Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 50 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Balqis Cemal Xaviera Hadi
Abstrak :
Terdapat mutualisme (hubungan saling menguntungkan) antara penggemar dan industri budaya populer. Adanya perspektif negatif terkait penggemar yang menyatakannya sebagai sesuatu yang pasif dan tidak terberdayakan perlu diubah. Berangkat dari hal tersebut, penulis melakukan studi terhadap penggemar NCT (NCTzen) melalui karya penggemar Alternate Universe (AU) dan novel Butterflies yang dibuat oleh Alesa Cakes. Tulisan ini bertujuan untuk melihat mutualisme antara Alesa Cakes sebagai penggemar NCT dan industri budaya populer. Penulis melakukan analisis deskriptif dengan memerhatikan beberapa aspek, yaitu (1) penggemar sebagai textual poacher, (2) penggemar sebagai pemasaran industri budaya populer (fan-labour), (3) fantrepreneurship dan karya penggemar, dan (4) produsage pada karya penggemar. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa Alesa Cakes berhasil memberdayakan dirinya melalui komersialisasi karya penggemar Alternate Universe (AU) Butterflies menjadi sebuah novel dengan judul serupa. Penciptaan karya penggemar tersebut turut menguntungkan industri budaya populer karena membantu memasarkan produk media, yaitu Haechan (NCT) pada khalayak umum. ......There is mutualism between fans and the popular culture industry. There is a negative perspective regarding fans who declare it as something passive and helpless that needs to be changed. Based on this, the author studied NCT fans (NCTzen) through Alternate Universe (AU) fan art and the Butterflies novel by Alesa Cakes. This paper aims to see the mutualism between Alesa Cakes as a fan of NCT and the popular culture industry. The author conducts a descriptive analysis by paying attention to several aspects, namely (1) fans as textual poachers, (2) fans as the marketing for the popular culture industry (fan-labour), (3) fantrepreneurship and fanworks, (4)Production of fanworks. From the analysis conducted, it was found that Alesa Cakes succeeded in empowering herself through the commercialization of the fan work Alternate Universe (AU) Butterflies into a novel with a similar title. The creation of fan art also benefits the popular culture industry because it helps market the media product, namely Haechan (NCT), to the general public.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anzilna Mubaroka
Abstrak :
Kejahatan dan homoseksual merupakan konten yang mudah ditemukan dalam drama fiksi media mainstream. Hal ini dapat dilihat dengan maraknya konten – konten kejahatan pada serial TV Boys Love. Sayangnya, konten kejahatan tidak hanya berhenti pada media mainstream tapi juga dibawa oleh penggemar dalam budaya partisipasi mereka pada Fandom. Salah satunya adalah konten kejahatan pada karya penggemar Menggunakan teori kriminologi popular dan kriminologi konstitutif, penelitian ini berutujuan untuk memberikan penjelasan proses penciptaan konten kejahatan pada karya penggemar dan alasan penciptaan konten tersebut. Berdasarkan observasi dan wawancara mendalam, terdapat dua alasan penggemar melakukan reproduksi konten kejahattan : yaitu faktor eksternal seperti alasan ekonomi dan fandom, dan alasan internal yaitu penerimaan diri, pelarian dunia nyata, dan fantasi seksual. Sedangkan proses reproduksi konten kejahatan ini ternyata tidak hanya berasal dari konten drama saja, namun juga dari interaksi dalam fandom, dan konsumsi konten kejahatan pada medium lain termasuk karya penggemar lain. ......Crime and Homosexuality can be easily found in media mainstream fictional drama. This can be seen as many crime content as fillers in Boys Love TV Series. Unfortunately, crime content not only can be found in drama but also taken by fans to be put into their own content as they participate in the fandom. Using popular criminology and constitutive criminology, this researched aim to explain the process of reproducing crime content in fanworks and the reason behind the act. Based on observation and indepth interview, There are 2 reasons why they choose crime content for their fanworks, external factors such as economic reasons and fandom cultures, and internal reasons such as self-acknowledgement, self-fulfilling, and their own sexual fantasy. Meanwhile, the process of making this content is not solely based on the crime from the drama, but also fandom interaction, and other crime content in other mediums such as other’s fandom fanworks.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993
S6240
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachma Nadira Dinisari
Abstrak :
ABSTRACT
The purpose of this study is to develop a rating for celebrities in Indonesia based on the factors familiarity, attractiveness, compatibility, influence, and future potential. The study also aims to determine how strong the correlation is between each factor. The data were collected through surveys, data mining, and the judgment of experts. Five hypotheses were developed. The hypotheses were tested using bivariate correlation with primary data, the unit analysis being celebrity. There is a total of thirty celebrities used in this study, therefore n 30. From this study, it is found that compatibility has a significant correlation with rating, while influence has the lowest correlation with rating. In addition, influence has a significant negative correlation with familiarity and attractiveness.
ABSTRAK
Mengembangkan Rating untuk Selebriti di IndonesiaTujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan rating untuk selebriti di Indonesia berdasarkan faktor keakraban, daya tarik, keselarasan, pengaruh, dan potensi masa depan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menetapkan seberapa besar korelasi antar faktor. Data diperoleh melalui survei, data mining, dan pertimbangan dari ahli. Lima hipotesis telah dikembangkan. Kelima hipotesis tersebut diuji dengan data primer, dengan unit analisis adalah selebriti. Jumlah selebriti yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga puluh, sehingga n=30/ Dari penelitian ini, ditemukan bahwa keselarasan mempunyai korelasi yang signifikan dengan rating, sementara pengaruh mempunyai korelasi yang paling rendah. Ditemukan pula bahwa pengaruh mempunyai korelasi negative dengan keakraban dan daya tarik.
2017
S67625
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Robihah
Abstrak :
Budaya populer Thailand semakin berkembang seiring dengan meningkatnya antusiasme publik terhadap industri entertainment Thailand. Perkembangan ini membentuk suatu kolektif penggemar yang kemudian mendefinisikan dirinya sebagai "Thai Enthusiast". Penelitian ini menganalisis perkembangan fandom digital dan budaya penggemar "Thai Enthusiast" di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode etnografi digital atau netnografi, meliputi wawancara mendalam secara daring dan observasi partisipan secara digital di media sosial. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa budaya populer Thailand di Indonesia mulai berkembang pesat terutama semenjak pandemi. Perkembangan ini membawa hadirnya ragam budaya penggemar yang direpresentasikan melalui berbagai praktik penggemar dalam ruang-ruang digital. Dalam aktivitasnya, setiap penggemar saling berbagi perspektif dan berbagi makna dalam mengekspresikan relasi emosional dengan idol dan mengkonseptualisasikan nilai tentang fandom digitalnya. ......Thai popular culture is growing along with the increasing public enthusiasm for the Thai entertainment industry. This development formed a fan collective which later defined itself as a "Thai Enthusiast". This study analyzes the development of digital fandom and fan culture of "Thai Enthusiast" in Indonesia. This research was conducted using digital ethnographic methods or netnography, including online in-depth interviews and digital participant observation on social media. The findings in this study indicate that Thai popular culture in Indonesia has begun to develop rapidly, especially since the pandemic. This development presents a variety of fan culture which is represented through various fan practices in digital spaces. In their activities, each fan shares perspectives and shares meaning in expressing emotional relationships with idols and conceptualizing values about their digital fandom.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Azizi
Abstrak :
ABSTRAK

Sepak bola, sebagai bagian dari olahraga yang populer di masyarakat, pada dasarnya memberikan kesempatan bagi perempuan untuk turut serta berpartisipasi. Akan tetapi, persepsi maskulinitas dalam sepak bola masih mengakar kuat di Indonesia. Kondisi ini tercerminkan melalui dominasi laki-laki ketika membentuk komunitas penggemar sepak bola sehingga keberadaan perempuan seolah terpinggirkan terutama karena jumlah yang tak seimbang antara penggemar laki-laki dan penggemar perempuan. Hal ini yang melatarbelakangi pembentukan komunitas khusus guna mewadahi perempuan penggemar sepak bola. Sementara itu, keberadaan media sosial sebagai wadah komunikasi virtual telah membawa kecenderungan homophily atau memiliki pilihan yang sama. Maka dari itu, banyak bermunculan beragam komunitas perempuan penggemar sepak bola, yang diantaranya adalah @JC_Indonesia (Twitter) dan @babesunitedindo (Instagram). Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis tekstual dan obeservasi untuk mengetahui bagaimana perempuan Indonesia dalam sepak bola dimunculkan dalam media sosial melalui akun @JCI_Indonesia dan @babesunitedindo. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga strategi yang digunakan oleh kedua komunitas tersebut dalam mengkonstruksikan identitas gender dalam dominasi maskulinitas dalam budaya penggemar sepak bola. Strategi pertama adalah dengan secara berkala keluar dan masuk ranah laki-laki sebagai bentuk negosiasi atas budaya maskulinitas dalam sepak bola melalui media sosial. Strategi lainnya adalah melalui proses labeling mikro komunitas sebagai pengukuhan identitas feminin dalam sepak bola. Akan tetapi, strategi ketiga menunjukkan adanya ambiguitas identitas maskulin dan feminin ketika komunitas yang dijadikan studi kasus mempermasalahkan ketidakseimbangan relasi kuasa antara klub penggemar laki-laki dan perempuan.


ABSTRACT


It seems that there is no limitation for women to participate in football. Nonetheless, it is still a sport dominated by male players and also male football fans even though in reality, there are a lot of female football fans. Nowadays, social media has been utilized as a virtual communication medium bringing out a homophily tendency or having a same choice. Groupings of football fan communities are based on similarities in accessing information related to their favorite football club. This study analyses two female football fans communities: @JC_Indonesia (Twitter) and @babesunitedindo (Instagram). By utilizing textual analysis and ethnographic methods (interviews and observations), the thesis aims to determine how female football fans construct contesting gender identities in social media. The result reveals that there are three strategies used by both communities in problematizing the constructed gender identity. The first strategy is to enter and exit the masculine arena as a form of negotiation. Another strategy is done through labeling process as these micro communities exemplify their feminine identity as a response to the dominant masculine identity in the football fandom practice. Third, there is an ambiguity in strategically playing with the masculine and feminine identity which is supposed to be problematizing the imbalance power relation between the male and female football fan clubs.

2017
T51977
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Dewi Arlusy
Abstrak :
[ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang karakter Hello Kitty merupakan brand yang identik dengan generasi anak-anak dan gadis muda, namun digemari juga oleh generasi usia dewasa di Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa motivasi penggemar Hello Kitty dalam Kitty Chan Fan Club yang konsistensi menggemari Hello Kitty hingga saat ini. Penulis melakukan analisis motivasi penggemar Hello Kitty dengan menggunakan konsep encoding-decoding oleh Stuart Hall dan Sirkuit Kebudayaan oleh Paul du Gay. Penggemar Hello Kitty dalam Kitty Chan Fan Club menerima sepenuhnya ?pesan? yang disampaikan oleh Sanrio melalui karakter Hello Kitty. Kemudian anggota Kitty Chan Fan Club melakukan proses konsumsi seperti penggemar lainnya, membeli produk-produk Hello Kitty dan mengumpulkan dengan jumlah hingga ribuan item. Sehingga memberi identitas pada mereka sebagai penggemar Hello Kitty. Dari analisis tersebut didapat motivasi mereka dalam menggemari Hello Kitty. Mereka mendapatkan perasaan bahagia ketika bersama dengan Hello Kitty. Motivasi inilah yang melatarbelakangi para penggemar Hello Kitty dalam komunitas Kitty Chan Fan Club konsisten menggemari Hello Kitty.
ABSTRACT
This study discusses the character Hello Kitty is a brand that is synonymous with generations of children and young girls, but also favored by generations od adulthood in Japan. The purpose of this study is to analyze the motivation of fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club that consistency fond of Hello Kitty to date. The authors analyze the motivation of Hello Kitty fans by using the concept of encoding-decoding by Stuart Hall and the Circuit of Culture by Paul du Gay. Fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club receive the full ?message? delivered by Sanrio character Hello Kitty through. Then Kitty Chan Fan Club members perform processes such as the consumption of other fans, buy Hello Kitty products and collect the amount of up to thousands of items. So give identity to them as a fan of Hello Kitty. Obtained from the analysis of their motivation fond of Hello Kitty. They get a feeling of happiness when shared with Hello Kitty. Motivation is what lies behind the fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club community consistently fond of Hello Kitty.;This study discusses the character Hello Kitty is a brand that is synonymous with generations of children and young girls, but also favored by generations od adulthood in Japan. The purpose of this study is to analyze the motivation of fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club that consistency fond of Hello Kitty to date. The authors analyze the motivation of Hello Kitty fans by using the concept of encoding-decoding by Stuart Hall and the Circuit of Culture by Paul du Gay. Fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club receive the full ?message? delivered by Sanrio character Hello Kitty through. Then Kitty Chan Fan Club members perform processes such as the consumption of other fans, buy Hello Kitty products and collect the amount of up to thousands of items. So give identity to them as a fan of Hello Kitty. Obtained from the analysis of their motivation fond of Hello Kitty. They get a feeling of happiness when shared with Hello Kitty. Motivation is what lies behind the fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club community consistently fond of Hello Kitty.;This study discusses the character Hello Kitty is a brand that is synonymous with generations of children and young girls, but also favored by generations od adulthood in Japan. The purpose of this study is to analyze the motivation of fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club that consistency fond of Hello Kitty to date. The authors analyze the motivation of Hello Kitty fans by using the concept of encoding-decoding by Stuart Hall and the Circuit of Culture by Paul du Gay. Fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club receive the full ?message? delivered by Sanrio character Hello Kitty through. Then Kitty Chan Fan Club members perform processes such as the consumption of other fans, buy Hello Kitty products and collect the amount of up to thousands of items. So give identity to them as a fan of Hello Kitty. Obtained from the analysis of their motivation fond of Hello Kitty. They get a feeling of happiness when shared with Hello Kitty. Motivation is what lies behind the fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club community consistently fond of Hello Kitty., This study discusses the character Hello Kitty is a brand that is synonymous with generations of children and young girls, but also favored by generations od adulthood in Japan. The purpose of this study is to analyze the motivation of fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club that consistency fond of Hello Kitty to date. The authors analyze the motivation of Hello Kitty fans by using the concept of encoding-decoding by Stuart Hall and the Circuit of Culture by Paul du Gay. Fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club receive the full ‘message’ delivered by Sanrio character Hello Kitty through. Then Kitty Chan Fan Club members perform processes such as the consumption of other fans, buy Hello Kitty products and collect the amount of up to thousands of items. So give identity to them as a fan of Hello Kitty. Obtained from the analysis of their motivation fond of Hello Kitty. They get a feeling of happiness when shared with Hello Kitty. Motivation is what lies behind the fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club community consistently fond of Hello Kitty.]
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edria Sandika
Abstrak :
Tesis ini membahas observasi dan partisipasi kegiatan komunitas tokusatsu dalam kaitannya dengan budaya konsumsi dan dinamika budaya penggemar teks budaya populer tokusatsu di indonesia. penelitian etnografis ini bertujuan untuk melihat interaksi budaya penggemar dalam komunitas yang menggemari budaya populer dan produksi budaya yang tercipta dari kegiatan penggemar budaya tersebut. hasil penelitian menyimpulkan bahwa aktivitas yang dilakukan di komutoku merupakan bentuk konsumsi kreatif dan menjadi komunitas sosial alternatif bagi penggemarnya. ......This thesis discusses the observation and participation of tokusatsu community activities in relation to the culture of consumption and the dynamics of the fan culture of the popular tokusatsu cultural texts in Indonesia. This ethnographic study aims to see the interaction of fan culture in the community who favor popular culture and cultural production created by the activities of these cultural enthusiasts. the results of the study concluded that the activities carried out in comedy are a form of creative consumption and an alternative social community for fans.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
T38590
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hutauruk, Yolanda Gloria
Abstrak :
Beberapa tahun belakangan ini, K-Pop menjadi suatu fenomena yang menarik perhatian banyak orang. Dengan dibantu oleh keberadaan media sosial, penggemar K-Pop mengambil peran peningkatan popularitas dari K-Pop itu sendiri serta perkembangannya menjadi suatu industri yang besar. Skripsi ini membahas mengenai faktor- faktor yang mempengaruhi keterlibatan audiens dari penggemar grup idola BTS remaja di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa survei daring menggunakan Survey UI. Jumlah responden penelitian ini adalah 131 responden, yang didasari oleh oleh teknik random sampling. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, didapatkan hasil bahwa keterlibatan audiens penggemar BTS remaja di media sosial dipengaruhi oleh faktor media dan faktor situasional. ......In recent years, K-Pop has become a phenomenon that has caught the attention of many people. Supported by the presence of social media, K-Pop fans play a role in increasing the popularity of K-Pop itself and its development into a large industry. This thesis discusses the factors that influence the audience involvement of youth fans of idol group BTS on social media. This research is a quantitative study with data collection methods in the form of online surveys using Survey UI. The number of respondents in this study is 131 respondents, which were based on random sampling techniques. By using multiple linear regression analysis techniques, the results show that the involvement of youth fans of BTS on social media is influenced by media and situational factors.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ersa Aulia Rachma
Abstrak :
Permasalahan terkait citra tubuh lazim ditemui pada remaja. Pada remaja yang mengidolakan idol Korea, mereka sering dihadapkan pada standar kecantikan yang dimiliki oleh Idol Korea. Hal tersebut dapat menyebabkan remaja mengalami body dissatisfaction. Ketika individu mengalami body dissatisfaction, mereka cenderung akan melakukan usaha obsesif untuk menjadikan tubuhnya ideal seperti yang diharapkan. Salah satunya adalah dengan melakukan pembatasan makan (restrained eating). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara body dissatisfaction dan restrained eating pada remaja yang menyukai idol Korea. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional kepada 107 remaja penggemar idol Korea yang didapat menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner karakteristik responden, kuesioner MBSRQ, dan kuesioner DEBQ-RE. Hasil penelitian menggunakan uji chi square menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara body dissatisfaction dan restrained eating pada remaja yang menyukai idol Korea (Pvalue = 0,000; α = 0,05). Penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode yang berbeda untuk melihat perbandingan hasil yang didapatkan. Peneliti juga menyarankan untuk melakukan edukasi kepada remaja terkait pentingnya menjaga citra tubuh positif. ......Body image problems are common among adolescent. In adolescent of Korean idol fans, they are often exposed to Korean idol beauty standards. This can cause adolescents to have body dissatisfaction. When individuals have body dissatisfaction, they tend to make obsessive efforts to make their body ideal as expected. One of them is by doing restricted eating. This study aims to determine the correlation between body dissatisfaction and restrained eating in adolescent of Korean idol fans. This study uses a quantitative method with a research design cross sectional to 107 adolescent of Korean idol fans obtained through purposive sampling technique. The instruments used in this study were the respondent characteristics questionnaire, the Multidimentional Body Self Relations Questionare (MBSRQ), and the Dutch Eating Behavior Questionnaire- Restrained Eating (DEBQ-RE). The results of research using the Chi-square test concluded that there was a significant relationship between body dissatisfaction and restrained eating in Adolescents of Korean Idol Fans (Pvalue= 0.000; α= 0.05). For further research can use different methods to see the comparison of the results obtained. Researchers also suggest educating adolescents regarding the importance of maintaining a positive body image.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>