Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Katharina Navaz Dinda Avrelyn
"Kosakata adalah salah satu faktor terpenting dalam proses pembelajaran bahasa asing yang tidak mudah untuk dikuasai oleh mahasiswa. Pada era kemajuan teknologi saat ini, media sosial dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran kosakata bahasa Belanda dengan menggunakan aplikasi yang sangat sering mahasiswa gunakan, yaitu Instagram. Penelitian ini menggunakan konten Instagram Dagboek.id. Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui adanya pengaruh dari konten Instagram Dagboek.id dalam pembelajaran kosakata bahasa Belanda pada mahasiswa yang menjadi subjek penelitian. Konten kosakata yang terdapat pada Dagboek.id memiliki konten yang menunjukan kosakata bahasa Belanda beserta terjemahan Indonesia dan visual yang memudahkan mahasiswa dalam mempelajari konten kosakata bahasa Belanda pada Dagboek.id. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini mengambil subjek sebanyak 20 mahasiswa kelas A dan kelas B Program Studi Belanda angkatan 2022 yang sedang dalam proses pembelajaran mata kuliah Bahasa Belanda Terpadu (BBT) II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 19 dari 20 mahasiswa yang memiliki kenaikan rata-rata nilai dari tes 1 dan tes 2 kosakata bahasa Belanda dengan penggunaan konten Instagram Dagboek.id.
Vocabulary is one of the most important factors in the foreign language learning process that is not easy for students to master. In the current era of technological advancement, social media can be utilized for learning Dutch vocabulary by using an application that students use very often, namely Instagram. This research uses Dagboek.id Instagram content. This study aims to find out the effect of Dagboek.id Instagram content in learning Dutch vocabulary on students who are research subjects. The vocabulary content contained in Dagboek.id has content that shows Dutch vocabulary along with Indonesian translations and visuals that make it easier for students to learn Dutch vocabulary content on Dagboek.id. This research uses descriptive qualitative method. The data in this study took the subjects of 20 students of class A and class B of the Sastra Belanda class of 2022 who were in the process of learning the Bahasa Belanda Terpadu (BBT) II course. The results showed that there were 19 out of 20 students who had an increase in the average score from test 1 and test 2 of Dutch vocabulary with the use of Dagboek.id Instagram content."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Anna Novitrie
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara manajemen pengetahuan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa dan mengetahui faktor apa yang mempengaruhi hubungan manajemen pengetahuan dengan pembelajaran mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia di masa pandemi. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasional. Sampel yang digunakan oleh penelitian ini merupakan mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia angkatan 2017, 2018, dan 2019 yang berjumlah 50 mahasiswa dan ditentukan melalui teknik sampel Proportionate Stratified Random Sampling. Hasil data dari pernyataan mengenai manajemen pengetahuan serta pembelajaran mahasiswa diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui Google Form, dan untuk dapat menjelaskan mengenai hubungan yang ada di antara variabel bebas dan terikat, dilakukan analisa korelasi dengan melakukan uji normalitas dan linearitas terlebih dahulu. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara manajemen pengetahuan dengan pembelajaran mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia. Berdasarkan perhitungan melalui SPSS, hasil perhitungan yang didapat dari uji korelasi pearson adalah 0,714 dengan nilai probabilitas lebih rendah dari taraf signifikansi 0,05 sebagi taraf kepercayaan 95% yaitu sebesar 0,001. Nilai probabilitas penelitian hubungan dua variabel ini adalah 0,001 yang artinya lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara manajemen pengetahuan dengan pembelajaran mahasiswa adalah signifikan. Dan faktor yang mempengaruhi hubungan manajemen pengetahuan dengan pembelajaran mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia adalah pengetahuan tasit, pengetahuan eksplisit, dan pengalaman informasi.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Andi Khaerunnisa
"Adanya pandemi COVID-19 mengubah metode pembelajaran yang semula bertatap muka langsung atau luring menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Perubahan ini membutuhkan adaptasi dan partisipasi dari mahasiswa kesehatan yang akan berdampak pada kualitas dan kepuasan pembelajaran mereka.. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kepuasan mahasiswa kesehatan Program S1 Reguler terhadap penerapan metode pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional kuantitatif deskriptif dengan partisipan sebanyak 100 orang responden melalui teknik stratified sampling. Instrumen yang digunakan adalah Nursing student’s Satisfaction Virtual Learning oleh Kanagaraj dkk. (2022) untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa kesehatan selama pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki tingkat kepuasan tinggi (12%) terhadap pembelajaran daring. Kepuasan mahasiswa berada pada tingkat kepuasan tinggi yang dinilai berdasarkan beberapa dimensi yaitu: mahasiswa (29%), pengajar (9%), pembelajaran (13%), teknologi (25%), lingkungan (25%), dan praktikum (23%). Penelitian ini juga menemukan bahwa mahasiswa yang menggunakan media audiovisual dalam praktikum daring cenderung memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Penelitian ini menyarankan adanya peningkatan infrastruktur teknologi dan pengembangan metode pembelajaran yang lebih interaktif untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa. Institusi pendidikan diharapkan dapat mengadaptasi hasil penelitian ini dalam merancang strategi pembelajaran daring yang efektif, terutama untuk mata kuliah praktikum.
The COVID-19 pandemic has transformed traditional face-to-face or offline learning methods into remote or online learning. This change requires adaptation and participation from health students, which impacts the quality and satisfaction of their learning experience. It is essential to conduct a study on the satisfaction levels of undergraduate health students with online learning during the COVID-19 pandemic. The purpose of this study is to understand the satisfaction levels of undergraduate health students with the implementation of online learning methods during the COVID-19 pandemic. This research uses a quantitative descriptive cross-sectional design with 100 respondents selected through stratified sampling techniques. The instrument used is the Nursing Students’ Satisfaction on Virtual Learning by Kanagaraj et al. (2022) to measure the satisfaction levels of health students during online learning. The results show that the majority of respondents have a high level of satisfaction (12%) with online learning. Student satisfaction is at a high level based on several dimensions: students (29%), teachers (9%), learning (13%), technology (25%), environment (25%), and practicum (23%). The study also found that students using audiovisual media in online practicums tend to have higher satisfaction levels. This research suggests improvements in technological infrastructure and the development of more interactive learning methods to enhance student satisfaction. Educational institutions are expected to adapt the findings of this study in designing effective online learning strategies, especially for practicum courses."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library