Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Saiful Sakti
Abstrak :

ABSTRAK
Pertumbuhan di bidang perekonomian yang semakin pesat di Indonesia telah merubah wajah kota Jakarta menjadi sebuah kota metropolitan. Meningkatnya pertumbuhan penducluk di Jakarta mempengaruhi meningkatnya kebutuhan akan moda transportasi dan prasarana jalan. Semakin pesatnya perkcmbangau lalu lintas, kemungkinan besar tidak dapat tertampung lagi pada konstruksi yang telah ada, baik jalan layang maupun darat. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu altematif yang dapat digunakan di Indonesia pada umumnya dan Jabotabek pada khususnya digunakan sistem transportasi dengan volume angkut yang tinggi dan bcbas hambatan, yaitu subwcly.

Subway adalah jalan bawah tanah dengan KA sebagai moda transportasinya Dengan sistem ini, penduduk dapat diangkut dalam jumlah yang besar tanpa mengalami kemacetan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, sistem ini akan diterapkan di DK! Jakarta sebagai satu alterantif dalam rnengatasi masalah lalu lintas. J alur Blok M-Kota direncanakan sebagi jalur subway pertama yang akan dibangun di Jakarta.

Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui kestabilan gedung dan permukaan tanah akibat pelaksanaan kontruksi terowongan dangkal (subway) apabila di kiri~kanan jalan diberi dinding penahan. Sehingga akan diketahui seberapa besar deforrnasi yang terjadi akibat penerowongan tersebut, khususnya penumnan pada permukaan jalan/tanah, akibat adanya terowongan atau gedung yang akan dibangun.

Studi skripsi ini menganalisa simulasi-simulasi terowongan dangkal yang berdinding penahan. Kasus diambil dari proyek pembangunan subway Blok M- Kota dengan iokasi tiktifi Data-data tanah diambil dari laporan penyelidikan tanah proyek pembangunan gedung Prince Office yang terletak di jalan Jend. Sudinnan atau di sekitar Setiabudi. Analisa dilakukan dalam dua dimensi pada penampang vertikal yang memotong lokasi tersebut. Modelisasi dari potongan tersebut diusahakan mendekati keadaan sebenamya. Tanah akan ditinjau dalam dua model konstitutif; yaitu clastis nonhomogen dan elastis-plastis sempurna.

Metode yang digunakan dalam studi ini adalah Metode Elemen I-Iingga (1\¢fE.H)_ Metode ini merupakan suatu rnetoda perhitungan pendekatan terbaik yang dapat digunakan dalam analisis numerik.

Program MEH yang digunakan dalam studi ini adalah piranti lunak SAGE CRISP. Piranti lunak khusus Analisa Geoteknik ini dikembangkan oleh University of Cambridge (UK) dan Sage Engineering Ltd.
1997
S34706
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yumi Meirina
Abstrak :

ABSTRAK
Pembangunan kota Jakarta yang begitu pesat menyebabkan lahan perkotaan yang ada semakin tidak mencukupi. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan kegiatan masyarakat maka tuntutan akan tambahan areal untuk pemukiman maupun industri semakin bertambah. Salah satunya adalah perluasan areal dermaga untuk Pelabuhan Tanjung Priok. Alternatif pemecahan masalah tersebut antara lain dengan reklamasi daerah pantai utara DKI. Reklamasi adalah kegiatan membuat daerah pantai menjadi lebih bermanfaat dengan menimbun dengan bahan timbunan yang tepat sampai ketinggian tertentu sehingga dapat digunakan.

Dalam pelaksanaan reklamasi hal terpenting yang harus diperhatikan adalah besarnya penurunan yang terjadi baik pada saat pelaksanaan maupun setelah masa konstruksi, akibat penimbunan maupun beban struktur yang akan bekerja diatasnya.

Studi ini dimaksudkan untuk memperoleh besarnya penurunan akhir dan waktu yang diperlukan agar proses konolidasi selesai dilaksanakan Tanah dasar merupakan tanah lunak tanpa dilakukan perbaikan tanah dasar terlebih dahulu. Dalam analisa ini juga digunakan vertikal drain sebagai suatu mtode alternatif yang akan digunakan di lapangan nantinya. Pemilihan penggunaan vertikal drain dimaksudkan untuk dapat lebih mempercepat proses konsolidasi.

Data penyelidikan tanah yang diambil adalah data tanah pada lokasi sekitar Ancol untuk kondisi dengan vertikal drain atau tanpa menggunakan vertikal drain. Analisa numerik dilakukan dengan permodelan 2 dimensi dengan rasio permeabilitas arah horizontal dan vertikal sebesar 2. Kondisi konsolidasi yang terjadi adalah drained yaitu kondisi di mana terjadi pengaliran air pori dan pemodelan tanah elastis. Simulasi dilakukan dalam variasi waktu agar diperoleh penurunan dalam fungsi waktu.

Program yang digunakan adalah progam SAGE CRISP yaitu suatu program geoteknik yang perhitungannya didasarkan pada prinsip metode elemen hingga. Dengan program ini diharapkan hasil akhir yang diperoleh dapat membeli gambaran mengenai keadaan yang akan terjadi sebenarnya di lapangan.
1997
S34639
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Andre Maulana
Abstrak :

ABSTRAK
Pembangunan kota-kota besar seperti Jakada telah menjadikan Jakarta sebagai Salah sam kota metropolitan yang terbesar di dunia , dengan jumlah penduduk sckitar 8 juta jiwa maka kota Jakarta memiliki lingkat dinamika masyarakat yang tinggi. Sailing dengan tingkat mobilit/as masyatakatnya maka kola Jakarta membutuhkan suatu sistem transportasi terpadu, Salah satu diantaranya adalah pernbangunan Kereta Bawah Tanah ( Subway ).

Pelaksanaan Kontruksi Subway di Jakarta memiliki tingkat kesulitan yang Iinggi, dimana lintasan kereta akan melewati daerah-daerah yang sudah ada fasilitas infraslruktur seperti jalan, bangunan dan jembatan. Juga dikarenakan kondisi gcologis kota .Iakana merupakan tanah Iunak. Pembangunan ini bercslko tinggi terhadap lingkungan di sekitarnya.

Studi ini dilakukan untuk menganalisa seberapa jauh pcngaruh pcmbangunan konstruksi subway terhadap bangunan dan permukaan tanah, dan juga pengaruh kontruksi bangmman terhadap struktur subway yang telah ada, juga pengaruh lainnya pada masa konslnlksi seperti kedalaman tunnel, ketinggian muka air tanah, kckuatan penyangga (support), level dari pilecaplpondasi bangunan, dll.

Data pcnyelidikan tanah diambil dari salah satu data penyelidikan tanah proyek Chase Plaza H Jl. Jend. Sudirman untuk beberapa parameter simulasi, dan seluruh Iokasi dari Fatmawati sampai Sta. Kota disimulasikan untuk satu kondisi tetap.

Terowongan antar stasiun ini akan dianalisa dalam 2 dimensi regangan bidang (plane strain pada kedalaman 30 s/d 50 meter. Pada kondisi undrained dan menggunakan model kontsitutive tanah Elastis Linier Isotrop dan model Elasto-plastis Mohr-Coulomb sebagai perbandingan.

Program Sage Crisp V3.02 akan diguuakan dalam analisa ini, program yang didasarkan atas analisa elemen hingga ini diharapkan dapat memodelkan pada keadaan yang sebenarnya.
1997
S34653
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library