Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Najla Salsabila
"Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara push motivation, pull motivation, attitude, subjective norm dan behavioral intention intention untuk aktivitas wisata pada potensi pasar wisatawan Muslim. Adapun analisis utamanya akan dilakukan terhadap keseluruhan sampel, yang kemudian juga dilanjutkan dengan analisis terhadap dua kelompok yang didasarkan pada tingkat kepeduliannya terhadap aspek Islamic norms and practices (INP) saat berwisata. Responden yang memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap aspek INP saat berwisata dimasukkan ke dalam kelompok High INP, sedang responden yang memiliki tingkat kepedulian rendah terhadap aspek INP dimasukkan kedalam kelompok Low INP. Penelitian ini melibatkan 853 responden secara total. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling, yaitu dengan mengambil sampel masyarakat Muslim di Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modeling) dengan perangkat lunak AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa push motivation dapat mempengaruhi calon wisatawan muslim untuk memiliki intensi berwisata. Jalur hubungan tersebut dapat ditemukan baik secara langsung, maupun melewati attitude yang nantinya mempengaruhi behavioral intention. Subjective norm juga ditemukan mempengaruhi intensi berwisata, khususnya pada kelompok responden yang memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap aspek Islamic norms and practices (INP). Hubungan antara pull motivation dan intensi berwisata tidak ditemukan pada penelitian ini

The purpose of this study is to analyze the relationship between push motivation, pull motivation, attitude, subjective norms and behavioral intention in terms of traveling for potential Muslim travelers. The main analysis will be carried out on the whole sample, which is then followed by an analysis of two groups based on their level of concern for Islamic norms and practices (INP) aspect when traveling. Respondents who have a high level of concern for INP when traveling are included in the High INP group, while respondents who have a low level of concern for INP when traveling are included in the Low INP group. This study involved 853 respondents in total. Convenience sampling techniques was used. Data analysis are performed using SEM (Structural Equation Model) method in AMOS. The results of the study show that push motivation can affect travel intention for potential Muslim Travelers in Indonesia. The relationship can be found directly or through an attitude that later affects the behavioral intention. Subjective norm is also found to affect the travel intention, especially in groups of respondents who have a high level of concern for Islamic norms and practices (INP). The relationship between pull motivation and travel intention is not found to be significant in this research."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusreni Nur Ariefah
"ABSTRAK
Pariwisata merupakan sektor yang paling potensial untuk mendatangkan devisa dan mudah menciptakan lapangan kerja. Sebagai negara dengan jumlah Muslim terbanyak di dunia, Indonesia sangat berpotensi untuk mengembangkan wisata halal. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor motivasi turis terhadap kepuasan turis pada turis Muslim Indonesia menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan motivasi turis dan berpengaruh positif terhadap kepuasan turis dan variabel Islamic norms and practices mampu memoderasi pengaruh pull motivation terhadap kepuasan turis namun tidak untuk push motivation.

ABSTRACT
Tourism is the most potential sector to increase foreign exchange and easily to create job opportunities. As the country with the largest Muslim population in the world, Indonesia has the potential to develop a halal tourism. This study aims to analyze the factors of motivation on tourist satisfaction for Indonesian tourist Muslim using multiple regression analysis. The result of this research shows that tourist motivation has influence towards overall tourist satisfaction and the variable of Islamic norms and practices are able to moderate the effect of pull motivation on the overall tourist satisfaction but not to push motivation."
Lengkap +
2017
S67731
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library