Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Justine Yohana Mardhianti
Abstrak :
ABSTRAK
Sistem pendidikan di Indonesia belum banyak membuka peluang bagi anak-anak difabel untuk memiliki kesempatan yang sama seperti anak-anak nondifabel mendapatkan pengalaman belajar di situasi kelas biasa. Keberadaan sekolah inklusi membuka peluang bagi anak-anak difabel mendapatkan kesempatan ini. Untuk mendapatkan kondisi inklusif yang kondusif dibutuhkan sistem sosial yang baik di dalam sekolah, agar anak-anak difabel mendapatkan kondisi yang penuh toleransi dan nyaman untuk belajar. Teknik pengamatan dan wawancara digunakan untuk mendapatkan hasil yang deskriptif untuk menjelaskan keadaan sistem sosial dan relasi yang berjalan antar subsistem di sekolah. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teori-teori dan konsep yang relevan untuk mendapatkan pemahaman mengenai interaksi antar subsistem, relasi yang berjalan, dan sistem sosial yang terbentuk dari relasirelasi tersebut sehingga tercipta suatu kondisi yang kondusif bagi seluruh anak untuk belajar di sekolah. jalinan relasi antar subsistem sekolah, seperti pemilik sekolah, kepala sekolah, guru, murid, dan orang tua membentuk suatu sistem sosial yang tidak selalu berjalan mulus tetapi mampu membuat kondisi inklusif yang menunjang suasanya kondusif saat belajar.
ABSTRACT
Education system in Indonesia still in limited condition for different ability children to have a chance for studying in regular class situation. School with inclusion system opens these chances. To get inclusive condition, we need a good social system in that school, so that children with different ability can get a condition which full of toleration and comfort for them to study. Observation and in-depth interviews are used to get much more descriptive results for explaining the condition about social system and relation between subsystems in school. The data is then analyzed with relevant theory and concept, to get an understanding about interaction between subsystem, work of relations, and social system which constructed from those relations, so that the condusive condition could be constructed. Relationship which exists between subsystems in school, such as, the owner of the school, headmaster, teachers, students and parents form a social system. This system not always runs smoothly, but still can maintain inclusive condition which support condusive atmosphere while learning.
2016
S64354
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library