Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Muh. Ridwan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesediaan konsumen Muslim Indonesia untuk membeli produk makanan dan minuman halal dari negara mayoritas Muslim dan negara mayoritas non-Muslim yang tersedia di pasar Indonesia. Persepsi tersebut diidentifikasi menggunakan variabel religiusitas, etnosentrisme, kepercayaan merek, penilaian produk dan kesediaan untuk membeli. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan softawre SPSS, LISREL dan AMOS untuk menguji variabel penelitian pada 520 konsumen Muslim Indonesia. Penelitian ini menunjukan bahwa religiusitas berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek produk makanan dan minuman halal dari negara mayoritas Muslim maupun dari mayoritas non-Muslim. Variabel etnosentrisme berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen pada produk makanan dan minuman halal dari negara mayoritas non-Muslim, sedangkan pada produk dari mayoritas Muslim tidak memiliki pengaruh signifikan. Kepercayaan konsumen pada merek dari kedua kelompok negara berpengaruh positif terhadap penilain konsumen pada produk. Selain itu, kepercayaan merek juga berpengaruh positif pada kesediaan membeli konsumen pada produk dari kedua kelompok negara. Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh positif penilaian produk konsumen terhadap kesediaan membeli konsumen pada produk yang berasal dari negara mayoritas non-Muslim, dan tidak berpengaruh pada produk yang berasal dari negara mayoritas Muslim. Pada penelitian ini ditemukan adanya kesamaan model struktural berdasarkan uji multigroup analysis dengan menggunakan configural invariance dan metric invariance analysis.
This study aimed to determine the willingness to buy of Indonesian Muslim consumers towards halal food and beverage products from Muslim-majority countries and non-Muslim-majority countries available in the Indonesian market. These perceptions were identified using the variables of religiosity, ethnocentrism, brand trust, product judgement and willingness to buy. Data analysis using Structural Equation Modeling (SEM) using software SPSS, LISREL and AMOS to examine research variables on 520 Indonesian Muslim consumers. This study shows that religiosity has a positive effect on brand trust in halal food and beverage products from Muslim-majority countries and from non-Muslim majority countries. Ethnocentrism has a positive effect on brand trust of halal food and beverage products from non-Muslim majority countries, while products from Muslim majority countries do not have a significant effect. Brand trust from both groups of countries has a positive effect on product judgement. In addition, brand trust also has a positive effect on consumers' willingness to buy products from the two groups of countries. This study also shows that there is a positive effect of consumer product judgement on willingness to buy products originating from non-Muslim majority countries and has no effect on products originating from Muslim-majority countries. In this study, it was found that there were similarities in the structural model based on multigroup analysis using configurational invariance and metric invariance analysis."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rosi Aprianti Gasong
"Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana peran serta pengaruh dari religiusitas, consumer animosity dan consumer ethnocentrism terhadap penilaian produk Starbucks Indonesia yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen setelah konflik Israel-Palestina kembali pecah di akhir tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan objek penelitian untuk pengumpulan data adalah pelanggan-pelanggan Starbucks Indonesia yang disebarkan melalui kuisioner online. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen Muslim Indonesia yang berusia minimal 17 tahun dan pernah melakukan pembelian produk Starbucks Indonesia dalam enam hingga satu tahun terakhir. Data hasil penelitian diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling dengan menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Consumer Animosity dan Consumer Ethnocentrism berpengaruh negative terhadap pembelian produk Starbucks Indonesia, akan tetapi Religiosity tidak ditemukan memiliki pengaruh negative terhadap pembelian produk Starbucks Indonesia. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa Religiosity juga tidak memiliki pengaruh terhadap product judgement Starbucks Indonesia di mata konsumen Muslim Indonesia. Ditemukan adanya pengaruh positif antara Religiosity terhadap Consumer Ethnocentrism dan Consumer Animosity dan juga sebaliknya
The main objective of this study is to examine how the role and influence of religiosity, consumer animosity and consumer ethnocentrism on Starbucks Indonesia's product valuation affect consumer purchasing behavior after the Israeli-Palestinian conflict breaks out again at the end of 2023. This study uses a quantitative approach and the research object for data collection is Starbucks Indonesia customers who are distributed through online questionnaires. The sample in this study were Indonesian Muslim consumers who were at least 17 years old and had purchased Starbucks Indonesia products in the last six to one year. The research data were processed using the Structural Equation Modeling method using SmartPLS 4.0. The results showed that Consumer Animosity and Consumer Ethnocentrism had a negative effect on purchasing Starbucks Indonesia products, but Religiosity was not found to have a negative effect on purchasing Starbucks Indonesia products. This study also found that Religiosity also has no influence on Starbucks Indonesia product judgment in the eyes of Indonesian Muslim consumers. There is a positive influence between Religiosity on Ethnocentrism and Animosity and vice versa."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library