Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mita Harmita Mulyati
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan dimensi pengasuhan orangtua pada laki-laki transeksual dan laki-laki heteroseksual dewasa muda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Baumrind (Bems, 1997), memfokuskan pada dua dimensi pengasuhan orangtua, yaitu dimensi pengendalian (demandingness) dan dimensi penerimaan (responsiveness). Dimensi pengendalian merujuk pada segala usaha orangtua dalam mengatur anak, sedangkan dimensi penerimaan merujuk pada dukungan orangtua terhadap keunikan anak sebagai individu. Partisipan penelitian ini adalah 40 orang laki-laki transeksual dan 40 orang laki-laki heteroseksual yang berada pada tahap perkembangan dewasa muda. Partisipan penelitian berdomisili di wilayah Jakarta dan Depok. Teknik pengambilan sampel menggunakan Occidental sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala pola asuh orangtua yang diadaptasi dari skala pola asuh orangtua yang disusun oleh Sri Fatmawati Mashoedi, M.Si pada tahun 2003. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan dimensi pengasuhan orangtua yang signifikan antara laki-laki transeksual dan laki-laki heteroseksual.

ABSTRACT
The purpose of this research to study the differences of parenting dimension in young adult transsexual male and heterosexual male. This research used quantitatif approach. Baumrind (Bems, 1997) focused on two parenting dimensions, which are demandingness dimension and responsiveness dimension. Demandingness dimension refers to all efforts of parents in managing children, and responsiveness dimension refers to parental support for the uniqueness of the child as an individual. Participants were 40 young adult transsexuals male and 40 heterosexuals male from Jakarta and Depok. This research used accidental sampling and the data collected by using parenting style scale which is adapted from Mashoedi parenting style scale. This research were proven that there was a significant differences in the parenting dimension between young adult transsexuals male and heterosexuals male."
2010
S3640
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitriani
"ABSTRAK
Era ini ditandai dengan globalisasi informasi dan persaingan yang ketat untuk dapat hidup dengan layak. Untuk itu, antara lain diperlakan pengetahuan dan penguasaan seseorang
pada bidang tertentu, dan hal tersebut memerlukan semangat atau motivasi yang tinggi untuk
terus-menerus mempelajari atau menekuni suatu bidang yang digeluti/ diminati.
Sehubungan dengan hal di atas, jika orangtua ingin agar anaknya bersemangat atau rajin dalam belajar. Keinginan tersebut muncul karena antara lain orang tua ingin agar anaknya menguasai materi pelajaran atan bertanggung jawab pada pendidikan yang sedang dijalaninya. "Rajin"-nya seorang anak belajar sebenarnya berkaitan erat dengan tanggung-jawab anak tersebut pada proses belajarnya sendiri. Bacon, 1991 (dalam Bacon, 1993) menyebutkan bahwa seorang anak yang bertanggung-jawab akan mengerjakan tugasnya tanpa diingatkan atan dipaksa oleh orang lain walaupun tanggung-jawab dalam belajar itu penting, pada kenyataannya, berdasarkan hasil dari suatu peuelitian yang dilakukan oleh Bacon (1993) diketahui bahwa sebagian besar dari anak sekolah yang ditelitinya memiliki persepsi bahwa suatu tanggung-jawab itu adalah sesuatn yang diberikan oleh orang lain ("being held responsible, bukannya "being responsible"). Selanjutnya Bacon mengatakan bahwa dalam situasi belajar. tindakan yang bertanggung jawab terdiri dari pengaturan diri (self-regulation) dan kontrol diri (self control).
Menurut Zimmerman (1986), Self Regulation (selanjutnya akan disingkat sebagai
SR) dslam belajar ialah suatu tingkat dimana individu adslah partisipan yang aktif bail:
secara mengkognitif/motivasi, dan tingkah laku dalam mengarahkan proses belajarnya Jika
dilibat definisi tersebut tampak bahwa SR tidak banya sekadar menggambmkan bahwa
seseorang mandiri dalam arti melakukan suatu aktivitas sendiri atan tidak tergantung,
namun juga terlibat "aktif" dalam proses belajamya Selain itu, anak yang
SR-uya tinggi dapat mengontrol aktivitas yang dilakakannya dengan mengarah kepada suatu
tujuan, sehingga prestasi belajarnya optimal (Sc~uuk & Zimmerman, 1994).
Deri uraian di atas kita melihat betapa peulingsya seorang anak memiliki SR. Namun
SR itu sendiri perlu dipelajari, seiring dengan peudupat yang mengatakan bahwa "belajar yang efektif" ialah proses yang dipelajari atan bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir (Resnick, 1989). Pertanyaan yang timbul kemudian Ialah dari mana seorang anak dapat mempelajari "cara belajar" yang efektif itu (sehngga ia memiliki SR), hal tersebut tidak tercantum dalam kurikulum di sekolah. Dengan demikian, dapat kita asumsikan bahwa suatu
intervensi di luar lingkungan sekolah yang memegang peranan penting dalam pembentukan
sikap belajar anak (tennasuk pembeutukan SR), hingga dijumpai anak-anak dengan lingkat SR
yang betbeda. Adanya intervensi itu tampaknya diperkirakan berasal dari lingkungan rumah,
atau orangtua, hasil dari berbagai penelitian menemukan bahwa keterlibatan orangtua dalam proses belajar anak: memegang peran penting dalam meraih prestasi belajar yang optimal (Henderto, 1987; Bloom, 1985; Cllllk. 1933; Clark, 1987; dalarn Wlodkowski &
Jayues, 1990). Bentuk dukungan psikologis dari lingkungan sosial si anak bimbingan ataupun
pangarahan dari orang dewasa (oranggtua), yang dikenal dengan istilah guided participation
(Rogofl; 1990; dalam Miller, 1993), Menurnt Vygolsky, 1978, bimbingan yang dilakukan
oleh orang dewasa (oranggtua) dalam rangka mengaktualisasi potensi yang berada dalam rentangan Zone of Proximal Development (Zl'D). Vygoteky menggambarkan betapa pentingnya keterlibatan orang dewasa dalaro mengoptimalkan perkembangan anak. Keterlibatan orang dewasa dalam situasi sehari-hari dapat dilihat dari pengasuhan terhadap anaknyn.
Pengasuhan secant umumdapat diidentikkan dengan pola asah. Pola asub belum tentu sama efektifnya atau belum pasti sama positifnya bagi semua imadisi social budaya.
Berdasarkan beberapa alasan di atas, peneliti tertarik untuk meneropong sejauh mana
orang dewasa - dalam hal ini orangtua diIndonesia (khususnya pada populasi yang akan
diteliti) mengasah anaknya, agar terbentuk ketrampilan SR yang tinggi pada anak. Di
samping itu, upa saja kODdisi yang barns ada (necessary conditions) sehubungan dengan
terbentuknya SR yang tinggi. Subyek yang akan digunakan dalam pengambilan data penelitian ini adalah anak yang berusia sekitar 12 tahun atau siswa SLTP kelas- di suatu sekolah di wilayah DKI, dan orang tuanya. Adapun pangambilan sampel dilakukan "Insidental sampling.
lnstrumen penelitian yang akan diganakan dalam penelitian ini adalah kerangka wawancara tingkat SR anak yang dikembangkan berdasarkan konsep Grow (1991). Selain itu peneliti akan melakukan wawancara mendalam untuk menggali apa saja yang Dikalukan oleh orang tua terbadap anaknya yang berkaitan dengan pengasahan. Instrument tersebut dikembangkan berdasarlom teori pola asuh dari Banmrind, 1968 den Maccoby, 1980 (dalam Berns, 1985), ser1a teori SR dari Zimmenmm (dalaro Scimak &. Zimmetmllll, 1994).
Hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasikan, kareoa terbatasnya jumlah obyek.
Namun dari penelitian ini minimal diperoleh wawasan, tentang adanya suatu kecenderungan-kecenderungan pada subyek yang memiliki karakteristik tertentu. yaitu tampak kecenderangan pola asuh yang antoritatif (detuokrada) pada oranglw! yang memiliki anak dengan SR tinggi. Necessary conditions pada peogasuhan orang tua dari anak yang memiliki SR tinggi dari hasil penelitian ini ada beberupa faktor, yaitu: aspek penerapan disiplin yang tegas dan fleksibel, konsistensi tindak orangtua, serta adanya kebebasan bagi anak untuk menentukan materi yang nkaa dipelajari dan kapan anak belajar. Bagi pihak yaag ingin melakukan penelitian lanjutan, agar meningkatkan jumlah subyek, lebih mengontrol yang dapat mempengaruhi hasil penelitian dan menggunakan metode kuantitatif untuk mengkonfirmasi seluruh hasil penelitian yang telah ditemukan, serta menggunakan sumber yaag lebih lengkap ( ayah & ibu diikutsertakan sebagai subyek penelitian) agar diperoleh hasil penelitian yang komprehensif."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
T37941
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Nurhalimah Br.
"Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi hubungan antara pengasuhan orangtua dengan theory of mind (ToM) anak usia 6-8 tahun. Partisipan penelitian ini adalah 107 anak sekolah (61 laki-laki, 46 perempuan) dan orangtuanya di Bogor, Indonesia. Peneliti mendapatkan skor ToM anak melalui pengukuran menggunakan skala ToM (Wellman & Liu, 2004) dan second order false belief (Astington et al., 2002; Sullivan et al., 1994) serta skor pengasuhan orangtua menggunakan inventori pengasuhan (PAI) Vinden (2001) yang disempurnakan oleh OReilly dan Peterson (2015). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan pada skor pengasuhan otoritarian dan total skor ToM anak (r = -.199, p < 0.05). Artinya, semakin otoriter pengasuhan orangtua, maka semakin kecil skor ToM anak. Tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara pengasuhan orangtua dan perolehan ToM anak.

This study aims to investigate the correlation between parenting attitude and theory of mind (ToM) among 6-8 years old children. Participant of this study are 107 pupils (61 boys, 46 girls) and their parents in Bogor, Indonesia. We assessed childs ToM using ToM Scale Wellman & Liu (2004), and second order false belief task (Astington et al., 2002; Sullivan et al.,1994). We assessed parenting style using Parenting Attitude Inventory (PAI) Vinden (2001) that has been modified by OReilly and Peterson (2015). The result of this study showing a negative and significant correlation between autoritarian parenting and childs ToM total score (r = -.199, p < 0.05). This result indicate that more autoritarian parenting styles lead to less childs ToM. There is no significan correlation between autoritative parenting and childs ToM has been found."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover