Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Grahita Indra Wimaya
"[ABSTRAK
Industri hiburan di Indonesia seperti perfilman dipenuhi dengan aktor-aktor yang berdarah
?Indo? (setengah Indonesia setengah asing). Hal tersebut dikarenakan kebanyakan dari
mereka berwajah cantik dan tampan dan secara keseluruhan memiliki bentuk fisik yang
menarik. Penggunaan orang Indonesia mixed race tersebut sering kali secara tidak disadari
memberi makna bagi konstruksi keindahan fisik tersendiri dalam masyarakat. Film Lost in
Love merupakan contoh baik dari bagaimana orang mixed race merepresentasikan bagaimana
keindahan fisik ideal di Indonesia itu seharusnya. Film yang bertajuk drama cinta ini
dibintangi oleh 3 aktor yang semuanya berketurunan Eropa atau biasa disebut ?Indo?. Pisau
analisa utama dalam penelitian ini adalah teori mengenai hiperrealitas dari Jean Baudrillard
dan teori mengenai aestetik dari Immanuel Kant. Metode yang digunakan adalah
dekonstruksi yang biasanya digunakan dalam menganalisa post-strukturalisme dalam karya
sastra. Penggunaan aktor-aktor Indo dalam film Lost in Love tidak jauh-jauh dari
komodifikasi yang biasanya dilakukan dalam industri perfilman dan untuk ke depannya,
aktor-aktor berdarah Indo sepertinya akan kerap mewarnai industri perfilman dan hiburan
secara umum di tanah air karena selain wujud fisik yang menawan, permintaan akan mereka
tetap banyak.ABSTRACT In Indonesia, people of mixed race ancestry who are usually called ?Indo? are usally looked
up because of their perceived beauty superiority. The entertainment industry usually employ
people who look like them because they attract audiences. These Indos can be found
especially in the movies. Lost in Love is one of those films that like to use attractive eurasians
because of their unique looks. This drama genre movie casts 3 Indos as their main characters.
Indos contributions to the entertainment industry subconsciously affects how their physical
beauty are represented and perceived by society. This research mainly use Jean Baudrillard‟s
hyperreality and Immanuel Kant‟s aesthetic as analytical tool and deconstruction as the
method. Ultimately, besides being the tool of commodification, these Indos will probably still
be widely used in the entertainment industry in the future because of the increasing demand., In Indonesia, people of mixed race ancestry who are usually called “Indo” are usally looked
up because of their perceived beauty superiority. The entertainment industry usually employ
people who look like them because they attract audiences. These Indos can be found
especially in the movies. Lost in Love is one of those films that like to use attractive eurasians
because of their unique looks. This drama genre movie casts 3 Indos as their main characters.
Indos contributions to the entertainment industry subconsciously affects how their physical
beauty are represented and perceived by society. This research mainly use Jean Baudrillard‟s
hyperreality and Immanuel Kant‟s aesthetic as analytical tool and deconstruction as the
method. Ultimately, besides being the tool of commodification, these Indos will probably still
be widely used in the entertainment industry in the future because of the increasing demand.]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ihsan Maulana Wiman
"Genre karya sastra yang berkembang di Prancis pada paruh akhir abad XX memiliki karakteristik yang khas dalam pemilihan tema, sejalan dengan berkembangnya pemikiran post-strukturalis. Salah satu puisi era tersebut adalah Où es-tu ? yang dimuat dalam antologi Quelque chose noir (1986) karya Jacques Roubaud. Puisi ini menggambarkan duka melalui diksi yang berkaitan dengan kegelapan. Penelitian ini akan membahas bagaimana duka diperlihatkan dalam puisi dengan menganalisis aspek struktural dan tematis untuk mengkaji citraan duka dan dilihat keterkaitannya dengan era poststrukturalis. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan tekstual, serta teori analisis struktural puisi oleh Schmitt & Viala dan mengasosiasikannya dengan aspek tematis menggunakan teori hubungan berkelanjutan oleh Klass, Silverman & Nickman yang akan dilanjutkan dengan konsep dekonstruksi Derrida. Hasil analisis menunjukkan bahwa duka digambarkan dengan ketidakstabilan emosi, ketidakutuhan, dan ketidakhadiran. Tiga hal tersebut merupakan upaya Roubaud untuk mengintegrasikan duka ke dalam kehidupannya. Aspek tematis puisi ini memperlihatkan perubahan pola hubungan dengan pasangannya dan penjelajahan duka dengan menulis puisi. Puisi ini menjadi salah satu puisi post-strukturalis karena keterkaitannya dengan karakteristik era tersebut. Ciri-ciri post-strukturalisme dalam puisi ini meliputi keterbukaan terhadap eksplorasi eksperimental terhadap duka melalui struktur dan tema.

A genre of literary works that developed in France in the latter half of the 20th century had distinctive characteristics in the choice of themes, in line with the development of post-structuralist thought. One of the poems of this era is Où es-tu ? published in the anthology Quelque chose noir (1986) by Jacques Roubaud. This poem depicts grief through diction related to darkness. This research will discuss how grief is shown in the poem by analyzing the structural and thematic aspects to examine the image of mourning and its relationship with the post-structuralist era. This research will be studied by using a qualitative method with a textual approach, as well as the theory of structural analysis of poetry by Schmitt & Viala, and associate it with thematic aspects using the continuing bonds theory of Klass, Silverman & Nickman which will be continued with Derrida’s concept of deconstruction. The analysis shows that grief is depicted by emotional instability, incompleteness, and absence. These three things are Roubaud's efforts to integrate grief into his life. The thematic aspect of this poem shows the changing pattern of his relationship with his partner and the exploration of grief by writing poetry. This poem is one of the post-structuralist poems because of its association with the characteristics of the era. The characteristics of post-structuralism in this poem include openness to experimental exploration of grief through structure and theme."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Tulisan ini mencoba menggaris bawahi bahwa penteorian yang terbaru pada saling hubungan sosial dengan alam-dalam bentuk saling hubungan yang lebih humanis (Humanistic relationship) telah menawarkan suatu alternatif dalam pengelolaan sumberdaya alam (lingkungan) ke depan ,sehingga harapan terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan jealas merupakan tujuan ....."
SJTSKEM
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Cindyramitha
"Kompetisi antar merek yang tinggi mendorong pemasar untuk semakin kreatif dalam memaksimalkan strategi pemasaran, salah satunya adalah melalui strategi desain kemasan produk. Elemen-elemen visual pada desain kemasan seperti warna, nama merek, logo, tipografi, dan ilustrasi dapat mengkomunikasikan makna-makna tertentu bagi konsumen. Untuk mengetahui produksi makna di balik elemen visual desain kemasan, peneliti menggunakan analisis semiotika dengan model dyadic Saussure. Paradigma penelitian ini adalah poststrukturalisme dengan unit analisis Gulaku Sugar Sticks Paris dan Bali. Hasil analisis semiotika dalam penelitian ini adalah adanya ekspresi simbolik budaya dalam masing-masing kemasan, yaitu adanya budaya kafe dan asosiasi budaya terhadap Gulaku.

Strong competition between brands triggers the marketers to be more creative in maximizing marketing strategies, one of them is through product packaging design. Visual elements on product packaging design, such as colors, brand name, logo, typography, and illustrations are each communicating particular meanings to the consumers. This research aims to gain knowledge about the process of meanings productions behind each visual elements on product packaging design using semiotics analysis with Saussure‟s dyadic model. This research uses poststructuralism as paradigm with Gulaku Sugar Sticks Paris and Gulaku Sugar Sticks Bali as unit analysis. The result of this study is that there are symbolical expressions of culture on each packaging of Gulaku Sugar Sticks Paris and Gulaku Sugar Sticks Bali, that is the cafe culture and the cultural associations to Gulaku itself.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library