Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 63 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lucky Astarani
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesanpromosi dan saluran promosi terhadap loyalitas pemustaka perpustakaan keliling di Perpustakaan Umum DKI Jakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskripsi analitik dan analisis bivariat.Variabel penelitian ini terdiri dari 2 variabel bebas yaitu desain pesan promosi dan saluran promosi serta 1 variabel terikat yaitu loyalitas pemustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemustaka perpustakaan keliling pada Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta merasa pesan promosi dan saluran promosi yang disajikan dan digunakan sudah cukup sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemustaka. Selain itu, diketahui pula bahwa pesan promosi dan saluran promosi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pemustaka. Penelitian juga dapat menunjukkan pola loyalitas pemustaka perpustakaan keliling pada Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta antara perpustakaan dan pemustaka.Pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi pengolah data. ......This study aims to determine the effect promotional messages and promotional channels in the usersloyalty of Public Library mobile library in Jakarta.This study uses a quantitative approach to research method analytical description and analysis bivariat.Variabel this study consisted of two independent variables, promotional messages and promotional channels and one dependent variable is usersloyalty. These results indicate that pemustaka Public Library mobile library in Jakarta felt message promotions and promotional channels that are presented and used is sufficient in accordance with the needs and desires pemustaka. In addition, note also that the promotional messages and promotional channels have a significant positive effect on loyalty pemustaka. Research also shows patterns of loyalty pemustaka Public Library mobile library in Jakarta between the library and users. The data analysis in this study using the technique of multiple linear regression analysis with data processing applications.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
T44183
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Kartikasari W.
Abstrak :
This study aims to determine the cost of regional public library services in the Office of Library and Archives, Central Jakarta. In particular, the things that identified are the structure and the size of the unit cost of regional public library services between 2008 and 2007 as the input for decision making to improve the efficiency of financing. This research is a case study using descriptive analytical approach using data cost during January 2007-December 2008. Cost data using expenditure data for January 2007-December 2008. Cost analysis was conducted according to state Office of Library and Archives Central Jakarta, especially in terms of availability of the necessary information. The unit cost calculation using activity-based approach to financing methods or activities better known as Activity Based Costing. The results of this study show that the condition of data documentation system not ready to support the cost analysis. Based on the cost structure by the Office of Municipal Regional Public Library in Central Jakarta is known that the 2008 portion of maintenance cost were non enough, especially for library facilities for visitors. The calculation of the unit cost of public library service activities in the region between 2008-2007 shows that the unit cost of the maintenance of library collection activities, selection and processing of library services activities, setting and inventarisir book activities, and administration activities in 2008 are lower than in 2007, but the unit cost of service library activities and the total cost of all activities per visitor in 2008 are higher than in 2007.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya penyelenggaraan pelayanan Perpustakaan Umum daerah di Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Pusat. Secara khusus hal-hal yang diidentifikasi adalah struktur biaya dan besarnya biaya satuan penyelenggaraan pelayanan perpustakaan umum daerah antara tahun 2008 dengan tahun 2007 sebagai bahan masukan untuk pengambilan keputusan menuju peningkatan efisiensi pembiayaan. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitik dengan menggunakan data pengeluaran biaya selama Januari 2007-Desember 2008. Analisa biaya yang dilakukan ini disesuaikan dengan kondisi Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Pusat terutama dalam hal ketersediaan informasi yang diperlukan. Penghitungan biaya Satuan kegiatan menggunakan pendekatan metode pembiayaan berbasis aktivitas atau yang lebih dikenal dengan Activity Based Costing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sistem pendokumentasian data belum dipersiapkan untuk mendukung analisa biaya. Berdasarkan struktur biaya yang dikeluarkan oleh Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kotamadya Jakarta Pusat pada tahun 2008 diketahui bahwa porsi biaya pemeliharaan belum cukup khususnya untuk fasilitas bagi pengunjung perpustakaan. Hasil perhitungan biaya satuan kegiatan pelayanan perpustakaan umum daerah antara tahun 2008 dengan tahun 2007 menunjukkan bahwa untuk kegiatan perawatan koleksi perpustakaan, seleksi dan prosesing layanan perpustakaan, inventarisir dan penataan buku serta tata usaha, biaya satuan di tahun 2008 lebih rendah dibanding tahun 2007, namun untuk biaya satuan kegiatan pelayanan perpustakaan dan biaya total seluruh kegiatan per pengunjung untuk tahun 2008 lebih tinggi dibandingkan tahun 2007.
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T28767
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Linda Purnamawati
Abstrak :
Linda Purnamawati. Tingkat Pemanfaatan Perpustakaan Umum oleh Pelajar SM Kajian Berdasarkan Kedekatan Lokasi. (Di bawah bimbingan Zulfikar Zen, MA). Skripsi, Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, 1999. Perpustakaan umum sebagai sebuah lembaga publik yang eksistensinya dinilai dari tingkat pemanfaatan oleh masyarakat yang dilayaninya, maka dari itu, skripsi ini berupaya mengkaji tingkat pemanfaatan perpustakaan umum berdasarkan konsep tingkat pemanfaatan pemakaian oleh pelajar SMU dari sekolah yang memiliki kedekatan lokasi dengan perpustakaan umum. Penelitian dilakukan pada Perpustakaan Umum Wilayah Jakarta Selatan dengan tiga sekolah terdekat di lingkungan yang dilayaninya yaitu SMUN 70, 6, dan Muhammadyah 3 Jakarta. Cara-cara pengkajian dilakukan dengan mengevaluasi jumlah keanggotaan Perpustakaan Umum Wilayah Jakarta Selatan oleh pelajar dari ketiga sekolah tersebut yang kemudian diperbandingkan dengan jumlah keseluruhan keanggotaan Perpustakaan Umum Wilayah Jakarta Selatan dengan status pelajar untuk beberapa periode, mengevaluasi tingkat pengetahuan para pelajar dari ketiga SMU tersebut terhadap keberadan Perpustakaan Umum Wilayah Jakarta Selatan, aktivitas mereka, serta mengkaji tingkat persepsi para pelajar tersebut sebagai salah satu upaya menilai faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi tingkat pemanfaatan perpustakaan umum. Adapun hasil dari penelitian menujukan bahwa tingkat pemanfaatan Perpustakaan Umum Wilayah Jakarta Selatan oleh pelajar dari ketiga sekolah tersebut menujukan tingkat pemanfaatan yang sangat buruk. Dan dari hasil kajian terhadap faktor penyebabnya diperoleh fakta bahwa buruknya tingkat pemanfaatan disebabkan faktor ketidaktahuan terhadap keberadaan dan lokasi perpustakaan yang terkait pula dengan masalah promosi, serta masalah sulitnya mencapai lokasi Perpustakaan Umum Wilayah Jakarta Selatan akibat lokasi yang tidak strategis akibat letaknya yang jauh dari jalan utama yang dilalui kendaraan umum.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1999
S15496
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dedek Roslina
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan perpustakaan masyarakat serta faktor pendorong dan penghambar dalam proses pemeliharaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menemukan berbagai bentuk partisipasi masyarakat Tegal Gundil dalam memelihara Kedai Baca SABAR sebagai sebuah perpustakaan masyarakat di wilayah tersebut. Selain itu dibahas pula faktor pendorong dan faktor penghambat partisipasi mereka terhadap pemeliharaan kedai baca SABAR, baik dari faktor internal maupun eksternal. Pada dasarnya, partisipasi masyarakat merupakan kunci sukses suatu kegiatan pembangunan.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S7732
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Dhiani
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh tingkat kepuasan pemakai terhadap pelayanan Perpustakaan Umum DKI Jakarta Pusat, yang mencakup penggunaan katalog, pelayanan referens dan penelusuran buku di rak. Lebih lanjut kemudian adalah mengungkapkan permasalahan yang dihadapi dan memberikan saran/gagasan yang berhubungan dengan peningkatan kepuasan pemakai terhadap pelayanan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 90 orang, dengan perincian untuk penggunaan katalog 30 orang, pelayanan referens 30 orang dan penelusuran buku di rak 3 orang. Penyebaran kuesioner dilakukan dari tanggal 13-31 Desember 1991. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar responden merasa puas terhadap pelayanan perpustakaan. Untuk penggunaan katalog dengan pengaran dan/atau judul buku yang diketahui tingkat kepuasan pemakai mencapai 71,4% dan untuk subjek yang diketahui tingkat kepuasan pemakai adalah 73,7%. Untuk penelusuran buku di rak kepuasan pemakai ada pada tingkat 93.3%, dan untuk pelayanan referens tingkat kepuasan pemakai adalah 86,7%. Selain hal tersebut diatas, penelitian ini juga mengungkap kan bahwa banyak dari koleksi perpustakaan sudah tidak layak untuk dijadikan modal yang bisa menunjang jasa pelayanan perpustakaan. Baik dari informasinya yang tidak aktual lagi, maupun dari segi fisik buku-buku.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Rangga
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai representasi perpustakaan umum dan fungsi perpustakaan umum yang terdapat dalam novel Libri di Luca. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian semiotik serta analisis sintagmatik dan paradigmatik Roland Barthes yang dikembangkan dari teori Ferdinand de Saussure. Analisis sintagmatik digunakan untuk meneliti hubungan yang hadir secara bersamaan, sedangkan analisis paradigmatik digunakan untuk meneliti hubungan yang hadir dan tidak hadir dalam teks melainkan dalam pikiran pembaca teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Libri di Luca menggambarkan fungsi perpustakaan umum sebagai fungsi rekreasi, informasi, dan fungsi perpustakaan umum yang digunakan sebagai tempat pertemuan.
ABSTRACT
This thesis discusses the representation of a public library and it?s function found in the novel Libri di Luca. This research uses qualitative approach with semiotic research method and Roland Barthes syntagmatic and paradigmatic analysis which are developed from Ferdinand de Saussure?s Theory. The syntagmatic analysis is used to analyse the relation that was concurrently present, whereas the paradigmatic analysis is used to analyse the relation that is not present in the text but in the mind of the readers. The result of this research indicates that the novel Libri di Luca describes the public library?s function as a recreation, information, and as a meeting place.;;
2015
S65364
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifda Jilan Syahidah
Abstrak :
[Skripsi ini membahas tentang representasi perpustakaan umum sebagai wahana rekreasi anak di dalam novel ?Escape from Mr. Lemoncello?s Library?. Penelitian ini menggunakan metode semiotik yang dikemukakan oleh Roland Barthes, yakni mencakup analisis sintagmatik terhadap alur dan pengaluran, serta analisis paradigmatik terhadap tokoh dan latar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan Umum Alexandriaville merepresentasikan perpustakaan umum yang menjalankan fungsi rekreasi. Hal itu tampak dari berbagai jenis koleksinya, ruangannya yang berteknologi tinggi, pustakawannya yang cerdas, serta layanannya kreatif dan bernilai edukasi bagi anak. Novel, sebagai media populer, sangat berpotensi untuk mengubah cara pandang masyarakat terhadap perpustakaan umum.;This undergraduate thesis explains about the representation of public library as children?s recreation place in ?Escape from Mr. Lemoncello?s Library? novel. This research uses Roland Barthes? semiothic method which includes syntagmatic analysis of the novel?s plot and paradigmatic analysis of the novel?s characters and backgrounds. The result of this research shows that Alexandriaville Public Library represents a public library with a recreational function, such as its various collections, its high-tech spaces, its brilliant librarians, and its creative services that have abilities to educate children. Novel, as a popular media, is very potential to change public perspectives on public library.;This undergraduate thesis explains about the representation of public library as children?s recreation place in ?Escape from Mr. Lemoncello?s Library? novel. This research uses Roland Barthes? semiothic method which includes syntagmatic analysis of the novel?s plot and paradigmatic analysis of the novel?s characters and backgrounds. The result of this research shows that Alexandriaville Public Library represents a public library with a recreational function, such as its various collections, its high-tech spaces, its brilliant librarians, and its creative services that have abilities to educate children. Novel, as a popular media, is very potential to change public perspectives on public library.;This undergraduate thesis explains about the representation of public library as children’s recreation place in “Escape from Mr. Lemoncello’s Library” novel. This research uses Roland Barthes’ semiothic method which includes syntagmatic analysis of the novel’s plot and paradigmatic analysis of the novel’s characters and backgrounds. The result of this research shows that Alexandriaville Public Library represents a public library with a recreational function, such as its various collections, its high-tech spaces, its brilliant librarians, and its creative services that have abilities to educate children. Novel, as a popular media, is very potential to change public perspectives on public library., This undergraduate thesis explains about the representation of public library as children’s recreation place in “Escape from Mr. Lemoncello’s Library” novel. This research uses Roland Barthes’ semiothic method which includes syntagmatic analysis of the novel’s plot and paradigmatic analysis of the novel’s characters and backgrounds. The result of this research shows that Alexandriaville Public Library represents a public library with a recreational function, such as its various collections, its high-tech spaces, its brilliant librarians, and its creative services that have abilities to educate children. Novel, as a popular media, is very potential to change public perspectives on public library.]
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S58334
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luluk Tri Wulandari
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang fasilitas yang dibutuhkan penyandang cacat di Perpustakaan Umum. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya jumlah penyandang cacat Indonesia, yaitu sekitar 6.220.000 orang (1998), dan tidak diimbangi dengan adanya fasilitas bagi penyandang cacat tersebut di Perpustakaan Umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fasilitas yang dibutuhkan bagi penyandang cacat di Perpustakaan Umum, mengetahui kendala dalam penyediaan fasilitas tersebut, bagaimana usaha pustakawan untuk mengatasinya, serta mengetahui rencana pustakawan terhadap kondisi penyandang cacat di Perpustakaan Umum. Penenlitian ini bersifat deskriptif. Data yang dipakai pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data dikumpulkan dengan observasi langsung dan wawancara. Sampel pada penelitian ini adalah lima Perpustakaan Umum di DKI, yang terdiri pemerintah tiga sampel, dan swasta 2 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden belum membuat kebijakan bagi penyandang cacat, akibatnya tidak ada fasilitas baik dalam hal koleksi, layanan, dan perabot perpustakaan bagi penyandang cacat di Perpustakaan Umum. Saran bagi penelitian yang akan datang adalah menambah obyek penelitian dari segi penyandang cacat, sehingga hasil yang diperoleh akan menjadi timbal balik.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
S14962
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Nurma Dewi
Abstrak :
[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan promosi di Perpustakaan Umum Kabupaten Purbalingga, sebagai bagian dari kegiatan komunikasi perpustakaan kepada masyarakat penggunanya, yang dilakukan dengan cara memahami tiap tahapan promosi yang dilakukan oleh perpustakaan. Alasan tahapan tersebut dilakukan, hambatan yang dihadapi dalam setiap tahapan, hasil yang didapatkan, evaluasi keseluruhan tahapan promosi serta kemampuan staf perpustakaan dalam menjalankan tiap tahapan promosi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pra promosi Perpustakaan Umum Kabupaten Purbalingga tidak mengawali kegiatannya dengan memahami karakteristik masyarakat pengguna, akibatnya pada tahap eksekusi promosi, pesan dan saluran promosi yang diberikan tidak mampu mengenai masyarakat pengguna secara efektif. Pada tahap pasca promosi pihak perpustakaan tidak melakukan evaluasi dan tidak mampu mengembangkan kegiatan promosi. Kemampuan staf dalam tiap tahapan promosi juga belum memadai, staf cenderung pasif, kurang komunikatif, dan kurang menghargai masyarakat pengguna, kondisi yang demikian menyebabkan pelaksanaan kegiatan promosi di Perpustakaan Umum Purbalingga belum bisa memberikan hasil yang diinginkan.
ABSTRACT
The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion, execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step does not entail a careful understanding of the library user?s characteristics; the execution step cannot reach the users effectively through the right channels and messages. Concerning the post promotion step the library doesn?t evaluate and develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their (potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their expected results.;The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion, execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step does not entail a careful understanding of the library user?s characteristics; the execution step cannot reach the users effectively through the right channels and messages. Concerning the post promotion step the library doesn?t evaluate and develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their (potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their expected results., The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion, execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step does not entail a careful understanding of the library user’s characteristics; the execution step cannot reach the users effectively through the right channels and messages. Concerning the post promotion step the library doesn’t evaluate and develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their (potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their expected results.]
2015
T44618
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irsyad Alfatih
Abstrak :
ABSTRAK
Di dalam organisasi formal maupun nonformal selalu ada seseorang yang dianggap lebih dari yang lain, yang kemudian diangkat atau ditunjuk sebagai pimpinan atau kepala, yakni orang yang dipercayakan untuk mengatur orang lainnya. Pimpinan organisasi diharapkan memiliki sifat-sifat kepemimpinan, yang menunjukkan ketrampilannya dalam memimpin organisasi. Seorang pimpinan di perpustakaan membutuhkan ketrampilan sinergis antara ketrampilan manajerial bidang kepustakawanan dan kepemimpinan secara umum dalam rangka menciptakan suasana kerja yang kondusif agar staf perpustakaan berhasil memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat yang dilayani. Perpustakaan umum di Kota Tenteram sejak tahun 2008 belum pernah mengalami pergantian pimpinan. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasikan kepemimpinan perpustakaan umum kota Tenteram dalam mengembangkan sumberdaya manusia dan layanananya. Penelitian yang pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara ini, menemukan bahwa pimpinan perpustakaan umum kota Tenteram berperan penting dalam pembentukan budaya organisasi, terutama dalam menanamkan nilai disiplin kerja. Dalam kepemimpinannya, kepala perpustakaan umum kota Tenteram mengadopsi kepemimpinan otokratis yang terlihat pada cara kepala perpustakaan dalam mengambil keputusan, serta terlihat dari sikap stafnya yang dalam melakukan pekerjaannya termotivasi oleh rasa takut
ABSTRACT
In the formal and informal organization, it is always found someone who is considered more prominent than others, who then appointed or designated as a leader to manage other people. The Leaders of an organization is expected to have leadership qualities, which showed his skills in leading organizations. A leader in the library requires synergy between skills in library management and leadership in general in order to create a good working atmosphere and to encourage the library staff in providing the best services to the patron community. Tenteram City Public library since year of 2018 has never experienced a change of its leader. Research using qualitative approach aimed to identify the leadership of Tenteram City public library leader in developing human resources and library services. Data of this study are gathered through observation and interviews. It is found that The head of the library serves as a role model in imbedding working discipline, he never involved the staff in decision making, the fear of making mistake is the working atmosphere created in the library. The Research found that the head of Tenteram City public library adopts autocratic leadership.
2016
T45574
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>