Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nanda Avianto Wicaksono
Abstrak :
Penelitian ini ditujukan untuk menghasilkan metode estimasi posisi sudut dan kecepatan putar pada kondisi coasting yang memiliki tahapan proses yang sederhana, namun tetap efektif untuk proses restarting dari kondisi coasting pada sistem pengendalian PMSM tanpa sensor kecepatan. Efektivitas metode estimasi pada kondisi coasting yang diusulkan pada penelitian ini dibuktikan melalui simulasi pada sistem penggerak kereta listrik dan sistem pembangkit listrik tenaga bayu. Dari hasil simulasi PMSM tanpa sensor kecepatan pada aplikasi sistem penggerak kereta listrik pada kecepatan putar motor antara 40 hingga 240 rad/s, ditunjukkan bahwa metode estimasi pada kondisi coasting yang diusulkan pada penelitian ini dapat menghasilkan nilai estimasi posisi sudut elektrik motor dengan galat antara 0.64% hingga 6.21% dan nilai estimasi kecepatan putar motor dengan galat antara 0.001% hingga 0.008%. Dari hasil simulasi PMSG tanpa sensor kecepatan pada aplikasi pembangkit listrik tenaga bayu pada kecepatan putar motor antara 0.8818 hingga 0.9024 pu., ditunjukkan bahwa metode estimasi pada kondisi coasting yang diusulkan pada penelitian ini dapat menghasilkan nilai estimasi posisi sudut elektrik generator dengan galat antara 0.40% hingga 0.48% dan nilai estimasi kecepatan putar generator dengan galat yang lebih kecil daripada 0.11%. ......This study aims to produce an estimation method of the angular position and rotational speed in coasting conditions with a simpler process stage but effective for the restarting process from coasting conditions in the sensorless PMSM control system. The effectiveness of the estimation method proposed in this study is proved through simulations of the electric train propulsion system and the wind power generating system. The results of the sensorless PMSM simulation in the application of an electric train with rotation speed range between 40 to 240 rad/s has shown that the estimation method proposed in this study can produce an estimated value for the electric motor angle position with an error of 0.64%. up to 6.21% and the estimated value of the motor rotational speed with an error between 0.001% to 0.008%. The results of the sensorless PMSG simulation in the wind power plant application with rotation speed range from 0.8818 to 0.9024 pu. has shown that the estimation method proposed in this study can produce an estimated value of the electric generator angle position with an error between 0.40% to 0.48% and the estimated value of the generator rotational speed with an error smaller than 0.11%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Gustianto
Abstrak :
ASBTRAK
Pengendalian motor induksi tiga phasa untuk aplikasi kendaraan listrik dapat dilakukan dengan penggunaan sensor seperti tacho-generator sebagai umpan balik kecepatan motornya dan sebagai pengukur posisi rotornya digunakan sensor encoder. Namun penggunaan sensor kecepatan dan sensor posisi memiliki keterbatasan dalam hal resolusi dan harga yang mahal serta meningkatkan biaya perawatan. Oleh sebab itu untuk meniadakan penggunaan sensor (sensorless) pada motor induksi tiga phasa diajukan metode vektor kontrol dimana estimasi kecepatan didapatkan dengan menggunakan speed adaptive observer. Metode vektor kontrol yang digunakan adalah field oriented control dengan estimasi kecepatan digunakan speed adaptive observer. Dari hasil simulasi ini akan dibandingkan dengan hasil percobaan yang telah dilakukan sebelumnya merujuk pada tesis Feri Yusivar (2003) ?Study on Energy Saving in Electrical Drive System? dimana metode pengestimasian kecepatan yang digunakan pada percobaan yang telah dilakukan sebelumnya adalah dengan modified observer. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa antara simulasi dengan percobaan menunjukkan hasil yang sama dan kondisi ini dapat terpenuhi jika kecepatan estimasi selalu lebih besar dibandingkan dengan kecepatan aktual motor.
ABSTRACT
Control of three phase induction motors for electric vehicle applications can be done with the use of sensors such as a tacho-generator and for rotor posisiton can be measured by using encoder. However, the use of the speed sensor and position sensors have limitations in terms of resolution and a high price and increasing maintenance costs. Therefore, to eliminate the use of sensors in a three phase induction motor (sensorless), vector control method where the speed estimation obtained using the observer, have been proposed. Vector control method that have been used is field oriented control and to estimate the motor speed is used with speed adaptive observer. From these simulation results are compared with experimental results, where the method of estimating the speed in experiment is a modified observer. From this simulation showed the same phenomenon with experimental result. The controller can works properly if the estimated speed is always greater than the actual speed of the motor.
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42168
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library