Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hidayani Fazriah
"Pergeseran peta pemasaran Indonesia dari pasar rasional ke pasar emosional bahkan ke pasar spiritual berdampak pada perubahan pola nilai konsumen. Masyarakat muslirn sebagal komunitas terbesar di Indonesia clan begitu pula di Kota Depok jumlahnya mencapak 91,94%, diperkirakan sebagai pasar potensial untuk bisnis Islam termasuk juga di bidang perumahsakitan. Untuk itu perlu dilakukan analisis potensi pasar dan atribut pelayanan rumah sakit Islam.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui gambaran karakteristik potensi pasar rumah sakit Islam di kota Depok secara demografis dan geografis, pola pemanfaatan layanan kesehatan, atribut pelayanan rumah sakit Islam harapan masyarakat muslim Depok, meliputi atribut fiskk, SDIvI, fasilitas, pembiayaan, dan atribut lokasi. Desain penelitian bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survey melaiui self administered questionaire. Sampel berjumlah 120 diambil dari pasien yang berobat di rumah sakit yang ada di Kota Depok. Selain itu dilakukan pendekatan kualitatif dengan indepth interview kepada pakar terkait (expert judgment) untuk memperoleh masukan tentang atribut pelayanan rumah sakit Islam dari menggali lebih jauh informasi lain yang terkait.
Dari hasil penelitian diketahui identitas responden terbanyak berusia 20-39 tahun, wanita lebih banyak dari pria, berpendidikan akademi keatas, mayoritas berkeluarga, mayoritas tinggal di Kecarnatan Sukmajaya dan Cimanggis, umumnya karyawan swasta, profesi dan ibu rumah tangga, berpendapatan 1-5 juta per bulan, dari alokasi untuk kesehatan kurang dari 100 ribu per bulan dan mayoritas berasal dari kantong sendiri. Pola pemanfaatan rumah sakit umumnya memiIih kelas I dan keIas 11 13i/a rawat map, memilih rumah saki( karena pelayanan dokter¬perawat, fasilitas yang bersih dari suasananya yang nyaman. Semua responden mengatakan perlu adanya rumah sakit Islam di Kota Depok, namun pertimbangan bersedia berobat bila pelayanan baik, fasilitas lengkap dan tarif terjangkau.
Attribute pelayanan rumah sakit Islam pilihan responden bersifat universal clan spesifik. Atribut yang universal merupakan bentuk-bentuk pelaya.nan yang diinginkan konsumen di rumah sakit pada umumnya. Atribut spesifik yang mencirikan pelayanan Islarni dad fisik meliputi tampiian SDM reenutup aurat, tata ruang dapat menjaga privasi, ada petunjuk arah kiblat di kamar, petunjuk dan perlengkapan wudhu untuk pasien, disain interior Islami, mushola dan tempat berwudhu di setiap /antai. Atribut fasilitas berupa bimbingan pasien kritis oleh petugas khusus, tersedia perlengkapan ibadah bagi pasien yang sakit berat, dark bimbingan ruhani untuk pasien serta keluarga. Atribut tarif berupa komitmen tetap melayani pasien tak mampu, kerjasama dengan Lernbagn Amil Zakat untuk subsidi dhikafa, bentuk pelayanan tidak dipengaruhi tarifkelas dan tidA sepenuhnya profit oriented.
Dari basil in-depth interview pa/car diforrnulasikan atribut pelayanan rurnah sakit Islam yang bersifat universal dan spesifik. Atribut pelayanan rumah sakit Islam spesifik meliputi aspek fisik : mengikuti kaidah rumah Islam, hadir eorak Islam, tidak mewah, tataruang sesuai pelayanan gender, dilengkapi masjid atau mushola yang pantas dan mudah diakses; aspek SDM berupa salam, intens melafazkan Basmallah, Alhamdulillah, Insyaallah, mendoakan pasien, sanggup lakukan pelayanan berdasarkan gender, dan pembinaan rutin perilaku Islami SDM. Aspek fasilitas berupa adanya petugas bimbingan ruhani, tersedia sarana audiovisual, tersedia buku doa dan bimbingan ibadah pasien, dan sarana petayanan berbasis gender. Atribut pembiayaan dimana tidak ada pernbedaan tarif berdasarkan kelas, tidak menerapkan uang muka, kerjasama dengan lembaga donasi dhuafa. Atribut prosedur pelayanan medis berupa pelayanan bersalin dengan konsep pure gender, menjaga dan menghormati privasi dan aurat pasien, dan adanya standar operasional prosedur yang memperhatikan aspek layanan gender di kamar operasi atau kamar bersalin.
Atribut pelayanan spesilik rumah sakit Islam pilihan responden dan rekomendasi pakar bersifat similar dan sating tnelengkapi. Manajemen rumah sakit Islam peril; mempertimbangkan potensi pasarnya clan merealisasikan atribut universal dan spesiftk agar dapat memberikan petayanan berkualitas yang berciri Islam sesuai harapan dan kebutuhan pasarya.

The shifting of Indonesian market position from rational to emotional market and even to spiritual one has result in the change of customers appraise pattern. Muslim community as the largest population in Indonesia, and in the city of Depok with the percentage of 91.94 out of the total population, is considered as a prospective market for Islamic dcaling including hospital business. Hence, it is significant to investigate the market potency and the service attributes of the Islamic hospitals.
This research is designated to identify the characteristic description of market strength of Islamic hospitals in the City of Depok demographically and geographically, the pattern utilization of health services, the service attributes of Islamic hospitals expected by Muslim community in Depok, including physical attributes, human resources, facilities, cost, and location attribute. The design of study is analytic descriptive with quantitative approach using survey method through self administered questionnaires. The number of samples was 120 taken from the patients nursed in the hospitals in Depok. In addition, qualitative approach was conducted with in-depth interview of the related experts (expert judgement) to get input about service attributes of the Islamic hospitals and to investigate correlated information further.
It was identified from the research that the major respondent identity was between 20 to 39 years old, and the number of women was more than men, graduates of higher education or above, majority were married, living in the Sub-District of Sukmajaya and Cimanggis, generally were private employees, professionals, and unwaged mothers, having family income of 1.5 millions rupiah per month with the budget allocated for their healthiness less than 100 thousands rupiah per month, and majority was taken from their own pockets. The pattern of hospital utilisation was generally preferring first and second classes for staying in the hospital, choosing the hospitals due to doctors' and nurses' services, clean facilities, and comfort place. All respondents said that it was important to have Islamic hospitals in the City of Depok, but considering that they are ready to go to the hospital if the services are good, the facilities are complete, and the cost is low-priced.
The attributes of service of Islamic hospitals selected by the respondents were universal and specific. The universal attributes were the service models preferred by the consumers in the hospitals in general. The specific attribute which indicated Islamic services physically comprised: the appearance of personnel wearing Muslim costumes, layout of the rooms which keeps customers' privacy, availability of sign of the direction of kiblah in the room, availability of the instructions and kits to take ablution for the patients, !skunk interior design, and availability of prayer room and place for taking ablution in each floor. The attributes of facilities included guide for critical patients by particular staff, availability of prayer facilities and costumes for prayer for serious patients, and religious guide for the patients and their family. The attributes or price were the commitment to serve unfortunate patients, collaboration with the charity organizations, such as: Lembaga Amil Zakat (LAZ) to subsidize the needy; the services are not influenced by the class tariff and not fully profit-oriented.
Universal and specific attributes of service of Islamic hospitals were formulated from the result of experts' in-depth interview. The specific attributes of service include physical aspects: complying with the rules of Islamic home, presenting the Islamic features, not-luxurious, room lay-out is according to sexual category (gender) service, providing easily-accessed mosque or prayer room, salaam (Islamic-salutation) as human aspect, frequently reciting Bismillah, Allhamdulillah, and Insya-Allah, praying for the patients, able to serve patients in accordance with the gender, and frequently teaching of Islamic conduct for the personnel. The aspects of facility encompass the presence of religious-teaching staffs, availability of audio-visual facility, availability of prayer and worship-instruction books for the patients, and gender-based service facilities. The attributes of costing comprise: the absence of tariff differences based on the class, there is no deposit, collaboration with the charity/ donor organization. The attributes of medical services consist of purely gender-based maternity services, preserving and respecting patients' privacy and patients'aurat, and the existence standard operation procedures which considers the aspects gender-based services in operation rooms or delivery rooms.
The attributes of specific services of Islamic hospitals preferred by the respondents and the experts' recommendations were quite similar and maintain one another. The management of Islamic hospitals should consider their market potencies and implement the universal and specific attributes to enable them to perform Islamic high-quality services as expected by their customers and the market demand.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2007
T33900
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mita Juliawati
"Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) merupakan rumah sakit setara tipe C+ yang pada awalnya hanya memberi pelayanan kepada karyawan, keluarga Pertamina serta perusahaan yang berhubungan dengan Pertamina. Dengan perubahan status RSPJ menjadi salah [p;'-09satu unit usaha Peramedika, maka pihak manajemen RSPJ mempunyai kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan pengelolaan rumah sakit dengan mandiri yaitu dengan menerima pasien Non Pertamina. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbandingan yang ekstrem antara kunjungan pasien Pertamina dan Non Pertamina pada poli Rawat Jalan RS Pertamina Jaya Tahun 2006 yang mencapai kurang lebih 85 :15. Faktor tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian di bidang pemasaran rurnah sakit dalam hal ini RS Pertarnina Jaya khususnya tentang segmentasi,target dan posisi RS Pertamina Jaya sehingga diharapkan terjadinya peningkatan kunjungan pasien Non Pertamina.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendapat informasi mengenai segmen pasar Rumah Sakit Pertamina Jaya sebagai dasar analisa penetapan segrnentasi, target, posisi pasar sehingga selanjutnya dapat direncanakan strategi pemasaran untuk meningkatkan kunjungan pasien Non Pertamina.
Penelitian dilakukan dengan melakukan survei kepada 150 pasien poli rawat jalan RS Pertamina Jaya, bersifat deskriptif dengan pendekatan gabungan kuantitatif yaitu pengumpulan data melalui kuesioner untuk mengetahui segmentasi pasar dan kualitatif dengan analisa hasil wawancara mendalam kepada pihak manajemen RSPJ untuk mengetahui segrnentasi, target dan posisi rumah sakit.
Hasil penelitian segmentasi demografi, geografi dan psikografi diperoleh bahwa profil pasien Non Pertamina yang berobat ke poli Rawat Jalan RSPJ adalah dari segmen menengah ke atas, dengan rincian jenis kelamin perempuan, usia produktif yaitu. 15 - <50 tahun, pendidikan terakhir SLTA, bekerja sebagai pegawai swasta, dengan mayoritas berpenghasilan lebih dari Rp.2.000.000,-.serta didominasi oleh pasien yang berhubungan dengan keluarga Pertamina. Profil ini biasanya pasien dengan posisi sudah cukup mapan dari segi finansial dan kesadaran akan pelayanan kesehatan cukup tinggi, terutama dalam pelayanan kesehatan preventif selain kuratif. Tipe psikografis yang dominan adalah 'Loyal Customer' dengan gaya hidup menengah ke atas. Pasien tersebut datang dari 40 kecamatan yang berasal dari 5 wilayah Jakarta, Bekasi, Bogor Tangerang,Depok dan Sukabumi, dengan mayoritas asal wilayah yaitu Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat, dari pemetaan area terdapat 3 keIompok / cluster pada radius 0-5 km serta Iebih dari 5 km yaitu wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat yang bisa ditindaklanjuti sebagai target pemasaran RSPJ. Hal yang khas adalah sebagian kelompok area adalah kompleks perumahan Pertamina. Target pasar RS Pertamina Jaya adalah merubah asal pasien dari dominan Pertarnina menjadi Non Pertamina. Positioning RSPJ dimata pasien Non Pertarnina adalah karena faktor loyalitas, akses mudah serta fasilitas dan kualitas layanan RSPJ baik sumber daya manusia sarana maupun prasarana yang menurut pasien adalah sudah memuaskan dengan biaya yang terjangkau dibandingkan RS pesaing di sekitarnya.
Berdasar hasil penelitian tersebut disarankan kepada manajemen RSPJ untuk memperhatikan pasar aktual yaitu dengan meningkatkan mutu pelayanan sdm medis non medis serta fasilitas sarana prasarana RSPJ, perlu memperhatikan 'loyal customer' dan mempertahankan pasar potensial dengan lebih fokus pada pelayanan sesuai segmen dengan kombinasi membuat inovasi layanan dari Iayanan standar yang sudah ada.

Pertamina Jaya Hospital (Rumah Sakit Pertamina Jaya RSPJ), as the member Pertamedica's Strategic Business Unit, was established to provide medical services particularly for their traditional customer, i.e the employees of Pertamina with their family and any company who has business relationship with Pertamina. Considering current development, however, as C+ Class Hospital, RSPJ may extend their services by receiving non traditional customer, that is, Non Pertamina patients.
Background of the research was the extreme composition of 85% : 15% of "Pertamina" and "Non Pertamina" at Outpatient Clinic RSPJ in the year of 2006. As the objective of this research is to get clear market segmentation of RSPJ, and at the end, to define sound marketing plan (segmentation, targetting, and positioning) in order to increase the incoming of Non Pertamina Patient.
The data for the research was collected through questionaire, descriptive with the approach of combining either quantitative and qualitative, towards 150 patients who visited Outpatient Policlinic R,SPJ 2006. To provide a comprehensive result, indepth interview was done also with Pertamina Jaya Hospital management.
As summary of the result, the profile of Non Pertamina patient that comes to outpatient policlinic Pertamina Jaya Hospital 2006 are from middle to high segment as follows, gender is female, age from 15 - <50 year old (productive age), last education from senior high school, the private sector employment, majority has the salary more than 2 million rupiah and has the dominance from Pertamina family. From the profile as above-mentioned, it can be concluded that the patient has good financial position with highconsciousness in the need of health services, especially preventive health care. Dominant psicographyc type is 'Loyal Customer' with middle to high lifestyle. Patients come from 40 district from 10 area in Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, Depok and Sukabumi with major patient comes from North, East and Central Jakarta. Geographic segmentation mapping indicates that there are three cluster in 0-5 km radius and more than 5 km radius, especially in North,East and Central Jakarta. Those area could be followed as a Pertarnina Jaya Hospital market target. There is specific things that part of the respondent is from Pertamina Housing Complex. Pertarnina Jaya Hospital Market Target is to change incoming patient from dominance Pertamina to become Non Pertamina. Pertamina Jaya Hospital Positioning from Non Pertarnina patient's side is loyality factor, easy access and quality of RSPJ facility and services include human resource. They are satisfied with RSPJ services and it has reasonable cost comparing with the competitor.
Suggestion for RSPJ management are as follows : They must observe actual market (existing demand) by increasing quality of services include human resource, facility and take care the loyal customer and maintain the potencial market in focusing to patient services and make the inovation health product services from the standard health product services.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2007
T34324
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arman Siswandi
"ABSTRAK
Alasan utama melakukan studi pemasaran ini adalah untuk mengidentifikasi kesempatan/peluang pasar LPG di Sulawesi Utara. Setelah studi/riset dilakukan, selanjutnya mengevaluasi setiap kesempatan pasar, dan secara spesifik mengukur dan memperkirakan ukuran, pertumbuhan dan potensi laba setiap kesempatan pasar.
Potensi pasar LPG Sulawesi Utara cukup besar bila dilihat dari target pasar yang akan dimasuki, yakni jurnlah penduduklrumah tangga, jumlah restoranlwarung, jumlah hotel, dan transportasi. Dari potensi pasar LPG yang ada perlu dianalisis kelayakan dan keekonomian pemasaran LPG di Sulut untuk kemudian mencari solusinya.
Kendala utama disini adalah tingginya harga jual dan tidak terjaminnya ketersediaan LPG di pasar karena supply point yang terlalu jauh ± 2.051 Km. Kendala ini harus dapat diatasi sesuai dengan tujuan pemasaran yakni : memenuhi kesempatan/peluang pasar LPG dengan melakukan investasi atau memasarkan LPG seperti saat ini tanpa melakukan investasi. Dari kendala ini maka ditawarkan tiga altematif berikut :
Alternatif I
Penimbunan LPG dan pengisian ke botol LPG atau Filling Plan di Makassar, kemudian dibawa ke Sulut untuk dipasarkan.
Alternatif II
Alternatif III
Penimbunan LPG dan pengisian ke botol LPG atau Filling Plan di Sulut.
Dari analisis untung/rugi dari segi subjek yang terlibat dan analisis keekonomian terhadap investasi dari ketiga alternatif tersebut, diperoleh hasil bahwa potensi dan peluang pasar LPG di Sulut cukup besar dan bila dilakukan analisis harga sesuai dengan harga pasar bahan baku LPG, maka alternatif yang menguntungkan adalah alternatif rembangun Depot LPG di Sulut.

ABSTRACT
The main reason carry out the marketing study is to identify LPG market opportunities in North Sulawesi. After the study, every market opportunity is evaluated, in specific : the size, growth, and profit potential of market opportunities measured and forecasted.
Market potential LPG in North Sulawesi is big enough when we observe target market which going into, such as: population of peoplelhouse holds, restaurant, hotel and transport. Now, the market potential LPG in North Sulawesi is need feasibility study and marketing economical and then looking for the solution.
The main constraints are very expensive selling price and unsecure of supply, because the supply point is too far (about 2.051 kilo meters). This constraint must be coped in line with the objective of LPG marketing in North Sulawesi namely : to meet LPG market demand with investment or LPG marketing with the conditions, like now without investment. From this constraint we have three alternative solution :
Alternative I:
Heap of LPG and filling plan in Makassar, then bring to North Sulawesi for marketing.
Alternative II:
Heap of LPG in Makassar, and then bring to North Sulawesi in the bulk (skid tank) then in North Sulawesi filling to the LPG bottle and marketing later.
Alternative III: Seting Up New LPG Depot in North Sulawesi.
Heap of LPG and Filling Plan in North Sulawesi.
From profit and loss analysis to subject involvement, and economic analysis toward alternative investment are come to conclude that LPG market opportunities and potency are promising enough in North Sulawesi, and the most profitable alternative solution to setup new LPG Depot in North Sulawesi.

"
2000
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kasmi Edy
"Dalam rangka menyongsong perkembangan telekomunikasi dan era kompetisi global ini, 1NDOSAT telah melakukan transformasi terhadap strategi bisnis yaitu menjadikan INDOSAT sebagai penyedia jasa dan jaringan yang lengkap atau Full Network and Service Provider (FNSP). Sebagai pemain baru dalam binis penyelenggaraan jaringan telekomunikasi, 1NDOSAT harus mempersiapkan beberapa rencana seperti teknologi, keuangan, pendanaan, pemasaran, SDM, dan lain-lain. Dengan persiapan tersebut, INDOSAT dapat melaksanakan bisnisnya sebagai penyelenggara jaringan telekomunikasi secara efektif menghadapi ancaman dan kendala serta dapat memanfaatkan peluang yang ada dalam lingkungan strategis.
Untuk dapat memasuki bisnis yang baru diperlukan suatu strategi yang tepat, maka dari itu tujuan dari penulisan tesis ini yaitu memberikan usulan mengenai strategi bisnis apa yang akan dilakukan INDOSAT dalam memasuki bisnis sebagai penyelenggara jaringan dalam meningkatkan pendapatan usahanya dengan melakukan analisa terhadap faktor eksternal dan internal INDOSAT.
Metoda analisa yang dipakai adalah menggunakan matrik internal, matrik eksternal, matrik internal-eksternal, dan matrik SWOT. Hasil dari analisa tersebut akan berupa beberapa alternatif strategi, yang kemudian dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), akan didapatkan strategi mana yang paling tepat dilakukan INDOSAT. Berdasarkan hasil dari matrik QSPM diperoleh hasil bahwa alternatif strategi yang tepat adalah dengan melakukan kerja sama dengan perusahaan PLN.

In facing telecommunication trend and global competition, INDOSAT has been transformed their business strategy to be INDOSAT as Full Network and Service Provider. As a new player in networking business, INDOSAT has to prepare some plans, such as the technology, financing, subsidy, marketing, Human Resources, etc. With those preparations, INDOSAT could run the business as Network Provider effectively to face the threat and the problems, also could get the chance in the strategic environment.
To get in the new business, needs the right strategy. Base on that, the goal of this thesis is giving the ideas about the business strategy that INDOSAT could do to get in the business as Network Provider to increase the revenue with analyzing INDOSAT's internal and external factor.
The analysis method is using internal matrix, external matrix, internal-external matrix, and SWOT matrix. The result of the analysis will become some strategy alternative. By using Quantitative Strategic Planning Matrix (OSPM), it will get the right strategy that 1NDOSAT could do. Based on QSPM matrix result, the right strategy alternative to provide the infrastructure is partnering with PLN (Perusahaan Listrik Negara).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
T1625
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library