Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adhitya Muakbar
"Pengurangan hambatan kapal sangat penting untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Hambatan-hambatan tersebut adalah hambatan gesek dan hambatan sisa, tetapi yang dominan dalam hambatan kapal merupakan hambatan gesek. Pengurangan hambatan kapal dapat dilakukan dengan menggunakan permukaan riblet. Struktur riblet yang paling umum ditemukan di alam adalah struktur riblet yang terputus-putus atau yang tersegmentasi (segmented riblet). Struktur riblet dengan perbedaan perbandingan tinggi dan jarak antar dinding (h/s ratio) menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian, struktur riblet mampu mengurangi hambatan total kapal hingga 14%.

Drag reduction is the most crucial step in order to reduce the use of gas for ships. The ship?s resistances consist of frictional resistance and residual resistance, but in the first one is more dominant in most drag cases. This has caused many researchers to find a way to reduce frictional resistance and one of many ways to do so is by applying a grooved structured surface, mostly known as riblets. Riblets can reduce the shear stress that any object makes when moving in fluid. There are many types of riblets in nature but mostly these types are segmented grooved structures rather than continuous ones. Given that riblet surfaces consist of aligned structures like walls, thus the main focus of this research is to analyze the difference in drag reduction by a riblet surface on ship hull when the ratio of riblet`s walls height and their distance with each other is varied. The result shows that a riblet surfaced ship?s hull can reduce drag up to 14 percent."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41550
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham
"Pengembangan kapal pelat datar memiliki tantangan dalam mengurangi hambatan kapal. Upaya untuk mengurangi hambatan bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan bahan bakar pada kapal sehingga dengan daya yang sama, kapal dapat melaju lebih cepat. Mengurangi hambatan dapat dilakukan dengan metode pasif, salah satunya yaitu menggunakan riblet. Riblet mengurangi hambatan gesek dengan cara menciptakan daerah yang didominasi viscous sublayer di dasar lembah riblet dimana tegangan geser fluida sangat rendah.
Penelitian ini dilakukan dengan uji tarik kapal model pelat datar dengan variasi daya motor penarik. Uji tarik adalah salah satu metode pengujian untuk mengetahui kecepatan dan hambatan kapal model. Kapal model yang digunakan memiliki spesifikasi length of waterline 0,9 m, lebar 0.225 m, dan displacement 4kg. Penelitian ini menunjukkan riblet pada kapal pelat datar menambah kecepatan sebesar 12.82 pada daya 80 watt, 10.10 pada daya 90 watt, dan menurun menjadi 1.71 pada daya 100 watt. Pada tulisan ini proses pembuatan dan pemasangan riblet juga akan dibahas.

Development of flat plate vessels has the challenges to decrease ship 39 s resistance. Drag reduction aim to improve the effectiveness of fuel consumption so, ship has higher speed at the same power. One of method drag reduction is a passive method, such as riblets. Riblets reduces the frictional resistance by creating a viscosity sublayer at the bottom of the riblets valley where the shear stress is very low.
This research uses a towing test for flat plate vessel model with variation of towing motor's power. Towing test is one of the testing methods to determine the speed and resistance of model ship. The model ship has length of waterline of 0.9 m, width of 0.225 m, and displacement of 4kg. The riblets on the flat plate vessel have 12.82 speed efficiency at 80 watt, 10.10 at 90 watt, and 1.71 at 100 watt. In this paper the process of making and installation of riblets will also be discussed.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67631
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heri Sulistyo Budhi
"Seiring terus menipisnya cadangan energi dunia, usaha untuk meningkatkan efisiensi energi semakin marak dilakukan. Terutama pada pengembangan teknologi untuk mereplikasi sifat-sifat yang berada di alam. Struktur kanal pada sisik hiu atau yang lebih dikenal dengan riblet memiliki kemampuan yang sangat baik dalam peningkatan efisiensi energi dengan cara pengurangan hambatan gesek antara permukaan objek dan fluida. Drag reduction akibat Pengembangan tentang riblet ini terus dikembangkan untuk penerapannya pada berbagai kondisi seperti sudu turbin, pesawat terbang, dan lambung kapal. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai proses replikasi struktur riblet pada sisik hiu dalam aplikasinya pada lambung kapal cepat. Proses replikasi menggunakan mold silikon yang dimodifikasi sehingga memiliki struktur riblet negatif sehingga dapat diaplikasikan untuk membuat coating lambung kapal cepat dengan struktur riblet. Dengan coating hasil penelitian ini maka efisiensi kapal akan lebih baik dan energi yang digunakan akan lebih sedikit. Diharapkan nantinya akan diketahui proses produksi yang efektif untuk permukaan struktur riblet secara massal.

Nowadays, the world’s energy supply is decreasing, therefore efforts to optimizeenergy consumption has been received a great attention from researcher to develop a technology to mimic the ability of nature to adapt the enviroment. Scale structure of shark have an ability to optimize energy consumption by decreasing drag between surface and fluids. In this paper, proccess to mimic the ability of shark on sped boat hull is discussed. This replication proccess use silicone rubber mold with negatif riblet structure that can be applied to polyurethane coating in speed boat hull model. The result of riblet replication with this method have a degree of accuracy up to 96,48% and able to reduce total drag of ship hull up to 11.87% with Fr number 0.54. Further research is necessary to adapt the procedure of this proccess for mass production.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58186
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library