Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prima Diastari
"Seiring semakin meningkatnya kebutuhan inovasi di organisasi, semakin penting pula kebutuhan organisasi untuk merekrut karyawan berpendidikan tinggi. Terlebih, jumlah lulusan berpendidikan tinggi terus mengalami peningkatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa humor pimpinan dapat mendorong perilaku kerja inovatif karyawan. Namun, salah satu jenis humor, yakni self-deprecating humor, menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penelitian ini akan meneliti pengaruh self-deprecating humor pimpinan terhadap perilaku kerja inovatif karyawan berpendidikan tinggi. Responden direkrut secara daring dengan teknik convenience sampling. Terdapat total 335 responden yang berpartisipasi, namun hanya 267 responden yang memenuhi kriteria untuk dianalisis. Responden memiliki karakteristik yakni berpendidikan tinggi, pernah atau sedang bekerja minimal selama 1 tahun, berusia 19-48 tahun, dan saat bekerja memiliki atasan. Penelitian ini menggunakan metode Experimental Vignette Methodology (EVM) dan didesain dengan 2 variasi, within subject. Setelah responden mendapatkan tiap stimulus berupa narasi yang berisi pernyataan pimpinan, responden mengisi survei perilaku kerja inovatif melalui google form. Data dianalisis dengan teknik analisis paired sample t-test. Penelitian ini menunjukkan bahwa self-deprecating humor pada pimpinan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kerja inovatif karyawan berpendidikan tinggi. Perilaku kerja inovatif karyawan berpendidikan tinggi menunjukkan hasil yang lebih tinggi pada responden yang diberikan stimulus self-deprecating humor pimpinan dibandingkan yang tidak diberikan stimulus self-deprecating humor pimpinan.
As organizations increasingly seek innovation, there is a growing necessity to hire highly educated employees. Moreover, the number of highly educated graduates is increasing. Several studies show that leader’s humor can encourage employees' innovative work behavior. However, one type of humor, self-deprecating humor, shows different results. Therefore, this research will examine the influence of leaders' self-deprecating humor on the innovative work behavior of highly educated employees. Respondents were recruited using convenience sampling techniques. Total participated respondents was 335, but only 267 respondents met the criteria for analysis. Respondents had the characteristics of being highly educated, having worked or currently working for at least 1 year, aged 19-48 years, and at work had a leader. This study utilized the Experimental Vignette Methodology (EVM), with 2 variations, within-subject. Respondents received each narrative stimulus containing leadership's statement, then respondents filled out innovative-work-behavior survey via Google-form. Data were analyzed using paired-sample t-test. This research shows that leader's self-deprecating humor has a significant effect on the innovative work behavior of highly educated employees. The innovative work behavior of highly educated employees showed higher results for respondents who were given the leader's self-deprecating humor stimulus compared to those who weren’t given the leader's self-deprecating humor stimulus."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khusnul Hotimah
"Praktik prankvertising (prank advertising) dan self-deprecating humor (humor yang merendahkan diri sendiri) merupakan bentuk kreativitas pemasaran digital yang belum banyak digunakan pemasar di Indonesia. Makalah ini bertujuan untuk mengobservasi interaksi yang terjadi di dalam iklan prank Nestlé Pure Life Indonesia dan kolom komentar konten dengan melihat persepsi dan asosiasi emosional audiens yang tercipta bagi yang terlibat dalam proses pembuatan iklan dan yang menonton iklan tersebut. Dengan menggunakan metode observatif digital, penelitian kualitatif ini berfokus pada konten dan kolom komentar prank di TikTok @nestlepurelife_id sejak 5 Juli 2024 hingga 9 November 2024. Melalui dua konten dengan engagement tertinggi dan dua konten dengan engagement terendah di antara 18 kategori konten prank yang diunggah, temuan ini menghasilkan respon positif dari audiens pada iklan prank yang menggunakan low-importance attributes berdasarkan konsep self-deprecating humor yang dipraktikan suatu brand. Meski prank memiliki stigma negatif, prankvertising yang menggunakan alur self-deprecating humor membuktikan sebaliknya. Ketiga pihak yang terlibat mendapatkan keuntungan berupa kepuasan masing-masing, misalnya pihak Nestlé Pure Life Indonesia mendapatkan pujian yang dapat meningkatkan brand awareness dan brand image-nya, audiens mendapatkan kepuasan batiniah dari konten yang menghibur, dan target prank mendapatkan hiburan sekaligus produk gratis. Pada intinya, iklan prank yang diekspektasikan untuk menghasilkan respon positif perlu untuk direncanakan setiap elemennya dengan baik, termasuk emosi yang mungkin muncul oleh audiens.

Prank advertising and self-deprecating humor are forms of digital marketing creativity that have not been widely used by marketers in Indonesia. This paper aims to observe the interactions occurring in Nestlé Pure Life Indonesia's prankvertising campaigns and their comment sections by examining audience perceptions and the emotional associations created for those involved in the ad-making process and those watching the ads. Using a digital observational method, this qualitative research focuses on the prank content and comment sections on @nestlepurelife_id from July 5, 2024, to November 9, 2024. Analyzing two pieces of content with the highest engagement and two with the lowest engagement among 18 categories of uploaded prank content, the findings reveal positive responses from audiences toward prankvertising featuring low-importance attributes based on the concept of self-deprecating humor practiced by the brand. Although pranks often carry a negative stigma, prankvertising that uses self-deprecating humor proves otherwise. The three parties involved benefit from each other's satisfaction. For example, Nestlé Pure Life Indonesia receives praise that can increase its brand awareness and brand image; the audience gains satisfaction from entertaining content; and the prank target receives entertainment as well as free products. In essence, a prank ad that aims to generate a positive response needs to have every element well-planned, including the emotions that the audience may experience.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library