Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Suwaebah
Abstrak :
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Indramayu (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional / RSBI) dan SMK Negeri 1 Sindang Kabupaten Indramayu (Sekolah Reguler). Penelitian ini merupakan penelitian Supervisi akademik dengan model observasi, yaitu dengan menemukan kuantitas dan kualitas antara standar yang ditetapkan dengan pelaksanaan supervisi akademik di SMK Negeri 1 Indramayu dan SMK Negeri 1 Sindang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggunakan metode wawancara mendalam terhadap Pengawas Pendidikan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Produktif dan Guru Adaptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kuantitas dan pembelajaran tentang supervisi akademik yang dilakukan di SMK Negeri 1 Indramayu dan SMK Negeri 1 Sindang di Kabupaten Indramayu.
This research is implemented in SMK Negeri I indramayu (international school stubs / RSBI) and SMK Negeri 1 Sindang Indramayu District (Regular School). This research is Supervision of akademik with the observation model, by finding quantity and quality of the standards set and the implementation.of the Academic Supervision in SMK Negeri I Indramayu and SMK Negeri I Sindang. This research used a qualitative deskriptive method, by using interview to superintendent ofEducation, principal, vice pricipal, productive teachers and Adaptive teachers. The result showed there were differences in quantity and learning about Academic Supervision that implemented in SMK Negeri I Indramayu and SMK Negeri I Sindang in the districk Indramayu.
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T29763
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Ruth Palupi Widya Handari
Abstrak :
Kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan mendirikan sekolah rintisan bertaraf internasional (RSBI) menuai banyak kontroversi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja sekolah RSBI dan Non RSBI yang telah menerapkan ISO 9001di sepuluh SMA Negeri di Jakartadengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis. Indikator kinerja dapat dilihat dari efisiensi. Variabel input yang digunakan dalam penelitian adalah rasio jumlah guru per siswa, jumlah guru S2, dan nilai Ujian Nasional siswa masuk, sedangkan variabel outputnya adalah nilai Ujian Nasional siswa lulus, presentase kelulusan, dan presentase siswa diterima perguruan tinggi Negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah Non RSBI rata-rata cenderung lebih efisien daripada sekolah RSBI, akan tetapi perbedaan nilai efisiensi tersebut tidak terlalu signifikan.
......The governments policy in improving education quality by establishing Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI, International school pioneer) brings controvertion in society. The purpose of this thesis is to compare school performance between RSBI and Non RSBI school which implement ISO 9001 at ten public high schools in Jakarta using Data Envelopment Analysis method. School performance can be seen from efficiency. The input variable used in this thesis are teacher-pupil ratio, percentage of master degree teacher, and National test scores of new students, whereas the output variables are national test score of graduted students, percentage of graduted students, and Percentage of passes in the public University. The thesis result shows that Non RSBI school averagely more efficient that RSBI school, but the efficiency score has no significant difference.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42005
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library