Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kristee Grace Sormin
Abstrak :
ABSTRAK Analisis kinerja pelayanan unit merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan operasional rumah sakit. Rumah sakit yang baik harus mencerminkan peningkatan atau pertumbuhan pelayanan dari satu periode ke periode berikutnya. Penelitian ini membahas analisis kinerja pelayanan Poliklinik Obstetri dan Ginekologi (Obgin) di RSIA SamMarie Basra dengan menggunakan metode Performance Prism. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan mendapat gambaran stakeholder satisfaction, stakeholder contribution, strategi, proses, dan kapabilitas melalui wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh stakeholder yang terlibat dalam Poliklinik Obgin yang terdiri dari investor, supplier obat, Kelompok Staf Medis Obgin, tenaga kesehatan terkait, dan pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan kepuasan masing-masing stakeholder terhadap kinerja Poliklinik Obgin belum maksimal karena sebagian besar keinginan dan kebutuhan stakeholder belum terpenuhi. Sementara kontribusi yang diharapkan rumah sakit dari segi pertumbuhan kunjungan dan loyalitas pasien Obgin belum terpenuhi. Sejumlah strategi poliklinik Obgin baik yang telah ada maupun yang dalam tahap perencanaan masih kurang mampu meningkatkan kinerja pelayanan karena proses dan pelaksanaannya belum maksimal seperti pada manajemen waktu petugas dan alur proses yang belum seragam. Sementara dari sisi kapabilitas, rumah sakit masih kurang dalam hal jumlah peraturan/kebijakan yang mengatur pelayanan dan jumlah SDM yang mumpuni. Secara keseluruhan analisis kinerja Poliklinik Obgin RSIA SamMarie Basra masih berada pada skala performa kurang. Analisis ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pihak manajemen rumah sakit untuk mengevaluasi, mengeksekusi, dan menentukan rencana kerja perbaikan kinerja pelayanan Poliklinik Obgin sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan pelayanan.
ABSTRACT Analysis of unit service performance is very important for the sustainability of hospital operations. A good hospital must reflect the improvement or growth of services from one period to the next. This study discusses the performance analysis of the Obstetrics and Gynecology (Obgin) Polyclinic service at RSIA SamMarie Basra using the Performance Prism method. This type of research is a qualitative study with the aim of getting a picture of stakeholder satisfaction, stakeholder contribution, strategy, process, and capability through in-depth interviews, observation and document review. The subjects in this study were all stakeholders involved in the Obgin Polyclinic consisting of investors, drug suppliers, Obgin Medical Staff Groups, related health workers, and patients. The results of this study indicate that each stakeholder's satisfaction with the Obgin Polyclinic's performance has not been maximized because most of the stakeholders' wants and needs have not been met. While the expected contribution of the hospital in terms of growth in visits and loyalty of Obgin patients has not been fulfilled. A number of existing Obgin polyclinic strategies and those in the planning stage are still unable to improve service performance because the process and implementation are not yet optimal as in the time management of officers and the process flow is not uniform. While in terms of capabilities, hospitals are still lacking in terms of the number of regulations / policies governing services and the number of qualified human resources. Overall performance analysis of the Obgin Polyclinic RSIA SamMarie Basra is still on the underperformance scale. This analysis is expected to be the basis for hospital management to evaluate, execute, and determine work plans for improving the performance of Obgin Polyclinic services so as to increase service growth.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Diba Rahmawati
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi CSR PT APL berdasarkan Performance Prism dan kesesuaiannya dengan core bisnis Perusahaan guna memahami topik-topik keberlanjutan yang material bagi Perusahaan sehingga dapat memberikan gambaran pengungkapan laporan keberlanjutan berdasarkan GRI Standards. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan objek penelitian PT APL yang bergerak di industri jasa telekomunikasi. Judgement penulis sangat berpengaruh terhadap penelitian ini sehingga hasil dari penelitian dapat berbeda satu sama lain. Data diperoleh melalui studi literatur, dokumen internal perusahaan, wawancara dengan pihak terkait serta benchmarking terhadap perusahaan di industri sejenis. Kegiatan CSR PT APL telah sejalan dengan core bisnis Perusahaan yang bergerakndi bidangmpenyedia jasamkomunikasi data,minternet dan ITmServices. Namun PT APL belum pernah membuat laporan keberlanjutan Perusahaan. Sehingga dalam penelitian ini akan diberikan gambaran pengungkapan informasi keberlanjutan Perusahaan menggunakan GRI Standards, suatu pedoman terpadu dalam pelaporan keberlanjutan. ......The objective of this research is to analyze the implementation of PT APL’s CSR based on Performance Prism and its suitability with the Company's business core to understand material sustainability topics for the Company and then it can provide an overview of disclosure of sustainability reports based on the GRI Standards. This research is a case study type with the object of research is PT APL, which running its business in the telecommunications service industry. The researcher’s judgment is very influential on this research so that the results of the research can differ from each other. Data is obtained through literature studies, company internal documents, interviews with related parties and benchmarking of similar industrial companies. PT APL's CSR activities are in line with the Company’s core business in the field of providing data communication, internet and IT Services. However, PT APL has never made a Company’s sustainability report. Therefore, this study will provide an overview of the Company's sustainability information using the GRI Standards, an integrated guideline in sustainability reporting.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clara Devinta
Abstrak :
ABSTRAK
Semakin ketatnya persaingan di industri asuransi menyebabkan perusahaan asuransi dituntut untuk mengoptimalkan kinerjanya, termasuk industri asuransi jiwa di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk merancang alat pengukuran kinerja dari berbagai perspektif selain dari perspektif keuangan. Metode Balanced ScoreCard (BSC) dan Performance Prism digunakan sebagai alat untuk mengukur kinerja perusahaan asuransi jiwa. Dalam penelitian ini, pengolahan jawaban 7 orang ahli dan 32 responden dari 17 perusahaan asuransi jiwa menghasilkan 41 faktor pengukuran kinerja untuk perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Melalui perhitungan DEMATEL, hubungan sebab akibat antar faktor dapat diketahui untuk meningkatkan kinerja perusahaan asuransi jiwa di Indonesia, dari segi strategi, kapabilitas, proses, perspektif keuangan, pelanggan/nasabah, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan, dan sosial.
ABSTRACT
The growing competition in the insurance industry causes insurance companies are required to optimize their performance, including life insurance industries in Indonesia. This research is conducted in order to design performance measurement tools from various perspectives other than the financial perspective. Balanced Scorecard and Performance Prism method used in measurement tools of life insurance companies. In this study, seven experts and 32 respondents of 17 life insurance companies are used to obtaining 41 performance measurement factors for life insurance company in Indonesia. Through DEMATEL calculation, cause and effect relationship between factors can be known to improve the performance of life insurance companies in Indonesia, in terms of strategy, capability, process, financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, learning and growth perspective, and social perspective.
2018
T51269
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lutgardis Dianika Winanda
Abstrak :
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, diiringi dengan berkembangnya teknologi, tantangan yang dihadapi oleh masyarakat juga kian meningkat. UMKM adalah suatu usaha yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Di Indonesia usaha ini memiliki banyak bidang dan memiliki ciri khasnya masing-masing,salah satunya yaitu UMKM bidang fashion, batik Solo. Meningkatnya jumlah UMKM menyebabkan persaingan yang ketat dalam industri tersebut. Oleh karena itu, perlunya suatu pengukuran kinerja sebagai alat ukur perusahaan dalam mengevaluasi dan menyusun strategi yang tepat dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan. Dari ketiga model yang paling sering digunakan perusahaan besar, performance prism merupakan sebuah pendekatan yang tepat untuk mengukur kinerja perusahaan ini karena tujuan utama UMKM tersebut berorientasi pada aspek eksternal. Metode yang digunakan dalam performance prism terdiri dari Analytical Hierarchy Process (AHP), dan Objective Matrix (OMAX), dimana dalam prosesnya perlu diidentifikasi KPI perusahaan yang nantinya akan di hitung bobot dan diukur nilai indeks perusahaannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari total 48 KPI sebagai indikator kinerja UMKM batik Solo, sebanyak 22 KPI masuk dalam kategori hijau, 18 KPI masuk dalam kategori kuning, dan 8 KPI masuk dalam kategori merah. Setelah dilakukan pengukuran dengan scoring system OMAX, perusahaan ini memiliki nilai total indeks sebesar 6,509 yang artinya telah mencapai performa yang diharapkan. ......Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia are experiencing very rapid development, accompanied by the development of technology, the challenges faced by the community are also increasing. MSMEs is a business carried out by individuals, groups, small business entities, and households. In Indonesia, this business has many fields and each has its own characteristics, one of them is Solo batik MSMEs. The increasing number of MSMEs causes intense competition in the industry. Therefore, performance measurement is needed as a company measuring tool in evaluating and developing the right strategy in order to improve company performance. Of the three models that are most often used by large companies, performance prism is the right approach to measure the performance of this company because the main goal of MSMEs is externally oriented. The method used in the performance prism consists of the Analytical Hierarchy Process (AHP), and the Objective Matrix (OMAX), where in the process it is necessary to identify the company's KPIs which will later be weighted and measured. The results of this study indicate that from a total of 48 KPIs as performance indicators for Solo batik SMEs, 22 KPIs are in the green category, 18 KPIs are in the yellow category, and 8 KPIs are in the red category. After measuring with the OMAX scoring system, this company has a total index value of 6,509, which means that it has achieved the expected performance. The results of this study indicate that from a total of 48 KPIs as performance indicators for Solo batik SMEs, 22 KPIs are in the green category, 18 KPIs are in the yellow category, and 8 KPIs are in the red category. After measuring with the OMAX scoring system, this company has a total index value of 6,509, which means that it has achieved the expected performance. The results of this study indicate that from a total of 48 KPIs as performance indicators for Solo batik SMEs, 22 KPIs are in the green category, 18 KPIs are in the yellow category, and 8 KPIs are in the red category. After measuring with the OMAX scoring system, this company has a total index value of 6,509, which means that it has achieved the expected performance.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library