Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hema Anita
"one or factors that determine the success of education process in classroom is teacher. Teachers not only has role as teacher that transfer knowledge to the students but also as a model. The are various ways conducted by the techers to improve students study result."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2013
370 JGR 10:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Evi Supriatun
"ABSTRAK
Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit infeksi yang menyebabkan kematian yang tinggi. Penemuan kasus tuberkulosis semakin meningkat pada anak usia sekolah. Namun, upaya promosi kesehatan pada setting sekolah masih belum gencar dilakukan. Role play merupakan salah satu metode edukasi kesehatan yang memberdayakan anak usia sekolah dengan bermain peran secara aktif untuk memahami materi yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh metode role play terhadap perilaku pencegahan penularan tuberkulosis pada anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperiman jenis pre dan post test dengan kelompok kontrol, pada 100 anak. Hasil uji t menunjukkan peningkatan perilaku pencegahan tuberkulosis pada kelompok intervensi lebih tinggi daripada kelompok kontrol (pvalue= 0,000). Metode role play disarankan untuk diterapkan di sekolah dalam pemberian edukasi kesehatan sebanyak minimal 6 sesi."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
T48957
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabilla Aini Zahra
"Serah terima belum optimal di beberapa rumah sakit di Indonesia dan ditemukan masih banyak kejadian tak terduga dan insiden nyaris celaka. Pentingnya komunikasi yang efektif dalam serah terima, khususnya dalam penggunaan metode SBAR untuk memastikan keselamatan pasien dan kualitas perawatan. Penerapan serah terima antar shift menggunakan metode SBAR di ruang rawat inap Rumah Sakit X belum optimal. Sosialisasi, role play, dan supervisi terbukti dapat mengoptimalkan pelaksanaan serah terima keperawatan sehingga perlu diterapkan pada ruang rawat inap Rumah Sakit X. Tujuan penulisan ini yaitu menganalisis gambaran serah terima dan upaya pengoptimalan serah terima antar shift dengan metode sosialisasi, role play, dan supervisi. Metode penulisan yang digunakan adalah case report dengan pendekatan teori perubahan terencana Kurt Lewin. Tahapan yang dilakukan yaitu mengidentifikasi gambaran situasi, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, menganalisis masalah, menerapkan serta mengevaluasi solusi sesuai evidence-based practice, dan penulisan laporan kasus. Hasil dari penerapan intervensi evidence-based practice menunjukkan tingkat pengetahuan tentang serah terima menggunakan SBAR sebesar 85% dan persentase capaian pelaksanaan serah terima 63%. Sosialisasi dan role play berkala dapat dilakukan sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan serah terima. Temuan ini juga menyoroti pentingnya pelaksanaan supervisi untuk mendukung proses timbang terima yang optimal di ruangan.
Handover has not been optimal in several hospitals in Indonesia and it was found that there were still many unexpected events and near-accident incidents. The importance of effective communication in handover, especially in the use of the SBAR method to ensure patient safety and quality of care. The application of handover between shifts using the SBAR method in the inpatient room of Hospital X has not been optimal. Socialization, role play, and supervision are proven to optimize the implementation of nursing handover so that it needs to be applied to the inpatient room of Hospital X. The purpose of this writing is to analyze the handover picture and efforts to optimize handover between shifts with socialization, role play, and supervision methods. The writing method used is a case report with Kurt Lewin's planned change theory approach. The stages carried out are identifying the situation picture, identifying problems, collecting data, analyzing problems, implementing, and evaluating solutions according to evidence-based practice, and writing case reports. The results of the implementation of evidence-based practice interventions show the level of knowledge about handover using SBAR is 85% and the percentage of achievement of handover implementation is 63%. Periodic socialization and role play can be carried out as an effort to optimize the implementation of handover. These findings also highlight the importance of implementing supervision to support an optimal weighing process in the room."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Khairina Gusfiarni
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh motivasi belanja hedonis (gratification seeking, idea shopping, adventure shopping, social shopping, role play, dan value shopping) pada perilaku pembelian kompulsif produk fashion secara online selama pandemi COVID-19.Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 278 responden. Data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gratification seeking, idea shopping, adventure shopping, dan social shopping berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian kompulsif produk fashion secara online selama pandemi COVID-19. Selanjutnya, value shopping memiliki pengaruh negatif terhadap perilaku pembelian kompulsif produk fashion secara online selama pandemi COVID-19. Sedangkan role play tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif produk fashion secara online selama pandemi COVID-19.

This study aims to understand the effect of hedonic shopping motivation (gratification seeking, idea shopping, adventure shopping, social shopping, role play, and value shopping) on the compulsive buying behavior of online fashion products during the COVID-19 pandemic. This quantitative study uses the purposive sampling method with a sample of 278 respondents. The data was processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results showed that gratification seeking, idea shopping, adventure shopping, and social shopping had a positive effect on the compulsive buying behavior of online fashion products during the COVID-19 pandemic. Furthermore, value shopping has a negative influence on the compulsive buying behavior of online fashion products during the COVID-19 pandemic. Meanwhile, role play does not have a significant influence on the compulsive buying behavior of online fashion products during the COVID-19 pandemic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library