Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sarlito Wirawan Sarwono
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2001
155.5 SAR p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sarlito Wirawan Sarwono
Jakarta: Rajawali, 2010
155.5 SAR p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Mappiare A.T.
Surabaya: Usaha Nasional, 1982
155.2 AND p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Boston: Allyn and Bacon, 2002
305.235 ADO
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sarlito Wirawan Sarwono
Jakarta: Rajawali, 2012
155.5 SAR p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Esther Widhi Andangsari
"ABSTRAK
Masa remaja merupakan masa yang menarik untuk diteliti karena kondisi
mereka yang sedang dalam ttansisi. Termasuk hal yang menarik untuk ditelaah
adalah kehidupan reinaja di tengah-tengah keluarganya. Dimana keluarga menjadi
tempat yang penting bagi remaja untuk pembentukan sosial dan emosional mereka
khususnya dalam kondisi mereka yang memasuki masa transisi.
Masa remaja juga merupakan periode dari perubahan yang dramatis
terhadap perubahan relasi kelekatan (attachment). Mereka masih tetap
membutuhkan dukungan dan perlindungan dari tokoh attachment pada masa
kanak-kanaknya (Colin, 1996). Secara tradisional teori kelekatan (attachment)
digunakan untuk menjabarkan ikatan afeksi antara seorang bayi dengan
pengasuhnya (caregiver), tetapi konsep kelekatan (attachment) sekarang Ielah
digunakan untuk meneliti relasi interpersonal yang lebih luas lagi termasuk di
dalamnya relasi hubungan yang intim selama masa remaja dan dewasa muda
(Walker & Ehrenberg, I 998).
Tokob ibu begitu penting dalam kehidupan remaJa bahkan karena
pentingnya peran ibu tersebut dikatakan dapat mempengaruhi keterampilan
pemecahan masaJah sosial anak (Santrock, 2001). Tetapi kehidupan remaja
semakin kompleks ketika orang tua bercerai, kemudian ibu memasukkan mereka
ke dalam panti asuhan. Ketika mereka masih berada di dalam panti asuhan, ibu
men.ikah kembali tanpa memberitahukan anaknya. Hal ini tentu menjadi beban
tersendiri bagi remaja dalam relasinya dengan ibunya. Sehingga akhirnya
diputuskan untuk meneliti tentang kelekatan (attachment) remaja putri yang
tinggal di panti asuhan dengan ibu yang menikah kembali.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode observasi dan wawancara, dimana peneliti menggunakan interview guide
checklist untuk memudahkan wawancara. Subyek terdiri atas 3 remaja putri
berusia 15-17 tahnn yang tinggal di panti asuhan Dorkas, dimana ketika orang tua
bercerai mereka dimasukkan ke dalam panti asuban dan kemudian ibu mereka
menikah kembali tanpa memberitahokan mereka tentang kondisi tersebut.
Dari penelitian ini diketahui bahwa 2 dari 3 subyek memiliki hubungan
kelekatan yang insecure attachment dan satu orang secure attachment. Dari yang
memiliki hubungan insecure attachment tersebut, mereka memiliki kerenggangan
hubungan dengan ibu, menolak dan tidak perduli ternadap pernikahan ibu
kembali, serta memiliki hubungan yang kurang baik dengan ayah tiri dan sibling
rivalry dengan saudara tiri."
2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Cinta, 2006
306.874 TEE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dea Ananditasari
"Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang ditetapkan pemerintah sebagai acuan dalam pendidikan. Terdapat faktor-faktor dalam penerapan Kurikulum tersebut yang mempengaruhi tingkat stres siswa yaitu beban pelajaran, diskusi, presentasi, teman sebaya, dan fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan faktor-faktor dalam penerapan kurikulum 2013 dengan tingkat stres siswa. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 109 orang. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Metode sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan dari lima variabel, empat diantaranya mempunyai hubungan dengan tingkat stres, yaitu beban pelajaran, diskusi, presentasi, dan teman sebaya. Namun pada fasilitator tidak ditemukan hubungan dengan tingkat stres (nilai p=0,225). Siswa lebih banyak mengalami tingkat stres sedang dalam penelitian ini. Strategi koping yang baik harus dimiliki setiap siswa agar dapat menangani stres dengan baik.

Curriculum 2013 is a new curricullum that the government apply as a in education. There are factors in the curriculum that affect students' stress level such as subject difficulty, discussion, presentation, peer group, and facilitator. This aim of study is to identify the relationship between factors in implementation of curriculum 2013 with stress level in students of junior high school. There are 109 participants involved in this study The design of this study is descriptive correlative with cross sectional approach. Simple random sampling is used as sampling method. In results, there are 4 of 5 variables that correlate to stress level, such as subject difficulty, discussion, presentation, and peer group. There is no correlation between facilitator with stress (p value=0,225). There are more students that have moderate stress level in this study. They must have adaptive coping strategies in order to cope with stress well.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
S60987
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heyster, Sis
Djakarta: Balai Pustaka, 1965
370.15 HEY g
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dilma Alfida Rahmah
"ABSTRAK
Sastra remaja adalah sastra populer yang dibaca oleh remaja. Salah satu karya sastra remaja populer adalah novel Dear Nathan. Permasalahan yang mencolok dalam novel Dear Nathan adalah pemberian julukan. Julukan tersebut diberikan kepada tokoh utama, yaitu Nathan, di dalam relasi yang dijalinnya. Penelitian ini mengkaji dampak yang muncul dari pemberian julukan terhadap tokoh utama yang dikaji melalui analisis tokoh dan penokohan dalam novel Dear Nathan. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif analisis, yaitu mendeskripsikan fakta berupa kutipan dalam novel untuk kemudian dianalisis. Analisis tokoh dan penokohan dapat menunjukkan deskripsi pemberian julukan pada tokoh dan dampak yang dihasilkannya. Relasi yang dijalin remaja terbagi menjadi relasi remaja dengan orang tua, relasi remaja dengan kawan sebaya, dan relasi remaja dengan guru. Relasi tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan teori labeling untuk mengetahui tentang pemberian julukan dan dampaknya. Penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat pengaruh atas pemberian julukan terhadap perkembangan kejiwaan dalam diri anak dan remaja. Dampak tersebut berupa perilaku yang negatif dan positif yang muncul pada diri seseorang ketika ia terus mendapatkan julukan dari orang lain.

ABSTRACT
Young adult literature is a popular literature that is read by teenagers. Dear Nathan is one of many popular young adult literatures. Labeling is one of the main problem that can be found in the novel. The label is given by the society to the main character of the novel, Nathan. Based on that problem, this study examines the impact which arises from the labeling of the main character by analizing the characters and characterizations in Dear Nathan. The research method that is used in this paper is descriptive analysis method, which describes the facts in the form of quotes in novels for later analysis. Character and characterization analysis will show descriptions of the character s label and the impact of labeling to the character. The relationships that are established by young adults are divided into three types, which is relations between young adults and parents, relations between young adults and peers, and relations between young adults and teachers. Therefore, the relation in Dear Nathan is analyzed by labeling theory to find out about the label and its effects. The result of this study shows that giving a label can influence the psychiatric development in children and adolescent. The impact can be negative and positive behaviors that arise in a person when he continues to get label from other people."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>