Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Au, Sara
"No two children experience the toilet-training process in exactly the same way. While some kids might be afraid to even go near the bathroom, others may master the actual act right away. "Stress-Free Potty Training" takes the anxiety out of this challenging rite of passage. The book differentiates the common childhood personality types, providing easy techniques to suit kids who are: goal-oriented, sensory-oriented, internalising, impulsive and strong-willed. Parents will find much needed advice to help them identify what ideas will work for their child's temperament. This straight-talking guide enables readers to help any child make this important life transition free of worry, and in the way that's right for them."
New York: American Management Association;, 2008
e20447891
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Lawrence, Anne
Montreux: Minerve Press, 1996
649.7 LAW s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Greene, Ross W.
Nederlands: Quill, 2001
616.891 GRE e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Tika Bisono
"Buku ini kumpulan tanya jawab orang tua mengenai berbagai macam masalah yang kerap timbul pada masa remaja."
Jakarta: Pustaka Populer Obor, 2009
158.3 TIK m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Inna Mutmainnah
"Child-Rearing Practices Report (CRPR) merupakan suatu alat yang dikembangkan oleh Block (1981) untuk mengukur praktek pengasuhan yang dijalankan orang tua pada anak tertentu. Terdiri 91 item yang berisi nilai-nilai, sikap-sikap, dan tujuan-tujuan dari pengasuhan item-item ini dihasilkan dari observasi empirik interaksi ibu terhadap anaknya, Iaporan-laporan perilaku, dan literatur-Iiteratur sosialisasi.
Dalam penelitian pendahuluan terhadap CRPR, Kochanska, Kuchynski, dan Radke-Yarow (1982) telah mendapatkan dua bentuk pola pengasuhan pada CRPR, yaitu pola authoritative dan pola authoritarian. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini peneliti akan meneliti struktur faktor dari CRPR berdasarkan karakteristik pola pengasuhan pada orangtua pada budaya Indonesia, yaitu otoritatif, otoriter, dan permisif (Baumrind, 1967).
Penelitian ini menggunakan metode analisis faktor dengan rotasi varimaks untuk 3 kelompok faktor berdasarkan ketiga pola pengasuhan yang ada. CRPR yang telah diadaptasi dibuat dalam bentuk kuesioner dengan 6 alternatif jawaban skala Likert, yaitu untuk alternatif 1= sangat tidak sesuai dengan sikap dan cara saya, sampai alternatif 6= sangat sesuai dengan sikap dan cara saya.
Subyek yang digunakan adalah ibu untuk praktek pengasuhan pada anak usia sekolah (6-12 tahun). Dipilihnya subyek ibu karena, ibulah yang berada pada garis depan pengasuhan anak, dan banyak berhadapan dengan anak dalam kesehariannya. Sedangkan dipilihnya anak usia sekolah sebagai objek pengasuhan karena pada masa ini pengasuhan yang dijalankan orangtua sudah membentuk pola yang stabil dan intensif sebagai usaha untuk melatih kontrol dan disiplin pada anak usia sekoIah. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional purposive accidental sampling.
Jumlah subyek yang terjaring adalah 302 orang yang berasal dari berbagai tingkat sosial ekonomi dan pendidikan di daerah Jakarta Selatan. Diambil dari orang tua murid SDN 02 Ulujami , SDN O3 Cipulir, SDN O7 Petukangan, dan SDI Al-lzhar Pondok Labu Jakarta Selatan.
Hasil dari penelitian ini didapatkan dua bentuk pola pengasuhan yaitu jenis otoritatif (N=26) dan otoriter (N=14), dengan Cronbach Alpha masing-masing untuk pola asuh otoritatif 0,89, dan pola asuh otoriter O,79. Sedangkan pola permisif tidak tergambarkan. Hasil penelitian ini sejalan dengan hasil penelitian Kochanska, Kuchynski, dan Radke-Yarrow (1982) yang juga hanya menemukan dua bentuk pola pengasuhan pada CRPR, yaitu otoritatif dan otoriter.
Disarankan agar jumlah sampel diperbanyak, dan penelitian juga sebaiknya dilengkapi dengan observasi. Dengan didapatkannya dua bentuk pola pengasuhan dari CRPR maka disarankan untuk melakukan penelitian Iebih lanjut untuk melihat dampak pengasuhan ini pada anak usia sekolah, khususnya dalam beberapa aspek perkembangan, yaitu aspek mental, emosi, dan sosial."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1997
S2734
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Glenn, H. Stephen
Rocklin: Prima Publishing, 1989
649.1 GLE r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"This exploratory located in a small area called Dukuh Gamol. Almost people in this region are on-going or farmer of women migrant worker. Their husband,children, and family involved as respondent....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Eny Djoko Setyono
"ABSTRACT
This study investigated the effects of the addition of coral rubble and polyvinylchloride (PVC) guttering as substrates on the growth of the donkey ear abalone (Haliotis asinina) reared in a How through water system. The tanks were 100 cm long x 50 cm wide x 40 cm deep, filled with sea water up to a height of 30 cm. Hatchery produced abalone, with a mean initial shell length of 30.9 i 0.1 mm and wet weight of 5.51: 0.1 g. were stocked at 25 individuals per tank that corresponds to stocking densities of ca. 50 abalone m'2 at the bottom of the tank. Juvenile abalone were provided with plenty of red seaweed Gracilaria spp daily over 175 days. The results show that the growth and growth rates in shell length and wet body weight were not significantly different between treatments (P>0.05). Survival rates of juveniles reared in the tank with the addition of coral rubble and/or PVC guttering were 100%, but 98% for juveniles in the tank without the addition of substrate. The average daily growth rates of shell length and wet body weight were 0.08710037 mm and 008810.044 g for juveniles reared in the tank with coral rubble 0.08110030 mm and 0.07710032 g for juveniles reared in the tank with PVC guttering and 008210.032 mm and 007810.039 g for juveniles reared in the tank without substrates. Juveniles reared in tanks with a flow through water system grew very well. The increase of body weight was more than double (>250%) the initial size."
Jakarta: Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI, 2015
550 MRI 40:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Agustina Yuanita Prananto
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1993
S2388
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Anwar Is
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian prestasi belajar siswa BLK Surabaya tahun anggaran 1997/1998 dan untuk mengetahui intensitas hubungan antara pola asuh orang tua, teman sebaya dan respon siswa path media pendidikan dengan prestasi belajar siswa.
Dalam menjawab tujuan penelitian tersebut pendekatan ex-post facto merupakan metode yang digunakan, 72 peserta pelatihan BLK Surabaya angkatan terakhir program pelatihan untuk tahun anggaran 1997/1998 diambil sebagai responder. Angket digunakan sebagai metode pengumpulan data sedang jenis data yang dikumpulkan berkenaan dengan pola asuh orang tua peserta, intensitas interaksi peserta dengan teman sebaya dan respon siswa terhadap media pendidikan. Sedang data tentang prestasi belajar siswa diambil dan hasil nilai ujian akhir antara ujian praktek dan teori.
Analisa data pada studi ini adalah korelasi. Metode ini digunakan untuk mengukur hubungan secara individual dan bersama-sama antara ketiga variabel tersebut dengan prestasi belajar siswa pelatihan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar yang dicapai siswa BLK Surabaya tahun anggaran 1997/1998 pada katagori cukup (sebanyak 45 orang siswa = 62,5 %). Selanjutnva hasil analisis korelasi menunjukkan ; (1) Terdapat hubungan berbanding lurus dan signifikan antara Pola asuh orang tua dengan Prestasi belajar siswa = 0,4423 (p < 0,05) (2) Terdapat hubungan antara Teman sebaya dengan Prestasi belajar siswa, r = 0,2734 (p < 0,05); (3). Hasil analisa korelasi juga menunjukkan adanya hubungan antara Respon siswa pads media pendidikan dengan prestasi belajar siswa, r = 0,2837 (p < 0,05).
Analisa korelasi ganda menunjukkan bahwa ketiga variabel (pola asuh orang tua, interaksi teman sebaya dan tingkat respon siswa pada media pendidikan) secara bersama-sama menjelaskan sekitar 25 % variasi pada skor prestasi belajar siswa. Namun demikian secara individual variabel pola asuh orang merupakan variabel yang mempunyai hubungan dengan prestasi belajar yang paling kuat.
Implikasi dari temuan ini adalah bahwa rekruitmen calon peserta perlu untuk mempertimbangkan faktor pola asuh orang tua jika keberhasilan dalam mengikuti program pelatihan BLK Surabaya menjadi prioritas. Hasil reviu literatur menunjukkan bahwa pada pola asuh orang tua yang deinokrasi cenderung memberikan kebebasan anak untuk berkreasi.
Pada saat belajar mengajar kelangsungan, intensitas interaksi dengan teman sebaya dan perhatian peserta pelatihan terhadap media pendidikan menjadi faktor berikut yang mempunyai sumbangan terhadap keberhasilan peserta pelatihan di BLK Surabaya. Dengan kata lain penelitian ini menganjurkan bahwa peserta pelatihan BLK Surabaya perlu untuk diberi kesempatan untuk saling berinteraksi dengan teman sebayanya dan lebih intensif dalam memanfaatkan media pendidikan yang ada di BLKJ Surabaya. "
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>