Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Trotta, Raymond J.
Abstrak :
Too often there are serious missed signals between a company's stated goals and the methods employed to try to reach them. Translating Strategy into Shareholder Value is a unique look at how the planning process relates to the achievement of shareholder value, and ways to ensure that the two directly complement each other. Using tools and a special case study to analyze past, present, and future performance, the book takes readers through a host of steps, including: * Comparing existing strategy to the competition and the economy as a whole * Analyzing productive capabilities and costs * Bringing nonfinancial metrics to test how future strategy creates value * Selecting the right analytical tool and looking at strategic solutions
New York: [American Management Association;, ], 2003
e20438608
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Fifi Luckita
Abstrak :
Terpuruknya perekonomian Indonesia pada tahun 1996 sampai 1998 memberikan imbas terhadap menurunnya kinerja perusahaan hampir di setiap bidang usaha di Indonesia, salah satunya sektor properti dan konstruksi. Demikian pula dengan sektor perbankan Indonesia, di mana tingkat suku bunga dipengaruhi langsung oleh SBI menyebabkan banyaknya kredit usaha jangka panjang maupun jangka pendek yang tidak dapat diselesaikan kewajibannya. XYZ, salah satu pemasok galvanised iron sheet atau yang lebih dikenal dengan sebutan seng juga mengalami dampak penurunan kinerja bukannya hanya dari segi menurunnya penjualan seng itu sendiri tapi juga diakibatkan oleh tingginya suku bunga pinjaman modal kerja yang diterapkan pada masa itu. Ketidakmampuan XYZ menyelesaikan kewajiban hutang kepada Bank Central Asia menyebabkan XYZ harus menyerahkan 97.69% sahamnya kepada PT Holdiko Perkasa sebagai pihak yang dibentuk oleh Bank Central Asia (BCA), Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dan Salim Group untuk menyelesaikan seluruh kredit bermasalah yang berada di bawah pengelolaan BCA. Holdiko dipercaya untuk melakukan penjualan 108 aset perusahaan yang diambil alih BPPN untuk ditawarkan kepemilikan sahamnya kepada calon investor. Penawaran penjualan saham ini dilaksanakan secara terbuka. Pada Mei tahun 2001 97,69% saham XYZ telah teriual dengan nilai transaksi sebesar Rp.297,3 milyar kepada PT. ABC, sebuah special purpose vehicle, yang dibentuk oleh kelompok investor asing dan domestik. Studi yang digunakan dalam penulisan ini adalah bersifat observasi perusahaan untuk mengukur kembali nilai perusahaan dan ekuitas dari XYZ. Diharapkan dengan demikian dapat ditinjau ulang apakah transaksi akuisisi yang dilakukan oleh para investor merupakan transaksi yang menguntungkan (good buy) bagi para investor. Selain itu, dilakukan perhitungan dan analisa apakah investasi ini menciptakan shareholder value added yang signifikan kepada pemegang saham. Tinjauan ulang terhadap harga dilakukan dengan memproyeksikan kembali kemampuan perusahaan menghasilkan free cash flow to the firm (FCFF) selama periode lahun 2001 sampai 2005. Hasil proyeksi FCFF digunakan untuk melakukan valuasi perusahaan dan ekuitas produsen seng terbesar ini menggunakan valuasi discounted cash flows (DCF). Sedangkan perhitungan nilai tambah kepada pemegang saham (shareholder value added) dilakukan dengan menggunakan pendekatan residual income. Untuk mendapatkan hasil perhitungan alas corporate value, debt value, equity value serta SVA yang telah disebutkan pada paragraf di atas, data asumsi yang dipergunakan adalah asumsi netral, yaitu asumsi makro dan mikro ekonomi pada tahun 2000. Asumsi ini merefleksikan di mana perusahaan telah dapat meningkatkan pertumbuhan penjualan sebesar 4%. Meningkatnya pertumbuhan sales, penurunan suku bunga pinjaman diiringi dengan penurunan inflasi memberikan peningkatan yang signifikan pada gross margin, operating margin dan net profit margin yaitu masing -masing sebesar 17%, 12% dan 12%. Pendekatan beta sebagai salah satu komponen dalam perhitungan DCF dilakukan dengan menghitung rata-rata tertimbang Jakarta Comosite Index dengan beta dari dua perusahaan go public yang menggunakan baja sebagai bahan baku produksi. Perusahaan yang dipergunakan adalah PT Jaya Pori Steel Tbk dan PT Jakarta Kyoei Steel Works Tbk dengan rasing-masing beta bernilai 0.91 dengan bobot JCI 0.030% dan 1.25 dengan bobot JCI 0.002%. Hal ini dilakukan karena terbatasnya data yang tersedia untuk melakukan perhitungan beta pada perusahaan tertutup seperti XYZ. Hasil perhitungan menghasilkan beta perusahaan ini sebesar 0.93. Berdasarkan hasil valuasi diperoleh bahwa nilai perusahaan dan nilai ekuitas XYZ masing-masing adalah sebesar Rp446,475 milyar dan Rp319,178 milyar. Hasil perhitungan ini memberikan gambaran bahwa investasi yang dilakukan menguntungkan para investor dengan pembayaran akuisisi lebih rendah sekitar 33% dari corporate value XYZ. Hasil proyeksi cash flows diestimasikan XYZ dapat menciptakan arus kas rata-rata sebesar Rp100 milyar per tahun. Mengacu pada hasil ini, perhitungan Shareholder value added menunjukkan bahwa total nilai SVA PT. XYZ secara keseluruhan dari tahun 2001-2005 adalah sebesar Rp22,997 milyar. Namun, nilai SVA per tahun cenderung mengalami penurunan. Kemampuan perusahaan menciptakan arus kas yang baik memberikan potensi baru bagi perusahaan untuk lebih kompetitif baik melalui pengembangan pangsa pasar dengan meningkatkan ulitilisasi beberapa line produksi khusus seperti seng berwarna (coloured GIS). Dengan meningkatnya line produksi seng warna yang saat ini hanya memiliki utilisation rate maksimal sekitar 16% dan penciptaan saluran distribusi yang lebih luas diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan penjualan GIS perusahaan sehingga memberikan tingkat profit yang lebih tinggi. Pertumbuhan tingkat profit yang lebih baik, pada akhirnya memungkinkan PT. XYZ meningkatkan nilai perusahaan dan shareholder value added di masa yang akan datang serta mempertahankan posisinya sebagai market leader produsen GIS di Indonesia.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18485
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teddy
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian kali ini difokuskan untuk menganalisis nilai perusahaan dengan menggunakan metode discounted cash flow (DCF) dan shareholder value. Pada sisi lain terdapat analisis terhadap praktek akuntansi, analisis keuangan, analisis strategi bisnis serta analisis terhadap prospek bisnis di bidang asuransi, khususnya asuransi umum. Dari keseluruhan analisis pendukung tersebut, dihasikan gambaran mengenai kondisi perusahaan pada saat ini, serta peluang perusahaan pada masa mendatang. Penelitian ini menggunakan perusahaan tertutup (non listed company) yang bergerak di bidang jasa keuangan, khususnya lembaga keuangan non bank yang bergerak di industri asuransi umum. Perusahaan yang menjadi objek penelitian merupakan perusahaan asuransi swasta nasional dengan peringkat ke-5 dari 85 perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perusahaan melakukan kegiatan operasionalnya dengan cukup baik sehingga dapat menghasilkan nilai perusahaan sebesar Rp. 5.831.121.250.841 dan Shareholder value sebesar Rp.5.744.847.233.726. Nilai tersebut dapat menjadi daya tarik bagi para investor, karena disisi lain terdapat peluang dan pangsa pasar yang cukup luas di bidang asurani pada masa yang akan datang.
ABSTRACT This research are focuses to analysing the corporate value using discounted cash flow (DCF) method and shareholder value analysis. In other condition there is many analysis has been generated in this paper such as accounting policy analysis, financial analysis, business strategy analysis and prospect busines in the future, especially in insurance business. From all those analysis we can get the big pictute abaut today company condition, and the prospective of business in the future. This research used a private firms that operate in in financial industries, speciality in non bank financial, that is general insurance. The company is private firm in a general insurance business that achieve 5th rank from the other 85 insurance company that operate in Indonesia. Conclusion from the research are the company doing the business very well, so that the company able to generate the value Rp. 5.831.121.250.841 and Shareholder value sebesar Rp.5.744.847.233.726. That value can be attractive to investor who wants to invest their capital, because in the future there is still an opportunity for this business.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41383
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahmi Hakim
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengungkapan Enterprise Risk Management (ERM) terhadap shareholder value dan profitabilitas perusahaan. Data pada penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada industri Keuangan tahun 2021. Data non-keuangan yang terkait pengungkapan ERM diperoleh dari laporan tahunan menggunakan pendekatan content analysis, sedangkan data keuangan terkait dan shareholder value dan profitabilitas, diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan dan terminal Bloomberg. Selanjutnya pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa pengungkapan ERM oleh perusahaan terbuka di industri keuangan di tahun 2021 tidak berpengaruh signifikan terhadap  shareholder value dan profitabilitas. Meningkatkan profitabilitas perusahaan dan shareholder value adalah proses kompleks yang melibatkan banyak faktor dan strategi. Pengungkapan ERM merupakan salah satu faktor namun bukanlah merupakan faktor yang signifikan untuk dapat meningkatkan performa perusahaan khsususnya pada sisi profitabilitas dan shareholder value. ......This study aims to analyze the effect of Enterprise Risk Management (ERM) on shareholder value and company profitability. The data in this study are companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the financial industry in 2021. Non-financial data related to ERM disclosures are obtained from annual reports using a content analysis approach, while related financial data and shareholder value and profitability are obtained from the company's annual financial reports. and Bloomberg terminals. Furthermore, hypothesis testing was carried out using linear regression analysis. The results of data processing show that ERM disclosure by publicly listed companies in the financial industry in 2021 has no significant effect on shareholder value and profitability. Increasing company profitability and shareholder value is a complex process that involves many factors and strategies. ERM disclosure is one of the factors but not a significant factor to be able to improve the company's performance especially in terms of profitability and shareholder value.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faizal Fardhani Sigarlaki
Abstrak :
Pemasar kini memiliki peluang untuk dapat meningkatkan perannya dalam perusahaan hingga ke tataran stratejik. Namun untuk dapat melakukannya, pemasar dituntut untuk memiliki kemampuan sehingga dapat mengoptimalkan konfigurasi dari berbagai aset berbasiskan pasar. Berbagai studi telah menunjukkan bahwa aset-aset tersebut seperti inovasi, persepsi atas kualitas jasa, kepuasan, loyalitas, dan aset-aset lainnya, memiliki kemampuan untuk memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan nilai perusahaan.

Seringkali aset-aset berbasiskan pasar bersifat tak berwujud (intangible) sehingga relatif sulit untuk dilakukan penilaian agar selanjutnya dapat direpresentasikan dalam ukuran-ukuran keuangan. Pemegang saham cenderung menilai suatu perusahaan berdasarkan ukuran-ukuran keuangan. Maka apabila seorang pemasar memiliki kemampuan untuk merepresentasikan hasil dari konfigurasi aset-aset tersebut dalam ukuran keuangan, peranan pemasar secara stratejik dapat ditingkatkan.

Studi ini dimaksudkan untuk mengkaji konfigurasi aset-aset tersebut dalam bentuk hubungan sebab-akibat serta keterkaitannya dengan nilai perusahaan khususnya dalam perspektif pemegang saham. Peneliti menemukan bahwa terdapat jalur (path) tertentu diantara inovasi, kualitas jasa, kepuasan dan loyalitas pada konteks industri perbankan. Selain itu data mendukung hipotesa bahwa inovasi memiliki kontribusi positif yang relatif tinggi dan signifikan terhadap aset-aset yang menjadi variabel dalam penelitian ini. Selain itu juga diperoleh bahwa inovasi memiliki hubungan positif, kendati tidak signifikan dengan nilai pemegang saham yang direpresentasikan oleh rasio ......Nowadays marketers have an opportunity to increase their roles in a firm to be at a strategic level. But to take an advantage of this opportunity, they should have had capabilities to optimizing the configuration of the market-based assets (e.g. perceived innovativeness, perceived service quality, satisfaction, loyalty, etc). Earlier studies have shown that market-based assets have a positive effect in increasing the value of the firm.

Market-based assets has characteristic of intangible form, which makes them relatively difficult of being measured, especially to be represented in financial metric. Shareholders often assess the value of the firm in a financial way. Respectively, when a marketers is having capabilities to represent the result from the market-based assets configuration, which meet the needs of what shareholder’s wants, so that marketer would be able to extend their role at a strategic level.

This study proposed to learn and measure how the market-based assets configuration has a cause and effect relationships among them, then assess how they related with shareholder value. Researcher found that there is a certain path among the assets (marketing variables) especially from innovation through service quality and satisfaction and then creating loyalty of the customers. The hypotheses has supported by the data that innovation has a positive effect contributing in increasing of another assets, which is being measured as variables in this research. Besides that, there is a positive relationships among innovation and shareholder’s value (measured by q ratio), although it has not enough to be significant.

Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arimbo Wibowo
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas bagaimana Brand dan CRM yang diterapkan dalam kurun waktu 2009 sampai dengan 2011 berdampak terhadap Nilai Pemegang Saham pada PT. XL Axiata, Tbk. Menganalisa kondisi dan posisi perusahaan dalam aktifitas penerapan CRM dan brand strategi dalam mempengaruhi shareholder value dan memberikan usulan alternatif strategi dengan adanya pendekatan konsep untuk memperoleh daya saing berkelanjutan dan lebih meningkatkan shareholder value melalui Customer Equity dan Brand Equity, Adapun salah satu metode untuk menentukan SHV adalah pengukuran pada market to book ratio , Total Shareholder Return (TSR), Earnings per share (EPS), Dicsounted cash flows (DCF) dan 'l`obin?s Q. Perubahan kondisi keuangan perusahaan diwujudkan dengan keuntungan perusahaan dan pada akhirnya hal tersebut akan mempengaruhi SHV. Hal tersebut akan menarik untuk dikaji mengenai bagaimana pengaruh Brand dan aktifitas CRM dan implementasinya yang merupakan cerminan dari Customer Equity dan Brand Equity tersebut dilakukan dalam mempengaruhi nilai dari SHV pada PT. XL Axiata, Tbk. Pada kurun waktu tahun 2009 sampai dengan 2011.
Abstract
This thesis analize how Brand and CRM which are implemented gives impact to shareholder value in PT. XL, Axiata, Tbk. between 2009 until 20| l. Through the analyze of the strategy implemented, it can be analyzed the most effective and efficient strategy from inside the company. lt reflect to Customer Equity and Brand Equity PT. XL Axiata, Tbk. The method to determine the shareholder value are using market to book ratio, Total share holder return, Earnings per share, Discounted cash flows, Tobin?s Q. Through those indicator the financial profit shown. The result is how CRM and Brand implemented with reflected on Customer Equity and Brand Equity can make an influence and maximize the shareholder value in PT. XL Axiata, Tbk. over the long term or short term period.
2012
T32200
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library