Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
La Ode Muhammad Adam Nur
"Penelitian ini menganalisis upaya pemanfaatan identitas etnis Buton oleh Kubu Ali Mazi – Lukman Abunawas pada pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara tahun 2018 serta apa faktor yang menyebabkan pemilih etnis Buton mendukung Ali Mazi – Lukman Abunawas dalam pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara tahun 2018. Dalam mengkaji topik ini penulis menggunakan teori identitas etnis Isajiw (1999) yang terdiri dari dimensi kognitif, dimensi moral dan dimensi afektif. Analisis data yang digunakan adalah deskripitif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pemanfaatan identitas etnis Buton oleh Kubu Ali Mazi – Lukman Abunawas pada Pilgub Sultra tahun 2018 yakni dengan penggunaan kelompok pemuda Buton, figur lokal dan simbol etnik Buton berupa bahasa daerah Buton pada masa kampanye. Bahasa etnis menjadi instrumen dalam melakukan pendekatan secara emosional karena akan terasa adanya perasaan kekitaan antara kandidat dan masyarakat. Faktor penyebab dukungan pemilih etnis Buton  kepada Ali Mazi dan Lukman Abunawas dipengaruhi oleh faktor sosiologis pemilih beretnis Buton yang masih dipengaruhi oleh Perangkat Adat Kesultanan Buton. Kemenangan Ali Mazi dipengaruhi juga oleh masyarakat etnis Buton yang cenderung memilih berdasarkan kesamaan etnis. Teori identitas etnis yang dikemukakan Isajiw (1999) relevan untuk diterapkan pada studi kasus tentang identitas etnis Buton dalam Pilgub Sultra 2018 di Kota Baubau. Studi ini melihat dimensi kognitif, dimensi moral, dimensi afektif dan pendekatan primordial sangat mempengaruhi kandidat dalam memperoleh suara pemilih masyarakat etnis Buton di Kota Baubau pada Pilgub Sultra tahun 2018.

This study analyzes the utilization efforts of Butonese ethnic identity by Ali Mazi - Lukman Abunawas in 2018 Southeast Sulawesi governor election and what the factors that caused Butonese ethnic voter support Ali Mazi – Lukman Abunawas in the election. In studying this topic, the writer used ethnic identity theory of Isajiw (1999) that consists of cognitive, moral and affective dimension. This research used qualitative descriptive analysis. The research result showed that the utilization efforts of Butonese ethnic identity by Ali Mazi - Lukman Abunawas in 2018 Southeast Sulawesi governor election are by the use of Butonese youth community, local figure and ethnicity symbol such as their local language during the campaign. It can be the instrument to build emotional bonding like the sense of belonging between the candidate and the community. The caused factors behind Butonese ethnic support to the candidate were influenced by the sociological factors of Butonese voters who are still influenced by Buton Sultanate customs. Their victory is also influenced by the community votes that are usually based on their ethnicity similarity. Ethnicity identity theory that is presented by Isajiw (1999) is relevant to be implemented in the case study of Butonese identity in Southeast Sulawesi governor election in Baubau. This study is looking on cognitive, moral and affective dimension as well as primordial approach that influence the Butonese votes in Baubau for Southeast Sulawesi governor election 2018. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Doryntan Martalenta
"Proses demokrasi di Indonesia mencapai puncaknya melalui pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebagai sebuah babak baru bagi bangsa Indonesia. Pesta demokrasi ini tidak dapat dirasakan secara maksimal apabila tidak adanya dukungan dari partisipasi seluruh warga Indonesia. Pada kenyataannya, para pemilih kurang memiliki kemampuan dalam mengingat banyaknya partai-partai politik, program-program yang ditawarkan, ataupun kandidat politik yang didukung oleh partai politik. Oleh karena itu, diperlukannya langkah-langkah yang dilakukan oleh para kandidat politik untuk mencapai target suaranya dan dikenal oleh para pemilih. Langkah-langkah tersebut dapat dilaksanakan dengan strategi, termasuk menerapkan pemasaran politik, yaitu sebuah cara atau metode pemasaran untuk membantu membangun hubungan antara kandidat politik dan masyarakat. Jumlah pemilih muda di Indonesia cukup besar, sehingga posisi strategi kelompok pemilih muda beserta faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku pemilih muda menjadi celah yang dimanfaatkan oleh beberapa kepentingan politik untuk mencapai suara lebih dalam memenangkan pemilu. Fokus penelitian ini ialah meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pemilih muda melalui isu-isu dan kebijakan politik, citra kandidat, peristiwa muktahir, peristiwa personal, citra sosial, keyakinan agama, pengaruh teman dan keluarga, serta media sosial.

The democratic process in Indonesia had reached its peak through the general election of President and Vice President as a new chapter for the people of Indonesia. This democratic party could not be perceived to the fullest when there was a lack of support from all Indonesian people. In reality, the voters did not have the sufficient knowledge in political parties, programs offered, or the political candidates who was supported by the political party. Therefore, there are several stages needed to be done by the political candidates in order to achieve its vote target and to be known by the voters. Those stages shall be done with the following strategies, including the political marketing, in which can be defined as a marketing method in order to develop the relationship between the political candidate and society. The amount of young voters in Indonesia are relatively large, therefore the strategic position of the young voters as well as several factors which underlying the behavior of young voters are used by several political interests in order to achieve its vote and win the general election. The focus of this research is to examine factors which influence the behavior of young voters through issues and political policies, image of a candidate, current event, personal events, social image, religious beliefs, friends and family influence, as well as social media.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Al Harkan
"Media merupakan salah satu pilar utama dalam sistem demokrasi, menjadi jalur informasi antara warga negara, partai politik, dan pemerintah, termasuk dalam konteks pemilihan umum. Namun kini di masa ketika media berkembang pesat dengan kehadiran internet dan media baru, studi perilaku pemilih dalam pemilihan umum (pemilu) masih terbatas pada 3 pendekatan utama sosiologis, psikologis, dan ekonomi, politik; maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk meneliti efek beberapa jenis media terhadap perilaku pemilih serta dibandingkan dengan pengaruh faktor-faktor sosiologis dan ekonomi-politik.
Dengan menggunakan metode penelitian data agregat pada level provinsi dan teknik analisis Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS), penelitian ini menerapkan 32 model pengujian untuk menguji pengaruh variabel-variabel media, sosiologis, dan ekonomi-politik secara parsial, serta model gabungan untuk menguji pengaruh seluruh variabel secara bersama-sama.
Penelitian ini menemukan bahwa efek media terhadap voter turnout dan vote direction dalam pemilu legislatif Indonesia 2019 cenderung lemah dan belum ditemukan pola yang dapat menjelaskan perilaku pemilih Indonesia secara baik. Penelitian ini merekomendasikan agar penelitian berikutnya dapat menggunakan data yang lebih detail pada tingkat kabupaten/kota. serta mendorong adanya pengembangan akses publik terhadap data-data statistik Indonesia untuk meningkatkan kualitas penelitian yang menggunakan data agregat.

Media is one of the main pillars in a democratic system, being an information channel between citizens, political parties and the government, including in the context of elections. But now in a time when the media is developing rapidly with the presence of the internet and the new media, the study of voter behavior in general elections is still limited to 3 main approaches, namely sociological, psychological, and political economic approach; therefore this study aims to examine the effect of several types of media on voter behavior and compare with the influence of sociological and political-economic factors.
Using aggregate data research methods from provincial level and Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) analysis techniques, this study applies 32 test models to partially test the influence of media, sociological and political-economic variables, and a combined model to test the effect all variables together.
This study found that the effect of the media on voter turnout and vote direction in the 2019 Indonesian legislative elections tends to be weak and no patterns have been found that can explain the behavior of Indonesian voters properly. This study recommends that in the future a similar study can be conducted by using more detailed data in districts level; also broadly to develop public access to Indonesian statistical data to improe the quality of aggregate data researches.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T55405
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library