Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Roberto Gallant Narendra
"Beberapa penelitian meneliti pengaruh ecolabel pada intensi pembelian produk berkemasan ramah lingkungan, namun hanya sedikit yang meneliti pengaruh ecolabel dalam konteks kredibilitas ecolabel tersebut. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor yang menentukan intensi pembelian customer pada produk berkemasan ramah lingkungan dalam konteks produk FMCG di Indonesia. Survei ini dilakukan terhadap lebih dari 500 responden yang telah membeli produk FMCG sebelumnya. Studi ini menemukan bahwa Green Price, Green Advertising, Green Packaging, Greenwashing, dan Ecolabel menjadi faktor yang mempengaruhi minat beli dengan pengaruh Greenwashing yang mengurangi minat pembelian pada customer. Mengingat baru beberapa penelitian yang membahas topik ini, terlebih di Indonesia, maka hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan baru bagaimana ecolabel memberikan peran yang penting bagi kredibilitas produk berkemasan ramah lingkungan serta gambaran bagaimana bauran pemasaran mempengaruhi perilaku pembelian customer FMCG di Indonesia.

Several studies have examined the influence of ecolabels on the purchase intention of environmentally friendly packaged products, but few have examined the influence of ecolabels in the context of the credibility of ecolabels. This study aims to explore the factors that determine customer purchase intention in environmentally friendly packaged products in the context of FMCG products in Indonesia. This survey was conducted on more than 500 respondents who had purchased FMCG products before. This study found that Green Price, Green Advertising, Green Packaging, Greenwashing, and Ecolabel are factors that affect buying interest with the influence of Greenwashing which reduces buying interest in customers. Considering that there are only a few studies that discuss this topic, especially in Indonesia, the results of this study are expected to provide a new view of how ecolabels play an important role in the credibility of environmentally friendly packaged products and an overview of how the marketing mix affects the purchasing behavior of FMCG customers in Indonesia."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fahreza Wicaksonoputra
"

Konsumen adalah open market drivers dimana penerimaan mereka terhadap suatu inovasi produk merupakan faktor penting yang mempengaruhi arah strategi perusahaan. Meskipun saat ini terdapat tren yang positif pada pertumbuhan pasar produk hijau, penjualan produk berkemasan ramah lingkungan belum optimal. Terdapat fenomena attitude-behavior gap dimana sikap positif konsumen tidak dengan mudah ditranslasikan ke perilakunya. Penelitian ini menggunakan pendekatan pemodelan sistem dinamis untuk menganalisis perilaku konsumen dalam mengadopsi produk berkemasan ramah lingkungan. Dalam menggambarkan preferensinya, konsumen dikategorikan menjadi tiga tipe yaitu konsumen potensial, biasa, dan loyal. Alternatif strategi dan skenario disimulasikan untuk menganalisis faktor-faktor kunci dalam proses adopsi. Hasil simulasi menghasilkan rekomendasi strategi untuk meningkatan konsumen loyal atas produk berkemasan ramah lingkungan.


Consumers are key drivers in the open market, where their acceptance of an innovative product is a crucial factor influencing a company's strategic direction. Although there is currently a positive trend in the growth of the green product market, sales of green-packaged products have not been optimal. There is a phenomenon called the attitude-behavior gap, where consumers' positive attitudes are not easily translated into their behavior. This research utilizes a dynamic system modeling approach to analyze consumer behavior in adopting green-packaged products. In depicting their preferences, consumers are categorized into three types: potential, regular, and loyal consumers. Alternative strategies and scenarios are simulated to analyze key factors in the adoption process. The simulation results provide strategic recommendations to enhance consumer loyalty towards environmentally friendly packaged products.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library