Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dicky Arisikam
Abstrak :
Perkerasan kaku memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan aspal beton, diantaranya adalah kemampuan menahan beban lalu lintas yang lebih besar serta sifat durabilitas yang lebih baik. Tetapi perkerasan jenis ini juga memiliki kelemahan ketahanan terhadap retak baik karena penyusutan maupun yang disebabkan oleh terjadinya perbedaan penurunan tanah dasar, serta kurang nyaman bagi pengendara karena sifat kekakuan bahan. Studi yang dilakukan mengharapkan suatu hasil berupa alternatif bahan perkerasan yang memenuhi kriteria kekuatan dan kenyamanan bagi pengendara. Serangkaian uji coba campuran beton di laboratorium dengan variasi pada kadar penambahan bahan karet dilakukan untuk melihat pengaruhnya terhadap kuat tekan, kuat lentur dan modulus elastisitas beton. Hasil evaluasi data hingga saat ini memberikan kesimpulan sebagai berikut : 1. Penambahan bahan karet dalam campuran beton mengakibatkan terjadinya penurunan kekuatan beton. 2. Penggunaan admixture jenis plasticiser dapat membantu pencapaian beton karet yang memenuhi kriteria workabilitas, kekuatan tekan minimum fc = 34 MPa dan kekuatan lentur minimum fr = 45 kg/cm2 sesuai dengan spesifikasi untuk perkerasan jalan beton.
Rigid pavement has some superiority than flexible pavement; its like can restrain the traffic load and good durability. But this pavement has some weakness too; it's like can not restrain the crack by shrinkage and different settlement of sub grade, and not comfort for user (driver) because the material very rigid. The expectation of this study is to find the pavement material alternative whit strength criteria and comfort for user (driver). Some trial mixes of concrete with various (percentage) increasing of rubber in laboratory were to find the influence about Compressive Strength, Flexural Strength, and Modulus of Elasticity of concrete. The conclusions are: 1. The increasing of rubber in concrete can to decrease the strength of concrete. 2. The increasing of admixture (plasticizer type) in rubber concrete can increase the strength of concrete and workability, the minimum Compressive Strength fc = 34 MPa and the minimum Flexural Strength fr = 45 kg/cm2, it is appropriate by rigid pavement specification.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50472
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Garlan Ramadhan
Abstrak :
Chimney merupakan struktur tubular yang terdiri dari windshield (struktur beton) dan inner flue (struktur baja). Karena bentuknya yang tinggi dan langsing, chimney sangat rentan terhadap beban lateral. Tantangannya adalah bagaimana mendesain chimney yang tidak memakan biaya besar, namun tetap efektif dalam menahan gaya gempa. Penggunaan elastomeric rubber sebagai sambungan antara kedua struktur tubular diharapkan mampu mereduksi respon seismik struktur dengan menggeser periode getar alami sehingga semakin menjauhi periode predominan gempa. Hasil studi menunjukkan penggunaan elastomeric rubber dengan kekakuan 6 KN/mm memberikan respon seismik yang paling baik. Namun kekakuan yang lebih kecil dan perubahan orientasi letak peredam perlu dilakukan untuk mendapatkan respon seismik struktur yang lebih baik lagi.
Chimney is a tubular structure consisting of windshield (concrete structure) and inner flue (steel structure). Because of its tall and slender figure, chimney highly vulnerable to lateral loads. The challenge is how to design chimney that is not costly, but still effective in resisting earthquake forces. The use of elastomeric rubber as the connection between the two tubular structure is expected to reduce the seismic response of structures by shifting the natural vibration period and make it further from the predominant period of earthquake. The study shows the use of elastomeric rubber with stiffness 6 KN/mm provided the best seismic response. However, smaller rubbers stiffness and the change of dampers location needs to be done to obtain the better seismic response of structure.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S50580
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library