Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 32 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Atkinson, William
Abstrak :
ni buku yang aneh. Ini adalah campuran antara Ajaran Okultisme kuno dan konsepsi sangat canggih tentang Ilmu Pengetahuan Modern yang paling mutakhir dan paling maju-bauran yang ganjil, sebab masing masing pihak di kedua bidang itu memiliki perangai yang sama sekali berbeda. Percampuran itu mungkin akan berakhir dengan malapetaka, seandainya tak ada fakta bahwa tautan penghubung yang memberi mereka ikatan kepentingan bersama telah ditemukan. Tak ada dua orang yang benar-benar dapat saling mencintai, kecuali mereka juga mencintai sesuatu yang sama makin mereka saling mencintai, semakin besar cinta mereka satu sama lain. Dan mari kita percaya itu akan terbukti benar dalam persatuan Ilmu Okultisme dan Ilmu Pengetahuan ini, yang dirayakan dalam buku ini. BUKU ini akan membahas soal Kehidupan. Pengarang buku ini berpendapat bahwa Kehidupan itu Universal-Kehidupan itu melekat, dan mewujud (dalam derajat yang berbeda) di setiap bagian, partikel, tahap, segi, kondisi, tempat, atau hubungan, di Dunia Benda-benda yang kita sebut Semesta. Menurut dia, Kehidupan mengejawantah dalam dua segi atau bentuk, yang secara umum kita temukan dalam hubungan dan kerja sama satu sama lain, tetapi yang keduanya boleh jadi merupakan ekspresi dari beberapa Hal yang lebih tinggi daripada keduanya. Dua segi atau bentuk ini, yang bersama-sama membentuk atau menghasilkan apa yang kita kenal sebagai "Kehidupan", dikenal sebagai (1) Substansi atau Materi; dan (2) Pikiran. Dalam buku ini istilah "Substansi" digunakan dalam preferensi untuk "Materi" (Matter), karena fakta betapa "Materi" telah menjadi identik dengan ide-ide tertentu dari aliran pemikiran Materialistis, dan umumnya dianggap oleh khalayak umum sebagai cahaya "materi mati", sedangkan buku ini menyatakan bahwa semua Zat adalah Hidup. Istilah "Pikiran" digunakan dalam arti "Pikiran, seperti yang kita kenal", alih-alih sebagai "Pikiran, sebagaimana adanya”, atau sebagai “Pikiran Kosmik”. Di beberapa tempat istilah "asas Pikiran" digunakan untuk menyampaikan gagasan
Yogyakarta: Bright Publisher, 2023
155.25 ATK d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
S5454
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Brown, Daniel A
Batam: Gospel Press, 2003
297 BRO m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Oxman, Murray
Jakarta: Ufuk Press, 2010
158.2 OXM ht (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
White, Ellen G.
Bandung: Indonesia Publishing House, 2009
261.515 WHI p I
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Allen, James P.
Abstrak :
Apa belakangan ini kamu sering berpikiran negatif? Apa kamu belum memberdayakan pikiranmu secara maksimal? Apa dewasa ini kamu sulit merasa bahagia? Kamu tak perlu khawatir lagi. Buku ini adalah jawaban atas persoalan yang kamu alami dalam kehidupanmu sehari-hari. Setelah kamu membaca buku ini, karaktermu akan berangsur-angsur berubah menjadi lebih baik. Kamu tidak akan kesulitan lagi apabila kondisi atau situasi rumit menghampiri dirimu. James Allen, sebagai penulis buku bertema motivasi kenamaan, menjabarkan 7 bab materi yang meliputi pikiran, karakter, hingga ketenangan diri dalam magnum opusnya ini. Pembaca akan diajak untuk menyelami bagaimana pemikiran kita dapat memengaruhi kehidupan kita dan bagaimana kita mengendalikannya dengan tepat. Tak hanya itu saja, buku ini juga membahas tentang bagaimana kita agar bisa tumbuh dan berubah menjadi individu yang lebih baik dari hari ke hari. Maka, setop menilai orang lain dan mulailah mengevaluasi diri sendiri melalui buku sederhana ini.
Yogyakarta: PT Anak hebat Indonesia, 2023
153.42 ALL b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Laela
Abstrak :
Pasien dengan penyakit degeneratif yang dirawat di rumah sakit dapat mengalami masalah psikologis ansietas yang mempengaruhi kondisi sakitnya. Penanganan kasus ini bertujuan untuk mengetahui perubahan tanda gejala dan kemampuan pasien ansietas setelah latihan penghentian pikiran dan psikoedukasi keluarga. Desain penanganan kasus yang digunakan adalah studi kasus dengan jumlah partisipan 25 responden. Analisis dilakukan terhadap tanda gejala dan kemampuan pasien dan keluarga sebelum dan sesudah dilakukan tindakan keperawatan generalis, terapi penghentian pikiran dan psikoedukasi keluarga. Penanganan kasus dengan topik yang sama pernah dilakukan sebelumnya, namun yang membedakan penulis menggunakan pendekatan teori interpersonal Peplau. Hal ini membuat penanganan kasus ini berbeda dan penting untuk dilakukan. Hasil penanganan kasus menunjukkan usia 18 ndash; 60 tahun, jenis kelamin perempuan 13 orang, laki laki 12 orang, suku Sunda dan penurunan tanda gejala ansietas, juga meningkatknya kemampuan keluarga dalam merawat anggota keluarga yang mengalami ansietas. Tindakan keperawatan generalis, terapi penghentian pikiran dan psikoedukasi keluarga direkomendasikan sebagai terapi keperawatan pada pasien ansietas dengan penyakit degeneratif. ...... Patients with degenerative disease were hospitalized may experience an anxiety psychological problem affecting the condition of the illness. The handling of this case aims to determine the change of symptom signs and ability of anxiety patients after exercise thought stopping and family psychoeducation. The design was case study with 25 participants. The analysis was performed on symptoms and abilities of patients and families before and after nursing intervention, thought stopping and family psychoeducation. The case handling on the same topic has been done before, but that distinguishes the author using Peplau 39 s interpersonal theory approach. This makes its different and important to do. The result of the case handling shows the age of 18 60 years, female 13 people, men 12 people, Sundanese and the decreased signs of anxiety symptoms, also the increased the ability of families in caring for family members who experienced anxiety. Nursing intervention, thought stopping and family psychoeducation are recommended as nursing therapy for patients anxiety with degenerative diseases.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Marlando Wawolumaya
Abstrak :
Tesis ini merupakan penelitian atas pemikiran Gottlob Frege yang mencoba untuk memanifestasikan prinsip-prinsip logika ke dalam tataran bahasa. Penelitian ini pada dasarnya lebih mengacu kepada problem yang krusial dalam logika mau pun bahasa, yaitu kebermaknaan. Kebermaknaan menjadi sebuah isu dalam logika yang menjadi ruang ontologis penyebab dari kesesatan dan ambiguitas. Problem kebermaknaan ini dimodifikasi sedemikian rupa oleh Frege agar mendapatkan definisi, posisi, serta pengertiannya yang tepat dalam tataran logika mau pun bahasa. Hanya dengan memahami isu-isu mengenai problem kebermaknaan lah, kita baru bisa memulai serta memfondasikan aktivitas berpikir kita, khususnya berfilsafat, di atas fondasi logika serta epistemologi yang aman dan dapat dipertanggungjawabkan secara filosofis.
This thesis is a study of the thought of Gottlob Frege that endeavors the manifestation of logical principles on language. This study is concern with the pivotal problem of logic and language, that is Meaning. Meaning is an issue of logic that has become an ontological space that enables fallacies and ambiguities. This problem of meaning is modified by Frege in order to have its proper definition, position, and concept in logic and language. Only with the understanding of the problem of meaning, we can be able to start and lay our thinking activity, especially philosophizing, on a secure foundation of logic and epistemology that is also philsophically-responsible.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28735
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Daulay, Wardiyah
Abstrak :
Kesulitan belajar merupakan hambatan/gangguan belajar pada anak dan remaja yang ditandai oleh adanya kesenjangan yang signifikan antara taraf intelegensi dan kemampuan akademik yang seharusnya dicapai. Di SDN Kelurahan Pondok Cina ada sekitar 12,5%-27,5% anak yang mengalami kesulitan belajar dalam satu kelas. Anak yang mengalami kesulitan belajar dapat dihubungkan dengan kurangnya keterampilan kognitif dan secara spesifik berkaitan dengan kurangnya pemikiran positif anak. Melalui pikiran positif anak akan lebih mampu mengatasi kesulitan-kesulitan melalui pemecahan masalah sederhana, menunda pemuasan sesaat dan anak akan mampu mengontrol perilakunya sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Terapi Kognitif Perilaku terhadap pikiran dan perilaku anak usia sekolah yang mengalami kesulitan belajar. Desain penelitian quasi eksperiment dengan pendekatan pre post test with control group. Penelitian dilakukan di SDN Kelurahan Pondok Cina dengan sampel anak yang mengalami kesulitan belajar yang terdiri dari 30 anak murid di SDN 3 Pondok Cina sebagai kelompok intervensi dan 30 murid SDN Pondok Cina 5 sebagai kelompok kontrol. Kriteria inklusi sampel adalah anak yang mengalami gangguan kemampuan akademik karena faktor psikologis, duduk di kelas IV, V dan VI, memiliki pikiran negatif dan perilaku maladaptif dan anak komunikatif. Terapi Kognitif Perilaku yang dilakukan melalui 5 sesi ini diarahkan untuk memodifikasi fungsi berpikir, merasa dan bertindak dengan menekankan peran otak dalam menganalisa, memutuskan, bertanya, berbuat dan memutuskan kembali. Dengan merubah status pikiran dan perasaannya, anak diharapkan dapat mengubah tingkah lakunya. Hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik dependen t-Test menunjukkan ada pengaruh penerapan terapi kognitif perilaku terhadap perubahan pikiran dan perilaku pada anak usia sekolah yang mengalami kesulitan belajar (pikiran; p=0,021 dan perilaku; p=0,045). Diharapkan penerapan terapi ini dapat dilaksanakan untuk tatanan sekolah dengan bekerjasama dengan dinas kesehatan. ......Learning difficulties constituted barriers learning disorders in children and adolescent characterized by significant disparity between the level of intelligence and academic skills that should be achieved. In SDN Pondok Cina there use 12,5%-27,5% about children who have difficulty learning in one class. Children who have learning difficulties can be connected with lack of cognitive skill and specifically related to child's lack of positive thinking. Through positive thinking, children will be better able to difficulty overcoming adversity through simple troubleshooting, delaying gratification of a moment and children will be able to control their own behavior. The aimed of this research was to know the effect of cognitive behavior therapy of thoughts and behavior school-age children who have learning difficulties. Design of this research was using 'Quasi experimental design' with pre post test approach on intervention and control group. Research conducted in SDN Districk Pondok Cina using total sampling that children who have learning difficulties which consists of the 30 student SDN Pondok Cina 3 as a group intervention and 30 student SDN Pondok Cina 5 as a control group. Cognitive behavior therapy is done through five session, directed to modify the function of thinking feeling and acting by emphasizing the role of brain in analyzing decided to ask to do and decided to return. By changing the status of his thoughts and feelings, children are expected to change his behavior. The bivariate statistical with dependent t-test result shows decrease in negative thoughts in children was significantly after receiving cognitive behavior therapy (p=0,021) and shows decrease in maladaptif behavior (p=0,045). Expected that the application of cognitive behavior therapy on school-age children can be done in mental health service by involving community health center and related office which in turn can improve the quality of education.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
T41458
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Afifah At Thohiroh
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa ekspresi rasa syukur dengan menghitung berkat yang disertai dengan pikiran kontra faktual (kondisi absen) lebih mampu meningkatkan kebahagiaan dibandingkan dengan menghitung berkat biasa (kondisi ada). Pikiran kontra faktual dilakukan dengan membayangkan jika berkat yang didapat tidak terjadi. Sebanyak 47 mahasiswa Universitas Indonesia menuliskan tiga hal yang disyukuri dengan kondisi absen (n=27) dan kondisi ada (n=20) selama dua pekan berturut-turut. Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada perbedaan peningkatan kebahagiaan yang signifikan antara kelompok pada kondisi absen dan ada, t(45)= -1,38, p > 0,05. Penelitian ini mengungkapkan temuan lain bahwa pikiran kontra faktual sebagai indikasi adanya rasa syukur tidak hanya terkait dengan kejadian baik tetapi dapat pula dilakukan dengan membayangkan tidak terjadinya kejadian buruk.
ABSTRAK
This study aimed to prove that the expression of gratitude by making gratitude list with counterfactual thinking (absence condition) is better at increasing happiness compared to the regular way of counting blessing (presence condition). Thinking counterfactually was done by imagining if the blessing which one had obtained is absent. 47 students from Universitas Indonesia participated by writing down three things to be grateful in absence condition (n=27) and presence condition (n=20) for two consecutive weeks. Statistics test result showed no significant difference in happiness enhancement between participants in two conditions, t(45)= -1,38, p > 0,05. This study pointed out another finding that counterfactual thinking as an indication of gratitude does not exclusively related to good event but also applicable to the absence of bad event.
2016
S64199
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>