Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zea Shafira Rizaldy
"Konsumen muslim saat ini sedang dihadapkan oleh aksi boikot terhadap produk/layanan yang terafiliasi dengan Israel. Penelitian terdahulu menemukan hubungan antara identitas individu dan intensi boikot konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran identity fusion dan religious identification dalam memprediksi intensi konsumen memboikot produk yang terafiliasi dengan Israel. Sebanyak 250 konsumen muslim berusia 18–56 tahun berpartisipasi dalam penelitian ini. Analisis regresi menunjukkan bahwa identity fusion dengan masyarakat Palestina (β=0.36, p<0.001) dan religious identification (β=0.26, p<0.001) memprediksi intensi boikot, sementara identity fusion dengan muslim (β= –0.14, p=0.15) tidak memprediksi intensi boikot.

Muslim consumers are currently facing boycotts of products/services affiliated with Israel. Previous research has found a relationship between consumer identity and the intention to boycott. This study aims to determine the role of identity fusion and religious identification in predicting consumers' intention to boycott products/services affiliated with Israel. A total of 250 Muslim consumers aged 18–56 participated in an online survey. Regression analysis showed that identity fusion with Palestinian (β=0.36, p<0.001) and religious identification as muslim (β=0.26, p<0.001) predicted boycott intention, while identity fusion with muslims (β= –0.14, p=0.15) did not predict boycott intention."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Betsy Kurniawati Witarsa
"ABSTRAK

Penelitian eskperimental ini merupakan replikasi dari penelitian Bilewicz dan Klebaniuk (2013) tentang konsekuensi psikologis dari simbol religius yang terdapat di tempat umum di Polandia. Sama seperti Polandia, mayoritas penduduk Indonesia memeluk satu agama yang sama. Agama ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Penelitian ini hendak menguji adanya pengaruh dari simbol religius agama Islam di sebuah ruangan di kampus terhadap afek positif, afek negatif, dan sikap terhadap nonmarital sexuality. Penelitian menemukan tidak adanya pengaruh dari kehadiran simbol religius di ruangan, baik pada mahasiswa Islam yang religius maupun yang kurang religius. Hasil penelitian ini didiskusikan dengan referensi terhadap teori-teori psikologi lingkungan, religious identification, afek, dan sikap


ABSTRACT

This experimental study is a replication of Bilewicz and Klebaniuk’s study (2013) about psychological consequences of religious symbols in public space in Poland. Like Poland, in Indonesia the majority of the population has one same religion. This religion becomes an integral part of people’s daily lives. This study examined the effect of Islamic religious symbol in a university room on positive affect, negative affect, and attitude towards nonmarital sexuality. The study found that there is no effect of religious symbol display in the room, both on religious moslem students and less-religious moslem students. This result is discussed with reference to theories of environmental psychology, religious identification, affect, and attitude

"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S57405
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library