Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Novita Soraya Christina
Abstrak :
Lingkungan demikian penting bagi manusia dan perlu dilestarikan untuk menjaga kelangsungannya. Tanggung jawab pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama termasuk generasi muda sebagai penerus bangsa. Media massa merupakan salah satu alat yang efektif untuk meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya pelestarian lingkungan. Diperlukan media yang representatif dan dekat dengan generasi muda seperti radio guna membangun kesadaran dan kepedulian mereka akan lingkungan hidup. Radio mahasiswa seperti RTC UI FM sebagai media dalam ?Green Campus? Universitas Indonesia tidak memiliki program yang membahas tentang lingkungan hidup. Radio mahasiswa sebagai radio komunitas sering dilupakan sebagai wadah penyebar informasi lingkungan hidup karena jangkauan siarannya yang terbatas. Padahal informasi tersebut seharusnya menjadi salah satu materi siaran radio tersebut, karena wacana yang dikembangkan dalam siaran radio dapat mempengaruhi cara berpikir akademisi dan akan mempengaruhi masyarakat sekitarnya. Earth Spotlight dirancang untuk menjadi sebuah program di RTC UI FM yang fokus membahas isu lingkungan hidup di setiap edisinya. Tujuan program tersebut adalah untuk memberi pengetahuan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan lingkungan hidup.
Environment is essential for human kind and it is important to maintain its sustainability. The responsibility to ensure the sustainability of the environment lies in the hand of human beings, including the young generation. Mass media is one of the means that are effective to promote environmental sustainability. Media plays an important role to promote young generatrion?s awareness and representative media such as radio can be utilized to address this purpose. Students radio such as RTC UI FM as one of the media in the ?Green Campus? University of Indonesia doesn?t have a special programme to address the environmental issues. Actually, information about environmental issues can be developed into a radio programme, because the discourse can influence the way academic society and the community think and act. Students radio as an example of community radio is often forgotten to be utilized as a means of communicating information about environmental issues because of its limited coverage. Earth Spotlight is designed to be a programme in RTC UI FM that will focus on environmental issues in each of its episodes. The purpose of this programme is to share knowledge and promote awareness and eco-friendly lifestyles towards the environment.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Susan Bunawan
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang Emotional Branding yang diterapkan pada program penyiaran radio. Pengemasan program radio yang menerapkan konsep ini merupakan salah satu cara yang ditempuh untuk melakukan diferensiasi dan bertahan dari persaingan. Aspek emosional itulah yang akan mengikat para pendengar dan memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka. Konsep utamanya yaitu hubungan, pengalaman pancaindera, imajinasi dan visi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan konsep emotional branding pada program radio dapat membangun loyalitas pendengar dan melihat aspek emosional apa saja yang digunakannya. Hasil penelitian, ditemukan bahwa program radio Asia Calling sudah menerapkan konsep emotional branding dan terbukti telah mampu membentuk loyalitas pendengar. ......This research was about Emotional Branding which was implemented on radio programme. The packaging on the radio programme with the concept is one of the way to do differentiation and struggle from competition. Emotional aspect will bond the audience and give them satisfaction. Its main concept: relationship, the five senses experience, imagination and vision. The goal of this research was to see how the implementation of emotional branding to radio programme can build audience’s loyality and to see what kind of emotional aspect that had been used. Research found that radio programme Asia Calling has implemented emotional branding and it proved to form audience’s loyality.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
T25735
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library