Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Alfatih
Abstrak :
Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap permasalahan lingkungan mendorong perkembangan teknologi kendaraan listrik yang tidak lagi mengandalkan sumber bahan bakar fosil. Kendaraan sadar lingkungan berbasis tenaga surya menjadi salah satu alternatif dalam mengurangi pemakaian bahan bakar konvensional. Akan tetapi, kendaraan sadar lingkungan berbasis tenaga surya tidak dapat berjalan maksimal ketika kondisi intensitas radiasi rendah saat hujan dan mendung. Maka pada skripsi ini dilakukan perancangan kendaraan sadar lingkungan dengan motor penggerak BLDC 500 watt 48 volt berbasis tenaga surya yang di hybrid dengan menggunakan generator hub dinamo. Generator yang digunakan adalah generator berdaya kecil yang biasa disebut hub dinamo. 2 hub dinamo berdaya 3 watt 6 volt terpasang di kedua bagian hub ban depan kendaraan. Hasilnya didapatkan jarak tempuh karling mode hybrid hub dinamo sejauh 10250 m dan waktu tempuh 34,88 menit. sedangkan karling mode hybrid panel surya sejauh 11450 m dan waktu tempuh 42,5 menit.
Increased public awareness about environmental issues is encouraging the development of electric vehicle technology that no longer rely on fossil fuel sources. Environmentally conscious vehicles based on solar power becomes an alternative to reduce the use of conventional fuels. However, environmentally conscious vehicles based on solar power cannot run maximum when the conditions of the radiation intensity is low when the rain and overcast . So at this skripsi conducted design of environmentally conscious vehicles based on hybrid solar power using a generator. The generator used is small power generator commonly called hub dynamo. 2 hub dynamos, 3 watt 6 volt powered, mounted on both sides of the hub of the front tires of the vehicle. The result, obtianed karling rsquo s hybrid mode with hub dinamo mileage performancce as far as 10.450 m in 34,88 minutes. And for karling rsquo s hybrid mode with PV, obtained distance as far as 11.250 m in 42,5 minutes.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67762
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Julianto Putra Kanggeyan
Abstrak :
Perkembangan jumlah kendaraan bermotor setiap tahun yang selalu bertambah secara signifikan menimbulkan berbagai problematika. Salah satunya adalah menurunnya kualitas udara. Dan seiring berkembangnya teknologi, pengaplikasian energi alternatif terus giat dilakukan termasuk untuk kendaraan. Pada skripsi ini, dilakukan rancang bangun kendaraan dengan menggunakan panel surya yang dinamakan Kendaraan Sadar Lingkungan atau KARLING. Perancangan dimulai dari perancangan mekanik atau rangka. Rangka dirancang melalui proses design dengan menggunakan software dan disimulasikan kekuatan dari design tersebut. Untuk perancangan elektrik, sumber energi utama untuk menggerakkan motor brushless dc 350 watt adalah energi yang tersimpan pada baterai. Baterai mendapat sumber energi dari panel surya yang dipasang pada atas kendaraan ini sebagai atap. Digunakan juga charge controller untuk mengatur proses pengisian energi baterai dari panel surya ataupun PLN dan mengatur energi yang disalurkan ke beban. Hasilnya, didapat performansi jarak tempuh KARLING sejauh 20.500 meter dalam waktu 66 menit dengan mengonsumsi energi sebesar 195,3 Wh pada mode non-hybrid. Sedangkan pada mode hybrid, didapat jarak tempuh sejauh 27.500 km dalam waktu 81.5 menit dengan mengomsumsi energi sebesar 267,5 Wh.
The number of motor vehicles per year which always increases significantly raises various problems. One is the reduction of air quality. As the development of technology, the application of alternative energy stirring constantly made ​​including to the vehicle. In this thesis, carried out design of vehicles using solar panel called Kendaraan Sadar Lingkungan or Karling. The main energy source to drive the brushless dc motors of 350 watts is the energy stored in the battery. The battery gets energy sources from solar panels mounted on top of the vehicle as a roof. And also used charge controller to regulate the process of charging the battery energy from solar panels or PLN and regulate the energy supplied to the load. The result, obtained KARLING?s mileage performance as far as 20.500 m in 66 minutes with a consumption of 195,3 Wh energy in non - hybrid mode . While in the hybrid mode, the obtained distance as far as 27.500 m in 81,5 minutes with the energy consumption of 267,5 Wh.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63407
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Noorfatima
Abstrak :
Aktivitas manusia modern membutuhkan kendaraan berbahan bakar fosil sebagai moda transportasi yang cepat serta efisien. Kendaraan berbahan bakar fosil menghasilkan emisi gas buang yang berdampak buruk bagi lingkungan. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan mengganti kendaraan berbahan bakar minyak bumi dengan Kendaraan Sadar Lingkungan KARLING yang lebih ramah lingkungan. KARLING menggunakan motor listrik BLDC berbahan bakar listrik sebagai penggerak sehingga tidak menghasilkan gas emisi sehingga aman bagi lingkungan. Dengan latar belakang tersebut, skripsi ini bertujuan untuk mengkaji sistem kerja dan performansi pengendali yang digunakan untuk pengoperasian metode pengereman regeneratif pada KARLING, sebagaimana pengereman regeneratif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan performa kendaraan. Metode yang penulis gunakan dalam skripsi ini yaitu studi literatur, simulasi dengan menggunakan SIMULINK, dan pengujian pada prototipe. Simulasi dilakukan untuk mengetahui prinsip kerja pengendali terhadap pengereman regeneratif. Pengujian dilakukan untuk mengetahui respon KARLING selama pengereman regeneratif.
Modern human activities need fuel vehicles as their transportation tools. Fuel vehicles emit waste gases which are have bad effect for the environment. There is one way to cope the problem is exchanging fuel vehicle with Environment Conscious Vehicle Kendaraan Sadar Lingkungan KARLING . KARLING uses electric BLDC Motor which is moved by electrical energy so it will not emit any kind of gas. Therefore it will be eco friendly. Based on the backgrounds, the thesis rsquo s purposes are to research about regenerative braking ways of working and its performance towards KARLING. So that regenerative braking shall be solution for increasing compact size vehicles. The methods that the researcher use are study of literature, simulation using SIMULINK, and prototype test. The simulation shows ways of working of regenerative braking to generate electricity. Otherwise, prototype test is important to know the performance of regenerative braking towards compact vehicle.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library