Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tety Herawaty
Abstrak :

Abstrak

 

Dalam manajemen strategis, Balanced Scorecard digunakan sebagai metrik kinerja untuk mengukur fungsi bisnis internal dan hasil eksternal yang dapat digunakan untuk mengukur umpan balik suatu organisasi, baik untuk organisasi laba atau nirlaba (sektor publik). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil kinerja rumah sakit Pusat Otak Nasional yang merupakan salah satu organisasi sektor publik dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard dalam mencapai tujuan organisasi. Metode yang dipergunakan berupa analisis deskriptif dengan menggunakan data dari tahun 2015 hingga 2017. Hasil analisis menunjukan bahwa ada beberapa hasil kinerja yang belum mencapai target yang ditetapkan dikarenakan pemilihan KPI yang digunakan tidak relevan dan tidak memiliki causal relationship dengan strategi RS Pusat Otak Nasional. RS Pusat Otak Nasional disarankan memperbaiki desain Balanced Scorecard, dengan menambahkan kamus indikator kinerja untuk mempermudah pencapaian KPI.


Abstract

 

In strategic management, the Balanced Scorecard is used as a performance metric to measure internal business functions and external results that can be used to measure feedback to organizations, whether for profit or non-profit organizations (public sector). This study aims to evaluate the results of the performance of the National Brain Center hospital which is one of the public sector organizations using the Balanced Scorecard approach in achieving organizational goals. The method used is in the form of descriptive analysis using data from 2015 to 2017. The results of the analysis show that there are some performance results that have not reached the set targets because the selection of KPIs used is not relevant to the strategy of the National Brain Central Hospital. In adition there are several KPIs that do not have a causal relationship between one another. The National Brain Center Hospital is recommended to improve the design of the Balanced Scorecard, by adding a dictionary of performance indicators to facilitate the achievement of the KPI.

Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sasti Wisuandini
Abstrak :
Lahirnya undang-undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja menuntut ketersediaan informasi geospasial sebagai basis data pemberian perizinan investasi di daerah. Ketersediaan informasi geospasial dasar di tahun 2020 masih tersedia 1.9% dari kebutuhan nasional. Tuntutan percepatan penyelenggaraan informasi geospasial tertuang dalam program prioritas kerja nasional pada rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2020-2024. Adanya keterbatasan kapasitas organisasi Badan Informasi Geospasial menuntut pengembangan kapasitas dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan Informasi Geospasial Nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan postpositivist dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan studi dokumentasi, analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah adanya kesenjangan kapasitas dan kebutuhan organisasi dalam upaya percepatan penyelenggaraan Informasi Geospasial, meliputi anggaran yang tidak memadai, infrastruktur yang belum optimal, kebutuhan teknologi yang lebih tinggi, kapasitas SDM belum memadai, dan budaya organisasi yang lemah. Strategi pengembangan kapasitas sebagai upaya pemenuhan kebutuhan Informasi Geospasial nasional adalah reorientasi penataan organisasi, penguatan kebijakan dan infrastruktur, program pengembangan kapasitas SDM berbasis kompetensi, penguatan kerjasama dengan stakeholder, dan penguatan budaya organisasi melalui peran kepemimpinan yang optimal. ......The enactment of Law Number 11 of 2020 concerning Job Creation requires the availability of geospatial information as a database for granting investment permits in the regions. The availability of basic geospatial information in 2020 is still available at 1.9% of national needs. The demand for acceleration of the implementation of geospatial information is contained in the national work priority program in the national medium-term development plan (RPJMN) for 2020-2024. The limited organizational capacity of the Geospatial Information Agency requires capacity development to be carried out in an effort to meet the needs of the National Geospatial Information. This study uses a post-positivist approach with in-depth interview data collection techniques and documentation studies, qualitative data analysis. The result of this research is that there is a gap in the capacity and needs of organizations in an effort to accelerate the implementation of Geospatial Information, including inadequate budgets, infrastructure that is not optimal, higher technology needs, inadequate human resource capacity, and weak organizational culture. The capacity development strategy as an effort to meet the needs of national Geospatial Information is reorienting organizational arrangements, strengthening policies and infrastructure, competency-based HR capacity development programs, strengthening collaboration with stakeholders, and strengthening organizational culture through optimal leadership roles.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ramadhon
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh knowledge sharing dan komitmen terhadap kinerja individu di organisasi sektor publik. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Data primer diperoleh melalui kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 225 responden yang merupakan pegawai di Direktorat Teknis Kepabeanan (76 responden), Direktorat Fasilitas Kepabeanan dan Cukai (35 responden), dan Direktorat Audit Kepabeanan dan Cukai (114 responden). Hipotesis penelitian dirumuskan dari penelitian-penelitian sebelumnya dan diuji menggunakan structural equation model (SEM). Hasil penelitian ini menegaskan kembali bahwa komitmen organisasi dan knowledge sharing behavior memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja individu, namun knowledge sharing tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja individu di organisasi sektor publik.
This study analyze the effect of knowledge sharing and commitment on individual performance in public sector organizations. This research was conducted at the Head Office of the Directorate General of Customs and Excise. Primary data was obtained through a questionnaire with 225 respondents which is employees in the Directorate of Customs (76 respondents), Directorate of Customs and Excise Facilities (35 respondents), and Directorate of Customs and Excise Audit (114 respondents). The research hypothesis was formulated from previous studies and tested using a structural equation model (SEM). The results of this study reaffirm that organizational commitment and knowledge sharing behavior have a significant effect on individual performance, but knowledge sharing does not have a significant effect on individual performance in public sector organizations.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
One hundred thirty one responses from public employees and 154 responses from private employees were analyzed to compare employee attitudes towward individualism-collectivitism across public and private sector organizations....
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Laisa Muliati
Abstrak :
RSUDAM sebagai organisasi sektor publik yang berstatus BLUD, harus menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bertanggungjawab, efektif dan efisien. Untuk itu diperlukan alat pengukur kerja yang komprehensif sebagai wujud pertanggungjawaban kepada masyarakat maupun pemilik. Balanced scorecard oleh banyak lembaga nonprofit dianggap sebagai alat ukur yang komprehensif meliputi perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja RSUDAM tahun 2011-2013 berdasarkan Balanced scorecard. Analisis data yang dipakai adalah univariat (deskriptif). Pengolahan data dengan metode studi kualitatif dan kuantitatif terhadap data sekunder kegiatan tahun 2011-2013. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1)kinerja perspektif pelanggan: Kepuasan pasien: tahun 2012 sebesar 73,75 % puas, tahun 2013 sebesar 75,88 % puas, pangsa pasar luas, retensi dan akuisisi pelanggan menunjukkan trend meningkat 2)Kinerja perspektif keuangan:pendapatan atas kegiatan pelayanan kesehatan mengalami kenaikan, dengan tingkat pertumbuhan yang menurun 3)Kinerja pada perspektif bisnis internal: menunjukan proses peningkatan mutu 4) Kinerja pertumbuhan dan pembelajaran: program yang diarahkan untuk peningkatan kompetensi, motivasi dan disiplin karyawan belum maksimal menghasilkan peningkatan kinerja secara riil. Balanced Scorecard dapat dipakai sebagai alternatif untuk mengukur kinerja RSUDAM, karena lebih komprehensif dibandingkan pengukuran kinerja RSUDAM sekarang.
RSUDAM as public sector organizations BLUD status, health services should be held responsible, effective and efficient. It required comprehensive tools as a form of accountability to the community or the owner. Balanced scorecard by many nonprofits regarded as a comprehensive measuring tool. Namely the customer perspective, financial, internal business process perspective and the perspective of growth and learn. to analyze the performance of RSUDAM years 2011-2013 based balanced scorecard. The data analysis univariate analysis (descriptive). Data processing with methods of qualitative and quantitative studies of secondary data research activities in 2011-2013 show that: 1) The performance of the customer's perspective: Patient satisfaction: in 2012 amounted to 73.75% satisfied, in 2013 amounted to 75.88% satisfied, share broad market, retention and customer acquisition shows an increasing trend 2) Performance on the financial perspective: income on health services has increased, with declining growth 3) Performance on the internal business perspective: shows the process of quality improvement 4) Performance of growth and learning:the program directed to increase competence, motivation and discipline employees not maximized results in improved performance in real terms. Balanced Scorecard framework as alternative which able to be used on performance assesment of RSUDAM because more comprehensiv than performance in measurement is RSUDAM now.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T43016
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library