Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Made Subekti Dwijaya
"ABSTRAK
Material biomassa seperti lignin, pati, dan selulosa merupakan limbah dalam proses pengolahan bubur kayu dan kertas. Pemanfaatan ulang limbah biomassa sebagai material baru belum banyak dilakukan dan umumnya hanya sebagai bahan bakar saja. Dalam penelitian ini dilakukan sintesis busa poliuretan-bio hibrida berbasis material biomassa dengan melakukan poliuretanisasi. Proses sintesis busa poliuretan-bio berbasis material biomassa menggunakan diisosianat berupa Toluene Diisocyanate 80 TDI80 dan poliol berupa Polipropilen Glikol PPG 2000. Variabel bebas yang digunakan antara lain variasi jenis material biomassa lignin, pati, selulosa sebanyak 21 gram. Hasil yang diperoleh menunjukkan penambahan material biomassa dapat meningkatkan nilai resilience dengan nilai tertinggi oleh sampel PU-Selulosa pada 0.0039 0.0084 Mpa. Penambahan material biomassa juga meningkatkan nilai stabilitas termal busa poliuretan bio dengan nilai tertinggi pada 418.754oC oleh sampel PU-Pati. Morfologi busa poliuretan-bio hibrida berbasis material biomassa cenderung tertutup dengan beberapa partikel yang menempel pada dinding sel busa.

ABSTRACT
Biomass material such as lignin, starch, and cellulose are a pulp and paper fabrication rsquo s waste. The utilization of lignin as a new materials is not exessive, usually used only as a fuel. Therefore, in this study hybrid biomass based polyurethane bio foam was fabricated by reacting the biomass materials with polyurethane. The syntesis of the hybrid biomass based polyurethane bio foam used Toluene Diisocyanate 80 TDI80 and Polypropylene Glycol PPG 2000 as the polyol. Various kind of biomass material of 21 grams were used as variables of the sample. Samples of hybrid biomass based polyurethane bio foam was characterized by FTIR, STA, SEM, and some of mechanical properties testing. The result showed that biomass material can increase the resilience of hybrid bio polyurethane foam which stood at 0.0039 0.0084 Mpa for PU Cellulose sample. The addition of biomass material also increase the thermal stability which stood at 418.754oC for PU Starch sample The cell morphology of hybrid biomass based polyurethane bio foam were closed with some particle stick onto the cell wall."
2018
T50646
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dianta Mustofa Kamal
"Penyimpan Energi Termal dengan sistem chilled water storage pada dasarnya adalah suatu konsep efisiensi dari sistem pendingin yang beroperasi sepanjang hari. Untuk kerja sistem ini dipengaruhi oleh isolator tanki yang digunakan, oleh karena itu perlu dilakukan suatu pengujian untuk memilih isolator tanki yang paling baik. Eksperimen dilakukan dengan membuat tiga model storage tank, yang masing-masing model tersebut berukuran panjang 30 cm, lebar 30 cm, dan tingginya 30 cm serta diisolasi dengan Styrofoam, Armaflex, dan Polyurethane-foam. Ketiga isolator tersebut dapat ditemukan di pasaran. Pengamatan terhadap temperatur dilakukan setiap jam secara kontinu hingga 48 jam dan selama 8 jam untuk kondisi lingkungan konstan. dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa polyurethane-foam merupakan isolator tanki yang paling baik.

Thermal Energy storage with chilled water storage system is a concept of cooling system which operated for 24 hours. Since the work of this system is affected by tank insulation used, it is necessary to do the test to choose the best tank insulation. The testing of experiment was done by making three models of storage tank in which each model had 30 cm in length, 30 cm in width, and 30 cm in height. Those insulations, which can easily be found in market, were isolated with Styrofoam, Arm flex, and Polyurethane-foam. The observation of the temperature was consecutively done for every one hour until 48 hours and for every 8 hours that its ambient temperature was constant. The result of the experiment showed that polyurethane-foam was the best tank insulation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
T3693
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
David Gerry
"ABSTRAK

Chitosan, suatu senyawa tidak larut dalam air yang merupakan polimer turunan chitin melalui deasetilasi, merupakan salah satu bio-coating alami pori-pori busa poliuretan, yang dapat diaplikasikan sebagai busa kasur, headliner dan peredam Noise, Vibration dan Harshness (NVH). Melalui proses perendaman dalam larutan chitosan, maka larutan tersebut akan menjadi bio-coating pori-pori busa poliuretan yang diiringi dengan proses pemanasan pada temperatur 120°C untuk meningkatkan kekakuan busa poliuretan. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa variasi massa chitosan dan waktu pemanasan dapat memengaruhi karakteristik busa poliuretan. Hal ini didukung dengan peningkatan kekuatan tarik (dari 0,69 kg/cm2 ke 0,73 kg/cm2), penurunan elongasi (dari 146% ke 33%), penurunan air flow (dari 209 lt/min ke 148 lt/min) dengan kenaikan nilai ILD 25 (dari 6 kg/314cm2 ke 6,4 kg/314cm2) dan ILD 65 (dari 11,9 kg/314cm2 ke 12,69 kg/314cm2). Peningkatan kekakuan disebabkan oleh hubung silang busa poliuretan dengan chitosan. Hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan SEM (terdapat butiran-butiran halus chitosan), hasil pengujian FTIR yang menunjukkan terbentuknya ikatan N-O pada bilangan gelombang 1374 cm-1, dan stabilitas termal meningkat dilihat dari hasil pengujian STA berupa penurunan temperatur degradasi hard segment (dari 378°C ke 372°C) dengan pengurangan berat hard segment lebih rendah dari busa poliuretan virgin densitas 14 kg/m3 (dari 65% menjadi 50%).


ABSTRACT


Chitosan, a chitin's derived polymer through deacetylation which insoluble in water, is a natural bio-coating matters commonly used for mattresses, headliner and Noise, Vibration and Harshness (NVH) insulation. Chitosan applied as bio-coating on the polyurethane foam`s porous by deposition method to it, also followed by 120°C curing process, in order to enhance the rigidity of the polyurethane foam. This research`s results show that chitosan`s mass and curing time variation are able to affect the polyurethane foam`s characteristics. Results show the increment of tensile strength (from 0,69 kg/cm2 to 0,73 kg/cm2), decrement elongation (from 146% to 33%), air flow (from 209 lt/min to 148 lt/min) along with the increment of ILD 25 (from 6 kg/314cm2 to 6,4 kg/314cm2) and ILD 65 (from 11,9 kg/314cm2 to 12,69 kg/314cm2). The polyurethane`s foam enhancement caused by the cross-linking between polyurethane foam and chitosan. This is proven by SEM images (chitosan`s granulars), FTIR results showing N-O bond exists in wavenumber 1374 cm-1, and also thermal stability enhancement showed from the STA result in the form of the decrement of hard segment`s degradation temperature (from 378°C to 372°C) followed by hard segment`s mass reduction lower than virgin polyurethane foam 14 kg/m3 (from 65% to 50%).

"
2019
T53146
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mustarim
"Konduktivitas kalor adalah suatu sifat material yang sangat penting dalam pemilihan suatu jenis material, terutama dalam perencanaan dalam bidang teknik. Karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap efisiensi maupun segi ekonomisnya. Harga konduktivitas kalor dari bermacam-macam material sudah didapatkan dari referensi yang sudah ada, yaitu dari standar ASHRAE maupun CARRIER. Namun untuk mengetahui harga k dad suatu jenis material pada kondisi tertentu tidak bisa didapatkan dalam referensi tersebut. Sehingga untuk mengetahuinya adalah dengan cara pengujian secara langsung.
Salah satu alat pengujian harga konduktivitas kalor yang sudah teruji keakuratanya adalah “Thermal Conductivity Measuring Apparatus ". Pada peralatan ini sudah terpasang termooouple dibeberapa tilik pengukuran dan terpasang pula material uji standar sebagai acuan dalam melakukan perhitungan, disamping itu juga tersedia dua tempat untuk meletakan benda uji. Pada bagian alas terdapat pemanas dan pada bagian bawah dinginkan oleh media pendingin.
Benda yang akan diuji yaitu Polyurethane Foam yang dibagi dua yaitu ketebalan 4 mm pada bagian atas dan ketebalan 2 mm pada bagian bawah. Temperatur pemanas dibut bervariasi sehingga didapat temperatur spesimen yang bewariasi pula. Data-data temperatur dicatat secara manual melalui display kemudian dipindahkan ke personal komputer untuk dilakukan perhitungan dan hasilnya ditampilkan dalam bentuk grafik.

The heat conductivity is one of the important material property for choosing the material, especially for engineering planning. Because this will affect to the efliciency or economical side. Value of heat conductivity from various materials gained from reference such as ASHRAE standard or CARRlER. But to know the k value of some materials for various condition can't be found in the reference, thus direct experiment needed to find out. One of the experiment media that accuracy tested is "Thermal Conductivity Measuring Apparatus"_ ln this apparatus there are some hthemrocouples that connected to some tested spots. And there are standardized materials as the available reference to calculate, beside two places for putting the material. ln the upper side there is a heater and the cooling media in the lower one.
The material that will be tested is polyurethane foam. That divided by two which are material with 4 mm thickness in the upper side and 2 mm in the lower side. The heater temperature is variously made so the various temperature of some specimen gained. Temperature data reported manually by see through the display then translated by personal computer for calculating process and the result are displayed through the graphic.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37181
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Agung Setiaji
"Busa poliuretan mempunyai berbagai fungsi dalam dunia manufaktur, dan salah satu fungsinya ialah sebagai headliner pada mobil. Pembuatan headliner mobil membutuhkan properti busa yang rigid dan masih memiliki sedikit elongasi. Sedangkan pembuatan busa rigid membutuhkan zat aditif yang banyak dan relative mahal. Pada saat ini, dilakukan sebuah penelitian berupa pembuatan busa flexible yang dicampurkan dengan 4 gr kitosan dan 0,2 gr kalsium karbonat (CaCO3) dalam 100 ml larutan 5% asam asetat (CH3COOH dengan teknik dip coating dan menggunakan vacuum oven. Sampel yang digunakan adalah busa berdensitas 16 kg/m3 dan diberikan perlakuan dengan variable suhu dan waktu curing.
Bedasarkan hasil yang diperoleh, perlakuan sampel dengan suhu 100oC selama 120 menit adalah hasil yang terbaik. Sampel tersebut memiliki nilai ketahanan tarik maksimal dan elongasi yang tergolong baik serta kitosan dan CaCO3 yang membungkus dengan rata semua pori pada permukaan busa serta memiliki hasil penilaian komposisi kimia dan temperatur dekomposisi yang dapat dikatakan paling baik daripada sampel lainnya. Sehingga dapat disimpulkan perlakuan tersebut dapat dilakukan penelitian atau produksi lanjutan.

Polyurethane foam has a major function in the world of manufacturing, and one of its functions as a headliner in cars. Making car headliners requires rigid foam properties and still has a little elongation. While making rigid foam requires a lot of additives and is relatively expensive. At this time, research was carried out consisting of making flexible foam mixed with 4 gr chitosan and 0.2 gr Calcium Carbonate (CaCO3) in 100 ml of 5% acetic acid (CH3COOH) solution with dip coating technique and using a vacuum oven. The sample used is foam density 16 kg/m3 and given with variable temperature and curing time.
Based on the results obtained, sample samples with a temperature of 100oC for 120 minutes are the best results. This sample has ultimate tensile strength (UTS) and elongation which are classified as good with chitosan and CaCO3 which wrap with all sizes on the foam surface and also the results of the chemical composition and decomposition temperature which is arguably the best of the other samples. It was agreed that discussions could be carried out for further research or production.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Anyelir Nursan
"Produk headliner mobil dapat diperoleh dari pengembangan pengolahan busa poliuretan dan limbah kulit udang yang mengandung kitosan. Busa poliuretan yang dilapisi kitosan dengan metode pencelupan memiliki tujuan untuk memodifikasi sifat elastis menjadi kaku. Pengujian tarik menunjukkan peningkatan kekakuan, sedangkan Thermogravimetric Analysis (TGA) menunjukkan peningkatan suhu degradasi menjadi 295°C untuk tahap pertama, 309°C untuk tahap kedua, dan 372°C untuk tahap ketiga. Proses curing dapat meningkatkan jumlah hubung silang fisika berupa ikatan hidrogen, kemudian peningkatan waktu curing dapat meningkatkan jumlah hubung silang kimia berupa ikatan kovalen sehingga menyebabkan struktur menjadi homogen dan halus yang ditunjukkan oleh Field Emission Scanning Electron Microscopy (FE-SEM). Namun, suhu curing yang terlalu tinggi atau waktu curing yang terlalu lama menyebabkan ikatan hidrogen bahkan ikatan pada rantai utama terputus sehingga sifat mekanik dan termalnya menurun.
Pembentukkan hubung silang fisika dibuktikan dengan Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR) yaitu peningkatan intensitas ikatan O-H, N-H, dan C=O berikatan hidrogen, sedangkan peningkatan intensitas ikatan C-N dan C-O-C mengindikasikan hubung silang kimia. Busa poliuretan yang dilapisi kitosan dengan proses curing pada 100°C selama 120 menit memiliki kekuatan tarik maksimum 5,56 kgf/cm2, elongasi 7%, dan densitas 28,9 kg/m3 yang mendekati spesifikasi sifat mekanik dan fisika produk headliner pada umumnya.

Car headliner can be obtained from the development of processing polyurethane foam and shrimp skin waste containing chitosan. Polyurethane foam coated by chitosan using immersion method has purpose of modifying elastic become stiff. Tensile testing showed the increasing of mechanical properties, while Thermogravimetric Analysis (TGA) showed the increasing of degradation temperature to 295°C for the first stage, 309°C for the second stage, and 372°C for the third stage. Curing process can add the number of physical crosslinking in form of hydrogen bonds, then the increasing of curing time can add the number of chemical crosslinking in form of covalent bonds, causing the structure become homogeneous and smooth as indicated by Field Emission Scanning Electron Microscopy (FE-SEM). However, if curing temperature is too high or curing time is too long, it will cause hydrogen bonds even main chain to be severed so that its mechanical and thermal properties decrease.
The formation of physical crosslinking is evidenced by the Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR), which is increasing the intensity of O-H, N-H, and hydrogen-bonded C=O bonds, while increasing the intensity of C-N and C-O-C bonds indicates chemical crosslinking. Polyurethane foam coated by chitosan and then cured at 100°C for 120 minutes has an ultimate tensile strength of 5.56 kgf/cm2, elongation of 7%, and density of 28.9 kg/m3 which is close to the specification of mechanical and physical properties of headliner in general.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrea Raysha Putri
"Penggunaan limbah terak feronikel dapat membantu dalam upaya mengurangi limbah yang menimbun di Lingkungan. Terak feronikel memiliki kandungan berharga dan suhu leleh yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai filler pada flame retardant - Rigid Polyurethane Foam (FR-RPUF) dengan campuran amonium polifosfat yang digunakan sebagai aditif. Dimana, saat ini formula FR-RPUF masih diperlukaan improvisasi untuk dapat meningkatkan kemampuan flame retardant. Variabel yang diamati yaitu penambahan terak feronikel dengan APP sebesar 2:3, 3:2, dan 1:1. Proses diawali dengan terak feronikel dilakukan pengujian XRD, XRF, dan SEM untuk mengambil informasi material yang akan digunakan. Kandungan terak feronikel yang digunakan akan mempengaruhi efektivitas flame retardant pada RPUF dengan adanya jenis-jenis terak feronikel. Proses pengujian pembakaran menggunakan uji flammability (UL-94) dan karakterisasi SEM untuk melihat struktur pori yang terbentuk untuk melihat efektivitas terak feronikel dan APP. Kandungan terak feronikel yang kaya akan oksida dan unsur Si, Fe, dan Mg bersama dengan APP mampu membentuk lapisan char pada FR-RPUF yang berguna sebagai lapisan termal barier sehingga dapat mencegah oksigen untuk dapat memperbesar proses pembakaran. Proses uji flammanility menunjukkan hasil sampel yang memiliki sifat flame retardant tinggi yaitu RPUF dengan penambahan terak feronikel dan APP (1:1).

Using terak feronikel waste can help reduce waste in the environment. Ferronickel slag has valuable content and a high melting temperature, so it can be used as a filler in Flame Retardant - Rigid Polyurethane Foam (FR-RPUF) with a mixture of ammonium polyphosphate which is used as an additive. Where currently, the FR-RPUF formula still needs improvisation to be able to increase its flame retardant ability. The variables observed were the addition of ferronickel slag with APP of 2:3, 3:2, and 2.5:2.5. The process begins with ferronickel slag; XRD, XRF, and SEM tests are carried out to retrieve information on the material to be used. The ferronickel slag content will affect the flame retardant's effectiveness in RPUF in the presence of ferronickel slag types. The combustion testing process uses the flammability test (UL-94) and SEM characterization to see the pore structure formed and the effectiveness of ferronickel slag and APP. The content of ferronickel slag ,which is rich in oxides and the elements Si, Fe, and Mg together with APP, can form a char layer on FR-RPUF which is helpful as a thermal barrier layer so that it can prevent oxygen from increasing the combustion process. The flammability test showed that the samples had high flame retardant properties, namely RPUF, with the addition of ferronickel slag and APP (1:1)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dzaky Ridho
"Pada proses rantai pasok LNG menggunakan kapal LNG Carrier, LNG dapat terevaporasi atau dapat disebut sebagai fenomena Boil-Off Gas (BOG). Faktor utama terjadi nya BOG pada kapal dikarenakan panas yang merambat ke dalam tangki LNG pada saat kapal membawa LNG. Panas yang merambat ke dalam tangki LNG dapat dicegah dengan memberikan material insulasi. International Maritime Organization (IMO) memberikan batas BOG per hari nya adalah 0.15% dari volume LNG/ hari nya. Penelitian ini bertujuan merancang tangki penyimpanan LNG pada kapal Small Scale LNG Carrier, pemilihan 3 variasi material yang dapat digunakan memberikan hambatan laju panas, perhitungan BOG per hari nya, dan perhitungan kerugian biaya diakibatkan BOG. Penelitian ini melakukan perhitungan hambatan laju panas melalui perpindahan panas konduksi dan konveksi dengan perhitungan numerik. Penelitian ini juga melakukan perancangan dengan 3 variasi rancangan material insulasi utama yang umum digunakan (Polyurethane Foam blowing agent HCFC 141 B) dan ramah lingkungan (Polyurethane Foam blowing agent HFC 245 Fa dan HFC 365 mfc). Hasil dari masing masing rancangan telah sesuai yang ditetapkan oleh IMO, dengan nilai BOG per hari masing masing rancangan adalah 0.1078%, 0.1240%, dan 0.1254%. Kerugian biaya akibat BOG setiap variasi rancangan juga tidak memberikan perbedaan yang siginifikan.

In the LNG supply chain process using an LNG Carrier ship, LNG can be evaporated or can be referred to as the Boil Off Gas (BOG) phenomenon. The main factor for the occurrence of BOG on ships is due to the heat that propagates into the LNG tank when the ship carries LNG. The heat that propagates into the LNG tank can be prevented by providing an insulating material. The International Maritime Organization (IMO) provides a daily BOG limit of 0.15% of the LNG volume/day. This study aims to design an LNG storage tank on a Small-Scale LNG Carrier ship, selecting 3 variations of materials that can be used to provide heat resistance, calculating BOG per day, and calculating cost losses caused by BOG. This study calculates the heat resistance through conduction and convection heat transfer with numerical calculations. This study also carried out a design with 3 variations of the main insulation material designs that are commonly used (Polyurethane Foam blowing agent HCFC 141 B) and environmentally friendly (Polyurethane Foam blowing agent HFC 245 Fa and HFC 365 mfc). The results of each design were in accordance with what was determined by IMO, with BOG values per day for each design were 0.1078%, 0.1240%, and 0.1254%. The cost loss due to BOG for each design variation also does not provide a significant difference."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ega Adiwena
"Proses sintesis busa bio poliuretan berbasis lignin dilakukan dengan menggunakan metode one shot methode. Bahan dasar yang digunakan dalam sintesis busa bio poliuretan adalah poliol berupa Polipropilen Glikol (PPG) 2000 dan diisosianat berupa Toluene Diisocyanate 80 (TDI 80). Persentase penambahan lignin sebanyak 1, 2, dan 3 pbw menjadi variabel bebas dari penelitian ini. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penambahan lignin dapat membentuk struktur sel yang lebih tertutup. Penambahan lignin juga menaikkan nilai kekerasan dan kekuatan sobek, dengan nilai tertinggi didapat oleh sampel busa poliuretan dengan kandungan lignin sebanyak 2 pbw. Nilai kekerasan busa bio poliuretan dengan lignin sebanyak 2 pbw adalah sebesar 0,0023 MPa dan 0,0049 MPa pada ILD25 dan ILD60, sementara kekuatan sobeknya adalah sebesar 0,058 MPa. Pada pengujian ketahanan dimensi, busa poliuretan tanpa tambahan lignin mendapat nilai resilience tertinggi. Pengujian Differential Scanning Calorimetry dan Thermogravimetric Analysis menunjukkan bahwa terdapat 1 titik temperatur dimana perubahan fisika terjadi, yaitu suhu 183 0C yang merupakan temperatur gelas (Tg). Penambahan material lignin terbukti menaikkan Tg dari busa bio poliuretan. Kenaikan nilai Tg diakibatkan oleh rantai busa bio poliuretan yang lebih panjang dan kompleks akibat dari efek pemberian lignin.

The synthesis process of lignin-based bio polyurethane foam was carried out using the one shot method. The basic material used in the synthesis of bio polyurethane foam is polyol in the form of Polypropylene Glycol (PPG) 2000 and diisocyanate in the form of Toluene Diisocyanate 80 (TDI 80). The percentage of lignin additions of 1, 2, and 3 pbw became the independent variable of this study. The results indicate that the addition of lignin can form more closed cell structure. The addition of lignin also increases the hardness and tear strength, with the highest value obtained by polyurethane foam samples with lignin content of 2 pbw. The hardness of bio polyurethane foam with lignin as much as 2 pbw is 0.0023 MPa and 0.0049 MPa in ILD25 and ILD60, while the tear strength is 0.058 MPa. In the dimensional stability testing, polyurethane foam without lignin addition has the highest resilience value. Testing of Differential Scanning Calorimetry and Thermogravimetric Analysis shows that there are 1 temperature points where physical changes occur, which are 183 0C. The temperature of 183 0C is the glass temperature (Tg). The addition of lignin material has been shown to increase Tg from bio polyurethane foam. The increase in the value of Tg is caused by the bio polyurethane foams chain that is longer and more complex due to the effect of lignin.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feraldi Putra Andika
"Selama satu abad terakhir, keselamatan penumpang telah menjadi tujuan desain yang penting di antara semua kriteria kinerja kendaraan transportasi darat. Salah satu upaya dalam menjaga keselamatan penumpang adalah membuat struktur kendaraan yang layak tabrakan. Penelitian ini menganalisis crashworthiness tiga konfigurasi tabung komposit yang diperkuat serat karbon (CFRC) di bawah beban kompresi aksial menggunakan metode elemen hingga (FEM). Konfigurasi yang diuji meliputi polyurethane (PU) foam, tabung kosong (hollow), tabung berisi busa (foam-filled), dan tanpa tabung. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penambahan polyurethane foam dalam tabung CFRC secara signifikan meningkatkan penyerapan energi spesifik (SEA) dan gaya maksimum yang diserap selama tabrakan. Konfigurasi foam-filled tube memiliki nilai SEA sebesar 20,20 kJ/kg, lebih tinggi dibandingkan dengan hollow tube yang memiliki SEA sebesar 17,84 kJ/kg. Analisis juga menunjukkan bahwa mode deformasi berubah menjadi diamond crushing ketika tabung diisi dengan busa, yang meningkatkan kemampuan penyerapan energi. Studi ini menyimpulkan bahwa pengisian busa pada tabung CFRC meningkatkan performa crashworthiness, menunjukkan potensi untuk digunakan dalam aplikasi otomotif dan kedirgantaraan.

Over the past century, passenger safety has become an important design objective among all the performance criteria of land transportation vehicles. One of the efforts in maintaining passenger safety is to make the vehicle structure crashworthy. This study analyzes the crashworthiness of three configurations of carbon fiber reinforced composite (CFRC) tubes under axial compression load using the finite element method (FEM). The configurations tested include polyurethane (PU) foam without tubes,  hollow tubes, foam-filled tubes, and. Simulation results indicate that the addition of polyurethane foam in CFRC tubes significantly enhances the specific energy absorption (SEA) and maximum force absorbed during a crash. The foam-filled tube configuration exhibited a SEA value of 20.20 kJ/kg, higher than the hollow tube with a SEA value of 17.84 kJ/kg. The analysis also showed that the deformation mode changed to diamond crushing when the tube was filled with foam, improving energy absorption capability. This study concludes that filling CFRC tubes with foam enhances crashworthiness performance, demonstrating potential for applications in the automotive and aerospace industries."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>