Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yasmine Karenita
Abstrak :
Peningkatan jumlah emisi karbon menyebabkan pemerintah Indonesia memasang target bebas gas rumah kaca pada tahun 2060 dan membuat kebijakan penggunaan kendaraan listrik untuk mendukung tercapainya target tersebut. Pada kendaraan listrik, terdapat motor listrik yang berfungsi untuk mengonversikan energi listrik menjadi energi mekanik agar dapat bergerak, namun dalam proses konversi ini terjadi kerugian-kerugian yang menyebabkan temperatur motor meningkat. Temperatur motor yang terus meningkat hingga lebih dari 60℃ dapat menyebabkan penurunan performa dan kerusakan pada motor listrik, sehingga perlu adanya sistem pendinginan yang dapat mempertahankan temperatur motor listrik. Penelitian ini akan meneliti dan menguji Rotating Heat Pipe (RHP) sebagai sistem pendinginan pasif untuk motor listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode pengukuran untuk pengujian RHP dan mengetahui kinerja dari RHP. Penelitian ini menggunakan RHP dengan termokopel yang sudah terpasang di permukaannya. Penelitian ini juga menggunakan slip ringyang akan diuji kemampuannya ketika digunakan sebagai perantara antara modul akuisisi data dan sensor termokopel. Dari penelitian, diketahui bahwa slip ring dapat digunakan untuk menguji RHP karena kemampuannya untuk mengukur temperatur dalam kondisi berputar. Selain itu, penggunaan RHP juga mampu menurunkan resistansi termal sebesar 30-66% dibandingkan pipa kalor diam.  ......The increase in carbon emissions has prompted the Indonesian government to set a target of carbon neutrality by 2060 and implement policies promoting the use of electric vehicles to support the achievement of this target. Electric vehicles are equipped with electric motors that convert electrical energy into mechanical energy to propel the vehicle. During this energy conversion process, the motor experiences an increase in temperature due to various losses that cause the motor temperature rise. If the heat continues to increase and the motor temperature exceeds 60°C, it will reduce the performance or even lead to damage. Therefore, there is a need for a cooling system that can maintain the electric motor's temperature within its working range. This study aims to investigate and test the Rotating Heat Pipe (RHP) as a passive cooling system for electric motors. The objectives of this research are to develop measurement methods for RHP testing and evaluate the performance of the RHP. The study employs an RHP with installed thermocouples on its surface. Additionally, a slip ring is utilized to test its capability as a connector of the data acquisition module and the thermocouple sensor. The research confirms that the slip ring can be used to test the RHP due to its ability to measure temperature under rotating conditions. Furthermore, the use of RHP can reduces thermal resistance by 30-66% compared to stationary heat pipes.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Raihan Gunawan
Abstrak :
Peningkatan signifikan emisi karbon telah mendorong pemerintah Indonesia untuk mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), termasuk mempercepat program kendaraan listrik. Motor listrik berfungsi sebagai komponen utama yang mengonversi energi listrik menjadi energi mekanik. Namun, proses konversi ini dapat menyebabkan peningkatan temperatur motor, yang berpotensi menurunkan performa dan memperpendek umur motor. Penelitian ini akan meneliti dan menguji Rotating Heat Pipe (RHP) sebagai sistem manajemen termal guna mencegah temperatur motor listrik melebihi 60℃. Pipa kalor yang digunakan dalam penelitian ini memiliki diameter 10mm dan panjang 500mm, serta terbuat dari tembaga. Fluida kerja yang digunakan adalah air dan nanofluida (Al2O3-Air). Distribusi temperatur sepanjang RHP diukur dan dicatat menggunakan termokopel yang dihubungkan ke modul akuisisi melalui slip ring. Parameter fill ratio dan tekanan fluida kerja dioptimalkan untuk mencapai kinerja pendinginan yang optimal. Pipa kalor pada kondisi diam dengan filling ratio 50% menunjukkan hasil kinerja yang baik berdasarkan resistansi termal sebesar 0,09 K/W. ......The significant increase in carbon emissions has prompted the Indonesian government to promote the utilization of renewable energy, including accelerating the electric vehicle program. In vehicles, the electric motor serves as a primary component that converts electrical energy into mechanical energy. However, this conversion process can cause an increase in motor temperature, potentially reducing performance and shortening motor lifespan. This study will investigate and test the Rotating Heat Pipe (RHP) as a thermal management system to prevent the electric motor temperature from exceeding 60℃. The heat pipe used in this study has a diameter of 10mm and a length of 500mm, and is made of copper. The working fluids used for this study are water and nanofluid (Al2O3-Water). The temperature distribution alaong the RHP is measured and recorded using thermocouples connected to an acquisition module via a slip ring. The fill ratio and working fluid pressure parameters are optimized to achieve optimal cooling performance. The stationary heat pipe with a 50% fill ratio demonstrated good performance, with a thermal resistance of 0.09 K/W.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library