Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Handayani Mutiara Lestari
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bisnis dan sistem pengelolaan pengaduan yang berjalan di BPKP, menganalisis proses bisnis dan sistem pengelolaan pengaduan yang berjalan di BPKP serta mengusulkan rancangan sistem pengelolaan pengaduan dan mekanisme penanganan pengaduan untuk BPKP melalui media website. Sistem pengelolaan pengaduan ini merupakan perwujudan dari peraturan pemerintah berdasarkan surat edaran Kemenpan-RB dan Peraturan Kemenpan-RB. Tujuan perancangan sistem ini adalah untuk perbaikan organisasi dengan mewujudkan apa yang menjadi visi, misi, nilai BPKP (PIONIR) dan moto BPKP sehingga tercipta good governance dan clean government. Metode yang digunakan untuk merancang sistem pengelolaan pengaduan ini adalah 4 tahap awal dari metode FAST. Tahapan yang digunakan tahap scope definition, tahap problem analysis, tahap requirement analysis dan tahap logical design. Dalam tahap scope definition sampai dengan requirement analysis menghasilkan aktivitas yang dipertahankan, aktivitas yang ditambah dan kerangka kerja PIECES yang kemudian diturunkan menjadi analisis kebutuhan dan analisis fitur. Pada logical design dibuat diagram usecase, deskripsi usecase, diagram fungsi dekomposisi, diagram konteks, diagram aliran data, spesifikasi proses, diagram hubungan entitas, kamus data dan antarmuka pengguna menurut metode pengembangan sistem dari Whitten dan Bentley. Hasil analisis adalah perancangan sistem informasi pengelolaan pengaduan berbasis website yang terdiri dari 15 tampilan user interface yaitu beranda, kirim pengaduan, register pelapor, berita terbaru, kontak, verifikasi pengaduan, register umum penerimaan pengaduan, surat jawaban, laporan tindak lanjut, monitoring tindak lanjut, monitoring penanganan, surat permintaan perlindungan, surat respon cepat, laporan penanganan, surat usulan pemberian penghargaan. User pada sistem ini yang menjadi adalah pelapor (termasuk di dalamnya pejabat penerima pengaduan di Unit Kerja) dan pejabat penerima pengaduan di Inspektorat.
ABSTRACT
This research aims to determine and analyze the business process and whistleblowing system that runs on BPKP, as well as to propose a draft for whistleblowing system and complaint handling mechanisms for BPKP through media websites. This whistleblowing system is a manifestation of government regulations by circular letter and regulations from Kemenpan-RB. The purpose of this system designation is to improve the organization towards the vision, mission, values BPKP (PIONIR) and motto of BPKP so as to create good governance and clean government. The method used in the designation of whistleblowing system is the 4 early stages of FAST methodology, namely scope definition stage, problem analysis stage, requirement analysis stage and logical design stage. Scope definition stage until requirement analysis produce maintained activities, additional activities and PIECES framework which later be derived as a requirement analysis and features analysis. In the logical design stage, usecase diagram, usecase description, functional decomposition diagram, context diagram, data flow diagram, process specification, entity relationship diagram, data dictionary and user interface are made according to the method of Whitten and Bentley. The results of the analysis is a design of whistleblowing system being based on website which consists of 15 user interface namely home, send the complaint, the complainant registers, latest news, contacts, verification of complaints, general admission registers complaint, answer letters, follow-up report, monitoring the follow-up, handling monitoring, protection request letter, rapid response letter, handling complaint report, and proposal award letter. Users of the system are the informant (including the complaint receiver official in work unit), inspector, and complaint receiver official in Inspectorate.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Amalia
Abstrak :
Fitur JakLapor merupakan salah satu kanal pengaduan milik DKI Jakarta yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan non-darurat dan sekaligus menjadi salah satu bentuk perwujudan smart governance di DKI Jakarta. Hingga kini, JakLapor memiliki beberapa permasalahan, seperti kebocoran data pelapor, lamanya proses tindak lanjut laporan, hingga belum terlibatnya pelapor secara aktif dalam peningkatan kualitas pelayanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Fitur JakLapor pada Aplikasi JAKI menggunakan teori smart governance. Adapun pendekatan penelitian pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik pengambilan data mix method yang menggabungkan antara metode kuantitatif dan kualitatif melalui survei, wawancara mendalam, dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi smart governance pada Fitur JakLapor tergolong baik dengan persentase responden menjawab baik sebanyak 96%. Hal tersebut terbukti dari lima dimensi smart governance tergolong dalam kategori baik, meliputi dimensi partisipasi dalam pembuatan keputusan, transparansi, pelayanan publik dan sosial, strategi politik dan perspektifnya, serta keamanan siber.   ......The JakLapor feature is one of DKI Jakarta's complaint channels that aims to resolve non-emergency problems and at the same time become an instrument for realizing smart governance in DKI Jakarta. Until now, JakLapor has had several problems, such as leaks of reporting data, the length of the follow-up process for reports, and the lack of active involvement of the community in improving service quality. Therefore, this study aims to analyze the JakLapor feature on the JAKI application using the theory of smart governance. The research approach in this study is quantitative with a mix method data collection technique that combines quantitative and qualitative methods through surveys, in-depth interviews, and literature studies. The results of this study indicate that the implementation of smart governance on the JakLapor feature is classified as good with a percentage of 96%. This is evident from the five dimensions of smart governance which are in the good category, including the dimensions of participation in decision-making, transparency, public and social services, political strategies and perspectives, and cyber security.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bella Soraya
Abstrak :
SP4N menggunakan LAPOR! kini dikelola oleh Kementerian PANRB, Kantor Staf Presiden, Ombudsman RI, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang pada PermenPANRB Nomor 46 Tahun 2020 disebut sebagai penyelenggara SP4N di level makro (nasional). Peraturan tersebut ditindaklanjuti dengan hadirnya Nota Kesepahaman, Perjanjian Kerja Sama, dan Rencana Aksi Bersama untuk menstimulasi sinergi kolaborasi dan pencapaian target sesuai dengan road map. Namun, selama perjalannya ditemukan berbagai permasalahan dan isu yang menjadi tantangan bagi para aktor. Hal ini perlu diatasi melalui peningkatan koordinasi dan interaksi dalam jejaring aktor SP4N di level makro sehingga diperlukan peninjauan terhadap keberhasilan atau kegagalan dari sisi proses jaringan tata kelolanya. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi proses governance network pada jejaring aktor penyelenggaraan SP4N di level makro. Penelitian ini menggunakan tiga kriteria penilaian proses governance network oleh Klijn & Koppenjan (2016), yakni kriteria content, kriteria process, dan kriteria network guna menilai keberhasilan atau kegagalan proses governance network. Penelitian ini menggunakan pendekatan post-positivist dengan teknik pengumpulan data kualitatif melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses governance network pada jejaring aktor penyelenggaraan SP4N di level makro selama ini telah cukup berhasil pada kriteria content, tetapi belum berhasil pada kriteria process dan kriteria network. Dengan demikian, proses governance network pada jejaring aktor penyelenggaraan SP4N di level makro masih membutuhkan berbagai upaya perbaikan, baik untuk penyelesaian isu yang menjadi permasalahan pada penyelenggaraan SP4N maupun untuk pengoptimalan keseluruhan proses governance network pada jejaring aktor penyelenggaraan SP4N di level makro ke depannya. ......SP4N using LAPOR! is now managed by the Kementerian PANRB, Kantor Staf Presiden, Ombudsman RI, Kementerian Dalam Negeri, and Kementerian Komunikasi dan Informatika, which in Regulation of the Minister of Administrative and Bureaucratic Reform Number 46 of 2020 is referred to as the SP4N organizer at the macro (national) level. The regulation was followed up by a Memorandum of Understanding, Cooperation Agreement, and Joint Action Plan to stimulate collaboration synergy and achieve targets per the road map. However, various problems and issues became challenges for the actors during the journey. These need to be addressed through increased coordination and interaction within the SP4N actor-network at the macro level, which requires a review of the success or failure of the governance network processes. Thus, this study aims to evaluate the governance network processes in the actor-network of the SP4N at the macro level. This research uses three criteria for assessing the governance network processes by Klijn & Koppenjan (2016), namely content criteria, process criteria, and network criteria to assess the success or failure of the governance network processes. This research uses a post-positivist approach with qualitative data collection techniques through in-depth interviews. The results showed that the governance network processes in the actor-network of the SP4N at the macro level have been quite successful in the content criteria but have yet to succeed in the process and network criteria. Thus, the governance network processes in the actor-network of the SP4N at the macro level still require various improvement efforts, both for resolving issues that become problems in the implementation of SP4N and for optimizing the overall governance network processes in the actor-network of the SP4N at the macro level in the future.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library