Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ifsan Ifran
Abstrak :
Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dan strategis untuk memperlancar pergerakan kebutuhan masyarakat. Perencanaan dan pembangunan sarana dan prasarana transportasi, sangat mempengaruhi dan menentukan peningkatan pertumbuhan perekonomian dalam menunjang pencapaian sasaran pembangunan dan hasilhasilnya yang berdampak nyata pada perubahan yang konstruktif dalam masyarakat disemua aspek kehidupan. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut di atas diperlukan suatumetode untukmengetahui seberapa besar pengaruh kondisi eksisting jalan terhadap perubahan pergerakan arus lalu lintas. Pada penelitian ini dilakukan pengambilan data primer berupa survei Lalu lintas Harian Rata-Rata dan kapasitas jalanAKBPCekAgus juga data sekunder yang selanjutnya dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Sehingga dari analisis ruas jalan ini dapat terlihat kebutuhan dan pemenuhan pelayanan jaringan jalan yang digunakan untuk mengatasi persoalan terutama kemacetan maupun persoalan lalu lintas lainnya pada ruas jalan AKBP Cek Agus. Tingkat pelayanan jalan (Level of Service /LOS) pada ruas jalan AKBP Cek Agus, seperti arah Simpang Patal pada pagi hari (V/C 0,556), siang hari (V/C 0,467) dan sore hari (V/C 0,574); sedangkan untuk arah Jalan Taman Kenten pada pagi hari (V/C 0,443), siang hari (V/C 0,320) dan sore hari (V/C 0,375). Hal ini menunjukkan bahwa volume lalu lintas telah melampaui kapasitas pelayanan jaringan jalan. Tingginya nilai V/C ratio pada ruas jalan AKBP Cek Agus menunjukkan bahwa tingkat pelayanan sudah tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan lalu lintas. Maka alternatif pelebaran jalan dan pengaturan lalu lintas disekitar wilayah perlu dilaksanakan, Selain itu pembangunan jembatan Musi IV juga perlu dilakukan agar volume kendaraan dapat menyebar dan mengurangi kemacetan di wilayah tersebut. Perlu adanya perhatian yang berkelanjutan pertahun dari Pemerintah Daerah maupun kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap masalah persimpangan Rajawali maupun jalan AKBP Cek Agus, karena seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya jumlah penduduk dan perekonomian masyarakat, maka meningkat pula pergerakan lalu lintas pada setiap ruas jalan pada wilayah setempat yang berpengaruh pada kinerja persimpangan terutamamasalah kemacetan, tundaan, peluang antrian dan persoalan lainnya.
Palembang: Fakultas teknik Universitas tridinanti palembang, 2015
691 JDT 3:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Surya Muhammad
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang aplikasi untuk persimpangan bersinyal di Indonesia dengan menggunakan metode Quick Estimation Method dari Highway Capacity Manual 2010. Perbandingan antara HCM 2010 dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dapat terlihat dari perbedaan faktor penyesuaian yang diterapkan. Maka diperlukannya penyesuaian dari metode HCM 2010 untuk diaplikasikan pada kondisi di Indonesia. Manual yang dimiliki Indonesia pada saat ini terakhir dipublish pada tahun 1997 yang menjadi pemicu penulis untuk meneliti lebih lanjut metode HCM 2010 untuk diaplikasikan dengan kondisi di Indonesia. Metode HCM 2010 memiliki tingkat kerumitan yang tinggi sehingga membutuhkan penkajian menyeluruh terhadap metode tersebut, sehingga digunakannya Quick Estimation Method dari HCM 2010 untuk memudahkan penulis untuk menyelesaikan skripsi ini. Quick Estimation Method ini sendiri merupakan metode dari HCM 2010 yang dapat digunakan ketika variabel yang diketahui sangat minim, maka hasil perhitungan dari aplikasi pada skripsi ini masih membutuhkan kajian lebih lanjut dengan menggunakan metode HCM 2010 secara menyeluruh. ......This thesis discusses the application for signal intersections in Indonesia using the Quick Estimation Method from the Highway Capacity Manual 2010. The comparison between the HCM 2010 and the 1997 Indonesian Road Capacity Manual can be seen from the different adjustment factors applied. So the necessary adjustments from the 2010 HCM method to be applied to conditions in Indonesia. The current Indonesian manual was published last year in 1997 which triggered the author to further research the HCM 2010 method to be applied to the conditions in Indonesia. HCM 2010 method has a high level of complexity that requires a thorough assessment of the method so that the use of the Quick Estimation Method from HCM 2010 to facilitate the authors to complete this thesis. This Quick Estimation Method itself is a method of HCM 2010 that can be used when a variable is known to be very minimal, so the calculation results of the application in this thesis still require further study using the HCM 2010 method as a whole.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitepu, Evraim Licardo
Abstrak :
Bandar Udara Soekarno Hatta merupakan bandara Internasional terbesar di Indonesia, namun belakangan ini sering terjadi peningkatan jumlah penumpang pertahunnya. Pada periode Januari-Oktober 2011 jumlah penumpang telah mencapai 41 juta orang yang tidak sebanding dengan kapasitas bandara yaitu 22 juta penumpang per tahun. Hal ini memicu perlunya manajemen lalu lintas selama pembangunan bandara Soekarno-Hatta di Terminal 3. Dengan menggunakan metode VISSIM, output yang didapatkan yaitu berupa volume, kecepatan dan tundaan. Dimana didapatkan hasil scenario terbaik yaitu pemindahan arus kendaraan yang menuju terminal 3 melalui terminal 1 dan 2 kemudian masuk melalui jalan atau sodetan yang telah dibuat sebelumnya. Dan untuk kendaraan yang akan parkir, akan disediakan lokasi parkir sementara. ......Soekarno-Hatta Airport is the largest international airport in Indonesia, but this often happens later increased an annual number of passengers. In the period January-October 2011 passenger numbers had reached 41 million people who are not proportional to the capacity of 22 million passengers a year. This triggered the need for traffic management during construction of the Soekarno-Hatta Airport at Terminal 3. By using the method VISSIM, output acquired namely form of volume, speed and delay. Where obtained the result scenario is transfer the current vehicles heading terminal 3 through terminal 1 and 2 and went through road or watercourse that have been made before. And for vehicle parking, which will be provided temporary parking location.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54935
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Martha Leni
Abstrak :
A median is required for a two-way road to separate the opposite traffic and prevent head-on collisions. In road capacity calculation, the median factor contributes in terms of its existence regardless of the difference in median types. Road capacity is determined by a number of geometric factors such as road types, width of carriageway, shoulder/curb characteristics, and the presence/absence of medians, etc. The contributions of these factors are represented by the coefficients in the capacity calculations. Despite the different types of medians, the Indonesian Highway Capacity Manual (IHCM) does not adopt different coefficients to accommodate the effects in the capacity. The aim of this study is to obtain an adjustment factor for road capacity calculation based on median types. The method of this study adopts video recordings of real traffic moving along three different types of medians: raised medians, fenced medians, and line medians. As it is assumed that the effects of different median types are expressed in the vehicles’ safety distances from medians, the capacity of the road will also vary by types of medians. The adjustment coefficients for roads with raised medians, fenced medians, and line medians obtained are: 0.79, 0.78, and 0.81, respectively. The results of this study confirm that in addition to the presence of the medians, the types should essentially be considered in calculating the road capacity. The result of this study will contribute to the enrichment of the road capacity calculation in the IHCM.
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2015
UI-IJTECH 6:5 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
The high growth of motorcycle (M/C) with 23 % -30% per year and the proportion of M/C with 50%-73% particularly on secondary arterial road npw days has given specifuc phenomenon to traffic situation of urban road. The most influencing growth has not well services yet neither mean of existing facility nor traffic management. On the other side, the guidance which is needed for standardized development of M/C lanes has become a constraint for the road and traffic planner to solve the problem. Overall, the purposes of this study are to identify the performance indicators and criterions which are related to M/C lanes needs particularly on arterial urban road with 4/2 and 6/2 divided. This study was started with assumptions that the M/C growth have influenced to traffic performance. Several data have been collected and have analyzes by mean of traffic characteristic analyses (traffic volume and proportion, speed operational), Q/C analyses and M/C movement behavior analyses. . The result analyses shows that the main criterion through the needs of M/C lanes. i.e M/C proportion > 34,5% and M/C peak hour volume > 1200 pcu's . Statistical analyses also show that there were significant correlations of the two criterions with the degree of saturation Q/C> 0,65. Another criterion which is also important for M/C lanes designing was M/C accident proportion with greater than 40%. To design of LOS (level of service) D M/C lanes with 0,650,86 criterion for physical separator of exclusive M/C lanes. Furthermore, to design M/C lanes width for medium (M) side friction has proposed wider than 3,00 meter with M/C volume design greater than 625 pcu's/hour and greater than 575 pcu's/hour for high (H) side friction with LOS C design.
JUJAJEM
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library