Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Muhaimin Abdillah
Abstrak :
Ketika berinteraksi, individu melakukan pengamatan secara terus menerus dan berasumsi mengenai kondisi mental lawan bicaranya. Kemampuan ini dikenal dengan istilah "mindreading". Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara "familiarity" dan "perceived similarity" terhadap kecepatan dan ketepatan "mindreading" pada kelompok etnis minoritas. Partisipan penelitian adalah 83 dewasa muda yang tergolong ke dalam etnis minoritas Indonesia yang tinggal di Ternate. Eksperimen ini dilaksanakan secara luring di Kota Ternate dengan menggunakan aplikasi MindProbe yang berisi alat ukur Strange Stories Task, Perceived Similarity Scale, dan Questionnaire Familiarity. Pengujian statistik dengan Mixed Model ANOVA mengindikasikan bahwa partisipan yang merasa lebih familiar dan memiliki banyak kesamaan dengan target “mindreading”, lebih akurat melakukan "mindreading". Selanjutnya, analisis regresi berganda menunjukkan bahwa "familiarity" dan "perceived similarity" berperan sebesar 19,2% terhadap ketepatan "mindreading" partisipan.
......When interacting, individuals make continuous observations and assumptions about the mental state of their interlocutors. This ability is known as "mindreading". This study aims to identify the relationship between familiarity and perceived similarity in the speed and accuracy of mindreading in minority ethnic groups. The participants are 83 young adults belonging to Indonesian ethnic minorities living in Ternate. The experiment is conducted offline in Ternate City using the MindProbe application which contains the Strange Stories Task, Perceived Similarity Scale, and Familiarity Questionnaire. Statistical testing with Mixed Model ANOVA indicates that participants who felt more familiar and had more in common with the "mindreading" target, performed "mindreading" more accurately. Furthermore, multiple regression analysis shows that "familiarity" and "perceived similarity" contribute 19.2% to participants' mindreading accuracy.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Bintang Pradipta
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak persepsi similaritas dengan konsumen lain pada suatu mal terhadap diskonfirmasi, afeksi, kepuasan, serta loyalitas konsumen dengan memperhitungkan motivasi konsumen ketika mengunjungi mal tersebut. Ialah mal kelas atas dan menengah atas di DKI Jakarta yang menjadi objek penelitian dalam penelitian ini sedangkan responden dalam penelitian ini adalah para pengunjung mal yang menjadi objek penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model SEM . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi similaritas secara langsung dan tidak langsung melalui diskonfirmasi positif mempengaruhi kepuasan dan selanjutnya loyalitas konsumen terhadap mal secara positif. Namun, afeksi positif tidak mampu memediasi pengaruh positif persepsi similaritas dengan konsumen lain terhadap kepuasan pada mal tanpa bantuan motivasi hedonis.
ABSTRACT
This study was conducted to analyze the effect of perceived similarity to other customer in a shopping mall on disconfirmation, affection, satisfaction, and loyalty while investigating the motivation of the consumer on visiting the shopping mall. Upper class and upper middle class shopping mall in DKI Jakarta became the research object while the respondents in this study were the visitors of those shopping malls. Structural Equation Model SEM is used as data processing method. The results of this study indicate that perceived similarity on other customer is the positive indicator of shopping mall satisfaction and loyalty. Disconfirmation also plays role to mediates the effect while affection needs moderation from hedonic motives to mediates the effect.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Vonny Angelina
Abstrak :
Interaksi dalam kehidupan sehari-hari sering terjadi secara implisit dalam bentuk pertukaran isyarat yang dapat dipahami dengan melakukan mindreading. Penelitian eksperimental ini dilakukan untuk melihat interaksi antara “gender target” dan “perceived similarity” dengan kecepatan dan ketepatan “mindreading” laki-laki dewasa muda. Partisipan penelitian ini berjumlah 70 laki-laki berusia 18-25 tahun. Penelitian dilaksanakan secara luring menggunakan aplikasi MindProbe yang berisi alat ukur Strange Stories Task dan Perceived Similarity Scale. Pengujian statistik menggunakan mixed-model ANOVA menemukan bahwa terdapat pengaruh dari “gender target” terhadap kecepatan dan ketepatan “mindreading” namun tidak ditemukan pengaruh dari “perceived similarity” terhadap kecepatan dan ketepatan “mindreading”. Selanjutnya, analisis factorial ANOVA menemukan bahwa tidak terdapat interaksi antara ketiga variabel tersebut.
......Interactions in everyday life often occur implicitly in the form of an exchange of signals that can be understood by mindreading. This experimental research was conducted to find the interaction between "target gender" and "perceived similarity" with the speed and accuracy of "mindreading" in young adult men. Total of 70 men aged 18-25 years participated in this study. This study was carried out in an offline setting using the MindProbe application which contains the Strange Stories Task and Perceived Similarity Scale measuring instruments. Statistical testing using mixed-model ANOVA found that there was an influence of "target gender" on the speed and accuracy of "mindreading" but there was no influence of "perceived similarity" on the speed and accuracy of "mindreading". Furthermore, factorial ANOVA analysis found that there was no interaction between the three variables.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alia Noor Fadliana
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas persepsi akan kesamaan (perceived similarity) dan kredibilitas sumber (source credibility) terhadap minat beli. Objek penelitian adalah penggunaan social media influencer pria yang mengiklankan produk kosmetik lokal Somethinc melalui Instagramnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Responden pada penilitian ini adalah pengikut akun Instagram @somethincofficial sebanyak 406 sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan statistika deskriptif dan analisis jalur untuk membuktikan hipotesis-hipotesis dalam penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel persepsi akan kemiripan tidak efektif dalam memengaruhi variabel minat beli baik langsung maupun melalui keterlibatan variabel kredibilitas sumber. Sementara itu, variabel persepsi akan kemiripan secara langsung efektif memengaruhi variabel kredibilitas sumber. Variabel kredibilitas sumber juga efektif dalam memengaruhi terhadap minat beli secara langsung. Penelitian ini diharapkan dapat menambah literatur dalam komunikasi dan pemasaran perihal penggunaan social media influencer, serta membantu para pelaku komunikasi dan pemasaran khususnya bidang kosmetik dan kecantikan dalam menentukan strategi pemasarannya menggunakan social media influencer.
......This study aims to analyze the effectiveness of perceived similarity and source credibility on purchase intention. The object of the research is the use of male social media influencers who advertise local cosmetic products Somethinc through their Instagram. This research is quantitative research and used a questionnaire for data collection. Respondents in this research are followers of the Instagram account @somethincofficial as many as 406 samples. Data analysis techniques were carried out using descriptive statistics and path analysis to prove the hypotheses in the research. The results of the study prove that perceived similarity between the audience and male influencer is not effective in affecting purchase intention either directly nor through the involvement of the source credibility. Meanwhile, the perceived similarity effectively affects source credibility. The source credibility is also effective and directly affecting purchase intention. This research is expected to add to the literature in communication and marketing regarding the use of social media influencers, as well as to assist communication and marketing actors, especially in the field of cosmetics and beauty in determining their marketing strategy using social media influencers.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library