Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
H. Paribanulia E. P.
Depok: Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Prabowo
Abstrak :
Industri otomotif saat ini semakin berkembang. Berdasarkan data statistik Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pencapaian penjualan kendaraan bermotor khususnya roda empat pada tahun 2013 lalu mencapai 1.226.901 unit (domestic auto market & export import category) atau ada kenaikan sebesar 10% jika dibandingkan tahun 2012 yaitu 1.116.230 unit. Namun tahun 2015 ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, salah satu penyebabnya dari siklus hidupnya (lifecycle) yang sudah masuk tahap dewasa (maturity). Berbagai program telah dikembangkan dan diimplementasikan untuk meningkatkan customer loyalty. Namun, jenis loyalty program yang diperlukan tetapi tidak cukup untuk meningkatkan customer loyalty dari berbagai sisi. Kepentingan penelitian di brand community diawali oleh fakta bahwa brand community membantu perusahaan untuk menarik konsumen individu dan untuk memperkuat customer relationship. Penelitian ini dibuat untuk menganalisa pengaruh trust dan affect terhadap sebuah brand community dalam komitmen dari brand community, dan menguji melalui suatu mekanisme komitmen dalam brand community yang dapat meningkatkan loyalty behaviors. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara signifikan dan positif. Sampeldari 160 responden anggota Toyota Fortuner Club of Indonesia yang ikut berpartisipasi mengisi kuesioner (online dan offline). Dan analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). ......The automotive industry is currently growing. Based on statistical data Gaikindo (Indonesian Automotive Industry Association), the achievement of sales of four-wheeled motor vehicles, especially in 2013 and reached 1,226,901 units (domestic auto market and export import category) or there is an increase of 10% when compared to the year 2012 is 1,116. 230 units. However, 2015 has decreased compared to previous years, one of the causes of the life cycle (lifecycle) which has entered the mature stage (maturity). Various programs have been developed and implemented to increase customer loyalty. However, the type of loyalty program necessary but not sufficient to improve customer loyalty from all sides. Brand research interests in the community initiated by the fact that the brand community helps companies to attract individual consumers and to strengthen the customer relationship. This study was made to analyze the influence trust and Affect towards a community brand in the commitment of the brand community, and investigate through a mechanism in the brand community commitment to increase loyalty behaviors. Results from this study showed significant and positive. A sample of 160 respondents member of the Toyota Fortuner Club of Indonesia who participated fill out a questionnaire (online and offline). And data analysis using SEM (Structural Equation Modelling).
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Lisnawati
Abstrak :
Dewasa ini, persaingan pada industri manufaktur otomotif semakin ketat. Setiap perusahaan melakukan perbaikan pada proses produksi secara terus-menurus agar efisiensi pada lini perakitan terus meningkat. Peningkatan efisiensi pada lintasan produksi penting untuk membuat aliran produksi menjadi lebih lancar dan menghasilkan keluaran yang lebih besar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi adalah melakukan penyelimbangan lini dengan mengatur elemen-elemen kerja ke dalam stasiun kerja sehingga diperoleh keseimbangan waktu kerja yang baik. Penyeimbangan lini dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode Ranked Positional Weight yang kemudian hasil dari metode tersebut disimulasikan dengan menggunakan software Technomatic Plant Simulation agar terlihat dengan jelas aliran produksi menjadi lebih lancar dan efisiensi lini perakitan meningkat. Konfigurasi awal lintasan produksi memiliki tujuh stasiun kerja dengan efisiensi lini sebesar 77% dan balance delay sebesar 23% . Hasil penyeimbangan lini mengelompokkan elemen kerja yang ada ke dalam enam stasiun kerja dan menghasilkan peningkatan edisiensi lini perakitan menjadi 90,35% dan balance delay menjadi 9,65%. ...... In this modern era, competition in the automotive manufacturing industry is increasingly tougher. Each company made continuous improvements to production process to increase the efficiency of production line. Efficiency in production line is necessary to make production flows smoother and as the result the company produce a greater output than before. One of the methods to increase efficiency is line balancing by distributing work elements into the work station in order to obtain a good balance of work time. This research uses Ranked Positional Weight Method then the result of the method is simulated using Technomatic Plant Simulation software to make it visible that the production flow is becoming smoother and the production line is increased. The initial configuration of the assembly line has seven work stations with line efficiency of 77% and balance delay by 23%. The result of the balancing line grouped the existing work elements into six work stations and resulting in the increase of efficiency in assembly line to 90.35% and balance delay to 9.65%.
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S65961
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Wahyuningtyas
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan perencanaan peningkatan fleksibilitas produksi pada produk dengan unmatching ratio tertinggi pada sebuah perusahaan di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada permasalahan ketidakmampuan menyerap fluktuasi order yang dilakukan oleh dealer atau end customer di salah satu perusahaan otomotif ternama di Indonesia. Jika hal itu tidak dapat diatasi, maka akan berpotensi terjadinya cancelation order. Untuk itu, diperlukan perbaikan untuk dapat meningkatkan fleksibilitas produksi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve & Control) untuk mendapatkan solusi yang tepat. Perbaikan yang dilakukan akan memberikan dampak terhadap opportunity cost dan unmatching ratio. Pada penelitian ini, dibuat skema penyerapan fluktuasi order secara mingguan berupa WOC (Weekly Order Change) dengan melakukan pengadaan safety stock terhadap unique part dengan melakukan perhitungan menggunakan Q-model. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah profit sebagai opportunity cost Rp431.635.851 serta penurunan unmatching ratio dari 4,9% pada keadaan sebelum menjadi 1,2% pada keadaan setelah perbaikan ......This study aims to increasing production flexibility on highest unmatching ratio products in a Indonesia company. This study focuses on the problem of an inability to absorb orders fluctuations by dealer or end customer at one of Indonesia's leading automotive companies. If it is not solved, it will potentially causes cancelation order. Therefore, the necessary improvements in order to increase the production flexibility of the company. Method used in this research is DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve & Control) in way to get the right solution. Improvements will have an impact on opportunity cost and unmatching ratio. In this study, absorption scheme fluctuations order on a weekly basis in the form of WOC (Weekly Change Order) with adding a safety stock of unique part by using Q-model calculations. The results obtained from this study is the profit as the opportunity cost IDR431,635,851 and unmatching ratio decrease from 4.9% in before condition become 1.2% in after condition.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63012
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Enggar Sukma Kinanthi
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stakeholder beserta klasifikasinya pada Spare Part Division, yang merupakan salah satu divisi di sebuah perusahaan otomotif dan bertugas melaksanakan penjualan suku cadang, melalui stakeholder mapping. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis tujuan dan penerapan metode stakeholder engagement yang digunakan Spare Part Division untuk melibatkan stakeholder-nya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan pihak Spare Part Division sebagai data primer dan mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh dari data market share, data penjualan suku cadang, dan informasi lain yang relevan dari publikasi yang dilakukan di media massa. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa Spare Part Division memiliki 17 stakeholder yang memiliki 4 klasifikasi stakeholder yang berbeda-beda. Secara umum, Spare Part Division telah melakukan praktik metode stakeholder engagement yang sesuai dengan tujuannya, namun masih terdapat beberapa ketidaksesuaian. Melalui penelitian ini, penulis memberikan saran mengenai metode yang sebaiknya digunakan oleh Spare Part Division agar dapat melibatkan stakeholder-nya dengan lebih optimal.
ABSTRACT
This study is aimed to analyze stakeholder and its classification on Spare Part Division, which is one of the divisions in an automotive company and it has responsibility to sell the spare part through stakeholder mapping. Beside, this study is also aimed to analyze the purpose and implementation of stakeholder engagement methods which Spare Part Division use to get its stakeholder to be involved. Research method used in this study is interview with the Spare Part Division management as the primary data and collecting data and information from market share, spare part sales data, and other relevant information from mass media publication. The analysis shows that Spare Part Division has done the implementation of stakeholder engagement methods appropriate with the purpose, but there are still some discrepancies in the implementation. There are some advices regarding to the methods that should be used by Spare Part Division so that it could involve its stakeholders optimally.
2017
S66003
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Kurniawan
Abstrak :
Skripsi ini membahas perubahan efisiensi industri otomotif di Indonesia masa Covid-19 dan karakteristik perusahaan yang mampu mempertahankan efisiensi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) untuk mengukur efisiensi. Dimana sampel yang digunakan adalah perusahaan otomotif yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil penelitian atau perhitungan DEA menunjukkan bahwa terjadi perubahan efisiensi pada saat terjadi Covid-19 sebesar 0,02 atau 2%. Selain itu perusahaan yang mampu mempertahanka efisiensi ketika Covid-19, mayoritas merupakan perusahaan non produksi dengan struktur modal yang baik. ......This thesis discusses the changes in the efficiency of the automotive industry in Indonesia during the Covid-19 period and the characteristics of companies that are able to maintain efficiency. This research was conducted using the Data Envelopment Analysis (DEA) method to measure efficiency. Where the sample used is an automotive company that has been listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The results of the research or DEA calculations show that there is a change in efficiency during the Covid-19 outbreak of 0.02 or 2%. In addition, the majority of companies that were able to maintain efficiency during Covid-19 were non-production companies with a good capital structure.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library