Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Rethina Pramstuti
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Emi Chaermayatun Munifah
Abstrak :
Diperkenalkannya system pemancar Frequency Modulation (FM) sebagai penyempurnaan system Amplitudo Modulation (AM) di bidang komunikasi radio telah mendorong radio-radio siaran swasta memanfaatkan kemajuan teknologi ini dengan beralih dari penggunaan pemancar radio AM ke FM. Pemancar yang dikenal dengan kemampuannya yang stereo ini mampu memberikan kualitas suara yang lebih jernih bagi telinga
pendengarnya.
Bagaimana faktor perpindahan pemancar radio AM ke FM ini dipertimbangkan dalam perencanaan media periklanan merupakan masalah yang diteliti penulis dalam skripsi ini.
Penelitian ini mengambil kasus yang terjadi pada radio-radio siaran swasta yang mengalami perpindahan penggunaan pemancar radio AM ke FM di Jakarta. Radio-radio tersebut adalah Radio Sonora, Radio Suara Kejayaan, Radio Camajaya, Radio Prambors, Radio Amigos dan Radio queen.
Sebagai obyek penelitian ditentukan para key informants di radio-radio siaran swasta tersebut, serta para perencana media di perusahaan-perusahaan periklanan Fortune Indo Ad Matarm Inc, Grafik Perwanal DMB & B dan Wahana Adi Media.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perpindahan penggunaan pemancar AM ke FM di radio-radio siaran swasta tersebut pada dasarnya turut dipertimbangkan oleh para perencana media dalam merencanakan media periklanannya sekalipun pada kenyataannya menunjukkan bahwa pertimbangan yang diberikan oleh para perencana media tersebut berbeda-beda.
Empat perusahaan periklanan Fortune Indonesia, Grafik Advertising Indo Ad dan Wahana Adi Media mempertimbangkan faktor perpindahan ini dalam menentukan langkah-langkah perencanaan media periklanan yang terdiri dari (a) penentuan tujuan media yang memandang faktor ini penting untuk menentukan media mana yang paling tepat untuk menyampaikan pesan iklan pada khalayak sasaran yang diinginkan (b) penentuan strategi media yang memperhatikan faktor penggunaan pemancar AM/FM tersebut dalam peinilihan dan penentuan koinbmnasipenggunaan media-media radio yang ada dan (c) penentuan anggaran media yang sangat terkait dengan harga iklan yang ditetapkan oleh masing- masing media radio yang akan digunakan.
Sedangkan pertimbangan tentang faktor perpindahan pemancar AM ke FM di dua perusahaan periklanan lainnya Matari Inc dan Perwanal DMB & B banyak tergantung pada besarnya khalayak sasaran yang mampu dijangkau oleh media radio baik berpemancar AM ataupun FM.
Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa dengan pindahnya beberapa radio siaran swasta ke pemancar FM ternyata mempengaruhi hubungan kerja antara beberapa media radio sebagai media iklan dan perusahaan periklanan sebagai pemasang iklan Pengaruh tersebut antara lain dapat dilihat dengan mundurnya beberaa perusahaan periklanan sebagai pemasang iklan di radio-radio tersebut. Hal ini disebabkan karena adanya kebijaksanaan harga iklan yang ditentukan oleh beberapa radio yang pindah ke FM ternyata tidak diikuti dengan peningkatan, jumlah jangkauan khalayaknya setelah di FM.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Gati Irawarman
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1989
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Haryo Abdurrahman
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam dunia modern yang semakin kompleks sekarang ini, tampak kebutuhan dan ketergantungan manusia terhadap media massa semakin besar. Kebutuhan dan ketergantungan ini erat kaitannya dengan fungsi media massa yang dirasakan dapat melayani beberapa kebutuhan masyarakat tersebut. Secara Umum fungsi media massa adalah untuk hiburan, informasi, pendidikan dan fungsi editorial. Banyak . ahli-ahli komunikasi yang mengemukakan fungsi media massa dengan istilah yang berbeda, namun artinya sama saja. Bila seseorang menggunakan suatu media, dalam arti memakai suatu isi pesan, tentu ada suatu keinginan yang diharapkan dapat terpenuhi oleh media dan isi pesannya itu. Apakah itu berhubungan dengan terpenuhinya kebutuhan akan informasi, hiburan atau lainnya, sehingga bukan hal yang mengherankan bila setiap orang mempunyai pilihan media dan isi pesan yang berbeda untuk untuk kebutuhan yang berbeda tergantung dari fungsi media yang ia butuhkan. Kebutuhan seseorang yang bisa dipenuhi oleh media massa, bisa dibagi dalam kebutuhan yang berhubungan dengan fungsi media massa yang dalam penelitian ini dibagi menjadi fungsi Diversi atau fungsi hiburan, personal relationship atau fungsi * personal, fungsi personal identity atau fungsi identitas fungsi hubungan personal dan terakhir fungsi surveillance atau pengawasan (informasi). Jadi apabila seseorang menggunakan suatu media massa atau isi pesan tertentu dari media ini bukanlah suatu hal yang kebetulan, tapi ini memang karena media atau isinya itu memberinya kepuasan atau gratifikasi tertentu untuk dirinya. Pendekatan inilah yang dikenal dengan nama Uses and Gratification. Dengan pendekatan ini penulis berusaha mengungkapkan kegemaran remaja terhadap suatu acara radio, dengan kasus yang dipilih adalah acara Catatan si Boy. Acara ini sangat populer dikalangan remaj a pendengar radio Prambors, terutama anggota Prambors Listeners Club (PLC). Kegemaran anggota PLC terhadapa acara ini bukanlah hal yang kebetulan, mereka mengikuti acara ini karena didorong oleh motif tertentu dan tentu ada Kepuasankepuasan yang mereka dapatkan dari mengikuti acara ini. Dalam penelitian antara motif-motif dan kepuasankepuasan akan dilihat hubungannya yang dikaitkan dengan fungsi media massa tadi di atas. Dari hasil yang diperoleh ternyata antara motif mendengarkan Catatan si Boy dan kepuasan yang diperoleh dari acara itu hanya berhubungan pada fungsi diversi saja. Sedang pada tiga fungsi lainnya yaitu fungsi personal relationship, personal identity dan surveillance, hubungan antara motif dan kepuasan ternyata tidak signifikan atau tidak ada hubungan satu sama lain.
1989
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library