Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fadilla Ayu Fauzia
Abstrak :
Limbah plastik memiliki potensi besar dalam menciptakan masalah lingkungan di perairan karena tingkat degradabilitasnya yang rendah, memicu pembentukan mikroplastik di perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi emisi mikroplastik yang dihasilkan dari kegiatan antropogenik atau dari greywater di DAS Ciliwung segmen tengah hingga hilir sungai, yang representatif terhadap lebih dari 1,6 juta jiwa penduduk. Item penelitian meliputi pengambilan data klasifikasi kelas ekonomi melalui kuesioner, sekaligus untuk meninjau pola pemakaian produk PCP yang dipilih, kemudian pengambilan sampel greywater menggunakan plankton net, kuantifikasi mikroplastik di laboratorium, dan pengujian FTIR. Empat jenis produk PCP yang dipakai oleh masyarakat dan terkonfirmasi mengandung komposisi mikroplastik, yaitu sabun mandi, sampo, pastag gigi, dan sabun cuci muka. Untuk sabun mandi, merek yang paling banyak digunakan adalah Lifebuoy, untuk sampo yaitu merek Pantene untuk kelas ekonomi menengah ke atas, dan Clear untuk kelas ekonomi menengah ke bawah. Untuk pasta gigi yaitu merek Pepsodent untuk 2 lapisan kelas ekonomi. Untuk sabun cuci muka, merek yang paling banyak digunakan adalah Garnier, namun pada jenis ini, pemakaian merek sangat bervariasi karena ragam merek di pasaran tersedia sangat banyak. Rata-rata konsentrasi mikroplastik yang diperoleh adalah sebesar 16.404 partikel/liter greywater. Apabila ditinjau berdasarkan emisi per kapita, maka setiap orang mengemisikan sebesar 4.100 partikel/liter greywater. Konsentrasi mikroplastik meliputi mikroplastik dengan jenis fragmen, fiber, film, foam, dan microbeads, dengan jumlah terbanyak pada jenis fragmen yang merupakan serpihan plastik hasil degradasi plastik di perairan. Partikel mikroplastik terbanyak ditemukan berwarna hitam, merah/coklat, dan bening. Hal tersebut berkaitan dengan durasi degradasi plastik akibat paparan sinar UV. Material plastik yang terkonfirmasi pada sampel mikroplastik adalah tencel, polyacetylen, polyacrylamide, PVFM, PEI, PES, PP, PE, dan HDPE. ......Plastic waste has a great potential to create environmental problems in water due to its low degradability, leading to the formation of microplastics in water. This study aims to identify the emissions of microplastics generated from anthropogenic activities or greywater in the Ciliwung River Basin, from the middle to the downstream segment, which represents a population of over 1.6 million people. The research items include collecting data on economic class classification through questionnaires, as well as reviewing the patterns of selected PCP product usage, followed by greywater sampling using a plankton net, quantifying microplastics in the laboratory, and conducting FTIR testing. Four types of PCP products commonly used by the community and confirmed to contain microplastic compositions are bath soap, shampoo, toothpaste, and facial cleanser. For bath soap, the most widely used brand is Lifebuoy, for shampoo it is Pantene for the upper middle class, and Clear for the lower middle class. For toothpaste, it is Pepsodent for both economic classes. For facial cleansers, the most widely used brand is Garnier, but the usage of different brands varies greatly due to the wide availability of brands in the market. The average concentration of microplastics obtained is 16,404 particles per liter of greywater. When viewed based on per capita emissions, each person emits 4,100 particles per liter of greywater. The concentration of microplastics includes fragments, fibers, films, foams, and microbeads, with the highest number found in fragments, which are plastic debris resulting from plastic degradation in water. The most common colors of microplastic particles found are black, red/brown, and transparent. This is related to the duration of plastic degradation due to exposure to UV light. The confirmed plastic materials found in the microplastic samples include tencel, polyacetylene, polyacrylamide, PVFM, PEI, PES, PP, PE, and HDPE.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Masayu Nadhila Syadzwina
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara Skeptisisme Hijau dengan niat beli hijau untuk produk perawatan pribadi di Indonesia. Riset studi ini juga mendiskusikan peran mediator pengetahuan lingkungan dan kepedulian terhadap lingkungan untuk memediasi hubungan antara skeptisisme hijau dengan niat beli hijau. Lebih spesifiknya, penelitian ini membahas tentang produk perawatan pribadi di Indonesia. Pendistribusian kuesioner survei secara daring dilaksanakan untuk mendapatkan responden. Riset studi ini berhasil mendapatkan 177 responden yang berdomisili di Indonesia. Artikel ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling untuk menganalisa data yang didapatkan dengan menggunakan perangkat lunak AMOS 21.0. Hasil dari riset ini mengindikasikan bahwa skeptisisme hijau mengurangi niat beli konsumen terhadap produk perawatan pribadi hijau. Sedangkan, pengetahuan lingkungan dan kepedulian lingkungan meningkatkan niat beli konsumen terhadap produk perawatan pribadi hijau. Pengetahuan lingkungan terbukti memediasi hubungan kepedulian lingkungan dengan niat beli hijau. Selanjutnya, pengetahuan lingkungan dan kepedulian lingkungan memediasi hubungan antara skeptisisme hijau dengan niat beli hijau. Riset ini akan berguna untuk sumber akademik bagi penelitian yang akan datang, praktisi di bidang yang bersangkutan dan untuk lingkungan. ......The objective of this research study is to see the linkage between Green Skepticism and Green Skepticism is known as one of the inhibitor for Green Purchase Intention. This research study also discuss the role of mediator Environmental Knowledge and Environmental Concern mediates the relationship between Green Skepticism and Green Purchase Intentions. Specifically, for the personal care products in Indonesia.The questionnaire survey distributed via online is used to collect the respondents. This research study managed to collect 177 respondents domiciled in Indonesia. This article utilized the Structural Equation Modelling to analyse the data obtained using software AMOS 21.0. The result indicates that Green Skepticism reduces consumers intention to purchase green personal care products. On the other hand, both Environmental Knowledge and Environmental Concern increase customers green purchase intentions for personal care products. Environmental Knowledge is founded to mediates the relationship between Environmental Concern and Green Purchase Intentions. Furthermore, both Environmental Concern and Environmental Knowledge is founded to mediates the relationship between Green Skepticism and Green Purchase Intentions. This research will benefits academic resource for future research, practitioners in the related fields and the environment.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lendy Aulina
Abstrak :
Sustainability menjadi tantangan yang dihadapi perusahaan seiring meningkatnya perhatian konsumen terhadap aktivitas bisnis ramah lingkungan dan permintaan green brand. Industri kosmetik dan personal care termasuk industri yang terus berkembang permintaannya, terutama green cosmetics dan personal care. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh green brand positioning, green brand knowledge, dan attitude toward green brand terhadap green product purchase intention dari The Body Shop sebagai salah satu brand kometik dan personal care ramah lingkungan yang juga membuktikan komitmen peduli lingkungannya pada aktivitas perusahaan. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang belum pernah membeli produk The Body Shop dan berdomisili di Jabodetabek. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling dimana hasilnya menunjukkan jika green brand positioning tidak berpengaruh terhadap attitude toward green brand, namun berpengaruh positif terhadap green brand knowledge, sedangkan, green brand knowledge berpengaruh positif terhadap attitude toward green brand yang dilanjutkan dengan pengaruh positif attitude toward green brand terhadap green purchase intention. ...... Sustainability becomes a challenge to companies because of the increasing consumers rsquo attention to eco friendly business activities and demand for green brand. Cosmetics and personal care industry is one of potential businesses that have significant increase in demand, especially for green cosmetics and personal care. This study has purpose to analyze the influence of green brand positioning, green brand knowledge, and attitude toward green brand to green product purchase intention of The Body Shop as green brand cosmetics and personal care which has proven their commitment to the environment through their company activitiess. The sample was consumers who have never bought The Body Shop and lived in Jabodetabek. Then, the collected data was processed using Structural Equation Modelling. Finally, the results of this research showed that green brand positioning does not have positive effect on attitude toward green brand, but has positive effect on green brand knowledge. Meanwhile, green brand knowledge has positive effect on attitude toward green brand followed by positive effect of attitude toward green brand on green purchase intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67622
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prasasya Pinasthika
Abstrak :
Menjaga kebersihan dari ujung kaki hingga ujung kepala merupakan salah satu bentuk dari merawat diri. Tren ini menjadi semakin meningkat diiringi dengan mulai mewabahnya virus COVID-19 sejak tahun 2020 silam. Banyak perusahaan ikut bersaing untuk menunjukan kebolehan produk perawatan dirinya agar menjadi pilihan terbaik bagi para pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan persepsi harga dan pengemasan produk yang sesuai. Dengan kedua aspek tersebut, perusahaan dapat memberi kepuasan bagi para pelanggan dan mendorong untuk melakukan perilaku pencarian informasi pra pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi harga dan pengemasan produk dapat mempengaruhi perilaku pencarian informasi pra pembelian yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Variabel yang digunakan adalah price perception, product packaging, pre-purchase information search behavior, dan customer satisfaction. Desain penelitian yang digunakan adalah konklusif deskriptif dengan metode kuantitatif menggunakan self-administered questionnaire. Terdapat 217 responden yang merupakan mahasiswa di jabodetabek dan pernah membeli Personal Care Products (PCP) selama 6 bulan terakhir di toko swalayan yang berpartisipasi dalam penelitian. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan diolah dengan software SPSS serta AMOS. Hasil penelitian menunjukan bahwa price perception tidak memiliki pengaruh terhadap pre-purchase information search behavior. Product packaging, dan customer satisfaction memiliki pengaruh terhadap pre-purchase information search behavior. Kemudian customer satisfaction memiliki peran mediasi antara price perception dengan pre-purchase information search behavior, dan memiliki peran mediasi antara product packaging dengan pre-purchase information search behavior. ......Maintaining cleanliness from toe to head is a form of self-care. This trend is increasingly accompanied by the outbreak of the COVID-19 virus in 2020. Many companies compete to show the ability of self-care products to be the best choice for customers. One way is to determine the price perception and product packaging. With these two aspects, companies can provide satisfaction for customers and encourage them to make pre-purchase information search behavior. This study aims to find out how pricing and product packaging can influence pre-purchase information search behavior mediated by customer satisfaction. The variables used are price perception, product packaging, pre-purchase information search behavior, and customer satisfaction. The research design used was conclusive descriptive with quantitative methods using a self-administered questionnaire. There were 217 respondents who were students in Jabodetabek and had purchased Personal Care Products (PCP) for the last 6 months at supermarkets who participated in the study. Data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) and processed with SPSS and AMOS software. The results of the study show that price perception does not have an influence on pre-purchase information search behavior. Product packaging, and customer satisfaction have an influence on pre-purchase information search behavior. Then customer satisfaction has a mediating role between price perception and pre-purchase information search behavior, and has a mediating role between product packaging and pre-purchase information search behavior.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Kirana Paramita
Abstrak :
ABSTRAK
Kehadiran produk Beauty and Personal Care (BPC) kian berkembang di Indonesia seiring perkembangan zaman. Penjualan dan pemasaran produk-produk BPC semakin bergeser, tidak hanya secara luring namun juga secara daring. Produk BPC mulai dipasarkan secara digital mengikuti konsumennya. Sociolla sebagai e-commerce BPC memasarkan produk-produk dari berbagai brand yang bekerjasama dengannya melalui ketiga pilar commerce, content, dan community. Ketiga pilar tersebut merupakan situs daring sociolla.com (commerce), journal.sociolla.com (content), dan soco.id (community). Integrasi antara pemasaran digital di ketiga pilar tersebut pada akhirnya menciptakan beauty ecosystem bagi target konsumen Sociolla. Menjadi penting bagi pemasar untuk mempelajari kategori produk dan metode pemasaran digital yang sesuai dengannya. Seperti pada Sociolla yang menggunakan strategi promotion, memberikan product knowledge, serta menyediakan platform bagi target konsumennya untuk menciptakan user generated content.
ABSTRACT
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library