Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 334 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rudianto
Abstrak :
Penelitian dan kajian dilakukan bertujuan untuk menghasilkan temuan-temuan baru atau memperbarui temuan yang telah ada sebelumnya, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas suatu bidang ilmu bagi kehidupan umat manusia. Penggunaan sitiran dalam karya tulis ilmiah merupakan suatu bentuk komunikasi antara pengarang yang menyitir dan pengarang karya ilmiah yang disitir. Sitiran digunakan karena relevansinya terhadap suatu subjek yang sedang dikaji. Sehingga akan dapat dilihat hubungan yang terjadi antara karya tulis satu dengan yang lainnya. Kajian ini bertujuan melihat hubungan antar karya ilmiah dan melihat kolaborasi pengarang yang ada di Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer IPB melalui co-authorship, co-bibliographic, dan co-descriptor. Diharapkan dengan adanya kajian ini dapat dilihat pemetaan subjek yang telah diteliti di Ilmu Komputer IPB dalam kurun waktu 2006 sampai dengan 2008.
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2019
020 PUS 26:2 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Azmie Kasmy
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam persaingan merek, merupakan tantangan bagi pemasar untuk meningkatkan ekuitas mereknya karena ekuitas merek yang tinggi bisa menciptakan keuntungan yang tinggi pula bagi manufaktur komputer Ekuitas merek yang tinggi akan menciptakan loyalitas dan memberikan peluang bagi perusahaan untuk menawarkan produk dengan harga yang sesuai dengan perceived quality dari konsumen.

Pada beberapa jurnal pemasaran khususnya mengenai co-branding ditemukan hahwa Co-branding memberikan kesan tertentu terhadap kualitas suatu produk yang dipasarkan sebagai contoh: Ssangyong dengan Mercedes-Benz, CitiBank dengan Visa atau Master Card, diet Coke dengan Nutrasweet. Patria dengan Komatsu. Kesan tersebut tercakup didalamnya kualitas dan harga produk yang dipasarkan. Sehingga tiga tujuan utama di dalam penelitian ini yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh co-branding terhadap kesan kualitas produk komputer dan sejauh mana kesan kualitas itu berubah setelah dilakukan co-branding dengan suatu processor, mengetahui perubahan harga dan sebelum dilakukan co-branding dan setelah dilakukan co-branding untuk kategori produk komputer, mengetahui pengaruh Co- branding komputer dengan prosessor terhadap dasar pertimbangan konsumen didalam pembelian.

Bentuk penelitian yang dilakukan adalah dengan descriptive analysis. Survei dilakukan di wilayah DKI Jakarta dengan jumlah responden 200 orang. Data primer diperoleh melalui metode sample survey dengan instrumen utama kuesioner. Variabel utama yang diukur didalam penelitian ini terdiri dari perceived quality, perceived price, serta variabel pendukung Iainnya (product attribute, brand awareness, advertising awareness, buying behaviour, product usage). Responden dalam penelitian ini mengisi sendiri kuesioner (self-administered survey) yang diberikan kepadanya dengan cara drop-off Khusus untuk variabel brand awareness dan brand association dilakukan dengan teknik in-depth interview.

Kuesioner yang digunakan berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai persepsi terhadap kualitas dan harga produk komputer dan prosessor. Ada tiga merek yang di analisis untuk kedua produk, masing-masing mewakili brand power: strong, moderate, dan weak. Untuk produk prosessor digunakan merek Intel Pentium, AMD Athion. dan VIA Cyrix. Sedangkan untuk produk komputer digunakan merek Compaq, Zyrex, dan Extron. Untuk mengukur perceived qualiiv digunakan 6 points liken scale, dimana 1 berarti kualitas sangat rendah dan 6 berarti kualitas sangat tinggì. Untuk variabel perceived price ditanyakan kepada responden persepsinya terhadap harga apakah lebib tinggi, Iebih rendah, atau sama saja (kira-kira berapa persen), apabila diberikan sebuah zero origin dengan patokan 100%. Sedangkan dalam meneliti variabel product attribut digunakan 6 points liken scale untuk tingkat kepentingan atribut dan ordinal scale untuk prioritas kepentingan atribut.

Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, maka pada para responden ditanyakan persepsinya terhadap kualitas dan harga sebelum dan sesudah co-branding. Hasil yang diperoleh untuk kondisi perceived quality dan price adalah: pertama, bagi host brand terlihat bahwa secara keseluruhan persepsi kualitas akan meningkat apabila beraliansi dengan ingredient brand yang Iebih kuat danpada dengan ingredient brand yang lebih lemah. Kedua, secara keseluruhan persepsi terhadap harga akan cenderung meningkat apabila beraliansi dengan ingredient brand yang Iebih kuat daripada ingredient brand yang lebih lemah.

Untuk mengukur tingkat signifikansi perubahan pada perceived quality dan price dilakukan uji paired sample t-test. Dan uji yang dilakukan diperoleh hasil bahwa: pertama, persepsi kualitas konsumen terhadap merek komputer secara signifikan dipengaruhi oleh semua merck co-brand prosessor kecuali co-branding antara merek Intel Pentium dengan Compaq dimana kedua merek merupakan brand yang sama-sama kuat. Kedua, untuk host brand Compaq, Zyrex, dan Cyrix, perceived price akan menìngkat secara signifikan apabila melakukan co-branding dengan ingredient brand yang kuat seperti Intel Pentium. Sebaiknya, perceived price akan menurun secara signifikan apabila dilakukan co-branding dengan ingredient brand yang lemah seperti VIA Cyrix. Sedangkan apabila host brand melakukan co- branding dengan ingredient brand yang kuat secara moderat, maka terdapat kecenderungan bahwa perceived price akan meningkat atau menurun secara tidak signifikan.

Dari analisis terhadap atribut fisik maupun non fisik, diperoleh kesimpulan bahwa prosessor merupakan atribut penting dan diprioritaskan di dalam proses pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian komputer. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa co-branding manufaktur komputer dengan processor sebagai secondary association merupakan Iangkah yang tepat. Uji anova yang dilakukan terhadap tingkat kepentingan dan prioritas atribut, membuktikan bahwa kecepatan dan merek prosessor tidak secara signifikan dipersepsikan berbeda dalam proses pembelian PC baik bagi owner maupun non owner.

Dari hasil penelitian yang didapat, maka beberapa hal yang dapat disarankan. Pertama, bagi manufaktur komputer secara umum, co-branding meniiliki pengaruh yang signifikan untuk mempengaruhi perceived quality dan price terhadap produk komputer sehngga merupakan langkah yang potensial untuk melakukan aliansi dengan prosessor untuk menerapkan pemasaran bersama dengan co-branding atau lebih spesifik dengan ingredient branding. Namun perlu diingat, persepsi kualitas dan harga akan cenderung meningkat secara signifikan apabila metakukan co-branding dengan merek prosessor yang lebih kuat daripada. host brand.

Kedua, bagi merek-merek komputer yang diteliti, untuk merek Zyrex dan Extron co- branding seharusnya dilakukan dengan merek prosessor yang kuat seperti Intel Pentium agar peningkatan terhadap perceived quality dan price dapat Iebih signifikan. Bagi Compaq yang cenderung memiliki brand power yang sama dengan merek kuat seperti Pentium, ada baiknya untuk mempertimbangkan untuk melakukan alternatif co-branding dengan merek produk komplementer seperti Windows atau melalui peningkatan terhadap value to the customers dengan mengeksploitasi atribut-atribut produk lainnya yang penting bagi konsumen seperti garansi dan afler sales service. Hal ini disebabkan karena peningkatan terhadap perceived quality cenderung tidak bertambah secara signifikan apabila Compaq melakukan co-branding dengan intel Pentium.

Ketiga, bagi para akedemisi, hasil yang diperoleh dari penelitian ini menguatkan kesimpulan bahwa co-branding dapat secara signifikan meningkatkan perceived quality dan price bagi host brand apabila dilakukan dengan ingredient brand dengan kekuatan merck ( brand power) tertentu.
2002
T3574
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fariz Rayhan
Abstrak :
Reduksi gas CO2 secara elektrolisis dengan menggunakan elektroda Cu pada larutan elektrolit NaHCO3 dan buffer fosfat telah dilakukan. Metode elektrolisis arus tetap dilakukan pada arus 8A dengan potensial sebesar 7V. Produk yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan GC-TCD dan Gasboard-3000 setelah elektrolisis selama 30 menit. Variasi yang dilakukan pada penelitian ini berupa laju alir gas CO2 murni dan variasi suhu ruang elektroda. Senyawa CO dihasilkan pada percobaan kali ini. Efisiensi faraday tertinggi pada reduksi CO2 ini adalah 6,53 % pada laju alir gas CO2 0,3L/menit dan suhu 10oC. Efisiensi faraday ini sangat dipengaruhi oleh preparasi larutan elektrolit, elektroda dan juga transfer masa. ......The reduction of CO2 gas by electrolysis using Cu electrodes in NaHCO3 electrolyte solution and phosphate buffer was studied. Constant current electrolysis was conducted at 8A with potential at 7V. The results were analyzed using GC-TCD and Gasboard-3000 after electrolysis for 30 minutes. The variations applied in this study were the flow rate of pure CO2 gas and variations in the temperature of the electrode chamber. CO compounds are produced in this experiment. The highest faraday efficiency in this CO2 reduction is 6.53% at a CO2 gas flow rate of 0.3L / minute and a temperature of 10oC. Faraday efficiency is greatly influenced by the preparation of electrolyte solutions, electrodes and also mass transfer
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salje, Ekhard K.H.
Cambirdge: Cambridge University Press, 1990
537.244 8 SAL p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Cahyaniati
Abstrak :
Meskipun Jepang dikenal sebagai salah satu negara industri yang terkuat di dunia, sektor pertanian masih belum ditinggalkan oleh masyarakat Jepang, dan koperasi pertanian sebagai representatif dari pertanian merupakan salah satu koperasi termaju di dunia. Untuk mendapatkan informasi mengenai strategi pengembangan Koperasi Pertanian Jepang (Japan Agricultural Co-operatives) yang dewasa ini dikenal dengan JA, telah dilakukan kajian kepustakaan dan pengamatan lapang secara terlibat pasif di JA-Sakura, yang berlokasi di Tsukuba-Shi, Prefektur Ibaraki, pada tanggal 22-24 Juli 2001. Penelitian ini menyajikan gambaran dan menganalisis adanya strategi yang diterapkan sehingga koperasi pertanian tetap eksis, yaitu dengan menggunakan faktor-faktor kekuatan yang mendukung majunya koperasi pertanian di Jepang.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2003
T11168
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Umi Mujahadah
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai integrasi pasar saham negara kawasan Uni Eropa, NAFTA dan Asia. Pasar saham yang menjadi objek penelitian adalah Inggris, Perancis, Jerman, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Hongkong, China, Jepang dan Korea Selatan. Periode penelitian dari Januari 2008 sampai Desember 2016. Metode yang digunakan adalah uji akar unit, uji kointegrasi, Vector Autoregressive (VAR), Impulse Responses Function dan uji kausalitas Granger. Hasilnya menunjukkan bahwa pasar saham Amerika Serikat dan China memiliki pengaruh yang besar dibandingkan dengan pasar saham lain. ......This study examines the integration of European Union, Nafta and Asia stock markets. These countries include, England, France, German, USA, Canada, Mexico, Indonesia, Malaysia, Singapore, Phillipines, Thailand, Hongkong, China, Japan and South of Korea peiod starting from January 2008 to December 2016. Unit root, Co-integration test, Vector Autoregressive (VAR), Impulse Responses Function and Granger Causality Test are employed. The results showed that USA and China stock markets have significant impact with others stock market.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T49825
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akhmad Sofwan
Abstrak :
ABSTRAK
Meningkatnya pemanfaatan data spasial di dalam kehidupan sehari-hari ditambah semakin tersedianya teknologi pengambilan data spasial seperti perkembangan teknologi Remote Sensing,menjadikan peta sebagai hal yang memiliki peran semakin penting di sejumlah bidang, seperti bisnis,kesehatan masyarakat, telekomunikasi dan geografi. Semakin banyak nya data spasial yang tersediadan semakin meningkatnya peran data spasial menuntut di butuhkan nya informasi yang penting danbermanfaat yang informasi tersebut selain tersedia secara eksplisit, juga tersedia secara implisit. Didalam menambang dan menerjemahkan data implisit di dalam data spasial tsb di perlukan tekniktertentu. Ilmu Data Mining atau Penambangan Data memiliki peran dalam mendapatkan informasiyang berguna dan implisit tersebut, terutama di dalam dataset yang besar . Bidang ini memiliki subtopik di dalam data spasial, yaitu Penambangan Data Spasial yang salah satu topik dalamPenambangan Data Spasial adalah Penambangan pola co-location.Salah satu peran penambangan pola co-location dalam tata wilayah kota adalah mendapatkanpola co-location untuk Point Of Interest POI yang bermanfaat untuk mendapatkan hubungankedekatan di antara objek-objek yang ada di dalam kota, seperti mengetahui apakah kebanyakanRumah sakit yang didirikan adalah Rumah sakit yang terletak di dekat restoran, Objek-objek /Instance-instance apa yang berada di sekitar cabang-cabang Toko ritel ldquo;XYZ rdquo; yang memiliki profityang cukup besar, informasi ini akan bermanfaat untuk perencanaan cabang Toko Ritel yang baru.Dalam tesis ini, di gunakan data wilayah propinsi DKI Jakarta untuk mengetahui pola co-locationPOI nya yang hal tersebut dapat di gunakan untuk Perencanaan kota, Bisnis, analisa pola konsumtifmasyarakat, dan lain-lain. Tesis ini menggunakan pendekatan event-centric model [1] , dengan datawilayah DKI Jakarta dari OpenStreetMap [17] dan database spasial PostGIS untuk mendapatkanpola co-location dari POI yang ada.
ABSTRACT
The increasing of data spatial usage in today 39 s life and the more availability of data spatialacquisition technology like Remote sensing, make a map 39 s role is more important in various fieldssuch as business, public health, telecommunication and geography. More data spatial and moreincreasing of data spatial role make more important and more useful the information inside we canuse, explicitly and implicitly as well. In mining and translating implicit data in spatial data, we needa special technique. Data Mining has a role in retrieving the useful and implicit informationespecially in a big dataset. This field has a sub topic in spatial data, Spatial Data Mining where oneof the Data Spatial Mining topic is Co location pattern mining.One of Co location pattern mining is in City management for retrieving Co location patternmining for Point Of Interest POI in proximity neighborhood of instances in a city such as knowingwhat are hospitals near restaurant , what instances near of profitable supermarket branches ldquo XYZ rdquo .This information will be useful for a plan to build new branches.This Thesis use province DKI Jakarta data for retrieving Co location pattern mining for Citymanagement, Business, consumptive community pattern and others. This tesis use Event centricmodel approach 1 in DKI Jakarta area data from OpenStreetMap 17 and Spatial database PostGISfor retrieving Co location pattern form existing POI.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
S3089
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>