Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nur Arfah Mega
Abstrak :
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kebutuhan siswa sebagai pemelajar modern terhadap jenis media, materi pembelajaran, format media, narasumber, jenis bahasa yang digunakan, pemanfaatan, durasi dan saluran penyampaian dalam rangka pengembangan video pembelajaran yang mengaktifkan dan melibatkan siswa secara penuh dan bermakna dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei dan wawancara ahli. Teknik pengambilan sampel dalam metode survei menggunakan metode purposive random sampling dengan jumlah responden sebanyak 2.096 siswa dari jenjang SMP, SMA dan SMK. Pengambilan data dilakukan melalui survei daring menggunakan aplikasi google form. Survei dilakukan pada tanggal 1 sampai dengan 16 November 2018. Hasil penelitian menunjukkan: 44% responden menganggap video membantu memudahkan pemahaman terhadap materi pembelajaran; 56,5% responden memilih matematika sebagai materi pembelajaran yang paling dibutuhkan untuk dikembangkan menjadi video pembelajaran; format video animasi (42,8%) sebagai format video yang paling disukai; guru adalah narasumber yang disukai untuk menyampaikan materi (43,7%); bahasa sehari hari (69%) dianggap paling sesuai untuk digunakan dalam penyampaian materi dalam video pembelajaran; 63,4% responden menggunakan video pembelajaran untuk mendukung/ memperkarya pemahaman; 36,8% responden memilih 6-10 menit sebagai durasi ideal untuk video pembelajaran; dan 92% responden memilih handphone sebagai perangkat yang paling sering digunakan untuk mengakses video untuk belajar.
Jakarta: usat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2019
371 TEKNODIK 23:2 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library