Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Luqman Sugiyono
"Pesawat udara nir awak (PUNA) kategori medium-altitude, long-endurance (MALE) untuk misi intelijen, pengawasan, akuisisi target, dan pengintaian, yang dikembangkan di Indonesia, baru dilengkapi dengan susunan konvensional roda pendaratan yang tetap dan tidak dapat dilipat ke dalam badan pesawat. Roda pendaratan tetap ini menciptakan gaya hambat dalam jumlah yang signifikan dan membuat ketahanan penerbangan jarak jauh pesawat tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang mekanisme pelipatan roda pendaratan untuk PUNA MALE, sehingga dapat mengeliminasi gaya hambat yang disebabkan oleh roda pendaratan tetap. Telah dilakukan rancangan geometri dan gerakan sistem mekanik pada roda pendaratan yang dapat melipat 95 derajat ke arah belakang pesawat, beserta performa dan pemilihan sistem penggerak untuk gerakan retraksi dan ekstensi, melalui pendekatan numerik kinematika dan numerik kinetika, yang dilakukan pada software Autodesk Inventor, Ansys Fluent, dan Ansys Mechanical Rigid Body Dynamics. Hasil rancangan adalah seluruh roda pendaratan dapat dilipat ke arah belakang pesawat untuk masuk seluruhnya ke dalam badan PUNA MALE, dengan kekuatan minimal aktuator yang disarankan adalah sebesar 5111.25 N. Komponen yang ditambahkan pada roda pendaratan adalah modifikasi trunnion attachment mounting, lower drag strut, upper drag strut, dan linear actuator dengan panjang stroke piston 150 mm. Rancangan desain telah diimplementasikan pada model prototipe 3D printing berskala 1:5.

The medium-altitude, long-endurance (MALE) unmanned aerial vehicle (UAV) category for intelligence, surveillance, target acquisition and reconnaissance missions, which was developed in Indonesia, is equipped with a conventional arrangement of landing gear that is fixed and cannot be folded into the fuselage. These fixed landing gear created a significant amount of drag and made the aircraft's long-range flight resistance suboptimal. The purpose of this study is to design a rectractable landing gear mechanism for MALE UAV, that can thus eliminate the drag caused by the fixed landing gear. The design of the landing gear motion geometry of the mechanical system that can fold 95 degrees towards the rear of the aircraft, along with the performance and selection of the actuator system for retraction and extension movements, through a numerical kinematics and numerical kinetics approach carried out in Autodesk Inventor, Ansys Fluent, and Ansys software Mechanical Rigid Body Dynamics. The result of the design is that all the landing gear can be retracted towards the rear of the aircraft to enter completely into the PUNA MALE fuselage, with the recommended minimum actuator force of 5111.25 N. The components added to the landing gear are modifications to the trunnion attachment mounting, lower drag strut, upper drag struts, and linear actuators with a piston stroke length of 150 mm. The mechanism design has been implemented on a 1:5 scale 3D printing prototype model."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Luqman Sugiyono
"Pesawat dua-seater LAPAN Surveillance Aircraft (LSA) merupakan pesawat milik Pusat Teknologi Penerbangan BRIN yang termasuk kategori pesawat terbang ringan untuk misi surveillance berkaitan dengan pemetaan daerah, mitigasi bencana, monitoring, foto udara, dan sejenisnya. Dengan kemampuan ini, pesawat LSA akan banyak dibutuhkan pada misi pemantauan di pulau-pulau terpencil Indonesia. Pesawat LSA dilengkapi roda pendaratan yang dapat dilipat rapih ke dalam fuselage (retractable landing gear). Penelitian ini membahas mengenai evaluasi performa sistem mekanikal roda pendaratan utama, yang diawali dengan pemodelan 3D, kemudian dianalisis mekanisme gerak retraksi dan ekstensi roda pendaratan utama melalui pendekatan kinematika dan kinetika. Hasilnya menunjukkan bahwa kebutuhan aktuator hidrolik adalah 1.5 kN dan harus dilengkapi tekanan hidrolik cadangan berupa akumulator hidrolik. Hasil ini sesuai dengan hardware yang terpasang pada referensi pembanding. Validasi juga dilakukan pada Autodesk CFD dan Ansys Workbench, hasilnya menunjukkan bahwa hitungan analitik sudah mendekati hasil simulasi dengan persentase perbedaan 9.37%. Rancangan ukuran suspensi pesawat LSA dianalisis saat pembebanan statis sebesar 7122.06 N. Simulasi respon suspensi menunjukkan bahwa osilasi akibat pendaratan hanya sampai pada detik ketiga baik di landasan beraspal maupun tidak beraspal. Analisis flotasi menunjukkan bahwa pesawat LSA dapat dioperasikan pada landasan tak beraspal.

The two-seater LAPAN Surveillance Aircraft (LSA) is an aircraft belonging to the Pusat Teknologi Penerbangan BRIN on category of light aircraft for surveillance missions. LSA aircraft are equipped with landing gear that can be folded neatly into the fuselage (retractable landing gear). This study discusses the evaluation of the main landing gear mechanical system performance, which begins with 3D modeling, then analyzes the mechanism of retraction and extension of the main landing gear through kinematics and kinetics approaches. The results show that the hydraulic actuator needs 1.5 kN and must be equipped with backup hydraulic pressure in the form of a hydraulic accumulator. These results are match with the hardware installed on the comparison reference. Validation was also carried out on Autodesk CFD and Ansys Workbench, the results showed that the analytical calculation was close to the simulation results with a percentage difference of 9.37%. The design of the suspension size of the LSA aircraft was analyzed when static loading was 7122.06 N. The suspension response simulation showed that the oscillation due to landing only reached the third second on both paved and unpaved runways. Flotation analysis shows that the LSA aircraft can be operated on unpaved runways"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. A. Farradila Rizky Paramita Iskandar
"Latar Belakang: Ekspresi penuh dari preskripsi torque bracket dipengaruhi oleh faktor yang berkaitan dengan bracket, kawat, torque play, dan faktor klinis. Hingga saat ini belum ada penelitian yang membandingkan kemampuan ekspresi torque antara berbagai ukuran kawat pada penggunaan bracket passive self-ligating (PSL) dan konvensional melalui simulasi finite element, serta menganalisis interaksi dari faktor-faktor tersebut, sekaligus memberikan gambaran pergerakan gigi dan respon jaringan periodontal. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besar torque play dan menganalisis pola perpindahan inisial gigi, serta distribusi stress antara berbagai ukuran kawat pada penggunaan bracket PSL dan konvensional melalui simulasi finite element.
Metode: Model 3D dikonstruksi dengan skenario kasus yang membutuhkan pencabutan premolar pertama dan retraksi masse gigi anterior maksila, menggunakan penjangkaran temporary anchorage device dan gaya retraksi 150 g. Simulasi finite element dilakukan untuk mengukur torque play antara penggunaan kawat stainless steel 0.016 x 0.022", 0.017 x 0.025" dan 0.019 x 0.025", serta mengukur perpindahan inisial pada tepi insisal dan apeks akar insisif sentral maksila, serta distribusi stress pada PDL dan tulang alveolar antara penggunaan ketiga ukuran kawat pada kedua jenis bracket.
Hasil: Pada penggunaan kawat 0.019 x 0.025", 0.017 x 0.025", dan 0.016 x 0.022" didapatkan torque play sebesar 7.6º, 11.6º, dan 18.7º untuk bracket PSL, dan 9.5º, 14º, dan 18º untuk bracket konvensional. Retraksi dan ekstrusi tepi insisal terbesar dihasilkan oleh kawat 0.016 x 0.022", sedangkan perpindahan palatal dari apeks terbesar dihasilkan oleh kawat 0.019 x 0.025". Konsentrasi stress terbesar terletak pada area 1/3 servikal pada sisi palatal dan 1/3 apikal pada sisi labial, yang menunjukkan pola perpindahan uprighting atau lingual crown tipping. Penggunaan kawat dengan diameter terbesar dan bracket konvensional menghasilkan stress terbesar pula.
Kesimpulan: Torque play antara kawat dan bracket berbanding terbalik dengan ukuran kawat. Besarnya lingual crown tipping berbanding lurus terhadap torque play antara kawat dan bracket, dan dikonfirmasi oleh pola distribusi stress di PDL dan tulang alveolar. Kendali torque yang paling baik didapatkan oleh penggunaan kawat stainless steel 0.019 x 0.025". Perbedaan metode ligasi dan geometri bracket konvensional dan PSL kemungkinan menyebabkan adanya perbedaan besar moment yang dihasilkan.

Introduction: The full expression of torque prescription of a bracket is influenced by bracket-related factors, wire-related factors, torque play and clinical factors. Finite element analysis (FEA) could be utilized to deepen our understanding and study the interaction between these factors, as well as to produce a simulation of the predicted tooth movement and tissue response. This study aims to measure the amount of torque play, and to analyse the pattern of initial tooth displacement, among different wire sizes and between passive self-ligating and conventional brackets using FEA.
Methods: A 3D model was constructed simulating a case which required first premolar extractions and en masse anterior retraction using temporary anchorage device and 150 g of retraction force on each side. Finite element simulation was performed to measure torque play, to investigate the pattern of initial tooth displacement at the incisal tip and of apex of the central maxillary incisor, as well as to analyse the pattern of stress distribution at the periodontal ligament (PDL) and alveolar bone, among different stainless steel wire diameters (0.016 x 0.022", 0.017 x 0.025" and 0.019 x 0.025") and between PSL and conventional brackets.
Results: The use of 0.019 x 0.025", 0.017 x 0.025", and 0.016 x 0.022" wires on PSL brackets produced a torque play of 7.6º, 11.6º, and 18.7º, respectively. While the use of the same wire sizes on conventional brackets produced a play of 9.5º, 14º, dan 18º, respectively. The use of 0.016 x 0.022 produced the farthest retraction and extrusion of the incisal tip. However, the greatest apex retraction was produced when 0.019 x 0.025" was used. The largest stress concentration was observed at the 1/3 cervical area on the palatal side and at the 1/3 apical area on the labial side. This shows that there is a pattern of uprighting or lingual crown tipping of the teeth. The use of 0.019 x 0.025" and conventional brackets yielded the greatest amount of stress on the PDL and alveolar bone.
Conclusion: The degree of torque play between wire and bracket was inversely proportional to the wire size, and the amount of lingual crown tipping was directly proportional to the degree of play. This pattern of tooth movement was confirmed by the pattern of stress distribution on the PDL and alveolar bone. Torque expression was better achieved using the 0.019 x 0.025" wire. Differences in the geometry and method of ligation between PSL and conventional brackets possibly generated different force magnitudes.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafiq Ali Abdillah Azizi
"Saat Ini Universitas Indonesia sedang melakukan penelitian mengenai mobil terbang. Mobil terbang merupakan sebuah kendaraan yang mampu beroperasi di darat dan udara. Untuk dapat beroperasi maksimal dibutuhkan roda pendarat inti untuk proses pendaratan. Perancangan sistem ekstensi dan retraksi pada roda mobil dapat menjadi solusi untuk roda mobil berfungsi menjadi roda pendarat. Untuk dapat melakukan proses ekstensi dan retraksi, dibutuhkan aktuator hidrolik dengan tekanan kerja sistem 100 bar, diameter piston 50 mm dan diameter piston rod 25 mm. Nilai keamanan juga sangat penting dalam merancang sistem roda pendarat inti ini. Untuk itu penulis melakukan pengujian untuk mendapatkan nilai faktor keamanan dan nilai indeks defleksi yang terjadi. Dari hasil pengujian, desain roda pendarat inti mobil terbang memiliki nilai faktor keamanan terkecil 1,52, dan nilai indeks defleksi terbesar 0,002. Berdasarkan hasil penelitian, desain tersebut telah memenuhi standar keamanan roda pendarat dengan nilai faktor keamanan 1,5 , dan nilai indeks defleksi 1/240.

University of Indonesia is conducting research on flying cars. Flying car is a vehicle that can operating in the air and on the ground. Based on the criteria, flying car must have main landing gears for the landing process. The design of an extension and retraction system on the landing gear can be a solution for car wheels to function as landing gear. To carry out the extension and retraction process, the system needed a hydraulic actuator with 100 bar of working pressure, 50 mm of piston diameter, and 25 mm of piston rod diameter. Safety was very important in designing this main landing gear system. For this reason, the authors conducted tests to get the value of the safety factor and the value of the deflection index on this design. This main landing gear design has the smallest safety factor value of 1.52 and the largest deflection index value of 0.002. Based on the results, the design is qualified the landing gear safety standards with a safety factor value of 1.5 and a deflection index value of 1/240."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Naufal Azhar Putera Mastiawan
"ABSTRAK
Pertumbuhan penduduk yang tinggi menimbulkan dampak pada berbagai aspek kehidupan terutama kemacetan. Berbagai solusi mengatasi kemacetan sudah banyak ditawarkan. Namun, tetap saja kemacetan masih merupakan masalah yang belum terselesaikan. Bayangkan ada sebuah mobil yang dapat beroperasi di udara juga seukuran mobil. Namun permasalahan selanjutnya adalah bagaimana memanfaatkan ruang terbatas pada mobil sebagai penyimpanan bahan bakar agar kendaraan ini dapat menempuh jarak jauh. Tanpa menambah dimensi dan berat kendaraan, efisiensi dapat diraih dengan mengurangi drag. Perancangan sistem retraksi roda dapat mengurangi parasite drag hingga 24. Perancangan ini juga berbicara mengenai bagaimana sebuah mekanisme retraksi dapat mengakomodasi seluruh sistem roda termasuk suspensi, wishbone, sistem pengaman dan sistem kemudi pada roda depan. Hasil dari rancangan ini menghasilkan kebutuhan akan sebuah pompa hidrolik dengan tekanan minimal 11.191 bar dan laju alir 0.136 lpm.

ABSTRACT
High population growth has an impact on various aspects of life, especially traffic congestion. Many solutions to overcome traffic congestion have been offered. However, traffic congestion is still an unsolved problem. Imagine there is a car that can operate on sky as well with the size of a car. But the next problem is how to maximize the limited space of vehicle as fuel storage so that it can travel a long distance. Without increasing size and weight to the vehicle, efficiency can be achieved by reducing drag. Designing a wheel retraction system can reduce parasite drag up to 24. This design also talks about how a retraction mechanism can accommodate the entire wheel system including suspension, wishbone, safety system and steering system on the front wheels. The result of this design is a hydraulic pump with minimum pressure of 11.191 bar and flow rate of 0.136 lpm."
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library