Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Doddy S. Muntaha
Abstrak :
ABSTRAK


Produk photocopy paper adalah jenis produk kertas dengan ukuran 21 x 29,7 em atau juga dikenal dengan kertas ukuran A4 yang umumnya digunakan sebagai media cetak untuk mendukung kegiatan di perkantoran. Klasifikasi atas kualitas produk photocopy paper secara umum dapat didasarkan atas tingkat brightness, yaitu tingkatan wama putih pada kertas, dan grammature, yaitu tingkat ketebalan kertas dengan satuan unitnya adalah gsm. PT. Pindo Deli Pulp & Paper adalah produsen kertas yang memiliki kemampuan untuk memproduksi produk photocopy paper dan dalam kegiatan pemasarannya, PT. Pindo Deli menjual produknya di pasar domestik maupun intemasional.

Salah satu pasar yang dituju oleh PT. Pindo Deli untuk memasarkan produk PPC Adalah Negara-negara Eropa. Alasan untuk memasarkan produk tersebut ke Eropa karena besamya tingkat permintaan untuk produk photocopy paper yakni sebesar 300.000 MT per bulan. Sampai dengan tahun 2002 PT. Pindo Deli telah berhasil menjual produk PPC ke pasar domestik dan intemasional rata-rata seoesar 15.500 MT per bulan, dimana kontribusi penjualan produk PPC ke Eropa mencapai 7.000 MT per bulannya atau setara dengan 46%. Besarnya tingkat permintaan produk photocopy paper di Eropa juga disebabkan oleh banyaknya negara yang tercakup dalam wilayah tersebut. Terhitung berdasarikan data yang dimiliki oleh PT. Pindo Deli tentang jumlah negara-negara di Eropa sebagai daerah pemasaran adalah sebanyak 19 negara dan saat ini PT. Pindo Deli baru bisa memasarkan produk PPC-nya ke 11 negara. Dengan luasnya cakupan wilayah pemasaran dan juga keterbatasan fungsifungsi distribusi yang dimiliki oleh PT. Pindo Deli di wilayah Eropa maka altematif pengembangan jalur distribusi sekaligus sebagai modus entry strategy yang dipilih adalah dengan menjual produk PPC ke pihakpaper merchants.

Produk photocopy paper dipasarkan ke Eropa dengan menggunakan dua strategi branding, yakni produk PPC yang menggunakan mill brand dan private brand. Mill brand adalah brand untuk produk PPC yang dikembangkan, dimiliki, dan diproduksi oleh PT. Pindo Deli, sedangkan private brand adalah brand produk PPC yang dimiliki oleh paper merchants namun diproduksi di PT. Pindo Deli. Penerapakan kedua strategi branding ini mampu mendorong peningkatan volume penjualan produk PPC ke pasar Eropa dari kurun waktu tahun 2000- 2002. Fokus penulisan pada karya akhir ini akan membahas lebih mendalam tentang efektifitas strategi branding yang diterapkan oleh PT. Pindo Deli yang diterapkan ke pasar Eropa.

Metodologi penelitian yang dilakukan untuk penulisan karya akhir ini adalah melalui penelitian eksploratif terhadap data sekunder dari PT. Pindo Deli dan wawancara dengan pihak-pihak terkait. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa untuk memasarkan produk PPC dari PT. Pindo Deli ke pasar Eropa, peran dari pihak paper merchants sangat dominan. Paper merchants merupakan pintu gerbang keberhasilan PT. Pindo Deli memasarkan produk PPC ke Eropa agar volume penjualan semakin bertambah besar dan disisi lain paper merchants merupakan pihak yang turut menentukan jumlah atau banyaknya PPC mill brand dan private brand yang diproduksi oleh PT. Pindo Deli. Oleh karena itu fungsi kontrol terhadap pfoses distrbusi secara menyeluruh tidak dapat dilakukan secara maksimal oleh PT. Pindo Deli karena sistem perdagangan yang dilakukan oleh kedua belah pihak adalah sistem beli-putus, dimana terjadi perpindahan kepemilikan atas produk yang diperdagangkan dari pihak PT. Pindo Deli ke pihak paper merchants pada saat produk PPC menuju atau sampai di Eropa.

Hasil analisis terhadap PT. Pindo Deli untuk produk PPC juga memperlihatkan bahwa PT. Pindo Deli memperlakukan produk PPC lebih besar dari sisi produknya dan bukan dari sisi branding. Hal tersebut disebabkan oleh tuntutan pihak manajemen PT. Pindo Deli kepada pihak sales dan marketing untuk memaksimalkan volume penjualan PPC secara total karena kapasitas produksi yang dimiliki adalah sebesar 21.000 MT per bulan sedangkan volume penjualan tahun 2002 baru mencapai 15.500 MT per bulan. Sehingga branding diperlukan hanya untuk sebagai nama atau label agar volume penjualan photocopy paper ke Eropa bisa lebih besar dari pencapaian 7.000 MT per bulan seperti yang telah dicapai pada tahun 2002.

Hambatan yang ditemui dalam melakukan penelitian untuk menilai efektifitas strategi branding yang diterapkan oleh PT. Pindo Deli untuk produk photocopy paper ke Eropa adalah ketidaktersediaan informasi tentang kinerja paper merchants di Eropa. Sehingga pembahasan lebih terfokus tentang bagaimana PT. Pindo Deli memanfaatkan kapabilitas yang dimiliki oleh paper merchants dalam hal distribusi produk PPC di Eropa sehingga volume penjualan dapat lebih besar denga11 menggunakan strategi branding-produk PPC mill brand dan private brand. Dengan tidak mendapatkan informasi tentang pihak paper merchants maka informasi tentang produk PPC serta preferensi atas brand produk PPC yang diminati di pasar Eropa secara langsung tidak dapat digali lebih mendalam.

PT. Pindo Deli selaku produsen produk PPC tetap menginginkan produk PPC yang menggunakan mill brand menjadi brand yang dominan dipasarkan di Eropa sehingga lambat laun posisi mill brand semakin besar dan kuat di pasar Eropa. Untuk mendukung keinginan tersebut maka PT. Pindo Deli dapat menjalankan sebuah pilot project dengan menerapkannya di negara Spanyol dengan tujuan meningkatkan volume penjualan produk PPC mill brand. Hal tersebut didukung dengan volume penjualan PPC mill brand ke Spanyol yang cukup sudah besar dan ditambah dengan tingginya tingkat perminta&n produk PPC di negara tersebut hingga mencapai 6.300 MT per bulan dimana hampir setara dengan total penjualan produk PPC ke seluruh Eropa sebesar 7.000 MT per bulan.
2003
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azis Rizky Prawira
Abstrak :
ABSTRAK
PT. Tridaya Kreasi merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di industri kertas yang memproduksi kertas Kraft Liner. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016 dengan menggunakan data masa lampau pada periode Januari 2015 sampai dengan Maret 2016, dimana proses produksi untuk pencampuran komposisi bahan baku masih menggunakan metode trial and error dan pemilihan produk untuk di produksi dilakukan berdasarkan made to order. Penelitian ini menggunakan metode Linear Programming sebagai pendekatan untuk menemukan komposisi dari bahan baku yang menggunakan biaya paling minimum dan menemukan Product-Mix yang paling optimal dari seluruh produk yang di produksi oleh PT. Tridaya Kreasi guna menghasilkan laba produksi yang paling maksimum. Berdasarkan model yang telah dibangun berdasarkan perkiraan pangsa pasar dan alokasi waktu produksi, PT. Tridaya Kreasi dapat meningkatkan laba produksinya sebesar 46.95% dengan meraih laba produksi sebesar Rp. 105.807.487,40 per hari dengan memproduksi 6 tipe dari kemungkinan 22 tipe produk pada satu mesin yang dimiliki
ABSTRACT
PT. Tridaya Kreasi is a company engaged in the paper industry which manufactures Kraft Liner Paper. This study was conducted in April 2016 using historical data from January 2015 until March 2016, where the production process for mixing the raw material composition is still using the trial and error method and the selection of products for production is based on made to order. This study uses Linear Programming as an approach to find the composition of raw materials with minimum cost and the optimum Product-Mix to generate the maximum production profit by PT. Tridaya Kreasi. Based on a model that has been built based on estimation of market share and production time allocation, PT. Tridaya Kreasi can increase its production profit up to 46.95% with Rp. 105,807,487.40 production profit per day with the possibility of producing 6 types of 22 types of products on a single machine owned
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hengki Setiawan
Abstrak :
[Penelitian ini bertujuan untuk membantu PT Metal Diameter menyusun rencana produksi yang tepat dengan menerapkan product mix algorithm dan drum buffer rope berdasarkan prinsip five focusing steps dari theory of constraints dalam rangka memaksimalkan throughput. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan data primer. Perencanaan produksi berdasarkan metode tersebut dimulai dengan mengidentifikasi sumber daya kendala. Sumber daya kendala yang telah teridentifikasi akan dieksploitasi melalui aplikasi product mix algorithm dan buffer, setelah itu sumber daya nonkendala akan disubordinasi ke sumber daya kendala dengan membuat jadwal produksi optimal melalui aplikasi rope. Selanjutnya, penelitian ini menyarankan PT Metal Diameter untuk menerapkan metode tersebut dalam penyusunan rencana produksi karena lebih sesuai dengan keadaan lini produksi yang sebenarnya, yang mana terdapat sumber daya yang mengalami keterbatasan kapasitas dan terdapat kemungkinan gangguan internal (breakdown). ......This research aims to help PT Metal Diameter in preparing proper production plan by applying product mix algorithm and drum buffer rope based on five focusing steps principle from theory of constraints in order to maximize throughput. The method used in this research is descriptive method with the primary data. Production planning based on that method starts with identifying resource constraints. Resource constraints that have been identified will be exploited through product mix algorithm and buffer application, while non-resource constraints will be subordinated to the resource constraints by creating optimal production schedule through the rope application. Furthermore, this study suggests PT Metal Diameter to apply this method in preparing proper production plans because it will be more in line with the actual state of the production line, which have resources with limited capacity and the possibility of internal disturbances (breakdown). This research aims to help PT Metal Diameter in preparing proper production plan by applying product mix algorithm and drum buffer rope based on five focusing steps principle from theory of constraints in order to maximize throughput. The method used in this research is descriptive method with the primary data. Production planning based on that method starts with identifying resource constraints. Resource constraints that have been identified will be exploited through product mix algorithm and buffer application, while non-resource constraints will be subordinated to the resource constraints by creating optimal production schedule through the rope application. Furthermore, this study suggests PT Metal Diameter to apply this method in preparing proper production plans because it will be more in line with the actual state of the production line, which have resources with limited capacity and the possibility of internal disturbances (breakdown). This research aims to help PT Metal Diameter in preparing proper production plan by applying product mix algorithm and drum buffer rope based on five focusing steps principle from theory of constraints in order to maximize throughput. The method used in this research is descriptive method with the primary data. Production planning based on that method starts with identifying resource constraints. Resource constraints that have been identified will be exploited through product mix algorithm and buffer application, while non-resource constraints will be subordinated to the resource constraints by creating optimal production schedule through the rope application. Furthermore, this study suggests PT Metal Diameter to apply this method in preparing proper production plans because it will be more in line with the actual state of the production line, which have resources with limited capacity and the possibility of internal disturbances (breakdown). This research aims to help PT Metal Diameter in preparing proper production plan by applying product mix algorithm and drum buffer rope based on five focusing steps principle from theory of constraints in order to maximize throughput. The method used in this research is descriptive method with the primary data. Production planning based on that method starts with identifying resource constraints. Resource constraints that have been identified will be exploited through product mix algorithm and buffer application, while non-resource constraints will be subordinated to the resource constraints by creating optimal production schedule through the rope application. Furthermore, this study suggests PT Metal Diameter to apply this method in preparing proper production plans because it will be more in line with the actual state of the production line, which have resources with limited capacity and the possibility of internal disturbances (breakdown).;This research aims to help PT Metal Diameter in preparing proper production plan by applying product mix algorithm and drum buffer rope based on five focusing steps principle from theory of constraints in order to maximize throughput. The method used in this research is descriptive method with the primary data. Production planning based on that method starts with identifying resource constraints. Resource constraints that have been identified will be exploited through product mix algorithm and buffer application, while non-resource constraints will be subordinated to the resource constraints by creating optimal production schedule through the rope application. Furthermore, this study suggests PT Metal Diameter to apply this method in preparing proper production plans because it will be more in line with the actual state of the production line, which have resources with limited capacity and the possibility of internal disturbances (breakdown)., This research aims to help PT Metal Diameter in preparing proper production plan by applying product mix algorithm and drum buffer rope based on five focusing steps principle from theory of constraints in order to maximize throughput. The method used in this research is descriptive method with the primary data. Production planning based on that method starts with identifying resource constraints. Resource constraints that have been identified will be exploited through product mix algorithm and buffer application, while non-resource constraints will be subordinated to the resource constraints by creating optimal production schedule through the rope application. Furthermore, this study suggests PT Metal Diameter to apply this method in preparing proper production plans because it will be more in line with the actual state of the production line, which have resources with limited capacity and the possibility of internal disturbances (breakdown).]
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library