Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Riris Loisa
Abstrak :
Persaingan antar bank saat ini memasuki tahap yang 'sengit'. Hal ini terjadi karena penin katan jumlah bank baru yang oukup tinggi , sementara pasar yang ada relatif tetap . Ditengah kompetisi tersebut, Bank Tani Nasional berada pada posisi yang kurang meng untungkan . Bank ini dipahami sebagai bank yang terutama melayani para petani serta usahaus aha pertanian; sebagai anak yang kecil; dari ยท tidak bonafid. Karena itu Bank Tan i Nasi onal memutuskan untuk mengganti nama menjad i Prima Express Bank. Agar publik menyadari perubahan nama dari B~nk Tani Nasional menjadi Prima Express Bank, serta memahami bank ini dengan benar, diputuskan untuk menggunakan iklan perusahaan~ Iklan ini dimuat di berbagai media cetak nasional, seperti harian KOHPAS, harian SUARA PEHBARUAN, harian BISNIS INDONESIA, majalah TEMPO, dan majalah SWASEHBADA. Pemahaman memang merupakan suatu daya saing yang potensial bagi suatu perusahaan. Sementara itu, membangun pemahaman yang benar bukanlah suatu hal yang mudah, karena tidak lah mudah untuk menerjemahkan karakter, sikap dan visi suatu perusahaan ke dalam "hanya~ beberapa kalimat yang dapat dimuat di dalam suatu seri ik lan p e rusahaan. Oleh Cipta Citr-a Advertising ber s ama d engan corporaten y a, SAGA COM MU NICATION, segala hal yang disampakan kepada publi k in i, di terjemahkan kedalam yang menggunakan figur orang ketiga (karyawann a ), menje l s kan figur bank yang diiklankan. di visi p erlu i klan untuk Penulis mengambil 100 respo d en yang erat ka itannya dengan visi Prima Express Bank, yang oleh bank itu sendiri dijad ikan sebagai slogannya: "terus tumbuh dan be rkembang". Sebagaimana bank i~i meng iden tif i kas ikan dirinya berdasa rkan visinya, peneliti mengambil responden yang ber kaitan dengan masa depan, yaitu ruture u blic yang akan b erpengaruh d alam opinion former, yaitu mahasi swa. bahwa responden baik. Hal ini Penelitian ini menghasilkan jawaban, dapat memahami bank dengan cukup mencerminkan, bahwa iklan perusahaan bagaimanapun cukup mampu untuk membangun pemahaman yang benar terhadap Prima Express Bank Dari penelitian ini juga terlihat, bahwa unsur iklan yang agak menonjol di dalam membangun pemahaman respondeni pada iklan pertama (iklan Bank Tani Nasional) maupun iklan kedua (iklan Prima Express Bank), adalah unsur sub - judul dan teks iklan . !klan kedua menyampaikan pesan dengan tema ganda, ya itu tema institusiona l d an tema. even t ual. Dari penelitian i ni, terli hat, bahwa pada iklan d engan t ema ganda t ersebut, tidak mud~h bagi res ponden untuk memahami pe s an yang sebenarnya lebih panting. Walaupun demikian pemahaman mereka tidak menyi mpang, dan tetap memerlihatkan suatu pemahaman yang cukup baik tentang bank yang di iklankan.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
S4048
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library