Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nancy Thelma Rehatta
"Penelitian ini bertujuan mengkaji kehidupan kaum lanjut usia dalam proses membangun strategi agar tidak dilihat sebagai “liyan”[1], serta memperoleh posisi dan relasi yang menguntungkan secara kultural, sosial, ekonomi, politik. Hal ini menjadi penting karena dalam kesehariannya kaum lanjut usia berhadapan dengan stereotipe, prasangka, diskriminasi dan stigma sehingga identik dengan kondisi fisik yang lemah, secara intelektual menurun, tidak berpenghasilan, cenderung miskin, sulit membangun relasi sosial dengan sekitarnya, cenderung menutup diri, kondisi emosional tidak stabil dan sebentar lagi menuju kematian. Di sisi lain kaum lanjut usia harus berhadapan dengan perubahan-perubahan dalam kesejarahan hidupnya. Kaum lanjut usia juga harus mengatasi relasi dan interaksi dengan struktur-struktur yang muncul, yang mengabaikan potensi-potensi berharga yang dimiliki kaum lanjut usia.
Untuk mengetahui strategi dan siasat yang dipakai, maka penelusuran dan analisis atas proses geliat dan manuver kaum lanjut usia ini menjadi hal yang menarik. Bahwa sesungguhnya kaum lanjut usia tidak menyerah dan tidak ingin menjadi the passive victim, ketika mengalami dominasi dan eksklusifikasi. Bahwa kaum lanjut usia sebenarnya melakukan perlawanan, dimana opresi maupun agresi serta penyudutan pada diri mereka, justru dimanfaatkan sebagai peluang dan kendaraan untuk membangun negosiasi dan melakukan manuver, mengubah posisi dari obyek menjadi subyek yang juga memiliki hak menentukan pilihan hidup bahkan berperan aktif.
Guna mendapatkan hasil yang diharapkan maka jendela intip yang dipakai untuk melihat proses ini adalah institusi religius dalam hal ini gereja. Mengapa institusi religius? Sebab institusi ini merupakan tempat “berlindung” bagi kaum lanjut usia, ketika mereka merasa dunia di sekitar mereka menolak dan tidak menghargai. Melalui institusi religius kaum lanjut usia berharap dapat melanjutkan aktivitas dan potensi mereka dalam penerimaan yang positif melebihi dunia di luar mereka
Kelompok kategori Persekutuan Kaum Lanjut Usia (PKLU) gerejawi, menjadi “ruang” sosial baru yang menampung aspirasi sekaligus menjadi arena berkarya, melayani dan membangun komunikasi dengan sesama lanjut usia, non lanjut usia serta unsur pelayanan lain yang lebih luas. Dalam wadah ini kaum lanjut usia membangun kultur untuk menunjukkan bahwa mereka terdiri dari beragam individu yang mampu mengembangkan potensi dan kapasitas dalam segala “keunikan”nya. Ruang ini yang disebut Bhabha sebagai ruang ketiga, yang tidak hanya berfungsi sebagai ruang penemuan identitas baru, tetapi dimanfaatkan sebagai ruang imajinatif untuk berbicara, membangun dan menghadirkan kehidupan sehingga kaum lanjut usia bukanlah kaum pasif yang hanya menanti datangnya kematian.

This research aims to review the lives of the elderly in their process of building a strategy so as not to be seen as "the Other”, as well as to obtain favorable position and relationships in cultural, social, economic and political. This is important because the elderly in their daily, always dealing with stereotypes, prejudice, discrimination and stigma that is identical to their weak physical condition, intellectual decline, not income, tend to be poor, it is difficult to build social relations with the surroundings, tend to be considered self-closing, the condition emotionally unstable and soon towards death. On the other hand the elderly have to deal with historical changes in their life. Older people also have to address the relationship and interaction with structures that appear to confirms the rule, which ignores the potential value they have.
To know the strategies and tactics used, then the search and analysis of the process of stretching and maneuvering of the elderly is an interesting thing. Behold, the elderly do not give up and do not want to be the passive victim, when subjected to domination and exclusive. That older people actually take the fight, where oppression and aggression and cornered on them, just used it as an opportunity and vehicle to build negotiations and maneuvering, change the position of an object into a subject that also has the right to make choices even live an active role.
In order to get the desired results then the viewing window used to look at this process is a religious institution, named church. Why do religious institutions? Because this is an institution where "shelter" for the elderly, when they feel the world around them resisted and did not appreciate them. Through the religious institution, the elderly hopes to resume activity and their potential in the positive reception to exceed beyond their world.
The Church Eldery Group Category (PKLU – Persekutuan Kaum Lanjut Usia) became a "space" to accommodate their new social aspirations as well as a work arena, serving and establish communication with fellow elderly, non-elderly and other elements of the broader services. In this group the elderly build culture to show that they are composed of a diverse of individuals who are able to develop the potential and capacity in all its "uniqueness" of theirs. Bhabha called this space as a third space, which is then not only serve as a discovery area of a new identity, but used as an imaginative space to talk about life, build and bring life to the elderly is in fact not the only awaits the arrival of a passive mortality.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Wayan Suryatini
"Identitas kembali dipertanyakan ketika individual hidup sebagai masyarakat modern di kota besar seperti Jakarta. Identitas masyarakat perkotaan dapat tergerus akibat tingginya laju kehidupan dan arus urbaanisasi. Di tengah kesibukan beraktivitas dan mobilitas yang cepat, masyarakat perkotaan memerlukan cara untuk mengkomunikasikan identitas untuk meningkatkan kualitas hidup mereka , salah satunya dengan bergabung dalam suatu komunitas. Tesis ini membahas bagaimana masyarakat perkotaan menghubungkan keterlibatan mereka pada sanggar tari dengan komunikasi identitas milik Michael Hecht. Komunikasi Identitas merupakan cara untuk membentuk identitas dan mengubah mekanisme identitas seseorang melalui aspek sosial, individu, dan kolektif yang terangkai dalam empat lapisan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap pendiri sanggar dan tiga orang anggota Sanggar Tari Wulangreh Omah Budaya pada kelas pertama tari Bali di Jakarta Selatan dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan masyarakat perkotaan memerlukan kehadiran ruang ketiga untuk mengurangi kepenatan kehidupan kota besar. Mereka menjadikan keanggotaan dalam sanggar sebagai aktivitas alternatif untuk menyeimbangkan kehidupan pekerjaan dan pribadi. Pada akhirnya hal ini memperkuat indentitas nasional masyarakat Jakarta dalam bentuk pilihan gaya berpakaian, presentasi di media sosial, pilihan kegiatan sehingga menimbulkan identitas baru sebagai orang yang berbudaya.

Identity is questioned again when individuals live as modern citizens in big cities like Jakarta. The identity of urban communities can be eroded due to the high pace of life and urbanization. In the midst of busy activities and rapid mobility, urban people need ways to communicate their identity to improve their quality of life, one of which is by joining a community. This thesis discusses how urban communities connect their involvement in dance studios with Michael Hecht's identity communication. Identity communication is a way to form identity and change one's identity mechanism through social, individual, and collective aspects that are arranged in four layers. This research is a qualitative research using descriptive case study method. Data were collected through in-depth interviews with the founder of the studio and three members of Wulangreh Omah Budaya Dance Grup in the first class of Balinese dance in South Jakarta and observation. The results showed that urban communities need the presence of a third space to reduce the fatigue of big city life. They use membership in a studio as an alternative activity to balance work and personal life. In the end, this strengthens the national identity of Jakarta people in the form of choice of clothing style, presentation on social media, choice of activities so as to create a new identity as a cultured person."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Kurnia Ramadhani
"Studi fenomenologi ini mendeskripsikan dan memahami bagaimana kekerasan simbolik yang dipraktikkan di ranah online, lebih khususnya, pada aplikasi Instagram, yaitu aplikasi berbagi foto sekaligus media sosial. Para perempuan pengguna Instagram berisiko mengalami pelecehan dalam berbagai bentuk, seperti pengambilan dan publikasi foto tanpa izin, stereotip negatif sebagai objek seksual. Penelitian ini juga bertujuan untuk memahami hubungan antara kekuasaan gender dengan kekerasan simbolik, serta bagaimana resistensi terhadap dominasi laki-laki di Instagram terjadi, sehingga menciptakan ruang ketiga. Ruang ketiga adalah ruang di mana yang berkuasa dan yang dikuasai dapat bertemu dan saling menegosiasikan identitas. Penelitian ini lebih jauh berpendapat bahwa anonimitas merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan kekerasan simbolik. Data yang diperoleh dari serangkaian wawancara dengan empat pengguna Instagram perempuan menghasilkan sebuah tema umum yang muncul dalam penelitian ini, bahwa perempuan yang mengalami pelecehan di instagram seringkali menganggap hal tersebut "normal", "wajar" dan "alamiah". Oleh karena itu, perpanjangan dari kekerasan simbolik yang terjadi terhadap perempuan mungkin dilanggengkan

The main aim of this phenomenological study is to explore, describe and understand the presence of symbolic violence that is being implemented in cyberspace, specifically, through the photo sharing application Instagram. Putting women users of Instagram at risk of being harassed in many forms -such as violation of consent, negative stereotypes and the notions of women as sexual objects-this research argues that it is important to analyze symbolic violence through the practice of online harassment since its subtle and non-visible ways of working do not allow us to understand its mechanisms completely. Drawing on real, narrative data obtained from a series of interviews with four women, this study also seeks to understand the interrelations of power relations in gender, and how symbolic violence could further manifest in resistance towards the male dominance over the cyberspace, thus creating a "third space", an "arena of contested identities". This research further argues that anonymity causes harassment, and suggests that the conventional wisdom of `it`s just social media` is at the heart of this problem. A common theme emerging from these narratives is that women who experience harassment in instagram often find it "normal", therefore permitting the existence and persistence of symbolic violence."
2015
S61002
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adelia Dinda Sani
"Penelitian ini membahas mengenai pengalaman hidup lelaki gay dalam konteks Indonesia dalam membangun narasi resistensi dan kontestasi identitas demi melawan budaya kelompok dominan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma kritis serta desain fenomenologi, peneliti melakukan wawancara mendalam dengan lima lelaki gay yang tinggal di berbagai kota di Indonesia. Melalui Teori Ruang Ketiga yang dicetuskan Homi K. Bhabha, peneliti mampu mengeksplorasi bagaimana individu membangun narasi resistensi berbentuk mimikri untuk mengganggu relasi kuasa budaya dominan. Ada empat narasi resistensi yang dibangun melalui praktik komunikasi dalam ruang publik, yakni: edukasi, aktivisme, keterbukaan identitas seksual, serta keterlibatan dalam hubungan sesama jenis. Selain itu, peneliti juga mengeksplorasi bagaimana individu dapat menciptakan ruang ketiga dan hibriditas untuk mendestabilisasi identitasnya sebagai "gay" atau "warga Indonesia", dan justru menggabungkan keduanya dalam ruang intrapersonal. Identitas hibrid tersebut diciptakan melalui kontestasi hegemoni heteronormatif, norma agama, dan nasionalitas. Pada akhirnya, individu dapat merekonstruksi dan meredefinisi identitasnya melalui narasi resistensi terhadap budaya dominan, dimana mereka dapat menciptakan kekuasaannya sendiri di dalam ruang ketiga.

This research discusses the lived-experiences of Indonesian gay men and how they created resistance narratives and contested identities to counter the dominant group culture. Using a qualitative approach with a critical paradigm and phenomenology design, researcher conducted in-depth interviews with five gay men who live in various cities in Indonesia. Through employing Third Space Theory by Homi K. Bhabha, researcher manages to explore how individuals built the resistance narratives in the form of mimicry to disrupt the power dynamics of the dominant culture. There are four resistance narratives created through communication practices in the public space, which are: education, activism, openness about sexual orientation, and engagement in same-sex relationships. Aside from that, researcher also explores how Indonesian gay men can construct the third space and hybridity to destabilize their fixed identity as a "gay" or "Indonesian", and mix it instead in the intrapersonal space. Hybrid identity is constructed through the contestation of hegemonic heteronormativity, religious norms, and nationality. In the end, Indonesian gay men are able to reconstruct and redefine their identities through the resistance narratives against the dominant culture, where they can build their own power in the third space."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisaa Aprilia Puspitasari
"Suatu ruang sosial terbentuk karena adanya tindakan sosial secara individual maupun beramai-ramai. Tindakan sosial ini kemudian berkontribusi dalam pemberian makna pada suatu ruang spasial dengan konteks penghidupan dan pemberian warna pada ruang dengan aktivitasnya. Produksi ruang merupakan sebuah ruang sebagai produk sosial yang kompleks melalui persepsi lingkungan yang dibangun atas dasar jaringan dengan berbagai aktivitas sosial seperti hidup secara pribadi, pekerjaan, dan waktu yang luang (Lefebvre, 1991). Third place atau ruang ketiga dimanfaatkan sebagai tempat untuk melepaskan stres, membuang rasa penat, atau mengalihkan pikiran-pikiran agar mental dan fisik terasa lebih segar dari sebelumnya. Dalam proses produksi ruang sosial sebagai ruang ketiga, terdapat pelaku dalam ruang yang mendominasi sebagai pembentuk ruang sehingga terdapat sebuah interaksi sosial di dalamnya. Kawasan Dukuh Atas sebagai tempat berlangsungnya fenomena ini merupakan kawasan perkantoran atau tempat melakukan transit transportasi umum yang dialihfungsikan oleh remaja-remaja pinggiran kota karena fasilitas penunjang yang mendukung aktivitas mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan ruang baik secara spasial maupun sosial yang tercipta selama berlangsungnya Citayam Fashion Week dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi ruang yang terbentuk mengakibatkan pergeseran guna ruang akibat pemanfaatan ruang yang baru tidak seperti sebelumnya. Ruang publik pada tempat berlangsungnya fenomena Citayam Fashion Week memenuhi karakteristik dari ruang ketiga.

A social space is formed because of social action individually or in groups. This social action then contributes to giving meaning to a spatial space with the context of life and giving color to space with its activities. Production of space is a space as a complex social product through the perception of the environment which is built on the basis of networks with various social activities such as private life, work, and leisure (Lefebvre, 1991). Third place is used as a place to release stress, get rid of fatigue, or divert thoughts so that mentally and physically feel fresher than before. With the production process of social space as a third space, there are actors in space who dominate as shapers of space so that there is a social interaction in it. The Dukuh Atas area as the place where this phenomenon takes place is an office area or a place for public transportation transit which is converted by suburban youth because of the supporting facilities that support their activities. Therefore, this study aims to determine the spatial and social formation process created during Citayam Fashion Week using qualitative research methods and using descriptive analysis. The results of the study show that the production of space that is formed results in a shift in the use of space due to the new use of space that is not like before. The public space where the Citayam Fashion Week phenomenon takes place fulfills the characteristics of the third space."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Nur Haliza
"Penelitian ini membahas kedai kopi sebagai ruang ketiga dalam kehidupan sosial budaya masyarakat Dubai, serta pengaruh kedai kopi terhadap perkembangan industri kopi di Dubai. Dubai menjadi pusat inovasi dari kopi spesial. Dubai dapat mengembangkan pasar kopi walaupun tidak memproduksi biji kopi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan observasi media sosial beberapa kedai kopi di Dubai. Teori yang digunakan adalah teori Third Place dan teori Third Wave Coffee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedai kopi di Dubai kurang berperan sebagai ruang ketiga yang mendukung interaksi sosial, karena tidak mencerminkan netralitas sosial yang menjadi ciri dari ruang ketiga. Perkembangan industri kopi di Dubai didorong oleh dukungan pemerintah sehingga memperkuat posisi Dubai sebagai pusat inovasi kopi spesial. Kedai kopi modern terlihat tetap mempertahankan unsur budaya Emirat meskipun mengikuti tren global, menjadikan kedai kopi sebagai simbol perubahan sosial yang tetap menghargai tradisi. Penelitian ini akan memberikan pemahaman tentang dinamika sosial budaya di Dubai melalui kedai kopi dan industri kopi.

This research discusses coffee shops as a third place in the socio-cultural life of Dubai society, as well as the influence of coffee shops on the development of the coffee industry in Dubai. Dubai is the center of innovation for specialty coffee. Dubai can develop the coffee market even though it does not produce coffee beans. This research uses a descriptive qualitative method by collecting data through literature study and social media observations of several coffee shops in Dubai. The theories used are the Third Place theory and the Third Wave Coffee theory. The research results show that coffee shops in Dubai do not act as third spaces that support social interaction, because they do not reflect the social neutrality that is characteristic of third spaces. The development of the coffee industry in Dubai is driven by government support, strengthening Dubai's position as a center for specialty coffee innovation. Modern coffee shops appear to still maintain elements of Emirati culture despite following global trends, making coffee shops a symbol of social change that still respects tradition. This research will provide an understanding of the socio-cultural dynamics in Dubai through coffee shops and the coffee industry."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ibadurrohman Musthofa
"Seiring dengan meningkatnya aktivitas dan kebutuhan orang di perkotaan. Masyarakat butuh ruang publik untuk bersosialisasi dan mengekspresikan diri diri dari cepatnya kesibukan di tengah kota Jakarta. Ruang ketiga dihadirkan sebagai ruang alternatif antara ruang pertama (rumah) dan ruang kedua (tempat kerja). keberadaan ruang ketiga menjadi faktor yang penting di tengah masyarakat kota. Selain dari segi arsitektur, ruang ketiga juga berdampak positif bagi sosiologis masyarakat dan psikologis seseorang. Dengan hadirnya ruang ketiga tersebut dapat menjadi ruang istirahat bagi masyarakat kota. Tentunya ruang ketiga ini bermanfaat dari segi kesehatan jiwa dan kesehatan raga. Kesehatan jiwa hadir melalui ruang hijau yang terbuka disertai dengan pencahayaan matahari yang cukup. Jakarta memiliki banyak area yang dapat dikategorikan sebagai ruang ketiga. Salah satunya adalah area Transit Oriented Development Dukuh Atas. Meskipun pada dasarnya area ini adalah tempat transit antar moda transportasi, tetapi pada fenomena di lapangan, area ini dapat menciptakan berbagai aktivitas dan komunikasi antar manusia sehingga layak dikategorikan menjadi ruang ketiga. Salah satu aspek yang meningkatkan kualitas ruang ketiga adalah aspek Placemaking. Dengan adanya aspek ini, suatu tempat tidak dinilai berdasarkan dari dimensi dan bentuk fisiknya saja, tetapi tentang bagaimana suatu ruang dapat menciptakan kualitas yang nyaman serta memberi kesan hidup dan interaktif bagi pengguna yang berada di dalamnya.

Along with the increasing activities and needs of people in urban areas. People need public space to socialize and express themselves away from the fast pace of activity in the middle of Jakarta. The third room is presented as an alternative space between the first room (home) and the second room (workplace). The existence of a third space is an important factor in urban society. Apart from the architectural aspect, the third room also has a positive impact on society's sociological and psychological aspects. With the presence of this third room, it can become a resting space for city residents. Of course, this third space is beneficial in terms of mental health and physical health. Mental health is present through open green spaces accompanied by sufficient sunlight. Jakarta has many areas that can be categorized as third space. One of them is the Dukuh Atas Transit Oriented Development area. Even though basically this area is a transit place between modes of transportation, in terms of phenomena on the ground, this area can create various activities and communication between people so that it deserves to be categorized as a third space. One aspect that improves the quality of the third space is the Placemaking aspect. With this aspect, a place is not judged based on its physical dimensions and shape alone, but on how a space can create a comfortable quality and give a lively and interactive impression to the users inside."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Dinda Mawarni
"ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji Nalitari sebagai komunitas tari yang mengimplementasikan nilai-nilai inklusifitas dalam kegiatan berkeseniannya. Dengan metode etnografi, penelitian ini mendeskripsikan kegiatan menari serta metode yang digunakan oleh Nalitari dalam mengimplementasikan inklusifitas. Adapun bentuk implementasi inklusifitas dalam Nalitari dilakukan melalui latihan menari rutin (jamming), workshop, serta pementasan atau eksibisi tari. Lebih lanjut kegiatan menari artinya menjadikan tubuh sebagai medium utama dalam berkesenian, sehingga tulisan ini mengeksplorasi konsep mengenai tubuh individual dan tubuh sosial serta kaitannya dengan penggunaan metode contact improvisation. Nalitari mencipta dan mereproduksi ruang ketiga dengan beragam fungsi melalui tarian. Pertama, ruang aman sebagai ruang yang memberikan rasa aman untuk berekspresi bagi penarinya. Kedua, ruang melawan dari diskursus tari konservatif dengan mengabaikan benar/salah atau luwes/kaku. Ketiga, ruang berelasi sebagai ruang bagi para penari untuk membangun relasi sosial dan memberikan dukungan sosial.

ABSTRACT
This research examines Nalitari as a dance community that implemented the notion of inclusivity in their artwork. Using the ethnographic method, this research describes Nalitaris act of dancing and its method in order to implement inclusivity notions. Moreover, this research captures Nalitaris methods to implement their notions of inclusivity, which includes dance practice or jamming, workshop, and dance exhibitions. Given the fact that Nalitari incorporated body as the main medium in their artwork, this research explores the concept of individual and social body and seeks the interconnection between these two concepts to the usage of contact improvisation method. Furthermore, Nalitari produced and reproduced the third space that has several functions, which includes: (1) a safe space that enables its dancers to express safely; (2) a resisting space that enables its dancers to resist against the conservative dancing methods by ignoring the standard of right or wrong or flexible or stiff; and (3) a space for relations that enable its dancer to develop social relationships and support each other."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ken Miryam Vive Kananda
"Identitas ‘Melayu’ dan ‘Indonesia’ kerap terkonstruksi dalam posisi biner. Pemosisian semacam ini rentan menyemai benih konflik dan siklus kekerasan di akar rumput. Dengan mengambil konteks kemelayuan secara lebih khusus di Sumatera Timur, penelitian ini bermaksud mengidentifikasi bagaimana narasi trauma kultural di balik siklus kekerasan 1946-1965 dalam media baru mengonstruksi identitas kaum muda Melayu Sumatera Timur hari ini. Melalui metode etnografi digital, kajian ini menggali proses konstruksi identitas yang bermula dari ragam respon trauma kultural dalam kolom komentar Youtube Lentera Timur Channel. Proses konstruksi identitas ini berlanjut dengan diwadahi oleh media SumateraTimur.com sebagai lumbung commoning. Setelah memeriksa bagaimana ekspresi self-determination sebagai respon trauma kultural diartikulasikan dalam SumateraTimur.com, kajian ini menemukan bahwa media baru dapat membuka ruang ketiga untuk mendiskusikan relasi kemelayuan dan keindonesiaan yang lebih harmonis dan humanis dalam sebuah proses nation building.

The identities of 'Malay' and 'Indonesia' are often constructed in a binary position. This kind of positioning is precarious to sowing the seeds of grassroots conflict and cycle of violence. By taking the Malay context more specifically in East Sumatra, this study identifies how the narrative of cultural trauma behind the 1946-1965 cycle of violence in the new media constructs the identity of the East Sumatran Malay youth nowadays. Through digital ethnographic methods, this study explores the process of identity construction that originates from a variety of cultural trauma responses in the Lentera Timur Channel's youtube comments. The identity construction process is actually accommodated by the SumatraTimur.com media as a lumbung commoning. After examining how the expression of self-determination as a response to the cultural trauma articulated in SumateraTimur.com, this study finds that the new media has opened a third space for discussing Malayness and Indonesianess relations that are more harmonious and humane in a nation-building process."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hanif Abdurrahman
"Pengembangan Simpul Manggarai sebagai kawasan transit oriented development (TOD) meningkatkan daya tarik lokasi sebagai sebuah destinasi masyarakat sekitar, namun tidak kalah penting, adalah kebutuhan atas kualitas hidup masyarakat lokal. Perancangan Game Hub diajukan dengan tujuan memenuhi kebutuhan ruang ketiga yang berfokus pada aspek hiburan, sosialisasi, dan produktivitas, yang menargetkan semua grup umur, dengan fokus pada remaja, remaja-dewasa, dan pekerja. Game Hub merupakan sebuah ruang hiburan permainan non-digital dan non-fisik, yang berfokus pada permainan yang berorientasi pada aspek hiburan kreativitas, serta memfasilitasi kebutuhan bersosialisasi, hobi kerajinan tangan, dan edukasi kreatif. Perancangan Game Hub merupakan sebuah usaha penulis untuk menjawab tantangan yang dihadirkan oleh penerapan masterplan Transit Oriented Development (TOD) Simpul Manggarai.

The development of Simpul Manggarai as a transit oriented development (TOD) area increases the attractiveness of the location as a destination for the local community. No less important is the need for the quality of life of the local community. The Game Hub is a proposal with the aim of meeting the needs of a third space that focuses on aspects of entertainment, socialization and productivity, targeting all age groups, with a focus on teenagers, young adults and workers. Game Hub is a non-digital and non-physical game entertainment space, which focuses on games that are oriented towards the entertainment aspect of creativity, as well as facilitating the needs of socializing, crafting and creative education. The Game Hub design is the author's attempt to answer the challenges presented by the implementation of Simpul Manggarai Transit Oriented Development (TOD) master plan.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library