Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
N.R. Gantina K.S.
"ABSTRAK
Pada proses perakitan kendaraan di P.T. Toyota Astra Motor terdapat
proses pembalikan rangka kendaraan (frame). Proses ini terjadi karena proses pe-
masangan kompon pegas dan perdem kejut (shock absorber) dilakukan dnlam
kondisi rangka k daraan terbalik. Hal ini rmtuk memudahkan kerja opergtor
karena posisi tubuh operator ketika bekerja normal (tidak menghadap ke atas).
Dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan kerja, maka
suatu jalur perakitnn yang dapat menampung semua PIOSCS perakitan
kedua jenis kendaraan yang berbeda tersebut. Berdasm-kan kebiiaksanaan manaje-
men pabxik, jalur koudaraan jenis Crown Saloon dan Land Cruiser yang semula
terpisah akan digabungkan.
Salah satu cara untuk melakukan peningkatan efisiensi kerja adalah dengan
melakukan otomasi pabrik. Pada kesempatan ini penulis merancang suatu sistern
otomasi proses kerja pada proses pembalikan rangka kendaraan, yang saat ini ma-
sih dilakukan secara manual, dengan mempergunakan mesin PLC (Prorammoble
Logic Controllers). Dengan diterapkannya sistem otomatis pads proses ini diharap-
kan keselamatan pekerja dapat lebih teljaga dan waktu idle yang oleh opera-
tor ketika mesin sedang bekerja dapat dengan beban kerja lainnya.

"
1996
S36586
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Najmi
"ABSTRAK
Tugas akhir ini membahas rancangan awal pembuatan rangka monocoque mobil sport multi-platform. Yaitu mobil sport dengan desain eksterior yang berbeda-beda namun rangka yang digunakan dari rangka yang sama. Rangka utama menggunakan material serat karbon, sedangkan substruktur menggunakan batang aluminium 5454. Penelitian dilakukan dengan metode Finite Element dalam pengujian kemampuan rangka menahan beban statik. Pembebanan yang diteliti adalah beban pelengkungan, beban akselerasi, beban lateral, dan beban torsional. Hasil dari simulasi dapat disimpulkan desain aman dan layak dipakai.

ABSTRACT
The focus of the study is preliminary design of multi platform sport car monocoque. The concept is using same platform for different exterior designs. The main frame is using carbon fiber material, and the substructures using aluminium 5454. The study was solved by Finite Element Method for static load tests. The loads are bending load, acceleration load, lateral load, and torsional load. From the simulation results, it can be concluded that the design of monocoque is safe and proper to use."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library