Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bernard Elpetino Ibrahim
Abstrak :
ABSTRAK
Kontrantor konstruksi proyek pengadaan LRT Jabodebek selain berfungsisebagai pelaksana juga merupakan investor proyek. Untuk menjamin terlaksanyaproyek pengadaan ini, maka kontraktor berinvestasi dalam pengembangan wilayahsekitar stasiun untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai kontraktor. Pengembanganwilayah dilakukan dengan pendekatan transit oriented development TOD yangmengintegrasikan pengembangan wilayah dan sistim transit LRT. TOD yangsuskses memiliki karakteristik ndash; karakteristik TOD yang memungkinkan tercapainyakeuntungan keuntungan seperti pemasukan tambahan dari pengembangan propertidan meningkatnya penngunaan sistim transit . Derdasarkan temuan awal, ditemukangap pada desain TOD eksiting. Studi Value Engineering dilakukan untukmemetakan fungsi objek penelitian. Dengan melakukan studi kasus terhadapbenchmark, dilakukan pengembangan terhadap desain TOD eksisting. Hasilnya,diajukan desain pengembangan konseptual TOD untuk LRT Jabodebek sebagaialternatif pengembangan properti konvensional agar proyek pengembangkan bisamenikmati manfaat dari penerapan TOD.
ABSTRACT
In the case of Jabodebek LRT Construction Project, the contractor aside fromconducting construction also invest as an investor. To increase its capacity, thecontractor develops transit oreinted developments TOD properties around thetransit stations. Successful TOD developments around the world exhibitscharacteristic that leads to potential revenue increase from property developmentand increasing transit use. With gaps diecovered in current TOD designs, Valueengineering study is conducted to develop design beterment. Utilising benchmarkcase studies, TOD conceptual designs are produced and proposed as an alternativeto the conventional development for the case of TOD developments for JabodebekLRT.
2018
T51104
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Perdana Miraj Sejatiguna
Abstrak :
Kompleksitas Pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) berdampak pada besarnya investasi dan potensi resiko sehingga memerlukan kajian yang maksimal dengan melibatkan berbagai pihak dengan pengetahuan dan beragam keahlian melalui integrasi rekayasa nilai serta manajemen resiko yang diperlukan untuk mencapai kelayakan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi resiko utama, strategi mitigasi serta biaya yang diperlukan untuk mengurangi dampak resiko pada konseptual desain Jembatan Selat Sunda berbasis rekayasa nilai. Untuk menjawab tujuan penelitian maka digunakan survey berbasis kuesioner, Focus Group Discussion dan Benchmarking yang disajikan dalam bagian hasil dan pembahasan.
The complexity of Sunda Strait Bridge (SSB) Construction have an impact on the amount of investment and the potential risks that require maximum assessment involving various stakeholders with diverse knowledge and skills through the integration of value engineering and risk management in order to achieve project feasibility. This study aims to identify the major risks, mitigation strategies and mitigation cost to reduce risk impact in Conceptual Design of Sunda Strait bridge using value engineering approach. Questionnaire survey, Focus Group Discussion and Benchmarking will be used to answer the research objectives and presented in result and discussion section.
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T36090
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novi Muharam
Abstrak :
[ABSTRAK
Rekayasa nilai adalah aplikasi metodologi nilai pada suatu proyek atau layanan yang telah direncanakan atau dikonsepkan untuk mencapai peningkatan nilai. Metode rekayasa nilai dipilih karena mempunyai kelebihan dalam hal mengendalikan biaya dengan menggunakan pendekatan dengan cara menganalisis nilai terhadap fungsinya tanpa menghilangkan kualitas serta reliabilitas yang diinginkan. Penelitian ini membahas mengenai peningkatan pemanfaatan gas bumi untuk sektor transportasi di Jakarta menggunakan metode rekayasa nilai dengan mengimplementasikan kebutuhan pengembangan unit SPBG yang berdampak langsung pada keekonomian investasi SPBG dan usulan skema bisnis yang menarik bagi investor. Parameter yang paling berpengaruh dalam hal pemanfaatan gas bumi untuk sektor transportasi dengan menggunakan fast diagram adalah ketersediaan infrastruktur gas dan pasar penggunan BBG sampai dengan menentukan keekonomian harga jual BBG. Dengan infrastruktur SPBG yang kuat, pasar BBG yang kompetitif serta skema bisnis yang jelas tentunya akan menarik minat investor. Untuk memenuhi kondisi tersebut, beberapa parameter harus dipenuhi, yaitu harga pokok gas maksimal sebesar USD 4,3/mmbtu + Rp 750/m3, utilitas volume penjualan minimum 70% dari kapasitas dan harga jual BBG minimum sebesar Rp 4.087/Lsp serta usulan skema bisnis yang cocok untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi di sektor transportasi bagi semua stakeholder di Jakarta adalah menggunakan model bisnis jasa kompresi dan biaya marketing.
ABSTRACT
Value engineering method is a value method application that is applied on a project or a service that has underwent planning or conceptualized in order to achieve greater leverage. Value engineering method was chosen because it has a greater advantage in controlling costs using an approach via function analysis without relinquishing the quality as well as the reliability needed. This research discuss the raise of natural gas utilization for the transportation sector in Jakarta using value engineering method by implementing the requirements of gas station development, which not only directly affects the investment economics of gas station but also how the business scheme draws the attention of investors. The parameter with the most influence in natural gas utilization for the transportation sector is the availability of gas infrastructure, the gas fuel market, and gas fuel pricing. With strong gas station infrastructure, competitive gas fuel market, and clear business scheme, the level of attractiveness will surely increase among investors. In order to fulfill the aforementioned conditions, a few parameters must be satisfied, which are maximum feed gas price is USD 4,3/mmbtu + Rp 750/m3, the minimum sales volume utilization is 70% and minimum gas fuel retail price is Rp 4.087/Lsp (Lsp ≈ Nm³). Furthermore, the most suitable business scheme for all stakeholders in order to increase the natural gas utilization for the transportation sector in Jakarta is the compression fee & marketing fee business model, Value engineering method is a value method application that is applied on a project or a service that has underwent planning or conceptualized in order to achieve greater leverage. Value engineering method was chosen because it has a greater advantage in controlling costs using an approach via function analysis without relinquishing the quality as well as the reliability needed. This research discuss the raise of natural gas utilization for the transportation sector in Jakarta using value engineering method by implementing the requirements of gas station development, which not only directly affects the investment economics of gas station but also how the business scheme draws the attention of investors. The parameter with the most influence in natural gas utilization for the transportation sector is the availability of gas infrastructure, the gas fuel market, and gas fuel pricing. With strong gas station infrastructure, competitive gas fuel market, and clear business scheme, the level of attractiveness will surely increase among investors. In order to fulfill the aforementioned conditions, a few parameters must be satisfied, which are maximum feed gas price is USD 4,3/mmbtu + Rp 750/m3, the minimum sales volume utilization is 70% and minimum gas fuel retail price is Rp 4.087/Lsp (Lsp ≈ Nm³). Furthermore, the most suitable business scheme for all stakeholders in order to increase the natural gas utilization for the transportation sector in Jakarta is the compression fee & marketing fee business model]
2015
T43484
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Brajaka Kusuma
Abstrak :
Pertumbuhan infrastruktur gas kota oleh badan usaha saat ini dianggap lambat dan tidak memenuhi harapan pemerintah. Lambatnya pembangunan infrastruktur disebabkan oleh rendahnya profitabilitas bisnis. Pemerintah berkomitmen untuk mendanai pengembangan infrastruktur jaringan gas kota setiap tahun, tetapi tetap tidak dapat membantu operator untuk menutupi biaya operasional. Solusi yang ditawarkan untuk mengoptimalkan alokasi gas kota adalah dengan mengevaluasi dampak ekonomi dari infrastruktur gas kota di area X, Y dan Z dengan metode rekayasa nilai. Studi ini berfokus pada pemilihan alternatif skenario untuk menentukan skema pemanfaatan gas kota yang optimal. Hasilnya menunjukkan arus kas gas kota dari daerah yang ada X, Y dan Z adalah minus. Area-area tersebut akan menghasilkan keuntungan dan dapat menutupi biaya operasional jika ada pengembangan pelanggan kecil dengan IRR>12%. Pelanggan rumah tangga tidak disarankan untuk mencapai skala ekonomi gas kota, kecuali dana pemerintah dan tingginya volume penggunaan gas. ......The growth of city gas infrastructure by business entities is currently considered slow and does not meet government expectations. The slow development of infrastructure is due to the low profitability of the business. The government is committed to funding the development of the citys gas network infrastructure every year, but it remains can not help operators to cover the operational costs. The solution is offered to optimize the allocation of city gas is by evaluating the economic impact of the city gas infrastructure in area X, Y and Z with value engineering method. This study focuses on examining scenario alternatives to determine an optimum city gas utilization scheme. The results showed the cashflow of city gas from the existing area X, Y and Z are minuses. Those areas will make profits and can cover the operational costs if there are the development of small customers with IRR>12%. The household customers are not recommended to achieve the economic scale of city gas, except the governments funding and the high volume of gas usage.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erlangga Rizqi Fitriansyah
Abstrak :
Jembatan Selat Sunda (JSS) merupakan mega proyek dengan dana terbesar di Indonesia. Peran jembatan ini sangat penting sebagai fungsi transportasi penghubung Jawa dan Sumatra. Permasalahan baru timbul akibat rendahnya tingkat pengembalian investasi jembatan jika hanya mengandalkan dari pendapatan lalu-lintas. Sebuah gagasan untuk meningkatkan fungsi dari jembatan ini telah diteliti pada penelitian sebelumnya melalui penambahan fungsi energi dan pariwisata. Dari penelitian ini didapat desain konseptual struktur JSS dengan penambahan fungsi energi dan pariwisata serta estimasi Life Cycle Cost sebesar Rp 201,07 Trilyun di tahun 2017. ...... Sunda Strait Bridge (SSB) is a mega project with the largest funds in Indonesia. This has an important role as a bridge connecting Java and Sumatra. A new problems appears due to the low rate of return on investment if only rely on bridge traffic revenue. An idea to improve the function of the bridge has been investigated in previous research through the addition of energy and tourism functions. This research shows conceptual design SSB structure with the addition of energy and tourism functions and Life Cycle Cost estimated of Rp 201.07 trillion in 2017.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41702
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library