Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ragil Aprilia Astuti
"Diare merupakan masalah kesehatan global pada anak balita. Kematian balita akibat diare di dunia mencapai 1,9 juta per tahun. Pencegahan diare oleh ibu merupakan kunci dalam mengurangi kematian anak akibat diare. Penelitian ini menggambarkan self-efficacy ibu dalam pencegahan diare pada balita di Rowokele, Kebumen. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif sederhana dengan pendekatan cross-sectional pada 162 partisipan ibu dengan teknik simple random sampling.
Instrumen penelitian adalah kuesioner maternal self-efficacy for preventing diarrhea dengan reliabilitas 0,959. Hasil penelitian menunjukan tingkat self-efficacy rendah (63,6%), sedang (12,3%), dan tinggi (24,1%). Hasil ini merekomendasikan bahwa pengetahuan ibu tentang diare perlu ditingkatkan oleh pelayanan kesehatan masyarakat.

Diarrhea is global health problem for an under-5-year-old child. It causes the death for almost 1.9 millions every year. Diarrhea prevention is a key factor in reducing mortality caused by diarrhea. This study aimed to describe maternal selfefficacy for preventing childhood diarrhea in Rowokele, Kebumen. This study applied simple descriptive in approach cross sectional method with 162 partisipants of mother using simple random sampling.
Instrument of maternal selfefficacy for preventing childhood diarrhea with reliability of 0,959 was used in this study. This result showed that mothers have low self-efficacy (63,6%), middle self-efficacy (12.3%), and high self-efficacy (24,1%). It recommended that mother’s knowledge of diarrhea should be increased by public health service.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S47028
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lita Heni Kusumawardani
"ABSTRAK
Anak usia sekolah merupakan kelompok yang berisiko terkena masalah kesehatan seperti penyakit diare. Namun demikian, periode anak usia sekolah merupakan titik awal pembentukan perilaku sehat sehingga menjadi sasaran strategis pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh bermain terapeutik sosiodrama terhadap perubahan perilaku pencegahan diare pada anak usia sekolah 6-12 tahun . Metode yang digunakan kuasi eksperimen dengan pendekatan pre-post with control group yang terdiri dari dua kelompok; 38 anak sebagai kelompok intervensi dan 38 kelompok kontrol. Teknik sampling menggunakan multistage random sampling untuk menentukan wilayah penelitian sedangkan target sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bermain terapeutik sosiodrama berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan p value=0,000 , sikap p value=0,000 , dan keterampilan p value=0,001 pencegahan diare anak usia sekolah. Analisis lebih lanjut menunjukkan bermain terapeutik sosiodrama dipengaruhi oleh pengetahuan orang tua p value=0,001 . Bermain terapeutik sosiodrama dapat diterapkan sebagai upaya peningkatan perilaku pencegahan diare pada anak usia sekolah yang diintegrasikan dalam pelayanan keperawatan di sekolah.Kata kunci: Anak usia sekolah, bermain terapeutik sosiodrama, perilaku pencegahan diare

ABSTRACT
School age children are population at risk for health problems such as diarrhea. However, the school age children period is the starting point for developing healthy behaviors so that becomes a strategic target of health education. The study aimed to determine the effect of therapeutic sociodrama toward diarrhea preventive behavior changes on school age children 6 12 years . The study method used quasi experiment pre post with control group that consisted of two groups 38 subjects were as intervention groups and 38 subjects were as control groups. The sampling technique used multistage random sampling to determine research area while the research target sample used simple random sampling. The results showed that therapeutic sociodrama significantly effected on knowledge p value 0,000 , attitude p value 0,000 , and diarrhea prevention skills p value 0,001 . Further analysis showed therapeutic sociodrama was influenced by parental knowledge pvalue 0.001 . The therapeutic sociodrama could be applied as an effort to enhance the diarrhea preventive behavior of school age children that could be integrated in the school nursing service.Keywords Diarrhea prevention behavior, school age children, therapeutic sociodrama"
2017
T48162
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library