragam. Namun saat ini terjadi kekosongan hukum terkait pengembangan potensi tersebut di Indonesia. Penyelenggaraan wisata halal di Indonesia hanya diatur pada Fatwa DSN MUI Nomor 108 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Syariah. Potensi wisata halal ini harus mendapatkan respon positif daerah dengan membentuk peraturan daerah yang mengatur mengenai penyelenggaraan wisata halal. Kota Bukittinggi merupakan salah satu destinasi wisata halal di Sumatera Barat dalam penyelenggaraan wisata halal telah merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) Sumatera Barat Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pariwisata Halal. Hotel syariah sebagai salah satu fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan pada destinasi wisata halal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penerapan prinsip syariah yang diatur pada Perda Sumbar dan Fatwa DSN MUI pada hotel syariah sebagai pendukung wisata halal di Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian normatif-empiris yang menggunakan metode analisis kualitatif yang didukung dengan jenis data sekunder sekaligus data primer. Berdasarkan penelitian perkembangan pariwisata halal di Kota Bukittinggi khususnya hotel syariah belum maksimal dalam menerapkan prinsip syariah sebagaimana diatur dalam Perda Sumbar dan Fatwa DSN MUI. Implementasi prinsip syariah Hotel Grand Bunda Syariah Bukittinggi yang belum dipenuhi seperti sertifikasi halal, penggunaan jasa lembaga keuangan syariah dan tidak terdapat Dewan Pengawas Syariah (DPS). Sebagai upaya untuk meningkatkan perkembangan wisata halal khususnya hotel syariah di Kota Bukittinggi maka perlu komitmen bersama pemerintah daerah, pelaku usaha dan masyarakat setempat untuk melaksanakan prinsip syariah secara maksimal. ......Indonesia has a great opportunity in the development of halal tourism because the majority of the population embraces Islam and a very diverse tourist attraction. However, there is currently a legal vacuum related to the development of this potential in Indonesia. The implementation of halal tourism in Indonesia is only regulated in the DSN MUI Fatwa Number 108 of 2016 concerning Guidelines for the Implementation of Sharia-based Tourism. This halal tourism potential must get a positive response from the region by forming regional regulations governing the implementation of halal tourism. Bukittinggi City is one of the halal tourist destinations in West Sumatra in organizing halal tourism has referred to the Regional Regulation (Perda) of West Sumatra Number 1 of 2020 concerning the Implementation of Halal Tourism. Islamic hotels as one of the facilities needed by tourists in halal tourist destinations. Therefore, this study aims to find out more about the application of sharia principles stipulated in the West Sumatra Regional Regulation and Fatwa DSN MUI on Islamic hotels as a supporter of halal tourism in Bukittinggi City. This research is a normative-empirical research that uses qualitative analysis methods supported by secondary data as well as primary data. Based on research, the development of halal tourism in Bukittinggi City, especially Islamic hotels, has not been maximized in applying sharia principles as stipulated in the West Sumatra Regional Regulation and the DSN MUI Fatwa. The implementation of sharia principles at Grand Bunda Syariah Hotel Bukittinggi that have not been fulfilled such as halal certification, the use of Islamic financial institution services and there is no Sharia Supervisory Board (DPS). In an effort to increase the development of halal tourism, especially Islamic hotels in Bukittinggi City, it is necessary to commit with the local government, business actors and the local community to implement sharia principles to the fullest.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqi Qowiyul Iman
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan guna menganalisis pengaruh sharia compliance dan kualitas layanan pada hotel syariah yang mencakup tangibles, reability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap loyalitas wisatawan muslim yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah wisatawan muslim yang pernah bermalam di salah satu hotel syariah di seluruh Indonesia. Ada pun jumlah sampel yang digunakan yakni berjumlah 210 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling SEM . Hasil penelitian menunjukkan bahwa sharia compliance dan kualitas layanan pada hotel syariah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan muslim, selain itu kepuasan wisatwan memiliki peran sebagai variable yang memediasi sharia compliance dan kualitas layanan terhadap loyalitas.
ABSTRACT
This study was conducted to analyze the influence of sharia compliance and service quality in sharia hotels that contains tangibles, reability, responsiveness, assurance, and empathy towards the loyalty of Muslim tourists mediated by the satisfaction of tourists. In this study the population used were Muslim tourists who ever stayed overnight in one of sharia hotels throughout Indonesia. There is also the number of samples used that amounted to 210 respondents. Data analysis method used in this research is Structural Equation Modeling SEM . The results showed that sharia compliance and service quality in sharia hotels have a positive and significant influence towards the loyalty of Muslim tourists, besides the satisfaction of tourists plays a role as variable that mediates sharia compliance and service quality towards loyalty.
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahadil Amin Al Hasan
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh aspek sharia compliance dan customer experience yang terdiri dari helpfulness, value for time, customer recognition, promise fulfillment, problem solving, personalization, competence, accessibility terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan muslim berkunjung kembali ke hotel syariah. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan muslim yang pernah menginap di hotel syariah di wilayah Lombok, Indonesia, sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 205 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling SEM . Hasil penelitian menunjukkan bahwa sharia compliance, helpfulness, customer recognition, promise fulfillment, personalization, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas wisatawan muslim untuk berkunjung kembali ke hotel syariah.
ABSTRACT
This research aims to analyze the influence of sharia compliance and customer experiencewhich are helpfulness, value for time, customer recognition, promise fulfillment, problem solving, personalization, competence, accessibility on satisfaction and Muslim tourists loyalty who visited the sharia hotels. The population of the research are Muslim tourists who stay at sharia hotels in Lombok, Indonesia, while the number of samples used are 205 respondents. Data analysis method used is Structural Equation Modeling SEM . The results of the research shows that sharia compliance, helpfulness, customer recognition, promise fulfillment, personalization have significant influence on satisfaction, and satisfaction is proved to influence the loyalty of Muslim tourists who visited sharia hotels.
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitranty Adirestuty
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara Islamic service quality, Muslim Customer Perceived Value (MCPV), customer satisfaction, dan repurchase intention pada hotel syariah di Bandung. Sebanyak 255 sampel diperoleh dari tamu yang pernah menginap di Hotel Syariah di Bandung digunakan dalam penelitian ini. Hotel tersebut diantaranya adalah Orange Home Syariah, Narapati Syariah Hotel, Cottage Daarul Jannah, Daarul Mutmainah dan MQ Guest House. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SEM. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan konsep baru yang diajukan Gayatri (2013) dalam mengukur variabel service quality dan Muslim Customer Perceived Value (MCPV) yang diajukan Eid dan Gohary (2015) dalam mengukur variabel perceived value. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang positip dan signifikan antara Islamic service quality dan Muslim Customer Perceived Value terhadap customer satisfaction. Hasil penelitian juga menunjukan terdapat pengaruh signifikan antara customer satisfaction terhadap repurchase intention. Penelitian ini juga menemukan pengaruh tidak langsung antara variabel Islamic service quality terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction. ......The purpose of this study was to identify the relationship between Islamic service quality, Muslim Customer Perceived Value (MCPV), customer satisfaction, and repurchase intention on sharia hotels in Bandung. A total of 255 samples were obtained from guests who stayed at the hotel in Bandung Sharia used in this study. The hotel include Orange Home Sharia, Sharia Narapati Hotel, Cottage Daarul Jannah, Daarul Mutmainah and MQ Guest House. The method used in this research is Structural Equation Model. The measurements in this study was using a new concept proposed by Gayatri (2013) to measure the variables of service quality and Muslims Customer Perceived Value (MCPV) from Eid and Gohary (2015) to measure the perceived value variables. The results showed a significant influence of Islamic Muslim service quality and Customer Perceived Value to customer satisfaction. The results also revealed that there was a significant effect of customer satisfaction on repurchase intention. The study also found indirect influence of Islamic variable service quality on customer satisfaction through repurchase intention.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eri Wirandana
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh muslim perceievd value dimension dan religiousity terhadap customer satisfaction serta dampaknya pada electronic word of Mouth pada Hotel Solo Syariah. Sebanyak 138 sampel diperoleh dari tamu yang pernah menginap di Hotel Syariah Solo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SEM dengan menggunakan alat bantu AMOS 18 dalam dalam pengolahan. Hasil penelitian menunjukan Variabel perceived value yang memberikan kontribusi terbesar terhadap terciptanya customer satisfaction. Hal tersebut ditunjukkan pada perceived quality value, yang menjelaskan bahwa hotel ditempat menginap sudah memiliki sistim pelayanan yang baik, kualitas pelayanan hotel dijaga dengan baik, dan hotel memiliki standar kualitas dalam melayani tamu nya. Hasil penelitian pada kelompok low religiousity menunjukkan bahwa customer satisfaction memiliki pengaruh positif terhadap electronic word of mouth. Berbeda dengan kelompok high religiousity yang menunjukkan customer satisfaction tidak memiliki pengaruh positif terhadap electronic word of mouth. Hasil ini menunjukkan bahwa agama menjadi faktor pembeda yang mendasar dari menentukan perilaku konsumen. Mereka yang berada dalam kelompok low religiousity lebih terpicu untuk aktif menyebarkan informasi positif menggunakan electronic word of mouth.
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Raihan Dwisatria
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor hubungan hotel syariah dengan pengunjungnya yakni attitude, subjective norms, perceived behavioral control, moral reflectiveness, dan conscientiousnessterhadap intensi mengunjungi hotel syariah tersebut dan pengaruh mediasi dari attitudeterhadap pengaruh moral reflectiveness dan conscientiousness terhadap visit intention hotel syariah serta penelitian ini dilakukan pada hotel syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode linear multiple regression menggunakan SPSS 22 dengan data primer yang dikumpulkan peneliti melalui kuesioner yang disebar di internet. Penelitian ini menemukan bahwa attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control memiliki pengaruh positif terhadap intensi mengunjungi hotel syariah. Penelitian ini juga menemukan bahwa moral reflectiveness dan conscientiousness tidak memiliki pengaruh terhadap intensi mengunjungi hotel syariah. Selanjutnya, attitude memediasi pengaruh moral reflectiveness dan conscientiousness terhadap visit intention hotel syariah.
This study aims to determine the effect of relationship between attitude, subjective norms, perceived behavioral control, moral reflectiveness, and conscientiousness towards visit intention of sharia hotel and effect of moral reflectiveness and conscientiousness towards attitude towards sharia hotel. This study used linear multiple regression using SPSS 22 by collecting data with online administered questionnaire. The results of this study show that attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control has positive influence on sharia hotel visit intention. The results of this study also show that moral reflectiveness and conscientiousness has no effect on visit intentions. Moreover, Attitude mediate the influence of moral reflectiveness and conscientiousness on sharia hotel visit intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library