Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maria Ulfah
Abstrak :
Pemberian ASI eksklusif di Indonesia cenderung menurun, menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada bayi. Ibu harus memiliki kemampuan, komitmen dan memperoleh dukungan untuk tetap memberikan ASI eksklusif. Strategi yang dilakukan adalah dengan positive self talk dan keluarga pedukung ASI. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran penerapan latihan positive self talk dan keluarga pedukung ASI dalam meningkatkan self eficacy pemberian ASI. Desain penelitian ini adalah quasi experiment pre-post test without control group. Jumlah sampel penelitian sebanyak 31 orang yang diambil melalui tehnik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan selama 8 bulan. Hasil intervensi menunjukan terjadi peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan serta self eficacy yang signifikan ibu hamil dan menyusui yang mengikuti latihan positive self talk p. ...... Exclusive breastfeeding provision in Indonesia tend to decreas, causing various health problems in infants. Mothers must have the capacity, commitment and the support to continue to provide exclusive breastfeeding. One effort to foster and support using positive self talk exercises and breastfeeding support family. This Study aimed to given on overview as the effect of of positive self talk exercise and breastfeeding families in improving self efficacy breastfeeding. The design of this study was a quasi experiment pre post test without control group. The number of research sample is 31 people taken through purposive sampling technique. This research was conducted for 8 months. The results showed an increase in perceptions, attitudes and achievements of mothers who involved positive self talk exercises p.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lutfi Hilmy Abdullah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian dilakukan pada sebuah panti asuhan yang terdapat pada kota Depok, Jawa Barat. Urgensi permasalahan panti asuhan tersebut adalah rendahnya perilaku belajar yang mengakibatkan prestasi akademik menjadi rendah juga sehingga menciptakan lulusan panti asuhan dengan cita-cita yang rendah. Remaja panti asuhan tersebut mengalami gangguan psikologis yang tepatnya pada harga diri dikarenakan beban psikologis yang mereka rasakan terhadap stereotipe negatif remaja panti asuhan sehingga mengubah persepsi akan diri dan lingkungannya menjadi negatif juga. Pada akhirnya pertumbuhan mereka yang secara essensial memerlukan orang tua terganggu sehingga menjadi pola perkembangan yang tidak sehat. Hasil pengukuran baseline menunjukkan harga diri dimensi sosial rendah dengan nilai mean 3,4 dibanding dimensi performa 3,7 dan dimensi fisik 3,6. Pada penelitian intervensi, harga diri dimensi sosial ditingkatkan melalui program positive self-talk dan menunjukkan harga diri pada hasil pre-post test secara total meningkat secara signifkan, pada hasil uji Wilcoxon non-parametric nilai Z total -2,484 dengan p value 0,013 < 0,05. Sedangkan dimensi sosial tidak signifikan pada nilai Z -1,546 dengan p value 0,122 ABSTRACT
The research was conducted on an orphanage which is located in Depok, West Java. The urgency of the orphanage rsquo s problem lies on their low learning behavior which effect negatively to their academic performance thus making the graduates of the orphanage having low goal of work and college studies. The orphan rsquo s teenagers have gone through psychological disturbance which directly goes to their self esteem caused by psychological burden of negative orphan stereotypes which in the end change their perception negatively of themselves and also to their environment. In the end their growth which essentially needed their parents are disrupted thus making an unhealthy personal development. Baseline studies showed self esteem rsquo s social dimension were low with mean 3,4 compared to other dimension like performance 3,7 and appearance 3,6. In the intervention research the social dimension were enhanced through positive self talk program. In pre post total test showed positive changes significantly in Wilcoxon non parametric test shows Z value total 2,484 and p value 0,013 0,05. Nevertheless, the social dimension shows insignificant changes with Z value 1,546 p value 0,122
2018
T50822
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angelina Sulistio,author
Abstrak :
Konsep diri merupakan bagian penting dari kehidupan seorang anak. Anak dengan konsep diri positif akan merasa dirinya kompeten dalam menghadapi tugas - tugas di sekolah. Anak dengan konsep diri negatif cenderung akan merasa dirinya tidak kompeten atau meragukan kemampuannya untuk meraih prestasi di sekolah. Sehingga dapat dikatakan bahwa konsep diri seorang anak dapat mempengaruhi bagaimana anak tersebut berpikir dan bertingkah laku. Salah satu penyebab seorang anak mempunyai konsep diri negatif adalah adanya kekeliruan pola berpikir tentang diri sendiri dan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengubah kekeliruan pola berpikir pada individu adalah melalui Cognitive behavior therapy. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh cognitive behavior therapy dalam meningkatkan konsep diri anak menjadi lebih positif. Terapi dilaksanakan dengan menggunakan program - program cognitive behavior therapy yang telah disusun oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metoda studi kasus. Metoda yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumen. Partisipan pada penelitian ini adalah klien Klinik Bimbingan Anak Fakultas Psikologi UI yaitu; G, anak laki-laki berusia 9 tahun 7 bulan dan memiliki konsep diri negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cognitive behavior therapy mempunyai pengaruh positif dalam meningkatkan konsep diri anak menjadi lebih positif. Namun, peneliti meragukan apakah keberhasilan terapi benarbenar merupakan hasil terapi atau dikarenakan kondisi yang baru terjadi pada G, yaitu penurunan raport dan ia naik kelas. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan terapi dengan jarak yang cukup jauh dengan penerimaan raport kenaikan kelas sehingga anak juga dapat menerapkan langsung coping dan positive self-talk ketika menghadapi ulangan.
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T18103
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library