Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sarry Ramadanty
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan teori Pengaruh Kelompok Rujukan, Pengaruh Sumber Pesan, Motivasi Konsumen, Mobile Viral Marketing dan Keputusan Pembelian Konsumen. Tujuannya untuk melakukan identifikasi terhadap hubungan Kelompok Rujukan terhadap Keputusan Pembelian produk keripik pedas ?Maicih? oleh konsumen. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memetakan hubungan yang terjadi antara Sumber Pesan, Motivasi dan Mobile Viral Marketing sebagai variabel kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik survey. Pengambilan sampel penelitian menggunakan non-probability random sampling dengan jumlah sampel 200 orang responden yang adalah konsumen keripik pedas ?Maicih?. Metode analisis data yang dilakukan menggunakan analisis mulai dari Univariat, Analisis Bivriat hingga Analisis Multivariat. Uji elaborasi yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara Kelompok Rujukan terhadap pembentukan Keputusan Pembelian konsumen. Pada hubungannnya terhadap variabel kontrol, di dapati bahwa variabel Sumber Pesan dan Mobile Viral Marketing merupakan variavel Intervening (Spesifik). Sedangkan variabel kontrol Motivasi adalah sebagai variabel Antesendent. Implikasi akademis dari penelitian ini membuktikan adanya hubungan konsumen dengan lingkungan sosial yang mengindikasikan bahwa konsumen dalam keputusan akhir dalam membeli produk tertentu dapat dipengaruhi oleh kelompok rujukan seperti teman, keluarga dan rekan kerja. Sementara implikasi praktis bahwa pengaruh Kelompok Rujukan untuk membentuk Motivasi atas referensi dari kelompok rujukan dengan menambahkan pemanfaatan Sumber Pesan dan Mobile Viral Marketing dalam menyebarkan pesan viral dan informasi terutama yang berkaitan dengan produk konsumsi. Karena itu, rekomendasi yang dapat diberikan adalah Penelitian selanjutnya dapat menerapkan konsep lain dari Psychological core dan Consumer Culture core. Berdasarkan penggunaan Mobile Viral Marketing lebih lanjut dapat diterapkan baik dalam bentuk penelitian dengan kualitatif maupun dengan kuantitatif yang perlandaskan pesan Viral Marketing dalam bentuk sumber pesan lain.
Abstract
This study uses the theory of Reference Group Influence, Source Influence, Consumer Motivation, Mobile Viral Marketing and Consumer Purchase Decision. Goal is to identify the relationship of the Reference Group of the product purchase decision spicy chips "Maicih" by consumers. In addition, this study also aims to map the relationship between Source Influence, Motivation and Mobile Viral Marketing as a control variable. The study was conducted using survey techniques. Sampling non-probability studies using random sampling with a sample of 200 respondents who are the consumers of chips spicy "Maicih". Methods of data analysis were performed using univariate analysis from, Bivriat Analysis to Multivariate Analysis. Elaboration of test carried out lead to the conclusion that there is a strong enough relationship between the Reference Group on the formation of consumer purchase decisions. At hubungannnya of control variables, the variables found that the source message and Mobile Viral Marketing is an intervening variavel (Specific). While the control variables are as variable Antesendent motivation. Academic implications of this study prove the existence of the consumer relationship with the social environment which indicates that consumers in the final decision in buying a particular product can be influenced by reference groups such as friends, family and coworkers. While the practical implications that influence motivation to form a Reference Group of the reference of a reference group to add a Resource utilization and Messages in Mobile Viral Marketing viral spread messages and information primarily related to consumer products. Therefore, the recommendations can be given is Future studies can apply another concept of Psychological core and core Consumer Culture. Based on the use of Mobile Viral Marketing can further be applied either in the form of research with a qualitative and a quantitative perlandaskan Viral Marketing message in another message source.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T 29882
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Turnip, Theresia Yusefina
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi intensi pembelian konsumen Indonesia terhadap produk apparel khususnya backpack dengan brand Amerika maupun brand lokal. Janport merepresentasikan brand Amerika dan Eiger merepresentsikan brand lokal. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa. Jumlah responden yang digunakan adalah sebanyak 163 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai emosional, pemilihan kreatif, dan sikap terhadap produk Amerika, merupakan faktor yang lebih mempengaruhi intensi pembelian konsumen Indonesia dibandingkan dengan persepsi kualitas. ...... The purpose of this study is to understand the factors that are influencing Indonesia consumers? purchase intention on apparel product especially backpack with a American brand and local brand. Jansport is representing American brand and Eiger is representing local brand. Responden of this study is a student. Total of respondents are 163 students. This study use Structural Equation Model (SEM) as analysis data technique. The result of this study shows that emotional value, creative choice- conformity are the factors that has influencing Indonesian consumers? purchase intention more rather than perceived quality.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45523
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rio Marcianno Janis
Abstrak :
Skripsi ini membahas perilaku pembelian konsumen pria kepada skin care products khususnya pembersih wajah khusus pria, dimana perkembangan perawatan tubuh yang ditujukan khusus untuk pria pada saat ini telah sangat berkembang dengan pesat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Data diperoleh dari hasil pengumpulan 180 responden. Hasil penelitian menyarankan bahwa para produsen pembersih wajah khusus pria perlu memberi tahukan tentang apa manfaat kesehatan yang didapatkan oleh para konsumen pria, dan melakukan promosi yang bersifat mengatakan bahwa walaupun menggunakan skin care products khususnya pembersih wajah khusus pria, sifat kemaskulinan pria tidak akan hilang. ......The focus of this studi is finding, attitude of male consumer towards purchase intention for skin care products especially men facial wash, which we already know, that currently, grooming or skin care products that specially made for men are growing rapidly. This research is quantitative descriptive interpretive. The data collected from 180 respondent. This research result, showing that men are more concern about their health, so all the producers of men facial wash should inform what the benefits that they will get if they use the product, and also doing promotion that telling if a male using a skin care product especially men facial wash, will not effected on their masculinity.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S43531
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fiena Djohansyah
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S9683
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Nadia Soraya
Abstrak :
Window display sebuah toko pakaian adalah salah satu kunci peritel untuk menarik perhatian konsumen yang nantinya dapat berkembang menuju keinginan untuk masuk ke dalam toko dan melakukan pembelian. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pengaruh promotion information, merchandise information, new fashion information, store image, dan product fit yang terdapat pada window display toko pakaian terhadap perilaku pembelian konsumen yaitu keputusan untuk masuk ke dalam toko dan keputusan melakukan pembelian dan peran variabel consumer knowledge sebagai moderasinya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa promotion information, merchandise information dan store image memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan untuk masuk ke dalam toko sedangkan new fashion information serta product fit memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Sementara itu konsumen dengan tingkat pengetahuan yang cukup terpengaruh untuk masuk ke dalam toko. ......Window display of clothing store is key instrument of many retailers to capture consumers intention and draw them into a store and make a purchase. Therefore, researcher wanted to determine the effect of promotion information, merchandise information, new fashion information, store image, and product fit from window display on consumer entry decision and purchase decision and the role of consumers knowledge as a moderating variable. This research used Structural equation Modeling (SEM) as data analysis technique. The result showed that promotion information, merchandise information and store image has a positive effect on consumers entry decision while new fashion information and product fit has a positive effect on consumers purchasing decision. Meanwhile, consumers with a good level of clothing knowledge are more influenced by window display in their purchasing decision.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44808
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Conny Yuanita
Abstrak :
Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi word-of-mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada agensi model Perfect10. Adapun variabel yang diuji pada penelitian ini adalah outcome risk, psychosocial risk, service purchase decision involvement, WOM influence, dan tie strength. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 113 responden yang pernah menggunakan jasa agensi model Perfect10. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS 24 for windows, dengan metode multiple regression. Hasil pengolahan menunjukkan bahwa tie strength berpengaruh positif terhadap WOM influence, service purchase decision involvement berpengaruh positif terhadap WOM influence, tie strength tidak memoderasi hubungan service purchase decision involvement terhadap WOM influence, outcome risk tidak berpengaruh secara positif terhadap service purchase decision involvement, dan psychosocial risk berpengaruh service purchase decision involvement.
This study was made with the aim to determine the factors that affect the word of mouth to the consumer purchase decision on the model agency Perfect10. The variables tested in this study are outcome risk, psychosocial risk, service purchase decision involvement, WOM influence, and tie strength. This research is a descriptive quantitative research. Data were obtained from questionnaires to 113 respondents who had used the services of Perfect10 Model Management. Data analysis in this research using SPSS 24 for windows, with multiple regression method. The result of this study found that tie strength positively affecting WOM influence, service purchase decision involvement positively affecting WOM influence, tie strength does not moderate the relationship between service purchase decision involvement to WOM influence, outcome risk does not affect service purchase decision involvement positively, and psychosocial risk positively affecting service purchase decision involvement.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68906
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shania Salsabila
Abstrak :
Pemasaran hijau merupakan strategi pemasaran dengan pendekatan ramah lingkungan terhadap segala aspek kegiatan bisnis. Pertumbuhan eksponensial strategi pemasaran ini didasari oleh perubahan perilaku konsumsi masyarakat yang beralih untuk menonsumsi produk ramah lingkungan. Sejauh Mata Memandang merupakan bisnis fesyen lokal yang telah menerapkan konsep pemasaran ini sejak pertama berdiri. Proses produksi dan kegiatan bisnis mereka secara keseluruhan membawa agenda pelestarian lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah strategi green marketing dapat berpengaruh terhadap niat pembelian konsumen. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, survei disebarkan kepada 153 responden yang mengetahui pemasaran hijau Sejauh Mata Memandang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pemasaran hijau oleh Sejauh Mata Memandang terbukti berpengaruh secara positif terhadap niat pembelian konsumen. ......Green marketing is a marketing strategy with an environmentally friendly approach to all aspects of business activities. The exponential growth of this marketing strategy is based on shift on people’s consumption behaviour who choose to consume environmentally friendly products. Sejauh Mata Memandang is a local fashion business that has implemented this marketing concept since its establishment. Their production processes and business activities as a whole carry an environmental preservation agenda. This study was conducted to determine whether the green marketing strategy can affect consumer purchase intentions. Using a quantitative approach, the survey was distributed to 153 respondents who know green marketing by Sejauh Mata Memandang. The result of the study indicates that the application of green marketing by Sejauh Mata Memandang is proven to have a positive effect on consumers' purchase intentions.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Rivaldi Riyadi
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh pemasaran viral Burger King Indonesia terhadap niat pembelian konsumen. Di bulan November tahun 2020, Burger King Indonesia viral di media sosial akibat ajakannya untuk membeli produk dari perusahaan pesaing. Hal ini disebabkan oleh turunnya daya beli masyarakat akibat Pandemi Covid-19. Selain itu, kehadiran Pandemi Covid-19 juga menyebabkan industry makanan dan minuman mengalami penurunan keuntungan bahkan mencapai kerugian. Pemasaran Burger King Indonesia juga dilakukan untuk menyelamatkan karyawan dari PHK akibat penurunan penjualan selama pandemi berlangsung. Beberapa pakar marketing mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Burger King Indonesia tidak berpengaruh terhadap penjualan. Padahal, penelitian sebelumnya menyatakan terdapat pengaruh langsung antara pemasaran viral terhadpa niat pembelian konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran viral terhadap niat pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kuesioner disebarkan secara daring kepada pengguna media sosial yang mengetahui pemasaran viral Burger King Indonesia di DKI Jakarta. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran viral berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat pembelian konsumen. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan “Informasi Terkait Pemasaran Viral Burger King Indonesia Tersedia di Internet” sebagai indikator keberhasilan pemasaran viral Burger King Indonesia. ......This study discussed the effect of Burger King's viral marketing on consumer purchase intentions. In November 2020, Burger King Indonesia went viral on social media due to its suggestion to buy products from a competitor. Burger King's viral marketing happens because of the Pandemic Covid-19 that affected the companies and its competitor. Its campaign is about saving employees from laying off due to decreased sales during the pandemic. Some marketing experts say that Burger King Indonesia's viral marketing does not affect sales. Previous research stated that there was a direct influence between viral marketing and consumer purchase intentions. Therefore, this study aims to analyze the effect of viral marketing on consumer purchase intentions. This study uses a quantitative approach. The questionnaire was distributed online to people who understand Burger King Indonesia's viral marketing through social media in DKI Jakarta. Data on this research is analyzed using simple linear regression. The results showed that viral marketing had a significant and positive effect on consumer purchase intentions. This research recommends Burger King Indonesia to use "The Information About Burger King Indonesia's Viral Marketing Are Available On The Internet" as the indicator to see whether Burger King Indonesia's Viral Marketing success or not.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lulu Il Mahnun
Abstrak :
ABSTRAK
Cerita bergambar yang kini lebih dikenal dengan sebutan komik telah berkembang dengan pesat. Produk ini kini menjadi suatu alternatif bacaan bagi masyarakat dan merupakan produk yang sudah diperdagangkan secara internasional. Di Indonesia sendiri, komik?komik terjemahan tersebut sudah sangat akrab dengan konsumen, bahkan sebagaimana disebutkan dalam Wirausaha edisi February 1998, sebesar 70 % pangsa pasar komik di Indonesia diisi oleh komik?komik terjemahan tersebut.

Perkembangan komik Jepang sebagai salah satu komik terjemahan menarik untuk diamati, mengingat umur keterlibatan komik Jepang ke dunia komik Indonesia yang masih relatif muda, namun sangat disukai dan mampu meraih pangsa pasar yang tinggi.

Di Indonesia, komik-komik Jepang ini awa!nya ditujukan penerbit bagi anak-anak dan remaja, karena segmen ini dinilai merupakan pasar yang sangat potensial bagi produk komik Jepang. Target merupakan usia sekolah dasar sampai sekolah menengah tingkat atas. Hal ini sesuai dengan cara penyajian dan tema cerita yang menarik dan ringan untuk dibaca. Namun kini, mulai terlihat adanya kecenderungan pembaca dewasa mulai turut mengkonsumsi komik-komik Jepang sebagai alternatif bacaan.

Penulisan karya akhir ini bertujuan untuk: (1) menganalisa bagaimana proses pengambilan keputusan pembelian komik Jepang pada segmen dewasa dan (2) menganalisa tingkat kepentingan atribut komik Jepang yang berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan konsumen dewasa.

Penelitian menggunakan metode pengambilan sampel convenience sampling dengan responden adalah konsurnen komik Jepang berusia diatas 18 tahun. Metode analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif, analisa asosiatif dan analisa inferensial.

Dari hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa motivasi utama konsumen membeli komik Jepang adalah (1) untuk rnelengkapi koleksi yang telah mereka miliki dan (2) ingin mencoba judul baru.

Seleksi yang paling banyak dilakukan adaiah dengan cara membaca Sinopsis cerita yang terdapat pada cover belakang kornik dan melihat gambar dari komik tersebut.

Penelitian juga menunjukkan bahwa ada beberapa atribut yang dianggap sangat penting dan penting dalarn rnemilih komik Jepang.
2001
T4827
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indrayani Rafiqa
Abstrak :
ABSTRAK
Pasar obat bebas terus tumbuh setiap tahunnya. Penelitian tentang analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam proses pembelian obat bebas dilakukan di Jakarta. Penelitian dilakukan dengan survei kepada konsumen obat bebas. Dari hasil penelitian menggunakan pengujian factor analysis didapatkan tujuh faktor yang utama yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian obat bebas, yaitu merek/brand, jaminan/warranty, efektifitas, keamanan/safety, harga & ketersediaan, promosi dan terakhir desain kemasan.
Abstract
Over The Counter (OTC) market growth every year continually. Research on the analysis of the factors that affect consumers decision making process of purchasing OTC drugs conducted in Jakarta. The study was conducted with a survey to consumers of OTC medication. The results of studies that using factor analysis found that seven major factors affect consumers in the purchase of OTC drugs are brand, warranty, effectiveness, safety, price & availability, promotion and packaging design.
2012
T32245
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>