Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Firda Arifiyaturrohmah
"
ABSTRAKAnak usia dini berada pada usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Karakter yang positif akan berpengaruh pada kemandirian, kemampuan untuk bekerjasama, dan kesadaran untuk bertanggung jawab. Lembaga PAUD menjadi salah satu upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini. Dalam PAUD dengan metode pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time), ruang bermain anak yang memiliki tujuan pembelajaran tertentu sebagai pusat kegiatan bermain disebut dengan sentra. Melalui pengamatan pada studi kasus di dua PAUD, ditemukan bahwa sentra, sebagai lingkungan fisik ruang bermain anak akan mendukung pembangunan karakter melalui penataan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Aspek keruangan yang timbul dari penataan tersebut akan menstimulasi dan melatih sense of control anak terhadap lingkungan serta meningkatkan self-esteem anak. Keduanya penting dalam pembangunan karakter anak usia dini.
ABSTRACTChildren in early childhood are in the most important age in the development of the character and personality. Positive character will influence on the independence, cooperative behaviour, and awareness to be responsible. PAUD (ECD) is an institution that make an effort to optimalize the growth and development of early childhood. In PAUD with BCCT (Beyond Centres and Circle Time) learning method, children?s playroom is called sentra. Through the observation in case study at two PAUD institutions, it was found that sentra, as a physical environment of playing space for children, would support character development by it setting which is suitable with the children?s growth development. Space aspect that appeared from the setting would stimulate and train children?s sense of control towards the environment and increase children?s self-esteem. Both of them are important in the character development of early childhood."
2016
S64084
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Pendekatan pembelajaran Beyond Centre Circle Time disingkat (BCCT) merupakan pendekatan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berfokus pada anak dengan proses pembelajaran menggunakan 4 pijakan (scaffolding) yaitu: 1) pijakan lingkungan main 2) pijakan sebelum main 3) pijakan selama main 4) pijakan setelah main...."
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Muhammad Syakur
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Product-Market Fit (PMF) produk gim video Visual Novel yang dikembangkan oleh startup NusaEdufy, dengan fokus pada perilaku konsumen orang tua anak usia dini (0-6 tahun) di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Penelitian menggunakan pendekatan Explanatory Sequential Design, yang menggabungkan analisis kuantitatif untuk mengevaluasi aspek Usability dan Desirability serta analisis kualitatif untuk meninjau aspek Feasibility dan iterasi dari produk. Data dikumpulkan melalui survei kepada 95 orang tua dan wawancara dengan tim pengembang NusaEdufy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek Desirability memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, sementara aspek Usability tidak signifikan, menunjukkan perlunya peningkatan pada User Experience dan fitur produk. Iterasi produk direncanakan berdasarkan masukan dari responden, termasuk penyederhanaan antarmuka, peningkatan visual, sinkronisasi audio, dan pengembangan nilai budaya. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi NusaEdufy untuk mengoptimalkan produk agar sesuai dengan kebutuhan pasar dan mendukung pendidikan budaya anak usia dini.
This study aims to analyze the Product-Market Fit (PMF) of a Visual Novel video game developed by the startup NusaEdufy, focusing on the consumer behavior of parents with early childhood-aged children (0–6 years old) in the Greater Jakarta area. The research employs an Explanatory Sequential Design approach, combining quantitative analysis to evaluate aspects of Usability and Desirability, and qualitative analysis to assess the product’s Feasibility and iteration plan. Data was collected through a survey of 95 parents and interviews with the NusaEdufy development team. The findings indicate that Desirability significantly influences consumer behavior, whereas Usability does not show a significant effect, highlighting the need to improve the product’s User Experience and features. Product iteration is planned based on respondent feedback, including interface simplification, visual enhancements, audio synchronization, and the development of cultural value content. This research provides strategic recommendations for NusaEdufy to optimize the product to better meet market needs and support cultural education for early childhood development."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Qibty Almayra Aflah Lahfana
"Penelitian ini membahas tentang program pelibatan ayah yang dilaksanakan di Sekolah Lebah Madu, Jakarta Timur pada tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pelaksanaan program pelibatan ayah di Sekolah Lebah Madu, faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan serta hasil dari pelaksanaan program. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan didapat melalui wawancara mendalam melalui video conference dan chat, observasi pasif dan studi dokumentasi yang melibatkan 16 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat program yang dilaksanakan di Sekolah Lebah Madu, yaitu program parenting ayah, program camping ayah dan anak, proyek di rumah, dan program family day. Program- program ini terintegrasi satu sama lain untuk mendukung perkembangan anak melalui pelibatan ayah dalam pendidikan dan pengaushan. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa faktor yang menghambat dan mendukung program. Hasil dari pelaksanaan program ini dapat dilihat pada anak dan ayah.
This study discusses the father involvement program implemented at the Sekolah Lebah Madu, East Jakarta in 2021. This study aims to find out how the implementation of the father involvement program at the Sekolah Lebah Madu, the inhibiting and supporting factors of implementation and the results of the program implementation. The research approach used is a qualitative approach with descriptive research type. The data sources used were obtained through in-depth interviews through video conference and chat, passive observation and documentation studies involving 16 informants. The results showed that there were four programs implemented at Sekolah Lebah Madu, namely the father's parenting program, the father and son camping program, the project at home, and the family day program. These programs are integrated with each other to support child development through the involvement of fathers in education and parenting. In its implementation there are several factors that hinder and support the program. The results of the implementation of this program can be seen in children and fathers. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library