Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurul Azizah
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk retorika visual dan persuasi politik yang dilakukan Prabowo-Gibran dengan memanfaatkan artificial intelligence dalam pembuatan kontennya. Retorika visual dianalisis melalui pendekatan analisis wacana kritis yang terdiri dari analisis struktur naratif, analisis makna interaktif, dan analisis komposisi. Sementara persuasi politik dianalisis melalui pendekatan fungsional sistemik multimodal yang mencakup metafungsi ideasional, interpersonal, dan tekstual. Temuan penelitian memperlihatkan gambar yang dibuat dengan artificial intelligence dalam konten kampanye Prabowo-Gibran memberikan persuasi politik terkait citra pemimpin yang dekat dengan rakyat, sehat dan energik, mudah diakses, dan muda serta modern yang terlihat melalui pemilihan aktivitas berlari dan berjalan santai serta pemilihan warna latar biru muda dan kata-kata pendukung di sekitar foto utama figur Prabowo seperti tagar #DekatPrabowoGibran, “foto ber2”, dan “lewat foto ber2.ai kamu bisa langsung dapat foto ber2 Pak Prabowo sambil jalan santai atau lari pagi”. Penggunaan AI dalam konten kampanye bisa menjadi alat yang mempermudah pembuatan konten sekaligus menjadi sarana persuasi politik.
This study aims to analyze the forms of visual rhetoric and political persuasion employed by Prabowo-Gibran using artificial intelligence in creating their campaign content. Visual rhetoric is analyzed through a critical discourse analysis approach, comprising narrative structure analysis, interactive meaning analysis, and compositional analysis. Meanwhile, political persuasion is analyzed using the systemic functional multimodal approach, encompassing the ideational, interpersonal, and textual metafunctions. The research findings show that the images created using artificial intelligence in Prabowo-Gibran's campaign content exert political persuasion related to the leader's image as close to the people, healthy and energetic, easily accessible, young, and modern. This is evident through the choice of running and walking activities, the selection of a light blue background color, and the supporting words surrounding the main figure of Prabowo in the photo, such as the hashtag #DekatPrabowoGibran, "foto ber2" (photo with two people), and "through foto ber2.ai you can get a photo with Pak Prabowo while walking or jogging." The use of AI in campaign content can be a tool that facilitates content creation and serves as a means of political persuasion."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Elisabeth Maria R
"Praktisi public relations di Indonesia telah merambah dunia politik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi dan peran praktisi public relations Partai Nasional Demokrat sebagai partai politik baru dalam pelaksanaan komunikasi dan persuasi politik menuju Pemilu 2014. Peneliti mengidentifikasikan bahwa semakin banyak strategi praktisi public relations dalam komunikasi dan persuasi politik, semakin besar pula peran praktisi public relations dalam komunikasi dan persuasi politik Partai Nasional Demokrat menuju Pemilu 2014. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan studi kepustakaan/ literatur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktisi public relations menjalankan strategi dan perannya dalam pelaksanaan komunikasi dan persuasi politik Partai Nasional Demokrat menuju Pemilu 2014 dengan baik.

Public relations practitioners in Indonesia has penetrated the world of politics. This study aims to describe the strategies and the roles of public relations practitioners of the National Democratic Party as a new political party in the implementation of communication and political persuasion towards Elections 2014. Researchers identified that a growing number of practitioners of public relations strategies in political communication and persuasion, the greater the roles of public relations practitioners in the communications and political persuasion National Democratic Party towards Elections 2014. This study uses a constructivist paradigm, qualitative and descriptive approach. Data collection methods used were interviews and library research / literature.
The results showed that public relations practitioners working out the strategies and its roles in the implementation of communication and political persuasion of the Democratic National Party to the 2014 election as well."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library