Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zulaikha Shabrina Samsulhadi
Abstrak :
ABSTRACT
A bridge is a structure connecting separated places. On the one hand, a bridge?s function as connector has given many benefits to human life in many aspects, such as economically, socially and culturally. On the other hand, many bridges also have another function as a place to hang out. Such Bridges have certain potentials so that many people are attracted to hang out on there. Usually, a proper space to hang out is provided in a public space. A successful public space is one that attracts many people to use it. Based on a theory by Ray Oldenburg, Jane Jacob and William H. Whyte, a space is able to attract many people for hanging out because of its third place and place-making characteristics. This thesis will discuss the phenomenon of the use of bridges as places to hang out and the relation to the theory of third place and place making. Also, to identify whether the characteristics of third place and place-making theories are the only reasons for hanging out or not. Three bridges with different condition will be used as case studies to analyze and to know the potentials of bridges as places to hang out.
ABSTRAK
Jembatan adalah struktur yang menghubungan tempat yang terpisah. Di satu sisi, fungsi jembatan sebagai penghubung telah memberikan banyak manfaat pada kehidupan manusia untuk banyak aspek, seperti ekonomi, sosial dan budaya. Namun disisi lain, banyak jembatan yang ternyata memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat nongkrong. Jembatan seperti nya memiliki potensi-potensi tertentu sehingga mampu menarik banyak orang untuk nongkrong di jembatan. Pada umumnya, tempat yang benar/ layak untuk nongkrong adalah di ruang public dan ruang public yang sukses adalah ruang public yang mampu menarik banyak pengguna. Berdasarkan teori dari Ray Oldenburg, Jane Jacob and William H. Whyte, suatu ruang publik mampu menarik banyak pengguna disebabkan oleh karakter Third Place dan Place-Making nya. Skripsi ini akan membahas tentang fenomena penggunaan jembatan sebagai tempat nongkrong dan keterkaitannya dengan teori Third Place dan Place-Making. Juga, untuk mengidentifikasi apakah karakter third place dan place-making adalah satu-satunya alasan atau tidak. Tiga jembatan dengan kondisi yang berbeda akan digunakan sebagai studi kasus untuk dianalisa.
2016
S63215
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ray Gusty Ramia Jasin
Abstrak :
Coworking space merupakan sebuah ruang kerja kolaboratif yang muncul akibat adanya perkembangan teknologi yang berdampak pada berkembangnya budaya bekerja. Sehingga, bekerja dapat dilakukan dimana saja. Coworking space hadir dengan konsep interior yang beragam. Salah satunya terdapat beberapa coworking space yang mengangkat konsep home dan berusaha untuk menghadirkan home di dalamnya. Hal tersebut menjadi menarik apabila dilihat dari sudut pandang arsitektur dan interior, karena antara home dan tempat untuk bekerja memiliki atmosfer ruang yang berbeda. Tulisan ini akan memfokuskan pembahasan kepada bagaimana home dapat hadir di dalam sebuah coworking space sehingga kehadiran home dapat dirasakan oleh para coworkers ketika bekerja di dalamnya karena terdapat intimacy antara ruang dan penggunanya. Serta, dengan hadirnya home di dalam ruang untuk bekerja juga dapat membuat orang tetap bekerja dengan produktif. ...... Coworking space is a collaborative work space which arise as a result of technological developments which have an impact on the development of work culture. It makes work can be done everywhere. Coworking space comes with a diverse interior concept. One of them, there are some coworking space which use the concept of home and try to presents home in it. It becomes interesting when being viewed from the perspective of architecture and interior, because there is different space atmosphere between home and work place. This paper will focus the discussion on how home can be present in a coworking space. So, the presence of home can be felt by the coworkers when they are working there, because there is intimacy between the space and its users. As well, with the presence of the home in a work space, the coworkers still can work productively.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64658
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferizka Padmashinta
Abstrak :
PT. MITJ (Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek) ingin menciptakan sebuah kawasan TOD (Transit Oriented Development) yang mengintegrasikan berbagai moda transportasi publik sebagai pemicu tranformasi ruang kota. Pada pembangunan MRT fase 2, kawasan Mangga Besar menjadi salah satu area yang akan dilalui oleh jalur MRT. Place making, sebagai salah satu prinsip perancangan TOD, diterapkan pada desain masterplan kawasan Mangga Besar yang dimaksudkan untuk menambah tujuan destinasi dari pengembangan MRT fase 2. Dari masa ke masa, kawasan Mangga Besar, khusunya area THR Lokasari, merupakan area pusat kuliner dan hiburan malam yang berkontribusi besar terhadap perekonomian masyarakat di kawasan tersebut. Melalui hasil pengolahan masterplan kelompok UNO, House of Scent dengan fungsi retail & inkubator terbentuk sebagai salah satu konsep socio-cultural shift untuk mengaburkan stigma ‘red district’ pada kawasan Mangga Besar sekaligus mengangkat pemasukan ekonomi kawasan dengan memberikan pilihan lain kepada masyarakat setempat untuk sumber mata pencaharian. ......PT. MITJ (Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek) wants to create TOD (Transit Oriented Development) area that integrates various mode of public transformation as a trigger for urban spatial transformation. In phase 2 of the MRT construction, the Mangga Besar area is one of the areas that will be passed by the MRT line. Place making, as one of the TOD design principles, is applied to the master plan design for Mangga Besar area which is intended to add as a destination objectives area of the MRT phase 2 development. From time to time, the Mangga Besar area, especially the THR Lokasari area, has been a culinary and nightlife center that has contributed greatly to the economy of the community in the area. Through the processing of UNO group's master plan, the House of Scent with a retail & incubator function was formed as one of the concepts of a socio-cultural shift to blur the 'red district' stigma in the Mangga Besar area while at the same time uplifting regional economic income by providing other options to the local community livelihood resources.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Fauzia
Abstrak :
ABSTRAK
Coworking space adalah sebuah ruang kerja temporer yang kemunculannya didorong oleh kebutuhan gaya kerja baru yang dibawa oleh knowledge worker dan digital nomad. Gaya kerja baru ini memunculkan suatu ruang kerja yang merupakan wadah kerja bagi berbagai profesi, namun, berbeda dengan kantor konvensional, karena keberadaan teritori para pekerjanya tidak permanen dan tidak adanya hirarki kerja. Ketika kegiatan kerja dilihat sebagai sebuah aktivitas dwelling, maka para pekerja cenderung melakukan adaptasi ruang sesuai kebutuhan. Skripsi ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana pola pengkondisian ruang terjadi di ruang kerja temporer. Dari kajian teori, penulis mendapat kesimpulan bahwa untuk mendapat kualitas dwelling, manusia cenderung melakukan place-making, dengan melakukan pengkondisian terhadap ruangnya untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis, di antaranya untuk menciptakan privasi dan kendali, serta untuk membangun rasa keterkaitan antara dirinya dengan ruang yang ia huni. Melalui penyebaran kuesioner dan observasi di Coworkinc, Kemang, ditemukan bahwa kegiatan pengkondisian ruang tersebut memang terjadi, namun polanya berbeda dengan di kantor konvensional, dikarenakan beberapa hal, salah satunya adalah temporalitas teritori.
ABSTRACT
Coworking space is a temporary workspace that exists as new working needs emerged because of the birth of knowledge workers and digital nomads. This new work style gives birth to a workspace that co-locate different professions. However, this workspace is considered different from an office, because it provides temporary territories for each workers, and doesn?t have any office hierarchies between the workers. When working is considered as dwelling, workers tend to adapt their space according to their needs. This research?s purpose is to study further about the patterns of space conditioning that?s done by the workers in a temporary workspace. From theoretical studies, the writer concludes that to find dwelling qualities in a space, human tend to do place-making, which is conditioning their space to fulfill their physical and psychological needs, such as, needs of privacy and control, and also to construct a connection between them and the dwelling place. Through questionnaires and observations done in Coworkinc, Kemang, the writer found that the workers do condition the space, but the patterns are different with the ones done in offices, mostly because of the temporality of the territory.;
2016
S65732
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library